Mudah! Cara Mengawetkan Bunga dengan Silica Gel!

0
44
pengawetan bunga (2)

Ingin tahu cara mengawetkan bunga yang tepat? Ada banyak bahan dan metode yang bisa diterapkan mulai dari menggantung bunga sampai menggunakan alkohol. Tapi jawaban terbaik cara mengawetkan bunga terletak pada kristal-kristal mungil murah meriah bernama silica gel. Selain bisa dipakai untuk mengawetkan bunga-bunga yang menjadi kenangan Anda, bola-bola mungil ini juga bisa digunakan untuk menghasilkan kerajinan bunga kering yang amat cantik, lho.

Buket bunga cantik dari orang yang Anda kasihi datang ke rumah Anda. Selama beberapa hari, Anda mungkin bisa membuatnya segar dengan meletakannya dalam vas berisi air. Keindahannya bisa Anda nikmati selama waktu tersebut. Tetapi untuk beberapa hari selanjutnya, mau tak mau Anda harus merelakannya layu dan membusuk. Untuk bunga-bunga yang tak begitu berarti, barangkali tak mengapa. Tapi bagaimana bila bunga tersebut punya makna tersendiri dalam kehidupan Anda? Atau bagaimana bila bunga tersebut adalah buket bunga pernikahan Anda? Ada kenangan penting yang tersimpan pada buket tersebut. Bayangkan bila ia bisa diawetkan kemudian dipajang dalam figura sebagaimana foto pernikahan Anda.

Tertarik mencobanya? Percaya tak percaya hal tersebut bisa dilakukan. Dan banyak orang yang telah berusaha melakukannya. Keseluruhan metode tersebut disebut sebagai pengawetan bunga. Di zaman dulu pun, cara-cara mengawetkan bunga sebetulnya sudah dilakukan. Misalnya dengan menggantung bunga di ruangan gelap yang bersih. Lama-lama bunga akan mengering dan tidak akan membusuk.

buket bungbuket bunga pernikahan pernikahan

Bagaimana dengan di masa kini?

Di Masa Kini, Pengawetan Bunga Juga Dilakukan untuk Membuat Kerajinan

CS Anti Serangga

Proses pengawetan bunga di era sekarang ini bahkan telah berkembang dari sekedar metode untuk kebutuhan pribadi. Berbagai craft atau kerajinan tangan rupanya bisa dihasilkan dari metode ini. Misalnya saja kerajinan bunga kering yang diletakkan di atas sebuah keranjang rotan. Atau, bunga-bunga kering yang ditempelkan pada suatu papan untuk menghiasi dinding. Bisa juga aneka bunga itu dimasukkan dalam toples untuk menjadi dekorasi di atas meja. Keindahan bunga-bunga yang terawetkan pasti akan membuat ruangan menjadi semakin manis dan romantis. Pangsa pasarnya pun banyak mulai dari individu yang suka dengan bunga kering sampai berbagai restoran dan hotel bintang lima.

bunga dikeringkan

Sangat menarik, bukan? Lantas bagaimanakah cara mengawetkannya? Dulu, seperti dijelaskan di atas, orang akan menggantung bunga di ruangan gelap yang bersih, apakah sekarang pun metode tersebut recommended untuk dilakukan? Jawabannya tidak. Proses atau cara mengawetkan bunga di atas memakan waktu terlalu lama. Belum lagi, resiko bunga rusak karena ditumbuhi jamur pun besar. Sebaiknya, digunakan cara lain yang lebih aman, praktis, dan murah meriah. Cara yang kami sarankan untuk kebutuhan ini adalah pengawetan bunga menggunakan silica gel.

Silica Gel?

Anda mungkin tak begitu tahu seperti apa itu produk silica gel. Tetapi, barang ini hampir selalu ada ketika Anda membeli sepatu, tas, hingga peralatan elektronik. Coba ingat-ingat, saat Anda membuka bungkus komputer, laptop, sampai sepatu, adakah bungkusan kotak kecil berisi bulatan-bulatan seperti kerikil? Nah, itulah yang dinamakan silica gel. Bahan ini punya fungsi untuk menyerap kelembaban. Silica gel, dengan demikian akan membuat wadah komputer, sepatu, hingga tas senantiasa kering. Tujuannya jelas agar benda-benda tersebut terlindungi dari jamur dan bakteri pembusuk yang kerap menyerang dalam udara lembab.

silica gel natural

Lantas, bagaimana cara mengawetkan bunga dengan silica gel? Prinsip kerjanya sebetulnya sangat sederhana. Silica gel, seperti sudah dijelaskan, punya kemampuan untuk menyerap molekul air. Sehingga ketika bunga diletakkan di dekat silica gel dalam jumlah yang cukup, proses pengeringan akan terjadi. Proses pengeringan ini akan membuat bunga terawetkan. Sebab bunga yang sudah kering tidak akan membusuk dan dimakan jamur serta bakteri.

