Bahas lengkap kayu keras atau hardwood di antiserangga.com! Akan kami bagikan definisi sampai fungsi dari hardwood.
Pada artikel sebelumnya, kita telah membahas mengenai kayu lunak atau softwood. Diartikan bahwa kayu lunak adalah kayu yang berasal dari tanaman berbiji terbuka seperti pinus dan cedar. Bagaimana dengan kayu keras atau hardwood? Dan, apakah kayu ini memiliki ketahanan terhadap hama yang baik? Yuk, simak selengkapnya penjelasan mengenai hardwood di bawah ini.

Pengertian Kayu Keras

Kayu keras bisa didefinisikan sebagai kayu yang berasal dari tumbuhan berbiji tertutup. Tumbuhan berbiji tertutup sendiri ialah tumbuhan yang menghasilkan biji dengan diselimuti buah atau kulit buah. Ini berbeda dengan tumbuhan berbiji terbuka yang bijinya tidak diselimuti oleh daging buah dan buah. Contoh tumbuhan berbiji tertutup adalah mangga, rambutan, nangka, dan lainnya. Sedangkan contoh tumbuhan berbiji tertutup adalah tanaman Ginko Biloba serta pinus. Di Indonesia sendiri, tanaman pinus sangat jarang ditemukan. Spesies pinus yang tersedia pun hanya satu, yakni Pinus merkusii. Karena itulah, sebetulnya lebih mudah menemukan kayu keras dibanding kayu lunak, karena jumlah spesies berbiji tertutup pun memang lebih banyak.

Karakter dan Sifat Kayu Keras

Seperti halnya softwood, hardwood pun memiliki karakter dan poin-poin khas tersendiri. Berikut ini ciri dan beberapa sifat khas dari hardwood.

  1. Memiliki densitas atau kerapatan yang lebih tinggi dibanding softwood. Namun perlu diingat, bahwa kadang-kadang justru softwood lebih padat dibanding hardwood.
  2. Secara umum, harganya lebih mahal bila dibandingkan dengan kayu lunak.
  3. Kualitas kayu keras yang baik seperti jati dan ulin, bisa diandalkan untuk membuat furniture high end dan konstruksi outdoor (luar ruangan)
  4. Memiliki resistensi terhadap api yang lebih baik
  5. Pertumbuhan yang lebih lambat, sehingga masa panen kayu pun juga menjadi lebih lambat

Kandungan Kayu Keras

  1. Selulosa 42%
  2. Hemiselulosa 27%
  3. Lignin 28%
  4. Beragam zat ekstraktif 3%

Contoh Kayu Keras

Ada sangat banyak spesies kayu hardwood. Sebab, sebagaimana disebut di atas, jumlah tanaman yang tergolong sebagai tanaman berbiji tertutup jauh lebih banyak apabila dibandingkan dengan tanaman gymnospermae atau berbiji terbuka. Namun demikian, perlu diketahui, bahwa tidak semua tanaman berbiji terbuka bisa menghasilkan kayu komersil. Jangankan kayu komersil, produksi kayu saja tidak bisa dihasilkan semua tanaman. Hanya tanaman dalam kategori pohon (menghasilkan batang besar dan panjang) yang mampu menghasilkan kayu keras.

Berikut ini beberapa contoh hardwood:

  1. Kayu jati
  2. Kayu merbau
  3. Kayu mahoni / mahogany
  4. Kayu meranti
  5. Bengkirai
  6. Ulin
  7. Iron wood
  8. Kayu kamper
  9. Kayu nangka
  10. Dan lain sebagainya yang tidak bisa disebutkan satu per satu

Penggunaan Hardwood

  1. Bisa digunakan untuk membuat berbagai jenis mebel. Anda bisa menggunakan hardwood untuk membuat furniture indoor, outdoor, dan lain sebagainya. Sedangkan kebanyakan kayu lunak disarankan untuk mebel interior saja.
  2. Bisa digunakan untuk konstruksi bangunan dan juga alat transportasi
  3. Bisa digunakan untuk membuat beragam jenis kerajinan mulai dari patung sampai ukir-ukiran
  4. Bisa digunakan untuk membuat berbagai produk peralatan music
  5. Bisa digunakan untuk membuat elemen bangunan indoor ataupun outdoor seperti lantai kayu dek (decking) maupun parket.
lantai kayu keras

Apa Hardwood Pasti Tahan Hama?

