Jenis Obat Teter Alami yang Bisa Digunakan dan Efektivitasnya

Furniture bubukan bisa diatasi bila kita menggunakan obat teter yang tepat. Di antara berbagai jenis obat totor yang bisa dipakai, terdapat deretan bahan yang konon merupakan obat teter alami. Apakah obat seperti ini benar-benar efektif?

Fenomena mebel bubukan menjadi salah satu fenomena paling menjengkelkan baik bagi produsen mebel ataupun bagi pembeli. Fenomena ini biasanya diakibatkan pengunaan kayu kualitas rendah yang tidak dibarengi dengan penggunaan obat teter.

Teter? Ya. Serangga yang biasanya menyebabkan munculnya bubuk pada kayu ini disebut dengan teter atau totor.

Teter

Teter merupakan serangga yang memiliki fase hidup berbeda-beda. Fase pertama adalah fase telur saat serangga tersebut baru dihasilkan oleh induknya. Telur kemudian diletakkan sang induk pada bahan yang mendukung perkembangan telur dan larva. Misalnya saja di batang pohon atau kayu perabot rumah. Pasca menetas, telur akan menghasilkan larva. Larva akan tinggal di tempat di mana ia dulu diletakkan induknya sambil memakan bahan-bahan yang ada. Pada perabot kayu, larva akan memakan kayu selama berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun. Setelah cukup dewasa, larva akan membentuk kepompong dan berubah menjadi kumbang muda. Kumbang muda kemudian akan keluar dari lubang sarangnya dan menjadi kumbang dewasa yang siap menjadi induk.

Keberadaan totor memiliki peran penting dalam ekosistem kita. Namun sebagaimana bisa kita lihat pada daur kehidupannya, serangga ini harus mengalami fase larva yang sangat destruktif pada produk milik manusia. Meja, almari, sampai tiang bangunan kita bisa rusak dimakan oleh larva serangga ini. Antisipasi tentu harus dilakukan segera. Demikian juga solusi untuk mengatasi serangga ini.

Obat Teter Alami yang Bisa Digunakan

Bicara mengenai solusi, sampai saat ini sebetulnya sudah dipasarkan obat-obat kimia yang bisa dipakai untuk mengatasi totor. Sayangnya, harus diakui bahwa banyak bahan tersebut memiliki tingkat keamanan yang tidak begitu baik. Pun, efektivitasnya juga meragukan.

Melihat kenyataan ini, banyak kalangan masyarakat (bahkan produsen mebel) yang mencoba menggunakan bahan-bahan alami yang biasa ditemui sehari-hari. Bahan yang kemudian disebut sebagai obat teter alami ini antara lain:

alterntif text
  1. Cuka. Cuka merupakan bahan masak yang sering ditemukan di rumah-rumah Indonesia. Bahan ini diklaim mampu membasmi berbagai jenis serangga mulai dari semut sampai rayap. Cuka bersifat asam dan dengan demikian diasumsikan akan menyebabkan rasa sakit pada serangga yang terkena.
  2. Minyak alam. Beberapa jenis minyak alam akan membuat kondisi tempat hidup serangga jadi tidak nyaman.
  3. Air cucian beras. Air bekas cucian beras ternyata juga dianggap bisa membasmi berbagai jenis hama serangga seperti totor dan juga rayap.
  4. Daun salam dan kemangi. Air rendaman daun salam dan kemangi memiliki aroma yang khas dan juga efek tertentu pada serangga.
  5. Garam dan cabai. Garam dan cabai bisa memberikan efek tidak mengenakkan pada serangga.
cabai

Sebetulnya, masih ada beberapa lagi bahan alami lainnya, seperti aneka bumbu dapur. Namun demikian, bahan yang paling sering dipakai untuk membasmi hama adalah kelima bahan di atas. Cara kerja tiap bahan sendiri berlainan. Ada yang memang bisa bereaksi pada tubuh serangga kumbang bubuk sehingga menyebabkan rasa sakit, namun ada pula yang sekadar membuat kondisi lingkungan totor tidak nyaman. Namun kesemuanya punya 1 tujuan, yakni menghilangkan kumbang pengebor tersebut dari kayu.

Bahan Non Alami yang Bisa Dipakai

Selain bahan-bahan yang disebut sebagai obat teter alami di atas, ada juga lho bahan sehari-hari lainnya yang konon bisa dipakai untuk membasmi teter. Misalnya saja kapur barus sintetis. Secara umum, kita mengenal kapur barus sebagai bahan yang bisa mengatasi bau apek. Kapur barus juga memiliki aroma yang khas. Hal inilah yang membuatnya dianggap mampu digunakan sebagai obat teter alami.

kerusakan kumbang teter
Fenomena kayu bubukan

Efektifkah?