Sederhana, bukan?

Agar lebih jelas, berikut ini langkah-langkah cara mengawetkan bunga dengan silica gel.

  1. Bersihkan bunga dari segala kotoran.
  2. Siapkan wadah yang bisa dipakai untuk meletakkan bunga.
  3. Siapkan silica gel. Jangan buka wadahnya dulu bila belum akan digunakan. Ingat, silica gel sangat mudah menyerap air. Ketika Anda membukanya, silica gel akan secara otomatis menyerap molekul udara dalam ruangan sehingga tidak akan bisa dipakai lagi untuk mengeringkan bunga!
  4. Letakkan silica gel dalam wadah secukupnya. Letakkan bunga. Tuangkan lagi silica gel sampai menimbun keseluruhan bunga tersebut. Lakukan dengan cepat.
  5. Setelah itu, tutupi wadah dengan penutup atau plastik.
  6. Tunggu sampai bunga mengering. Proses ini berbeda antar satu bunga dengan bunga yang lain. Jadi, kami tidak bisa menyebutkan lama pengeringan secara presisi. Yang jelas, ketika warna bunga sudah berubah dan bagian-bagian bunga sudah “kering” seperti kertas, maka proses sudah selesai.
  7. Ambil bunga. Anda bisa meletakkannya dalam figura atau toples. Silahkan berkreasi menurut selera Anda.

Cara Mengawetkan Bunga dengan Silica Gel Dibandingkan dengan Cara lainnya

Proses pengawetan bunga bisa dilakukan dengan bahan lain selain silica. Misalnya saja dengan alkohol. Tetapi, kenapa kami merekomendasikan penggunaan silica, tentu ada alasannya.

pengawetan bunga

Dibanding alkohol dan berbagai bahan yang lai, proses pengawetan bunga menggunakan bahan ini lebih unggul karena:

  1. Praktis! Prosesnya sangat praktis karena prinsipnya, Anda hanya harus menimbun bunga dengan bahan tersebut.
  2. Mudah dilakukan
  3. Lebih aman. Silica gel bukan bahan yang berbahaya (meski Anda tidak boleh memakannya). Namun bahan ini jelas lebih aman dibanding alkohol yang dalam penggunaannya harus ekstra hati-hati agar tidak terciprat pada mata.
  4. Lebih murah. Dibanding alkohol, harga silica lebih murah. Silica sebenarnya juga bisa digunakan lagi setelah dipakai untuk mengawetkan bunga. Caranya, dengan memanaskannya dulu.
  5. Perubahan warna memang terjadi. Akan tetapi, efeknya justru terlihat begitu klasik. Bunga akan tampak seperti bunga-bunga dengan kesan musim gugur yang cantik.

Kami Menyediakan Silica Gel! Beli Sekarang juga untuk Awetkan Bunga Anda

Dengan berbagai penjelasan poin di atas, bisa dikatakan bahwa cara mengawetkan bunga dengan silica gel memang menawarkan lebih banyak kelebihan dibandingkan bahan yang lain. Jadi tunggu apalagi? Dapatkan silica gel sekarang juga dan awetkan buket bunga kesayangan Anda!

bunga kering

Kami juga menyediakan silica gel di antiserangga.com, lho. Anda bisa melakukan pemesanan secara online dengan proses pengiriman yang cepat. Bunga-bunga kesayangan Anda atau bunga-bunga yang hendak Anda jadikan kerajinan tangan bisa terawetkan dengan baik menggunakan bahan ini.

Di pasaran sebenarnya banyak produk silica lain yang bisa dibeli. Namun produk yang kami sediakan memiliki lebih banyak keunggulan. Produk kami memiliki kualitas yang lebih baik dengan daya serap yang lebih tinggi. Anda juga bisa membelinya dalam jumlah banyak sekaligus. Selain itu, silica gel yang kami sediakan juga tersedia dengan harga yang lebih terjangkau. Proses pembelian juga bisa dilakukan dengan cepat untuk usaha atau kebutuhan pribadi Anda.

Semoga bermanfaat ya! Nikmati keindahan bunga yang telah terawetkan dengan silica gel. Cara mengawetkan bunga dengan silica gel memang jadi lebih mudah dengan produk ini.

CS Anti Serangga
SHARE

Leave a Reply