Kayu Sawo Ternyata Kayu yang Sangat Mahal lho: Apa ya Alasannya?

Kayu sawo harganya mahal? Ya, ternyata kayu dari pohon yang buahnya sangat manis ini merupakan salah satu kayu dengan harga jual tinggi di Indonesia.

Iklim Indonesia memungkinkan beragam flora dan fauna hidup di dalamnya. Tak mengherankan apabila Indonesia menempati urutan kedua dalam tingkat biodiversitas di seluruh dunia setelah Brazil. Nah, salah satu harta keragaman hayati Indonesia bisa kita temukan pada pohon sawo. Ya, siapa sangka pohon ini menyimpan potensi besar untuk dimanfaatkan? Tapi sebelum membahas potensi pohon itu, yuk kenali dulu sekilas mengenai tanaman manilkara tersebut.

Sekilas mengenai Pohon Sawo

Tanaman sawo memiliki nama ilmiah Manilkara zapota. Sawo merupakan tanaman hijau sepanjang tahun yang berasal dari Amerika, yakni dari negara Meksiko, negara-negara Amerika Tengah lainnya, serta kepulauan Karibia. Namun saat ini, tanaman ini telah menyebar ke berbagai belahan dunia lainnya termasuk di Asia Tenggara seperti Indonesia, Filipina, Malaysia, Kamboja, Thailand, dan masih banyak lagi.

Pohon sawo bisa tumbuh hingga 30 meter dan diameter batangnya bisa mencapai 1,5 meter. Secara umum, rerata pohonnya memiliki tinggi 9 hingga 15 meter dengan diameter 50 meter saja. Tanaman ini tahan terhadap terpaan angin. Daunnya sendiri berbentuk kecil dengan bentuk elips dan berwarna hijau agak kecoklatan. Buahnya memiliki warna coklat dengan rasa yang sangat manis ketika sudah tua, namun hambar dan pahit ketika masih muda.

Kayu Sawo

Sampai saat ini, tanaman sawo telah digunakan untuk berbagai kebutuhan. Buahnya begitu disenangi masyarakat Indonesia. Selain itu, kayu dari pohon ini pun ternyata dikenal karena kualitas dan harganya yang sangat tinggi lho.

Karakteristik dan Fakta-fakta mengenai Kayu Sawo

Berikut ini beberapa karakteristik kayu dari pohon sawo sekaligus fakta-fakta terkait dengan material tersebut.

  1. Kayu ini termasuk salah satu kayu yang harganya mahal. Dan karena merupakan kayu yang mahal, banyak penjual kayu yang mencoba mengubah kayu non sawo agar serupa seperti kayu pohon sawo. Jadi, bagi Anda yang ingin membeli material sawo, Anda harus ekstra hati-hati.
  2. Budidaya kayu ini untuk digunakan di industri pengolahan kayu dan bangunan masih begitu terbatas. Hal ini membuat jumlah kayu tersebut di pasaran menjadi sangat langka.
  3. Selain sawo coklat, ada beberapa varian sawo yang lain seperti sawo manila dan juga sawo kecik. Tiap varian tersebut memiliki karakteristik sendiri-sendiri.
  4. Secara umum, kayu ini memiliki sifat yang ulet atau tidak mudah retak dan pecah.
  5. Kayu juga dikenal sebagai kayu yang kekerasannya bagus.

Kegunaan dan Manfaat Kayu Sawo

Kayu Sawo

Kayu dari pohon sawo bisa digunakan untuk beragam manfaat, antara lain untuk:

  1. Pembuatan berbagai produk furniture berkualitas tinggi. Misalnya untuk membuat almari, mebel outdoor (garden furniture), meja makan, dan berbagai furniture lainnya.
  2. Pembuatan berbagai elemen bangunan mulai dari rangka bangunan sampai lantai bangunan. Kayu yang terkenal ulet ini sangat cocok untuk konstruksi bangunan yang kokoh dan tangguh.
  3. Digunakan untuk elemen berbagai moda transportasi.
  4. Digunakan untuk berbagai kerajinan, baik itu kerajinan modern ataupun untuk kerajinan tradisional.
  5. Digunakan untuk pembatan jembatan, tiang-tiang, dan lain sebagainya
  6. Sangat bisa digunakan untuk membuat beragam alat musik, meski potensinya ini belum dioptimalkan
  7. Digunakan untuk membuat permainan dari kayu seperti catur. Banyak produsen catur yang sangat menyenangi kayu sawo dalam pembuatan aneka produknya.