Yang jadi pertanyaan, apakah obat teter alami dan non alami di atas efektif? Tim antiserangga sudah pernah menguji sendiri bahan-bahan tersebut. Kami pun sudah mencoba bahan-bahan alami yang konon bisa digunakan untuk membasmi rayap. Sayangnya, secara umum hasilnya mengecewakan.

Pada totor, efek bahan-bahan di atas jauh lebih lemah dibanding pada rayap. Pasalnya, totor atau kumbang bubuk hidup di dalam lubang kayu yang sempit. Obat akan sulit masuk dan mengenai serangga pada posisi seperti itu. Kalaupun bisa, kemungkinan obat yang bisa masuk pun tak banyak, karena larva totor bisa dengan cepat kabur membuat lubang baru. Dalam kondisi seperti ini, obat totor harus memiliki efektivitas tinggi. Dengan kata lain, meski yang mengenai teter hanya sedikit, tapi idealnya, obat sudah bisa mengatasi masalah kumbang tersebut.

Obat Teter Paling Bagus

Di pasaran, ada beberapa merk obat teter, meski tidak banyak. Dan dari berbagai produk yang dijual tersebut, kami rekomendasikan obat teter kami, BioCide Insecticide.

BIOCIDE INSECTICIDE

BioCide Insecticide adalah insektisida dengan bahan aktif cypermethrin. Insektisida ini memiliki berbagai kelebihan pada hampir semua aspek seperti:

  1. Efektivitas membasmi hama
  2. Pelarutnya air sehingga Anda tak perlu membeli solvent
  3. Bisa digunakan untuk berbagai jenis hama serangga sekaligus mulai dari rayap sampai tawon kayu
  4. Kemudahannya digunakan
  5. Sifatnya yang lebih aman dan ramah lingkungan

Produk ini juga lebih hemat dan terjangkau. Selain harganya yang lebih murah, BioCide Insecticide juga didesain dalam konsentrasi tinggi. Dengan demikian, adalah hal yang sangat menguntungkan membeli BioCide Insecticide daripada Anda membuang-buang waktu dengan berbagai obat teter alami di atas yang diragukan khasiatnya.

BioCide Insecticide sebagai Obat Teter untuk Usaha dan Rumah Tangga

Baik unttuk kebutuhan usaha ataupun untuk kebutuhan rumah tangga, kami merekomendasikan Biocide Insecticide. BioCide Insecticide sebagaimana disebut di atas memiliki sangat banyak kelebihan mulai dari cara kerja sampai dengan kemudahan aplikasinya.

Tapi ingat, sebaik apapun kualitas produk ini, namun alangkah lebih baiknya untuk mencegah daripada mengobati.

Mencegah Lebih Baik dari Mengobati

Pencegahan kayu supaya tidak diserang hama totor adalah hal krusial bagi para pembuat furniture yang memanfaatkan kayu murah. Selama ini, masyarakat sering enggan membeli mebel seperti itu karena dikhawatirkan akan terjadi fenomena bubukan. Dengan memastikan mebel tidak bubukan, Anda bisa meningkatkan penjualan Anda dan bahkan harga produk tanpa membuat budget produksi menjadi bengkak.

Lantas bagaimana cara pencegahan anti teter pada furniture? Jawabannya sangat mudah. Anda hanya perlu melarutkan BioCide Insecticide dulu. Larutan ini kemudian bisa dijadikan larutan perendaman pada kayu atau dijadikan larutan pencelupan pada kayu mebel.

Pesan Sekarang juga BioCide Insecticide

Ayo, pesan sekarang juga insektisida terbaik BioCide Insecticide. BioCide Insecticide merupakan insektisida dengan bahan aktif cypermethrin yang unggul pada berbagai aspek. Nah, sekarang ini, BioCide Insecticide bisa dibeli dengan beberapa cara sekaligus. Pertama adalah pembelian secara langsung. Untuk pembelian secara langsung, Anda bisa mengunjungi kami di Bio Service Point di Yogyakarta, Jepara, dan juga Cirebon. Sedangkan untuk pembelian secara online, Anda bisa menghubungi CS Antiserangga.com secara langsung. Kontak saja segera CS kami dan Anda akan dipandu dengan menyenangkan, ramah, serta profesional. Proses pembelian di situs ini sangat terpercaya dan transparan.

Gunakan selalu obat teter terbaik BioCide Insecticide!

Jenis Obat Teter Alami yang Bisa Digunakan dan Efektivitasnya

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply