Kayu Kulim : Kayu Spesial Masyarakat Bengkulu

Tak banyak masyarakat Indonesia yang mengenal kayu kulim atau kayu bawang. Tapi bagi masyarakat Bengkulu dan sekitarnya, kayu ini begitu berarti.

Apa itu Kayu Bawang?

Kayu kulim atau bawang adalah kayu dengan nama latin Scorodocarpus borneensis. Kayu ini tergolong dalam suku Olacaceae. Dan, nama “bawang” pada kayu ini berasal dari pepagan serta substrat kayunya yang memiliki bau seperti bawang.

Pohon kulim mampu tumbuh tinggi sampai 60 meter, namun kebanyakan hanya bisa sampai tinggi antara 10 hingga 40 meter. Gemang batangnya sekitar 20 hingga 80 cm, dan memiliki area bebas cabang sampai 25 meter.

Tak banyak masyarakat Indonesia yang familiar dengan kayu ini. Namun masyarakat Bengkulu dan beberapa daerah di Sumatra mengenal betul kayu ini. Bahkan banyak warga Bengkulu yang menanam kulim sebagai investasi dengan jangka hingga 15 tahun. Pasalnya, daya jual kayu ini termasuk tinggi.

Karakteristik Kayu Kulim

Berikut ini beberapa karakteristik atau ciri dari kayu bawang:

  1. Merupakan kayu dengan bobot sedang hingga berat. Kepadatan kayunya antara 645 hingga 1080 kg/m3 dengan kadar air 15%.
  2. Kayu teras memiliki warna coklat kemerahan hingga coklat ungu gelap. Sedangkan kayu gubal memiliki warna yang lebih terang dengan warna putih hingga kuning pucat sampai setebal 5 cm.
  3. Pola serat berpadu dangkal atau dalam, kadang lurus, kadang bergelombang, dan kadang tak menentu.
  4. Memiliki tingkat keawetan yang sangat baik.
  5. Tingkat penyusutan secara umum sangat rendah hingga tinggi.
  6. Proses pengeringan agak berat dengan retak di sana-sini termasuk kemungkinan pecah di bagian ujung.
  7. Kayu kulim secara umum mudah digergaji. Namun hasil penyerutan di area serat yang berpadu lumayan sulit.
  8. Meski awet terhadap jamur, namun ternyata kayu ini lemah terhadap serangan hama penggerek serta kumbang tanduk.

Kegunaan Kayu Ulim

Karena karakteristiknya yang cukup baik, kulim banyak digunakan untuk:

  1. Pembuatan konstruksi bangunan seperti misalnya untuk konstruksi bawah atap, tilang atau tonggak, kayu balok, kayu kasau, kayu jembatan, tiang laut dan lain sebagainya.
  2. Digunakan untuk membuat elemen bangunan seperti untuk membuat kusen pintu serta jendela. Selain itu kayu ini juga sering digunakan untuk membuat lantai.
  3. Digunakan untuk membuat moda transportasi seperti lunas perahu, kereta api, dan lain sebagainya.
  4. Digunakan untuk membuat berbagai alat pertanian.
  5. Digunakan untuk membuat berbagai jenis furniture.
kayu kulim

Perlukah Pengawetan untuk Kayu Kulim?

Secara umum, kayu bawang memiliki karakter yang mendukung untuk digunakan di industri konstruksi dan furniture. Tak mengherankan apabila kayu ini dijadikan investasi bagi warga Bengkulu. Namun demikian, treatment pengawetan tetap wajib dilakukan pada kayu ini.

Usaha pengawetan adalah segala jenis cara yang dilakukan untuk meningkatkan masa pakai kayu. Perlu Anda ketahui, 85% kayu asli Indonesia adalah kayu dalam kelas keawetan yang rendah. Kebanyakan kayu di negara ini tergolong dalam kayu kelas III ke bawah. Sangat jarang kayu yang termasuk kayu kelas I. Dan karenanya, treatment pengawetan sangat disarankan.

Pada kayu yang keawetannya baik pun, aplikasi pengawetan tetap wajib. Sebab, Indonesia merupakan daerah beriklim tropis. Di daerah beriklim tropis seperti ini, tingkat pembusukan kayu sangat tinggi baik secara fisika atau biologi. Kayu kelas I pun kalau tidak diawetkan bisa rusak karena serangan rayap hingga kumbang bubuk.