Kayu Sawo : Perlu Diawetkan atau Tidak ya?

Dari penjelasan sebelumnya, kita bisa mengatakan bahwa secara umum sawo memproduksi kayu dengan kualitas yang baik. Dan atas alasan itu jugalah harga kayu ini bisa melambung sangat tinggi. Namun demikian, untuk hasil pengolahan yang baik, treatment pengawetan wajib dilakukan.

Treatment pengawetan sudah merupakan standar yang harus dilakukan oleh perusahaan pengolahan kayu dan konstruksi modern. Apalagi bila Anda berorientasi ke pasar ekspor. Anda harus memastikan produk bebas hama ketika dikirim ke negara tujuan ekspor.

Treatment pengawetan dilakukan dengan meresapkan zat pengawet ke dalam substrat kayu. Tujuannya adalah agar kayu tidak dijadikan sarang hama, tidak dimakan hama seperti rayap dan teter, serta agar kayu lebih awet.

alterntif text

Zat pengawet bisa berupa insektisida atau fungisida. Di pasaran, telah tersedia beberapa insektisida dan fungisida pengawetan. Namun saran kami, Anda gunakan BioCide Insecticide.

Obat Pengawet Terbaik untuk Kayu Sawo adalah BioCide Insecticide

Kenapa pengawet terbaik untuk kayu dari pohon sawo adalah BioCide Insecticide? Jawabannya, karena insektisida ini memang hadir dengan berbagai keunggulan. Dari hasil pengawetan, misalnya, BioCide terbukti bisa membuat kayu bertahan hingga puluhan tahun, dan bebas dari rayap, teter, serta hama yang lain.

Dari segi harga, insektisida ini pun terjangkau dibanding kualitas yang ditawarkannya. Bagaimana dengan keamanannya? Tenang. BioCide Insecticide diproduksi dengan standar tinggi agar menjadi pengawet yang sesuai dengan regulasi yang ditentukan. Malah, insektisida ini menggunakan pelarut air yang lebih aman, serta tidak membuat produk kayu jadi sulit dicat.

Beli BioCide Insecticide Sekarang juga untuk Pengawetan Kayu Sawo

Beli BioCide Insecticide sekarang juga. Ada beberapa cara yang bisa Anda pilih untuk mendapatkan insektisida ini. Berikut ini ketiga opsi tersebut.

  1. Pertama, pembelian secara langsung di Bio Service Point. Untuk saat ini, kami membuka Bio Service Point di tiga daerah di Indonesia, yaitu di Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Barat (Cirebon), dan Jawa Tengah (Jepara). Namun agen kami sudah tersebar di berbagai kota. Sehingga Anda juga bisa membeli langsung lewat agen kami. Hubungi saja CS kami yang akan memberikan informasi alamat agen BioCide Insecticide yang paling dekat dengan Anda.
  2. Pembelian secara online. Pembelian secara online bisa dilakukan dengan menghubungi kami di antiserangga.com. Anda akan dipandu oleh Customer Service kami yang ramah, menyenangkan, dan profesional. Kontak CS tercantum di website ini.
  3. Pembelian di marketplace. Kami juga menyediakan cara pembelian di berbagai toko daring. Silahkan saja cari produk kami di toko online langganan Anda.

Simpulan

Apa yang bisa kita simpulkan dari pembahasan mengenai kayu sawo di atas? Secara umum, kita bisa mengatakan bahwa kayu dari pohon ini merupakan salah satu kayu yang memiliki kualitas yang baik. Kayu tersebut memiliki keuletan tinggi dengan tingkat kekerasan yang baik. Dan karenanya, tak mengherankan apabila harga kayu ini di pasaran tergolong tinggi, sampai-sampai banyak produsen nakal yang mencoba memalsukan kayu non sawo agar serupa seperti kayu tersebut.

Namun demikian, kualitas kayu sawo tetap harus dijaga ketika sudah masuk dalam industri pengolahan kayu. Baik dipakai untuk mebel, kerajinan, atau bangunan, treatment pengawetan wajib dilakukan. Treatment pengawetan dilakukan dengan meresapkan obat pengawet ke dalam substrat kayu. Dan, untuk kebutuhan ini, obat pengawet terbaik yang bisa Anda andalkan adalah BioCide Insecticide.

Yuk, segera beli BioCide Insecticide dan jadikan aneka produk dari kayu sawo lebih tahan lama!

Kayu Sawo Ternyata Kayu yang Sangat Mahal lho: Apa ya Alasannya?
alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply

WhatsApp sekarang juga!