Cara Agar Kandang Ayam Awet? Ini Dia Kunci Pentingnya

Kandang ayam Anda bubukan? Atau dimakan rayap? Tenang! Kami punya solusi bagi Anda untuk mengatasi masalah tersebut. Yuk, simak kiat-kiat sekaligus cara agar kandang ayam awet di bawah ini.

Salah satu binatang peliharaan yang paling populer di Indonesia adalah ayam. Ayam dimanfaatkan manusia untuk dagingnya, telurnya, suaranya yang merdu, wujudnya yang unik, sampai kehebatan bertarungnya. Kita pun karenanya memiliki beragam jenis ayam untuk pemanfaatan yang berbeda-beda tersebut. Ada ayam pedaging, petelur, kate yang unik, ayam yang bersuara bagus, sampai ayam yang biasa diadu. Selain itu, ada pula ayam yang dianggap membawa keberuntungan seperti ayam cemani. Ayam dengan warna hitam legam itu bahkan bisa dihargai dengan nominal sampai puluhan juta rupiah.

Karena popularitas ayam yang demikian tinggi, kebutuhan pemeliharaan ayam pun dijual di sana-sini. Kita dengan mudah bisa mendapatkan pakan sampai nutrisi khusus untuk unggas tersebut. Nah, kebutuhan-kebutuhan seperti ini rupanya memicu munculnya lapangan kerja di masyarakat. Salah satunya adalah usaha pembuatan kandang ayam.

Dilihat di pasaran, ada beberapa tipe kandang untuk hewan peliharaan tersebut. Di bawah ini akan dijelaskan lebih rinci.

Aneka Jenis Kandang Ayam

  1. Kandang Satuan. Kandang ini biasanya dijual di desa-desa untuk warga yang memiliki beberapa ekor ayam. Kandang seringkali terbuat dari bahan bambu atau kayu dengan kualitas rendah. Harganya biasanya puluhan ribu rupiah saja.
  2. Kandang untuk Peternakan Ayam. Kandang untuk kebutuhan peternakan jelas berbeda dari kandang satuan yang biasanya dimiliki warga di desa-desa. Kandang dibuat untuk banyak ayam sekaligus. Selain itu, kandang juga didesain supaya peternak bisa memberi makan unggasnya dengan mudah.
  3. Kandang untuk Ayam non Konsumsi. Kandang ini biasanya memiliki desain yang menarik. Kandang juga dibuat dengan memperhatikan kenyamanan ayam sebagai penghuninya. Para pencari kandang ini adalah mereka yang memiliki ayam dengan bentuk unik, ayam yang harganya mahal seperti cemani, sampai ayam petarung.
cara agar kandang ayam awet

Bisnis Kandang Ayam? Kenapa Tidak?

Kebutuhan kandang ayam terus meningkat seiring berjalannya waktu. Dan karenanya, sebetulnya usaha pembuatan kandang ini bisa dibilang merupakan usaha yang prospektif. Bagi Anda yang sedang bingung mencari inspirasi usaha, Anda bisa mempertimbangkan bisnis ini.

Tapi ingat, kualitas tempat ayam tersebut tentu harus diperhatikan. Untuk kandang ayam mahal, jelas sangkarnya pun harus baik. Sedangkan untuk kandang ayam peternakan, yang utama adalah efisiensi kandang tersebut supaya memudahkan kerja peternak.

Selain itu, faktor penting yang tak dapat diabaikan adalah masalah keawetan kandang. Kandang harus awet dan tidak boleh bermasalah karena:

  1. Serangan rayap
  2. Kumbang bubuk atau teter atau totor
  3. Kutu kayu, dan berbagai hama serangga kayu dan bambu lainnya
cara agar kandang ayam awet

Sayangnya, di pasaran, banyak produk kandang yang ternyata mudah rusak. Kandang seringkali bubukan (terkena teter) sampai habis dimakan rayap. Dan oleh sebab itulah di kesempatan ini, antiserangga.com akan membagikan cara supaya tempat unggas tersebut lebih tahan lama.

Tips dan Cara Agar Kandang Ayam Awet

Ada banyak hal yang bisa dilakukan agar kandang Anda tidak mudah rusak. Berikut ini tiga tips penting di antaranya.