Tapi ingat, efektivitas treatment pengawetan sangat tergantung pada obat yang digunakan. Dan karena itulah kami secara khusus menyarankan penggunaan BioCide Insecticide.

alterntif text

5 Keunggulan BioCide Insecticide sebagai Pengawet Kayu Bawang

Sebagai produk yang kami sarankan, BioCide Insecticide menawarkan 5 keunggulan sekaligus. Berikut ini kelebihan-kelebihan insektisida tersebut.

  1. Dari segi penggunaan, insektisida ini mudah digunakan dalam berbagai proses pengawetan mulai dari system rendam sampai pengulasan. Penetrasinya ke dalam substrat kayu juga baik sehingga akan mempermudah kerja para karyawan.
  2. Dari segi hasil, insektisida ini tahan lama. Retensi BioCide Insecticide dan khususnya cypermethrin bisa bertahan sampai puluhan tahun. Hal itulah yang membuat insektisida ini sangat diunggulkan.
  3. Dari segi harga, insektisida ini sangat terjangkau. Apalagi bila dibandingkan kualitasnya yang tak main-main.
  4. Dari segi penggunaan, produk ini sangat hemat. Konsentrasinya tinggi dengan sifat kerja sangat efektif akan membuat Anda terhindar dari pemakaian produk yang boros.
  5. Dari segi efek samping, BioCide tidak akan merepotkan Anda. Insektisida ini tidak akan membuat media jadi berkarat atau sulit dicat. Perlu diketahui, banyak insektisida solvent based yang ketika digunakan membuat kayu dan media lain menjadi bau dan tidak bisa dicat lagi.

Bisa Dipesan Online, Begini Proses Pembelian BioCide Insecticide

Wow! Sekarang BioCide Insecticide sudah bisa dipesan secara online lho. Begini prosedur pembelian daring insektisida berkualitas premium ini.

  1. Pertama, hubungi Customer Service kami terlebih dahulu lewat kontak yang disediakan.
  2. Kedua, silahkan tanya mengenai BioCide atau langsung melakukan pemesanan. Bagi Anda yang ingin langsung memesan BioCide Insecticide, Anda bisa mengirim pesan dengan keterangan nama, jumlah BioCide Insecticide yang dipesan, sampai alamat kirimnya.
  3. Dari keterangan tersebut, CS kami akan memberikan estimasi biaya dan lama pengiriman.
  4. Silahkan diskusikan lebih lanjut.
  5. Apabila sudah fix, maka CS akan memberikan keterangan pasti biaya yang harus dibayarkan dan bagaimana pembayarannya.
  6. Silahkan lakukan proses pembayaran sesuai petunjuk Customer Service kami tersebut.
  7. Kirimkan bukti pembayaran pada kami. Setelahnya, CS kami akan mengonfirmasinya dulu.
  8. Apabila sudah dikonfirmasi, pesanan Anda akan segera diproses dan dikirimkan
  9. Selanjutnya, kami akan memberikan nomor resi pengiriman kepada Anda
  10. Selesai. Kami juga akan turut memantau proses pengiriman BioCide supaya benar-benar sampai dan bisa Anda nikmati manfaatnya.
BIOCIDE INSECTICIDE untuk kayu kulim

Bagaimana dengan pembelian secara langsung? Tentu saja pembelian secara langsung juga bisa dilakukan. Untuk pembelian secara langsung ini, Anda bisa mengunjungi kami di Bio Service Point. Selain bisa membeli BioCide, Anda juga bisa berkonsultasi dengan CS, teknisi, sampai marketing kami lho. Kami juga memiliki sangat banyak produk woodworking ramah lingkungan yang pastinya akan menarik minat Anda!

Nah, kurang lebih, itulah informasi yang bisa kami bagikan mengenai kayu ulim atau kayu bawang ini. Meski banyak orang Indonesia yang belum mengenai jenis kayu ini, namun ulim adalah kayu yang punya tempat tersendiri bagi masyarakat Bengkulu. Kayu ini menjadi investasi bagi suku-suku asli di Bengkulu sana. Dan pilihan masyarakat Bengkulu bukan tanpa suatu alasan. Ternyata kualitas kayu ini memang sangat baik. Kulim atau bawang memiliki karakteristik yang ideal digunakan untuk kebutuhan pembuatan furniture sampai konstruksi bangunan.

Kami di Bio Industries pun mendukung pemanfaatan kayu ini. Dan karenanya, kami menyediakan insektisida BioCide Insecticide. BioCide Insecticide akan membuat kayu bawang menjadi tahan lama sehingga penggunaannya lebih optimal di masyarakat.

Semoga informasi ini bermanfaat ya.

Kayu Kulim : Kayu Spesial Masyarakat Bengkulu
alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply

WhatsApp sekarang juga!