Cantiknya Pergola Sederhana untuk Halaman Kian Menawan

Ingin punya pergola? Kenapa tidak? Berikut ini beberapa contoh cantiknya bangunan tersebut serta sekilas tips agar keindahannya bisa dipertahankan dalam waktu lama.

pergola-kuning-kolam-renangBangunan di taman itu disebut pergola. Ia tidak serumit gazebo namun tidak bisa disamakan dengan kanopi. Kanopi selalu dikaitkan dengan rumah, sedangkan bangunan itu tidak. Fungsinya sendiri serupa dengan gazebo maupun kanopi, yakni sebagai tempat berteduh di taman kita yang cantik. Konsep yang menarik ya? Jadi, cantiknya taman kita bisa dinikmati lebih nyaman.

Desain bangunan ini pun sederhana. Bila kita berminat membuatnya sendiri, caranya tidak terlalu sulit. Meminta bantuan profesional dari jasa tukang bangunan pun tak akan mahal. Sebab pembuatannya tidaklah rumit dan memakan waktu lama. Contoh saja pergola cantik di bawah ini! Simpel saja bukan?

pergola

pergola-merah

Awas Serangan Hama dan Cuaca!

Meskipun pembuatannya mudah dilakukan seperti yang disebut di atas, namun pada kenyataannya mempertahankan kualitasnya tidak semudah itu. Sebagai bangunan outdoor, berbagai faktor penyerang wajib diantisipasi. Bila tidak, jangan kaget kalau kerusakan dalam waktu sangat dekat diderita. Perlu adanya kiat khusus yang dilakukan. Berikut ini 4 di antara beberapa kiat tersebut:

Bersih-bersih

Pertama, lakukan pembersihan secara rutin. Dengan aktivitas ini, Anda bisa meminimalisir serangan organisme seperti jamur dan serangga yang tumbuh dengan cepat. Pembersihan juga merupakan fenomena kontrol untuk mendeteksi kerusakan sedini mungkin.

Awetkan Kayu atau Bambunya

Pastikan kayu dan bambu yang digunakan sudah diawetkan terlebih dahulu. Caranya ialah dengan meresapkan obat antihama seperti BioCide ke dalamnya. Dengan cara ini, maka secara alami kayu dan bambu tidak akan disukai hama dan kerusakan akibat hama bisa direduksi signifikan.

biocide
Obat pengawet BioCide

 

Cat Berkualitas

Lapisan cat akan memberikan perlindungan pada pergola Anda. Jadi pastikan untuk memanfaatkan cat yang kualitasnya bagus dan tahan lama. Karena bangunan ini terletak di luar, secara spesifik pilihlah bahan finishing untuk luar ruangan. Misalnya cat coating BioColours dan Orchid untuk warna-warni pastel.

Finishing Ulang

Sekuat apapun lapisan cat, pada akhinya pasti akan rusak juga. Ini sesuatu yang alamiah yang terjadi pada benda apapun. Jadi, kala Anda mendapati lapisan cat sudah rusak, segera lakukan pengecatan ulang.

Dengan keempat kiat di atas, dijamin kecantikan pergola Anda akan awet untuk waktu yang lama! Makin berminat membuat bangunan ini? Tunggu ya artikel kami berikutnya!

 

Leave a Comment