Satu, Cari Bahan Kayu dan Bambu yang Sudah Tua

Keawetan suatu produk sangat dipengaruhi bahan utama pembuatnya. Dan demikian pula halnya dengan kandang ayam. Beberapa di antara Anda mungkin sudah tak bermasalah dengan hal ini. Sebab Anda menjual kandang high quality untuk ayam jutaan rupiah. Tapi di sisi lain, banyak pula yang membutuhkan kandang harga terjangkau. Jadi tidak make sense rasanya kalau kita menggunakan bahan mahal yang lebih awet. Misalnya, membuat kandang dari jati untuk ayam kampung di desa-desa.

alterntif text

Kami memaklumi digunakannya kayu dan bambu berkualitas rendah untuk pembuatan kandang seperti ini. Tapi setidaknya, usahakan kayu atau bambu yang digunakan sudah tua. Sebab, semakin tua material terkait, keawetannya akan meningkat.

Dua, BioCide: Kunci Cara agar Kandang Ayam Awet

Apapun jenis kayu yang Anda gunakan, kami menyarankan dilakukannya pengawetan. Pengawetan? Ya. Pengawetan adalah kunci agar kandang tidak dimakan rayap sampai teter kelak. Pengawetan untuk kandang ayam bisa dilakukan setelah kayu atau bambu dipotong-potong. Potongan kayu dan bambu tersebut selanjutnya dicelupkan, direndam, atau dikuas dengan bahan pengawet berupa insektisida. Cara agar kandang ayam awet ini berprinsip bahwa larutan pengawet akan masuk ke substrat kayu dan bambu. Dengan demikian, kayu atau bambu tidak akan lagi dimakan rayap, teter, dan hama lainnya.

pengawetan agar pagar kayu tahan lama awet

Untuk insektisidanya, Anda bisa menggunakan BioCide Insecticide. BioCide Insecticide adalah insektisida dengan bahan aktif cypermethrin 100 EC. Insektisida ini terkenal karena efektivitasnya yang tinggi namun harganya yang tetap terjangkau. BioCide Insecticide juga tersedia di antiserangga.com lho. Anda bisa langsung membelinya di sini dengan menghubungi kami via kontak yang disediakan.

Tiga, Cat

Mengecat juga teramat krusial dilakukan sebagai salah satu inti dari cara agar kandang ayam awet. Lapisan cat yang diaplikasikan akan melindungi kayu atau bambu dari paparan berbagai faktor yang merusak seperti paparan sinar UV, paparan kelembaban yang tinggi, suhu yang sangat fluktuatif, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Pilihlah cat yang tahan lama dan sekaligus aman bagi ayam. Jangan sampai cat beracun sebab ayam memiliki kebiasaan mematuk dan menelan apapun termasuk lapisan cat yang di kandangnya.

Rekomendasi kami, gunakanlah cat water based (cat berbasis air) seperti BioVarnish. Usahakan juga untuk membeli cat outdoor ya bila Anda ingin meletakkan kandang di luar ruangan.

BIOCIDE INSECTICIDE

Nah, itulah tiga tips sekaligus cara agar kandang ayam Anda awet. Sekali lagi, usaha pembuatan kandang ayam merupakan usaha yang cukup menggiurkan. Pasar yang bisa dibidik pun beragam, dari pasar ayam mahal seperti ayam cemani, ayam peternakan, sampai ayam yang dipelihara warga seperti di desa-desa. Tapi ingat, bagi kita yang ingin membangun usaha ini, tentu kualitas produk harus diutamakan. Dan untuk kebutuhan itu, kami membagikan beberapa tips di atas. Salah satunya adalah penggunaan antiserangga BioCide Insecticide. Ada banyak lho keuntungan membeli BioCide. Salah satunya adalah tersedianya layanan bebas konsultasi.

Keuntungan lain: Layanan Bebas Konsultasi

Kenapa membeli BioCide Insecticide sangat menguntungkan? Sebab, dengan membeli insektisida ini, Anda bisa mendapatkan layanan bebas konsultasi dari CS dan teknisi kami. Anda selalu bisa menghubungi kami untuk informasi dan tips cara menggunakan BioCide Insecticide. Kami akan selalu membantu Anda supaya Anda bisa mendapatkan manfaat optimal dari insektisida yang kami sediakan ini.

Hal ini kami lakukan karena kami menyadari keluhan-keluhan mengenai cara penggunaan bahan pengawetan di lapangan yang tidak jelas. Sebagai perusahaan yang berkomitmen untuk mendukung industry nasional, tentunya kami prihatin dengan hal tersebut, sehingga kami akan selalu hadir dengan informasi dan berbagai tips yang terbaik.

Demikian. Sekali lagi, aplikasikan cara agar kandan ayam awet dengan BioCide!

Cara Agar Kandang Ayam Awet? Ini Dia Kunci Pentingnya
alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply

WhatsApp sekarang juga!