Kualitas kayu keras yang satu tidak sama dengan kayu keras yang lainnya. Hardwood juga tidak menjamin bahwa satu jenis kayu pasti bermutu bagus. Pada banyak kasus, ditemukan bahwa kayu ini pun rentan diserang hama sebagaimana kayu pinus yang merupakan kayu softwood. Oleh sebab itu, kewaspadaan terhadap serangan hama sangat perlu untuk diperhatikan. Pasalnya, serangan hama bisa memperpendek usia pakai kayu secara signifikan. Apalagi di daerah lembab dan panas seperti Indonesia. Data terakhir saja menunjukkan bahwa 85% kayu di Indonesia memiliki ketahanan yang buruk atas serangan hama.

harga insektisida antirayap 2020

Hardwood atau Softwood, Semua Butuh Pengawetan

Oleh karena kebanyakan hardwood pun rentan diserang hama, ada baiknya perbaikan dilakukan. Dan untuk mengatasi masalah ini, kita bisa menerapkan treatment pengawetan. Treatment pengawetan dilakukan dengan meresapkan zat antihama ke dalam kayu. Cara ini terbukti mampu meningkatkan usia pakai kayu berkali-kali lipat. Kayu sengon saja bisa ditingkatkan usianya sampai 95 tahun apabila diawetkan dengan benar. Dan untuk melakukan treatment pengawetan yang benar, aplikasikanlah obat pengawet yang baik, BioCide Insecticide.

Insektisida BioCide merupakan insektisida yang bisa Anda andalkan untuk membuat kayu terlindung dari hama serangga mulai dari rayap, semut, kumbang bubuk, dan lain sebagainya.

Keunggulan BioCide Insecticide

BIOCIDE INSECTICIDE

BioCide memiliki sangat banyak keunggulan dibandingkan dengan insektisida yang lain. Berikut ini berbagai keunggulan yang ditawarkan BioCide Insectide.

  1. Pertama, insektisida ini memberikan hasil pengawetan yang baik. BioCide akan memberikan proteksi atau perlindungan lebih lama dan lebih lengkap.
  2. Insektisida ini bisa diaplikasikan dengan berbagai metode yang fleksibel dan mudah. Anda bisa mengaplikasikannya dengan metode perendaman, metode vakum tekan, sampai metode penguasan.
  3. Harga produk ini terjangkau, dan penggunaannya juga sangat hemat.
  4. Produk ini lebih aman dan juga ramah lingkungan baik bagi pekerja ataupun bagi lingkungan.
  5. Tidak menimbulkan efek buruk pasca pengawetan yang umum muncul bila menggunakan oil based preservative (pengawet berbasis minyak).

BioCide Insecticide sendiri menggunakan bahan aktif cypermethrin 100 EC. Dan formulasinya dibuat sedemikian rupa untuk mendukung terwujudnya industri woodworking modern yang lebih murah namun tetap berkualitas sekaligus ramah lingkungan.

alterntif text

Cara Membeli BioCide Insecticide

Tertarik dengan BioCide Insecticide? Bagi Anda yang tertarik dengan insektisida ini, Anda bisa melakukan pembelian dengan sangat mudah. Anda bisa membeli produk ini di toko online seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dan masih banyak lagi. Selain itu, pembelian secara online juga bisa dilakukan dengan menghubungi kontak CS kami yang tertera di situs ini. Anda bisa menghubungi kami via email, via telepon, dan kontak yang lain.

Bagaimana dengan pembelian secara langsung? Pembelian secara langsung dapat dilakukan di Bio Service Point yang lokasinya di Yogyakarta, Jepara, dan Cirebon. Silahkan datang langsung ke Bio Service Point, dan kami akan membantu memenuhi kebutuhan woodworking Anda. Apalagi selain menyediakan BioCide Insecticide, kami juga menyediakan berbagai produk pengolahan kayu lainnya mulai dari cat, anti lembab, lem kayu, bleaching atau pemutih kayu, sampai plitur berkualitas.

Nah, demikian informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan ini. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda ya. Terus ikuti update informasi bermanfaat lainnya di antiserangga.com. Kami masih akan terus hadir dengan beragam informasi menarik lainnya seperti bahasan mengenai kayu keras atau hardwood ini. Ingat, hardwood tetap harus diawetkan dengan BioCide Insecticide.

Download WordPress Themes
Free Download WordPress Themes
Premium WordPress Themes Download
Download WordPress Themes Free
free download udemy paid course
download mobile firmware
Download Best WordPress Themes Free Download
ZG93bmxvYWQgbHluZGEgY291cnNlIGZyZWU=
Lebih Dekat dengan Hardwood atau Kayu Keras di Sini!
alterntif text

Leave a Reply

WhatsApp sekarang juga!