Mudah! 3 Cara Atasi Kekurangan Bambu Ampel

Bambu ampel memiliki kekurangan sangat fatal terkait dengan ketidaktahanannya terhadap kumbang bubuk. Bagaimana ya cara mengatasi kekurangan bambu ini?

Mengenal Bambu Ampel

Bambu ampel atau biasa juga disebut sebagai bambu aur adalah sejenis bambu yang banyak ditemukan di Indonesia. Bambu ini terdiri atas beberapa variasi. Salah satu variasinya yang berwarna kuning dengan garis hijau banyak dipakai sebagai tanaman hias dan bahan baku mebel berestetika tinggi.

Karakteristik Bambu Ampel

  1. Rebung bambu ini hadir dengan warna kuning atau hijau tertutup oleh bulu-bulu cokelat dan hitam.
  2. Buluh bambu tegak dan bisa tumbuh tinggi antara 10-20 m. Buluh lurus meski kadang akan berbiku-biku dengan ujung melengkung
  3. Buluh bisa bercabang pada ketinggian 1,5 m di atas tanah
  4. Panjang buku-buku 20-45 cm dan diameter 4-10 cm
  5. Tebal buluh 7-15 mm
  6. Warna buluh hijau mengilap, namun ada juga varian warna kuning dan kuning bergaris-garis hijau

Klasifikasi Ilmiah Bambu

  1. Kingdom: Plantae
  2. Ordo: Poales
  3. Famili: Poaceae
  4. Subfamili: Bambusoideae
  5. Bangsa: Bambuseae
  6. Genus: Bambusa
  7. Spesies: B. vulgaris

Kegunaan Bambu Ampel

Bambu ini banyak digunakan untuk:

  1. Dimasak, terutama untuk rebungnya
  2. Digunakan untuk membuat furniture
  3. Digunakan untuk elemen konstruksi bangunan
  4. Digunakan untuk membuat kerajinan termasuk keranjang anyaman bambu
  5. Digunakan untuk bahan baku bubur kertas

Kekurangan Bambu Ampel

Meskipun sudah banyak digunakan masyarakat, bambu ini memiliki kekurangan sangat fatal, yakni tidak tahan terhadap serangga hama khususnya kumbang bubuk. Inilah yang membuat banyak pengrajin mebel sampai kerajinan cenderung menghindari penggunaan bambu ini.

Cara Meningkatkan Kualitas Bambu agar Lebih Awet

Kekurangan bambu ampel dari segi kekurangtahanannya terhadap hama jelas sangat perlu diatasi. Mengolah bambu ini tanpa menyelesaikan masalah ketidakawetan bambu ini akan membuat produk dipersepsi negatif di pasaran. Masyarakat akan enggan membeli produk berbasis bambu ini. Dan jelas kerugian ini tidak hanya akan ditanggung satu dua pelaku usaha, tapi juga bisa menjadi kerugian secara nasional. Sebab, industri bambu di Indonesia jadi kurang dipercaya publik akibat beberapa produknya ditemukan tidak awet.

Mengatasi masalah bambu ini sendiri sesungguhnya bukan persoalan sulit. Ada 3 cara yang bisa diterapkan sebagai berikut.

Finishing Berkualitas

Finishing yang berkualitas bisa meningkatkan masa pakai bambu ampel. Sebab, bambu akan terlindungi dari berbagai hama yang menyerang karena adanya lapisan film cat yang menyelubungi bambu. Cara ini akan makin efektif apabila cat yang digunakan adalah cat dengan kualitas yang baik.

alterntif text

Finishing yang berkualitas bisa meningkatkan masa pakai bambu ampel. Sebab, bambu akan terlindungi dari berbagai hama yang menyerang karena adanya lapisan film cat yang menyelubungi bambu. Cara ini akan makin efektif apabila cat yang digunakan adalah cat dengan kualitas yang baik.

Pengawetan

Cara kedua yang bisa dilakukan untuk meningkatkan keawetan bambu ampel adalah dengan mengawetkannya. Dan dibanding cara yang lain, inilah cara paling efektif yang bisa dilakukan. Pengawetan atau preservasi sendiri adalah usaha meningkatkan masa pakai media dengan cara meresapkan zat antihama. Sebab, sebagaimana dijelaskan di atas, salah satu kekurangan bambu ini adalah ketidaktahanannya terhadap hama. Dengan diresapi obat pengawet, bambu akan jadi tahan lama. Namun pastikan agar obat pengawet yang digunakan benar-benar tepat. Dan untuk kebutuhan ini, kami sediakan BioCide Insecticide.

Keunggulan BioCide Insecticide

BioCide Insecticide memiliki berbagai keunggulan dari berbagai aspeknya sebagai pengawet untuk bambu ampel.

BIOCIDE INSECTICIDE
  1. Aspek Hasil. BioCide bisa memberikan perlindungan lengkap dan menyeluruh. BioCide Insecticide bisa membuat bambu jadi tahan kutu, kumbang bubuk (teter atau totor), sampai rayap.
  2. Aspek Metode. Produk ini bisa diaplikasikan dengan mudah, baik dengan cara perendaman, pencelupan, sampai pemulasan.
  3. Aspek Keamanan. Produk ini sangat aman digunakan. Cypermethrin merupakan formula yang diperbolehkan oleh lembaga kredibel seerti ECHA dan secara umum formulanya juga sangat aman. Penggunaan pelarut air juga membuat produk ini lebih eco friendly daripada pengawet solvent based.
  4. Aspek Harga. Produk ini, meski kualitasnya premium, tapi dibuat dengan fromula terobosan yang membuat harganya terjangkau. BioCide Insecticide bukan saja bisa dibeli dengan harga lebih murah, namun demikian Anda tidak perlu membeli solvent yang harganya mahal dalam penggunaannya. Untuk melarutkan BioCide Insecticide, Anda bisa menggunakan air saja.
  5. Aspek Penggunaan. Dalam aspek ini, BioCide Insecticide merupakan bahan pengawet bambu kuring yang sangat hemat digunakan. Produk ini didesain dengan konsentrasi tinggi dan juga bisa dilarutkan dengan air. Kedua hal inilah yang membuat BioCide Insecticide menjadi insektisida yang sangat hemat.

Bisa Dicat!

Sebagai pengawet kayu untuk bambu ampel berbasis air, produk ini juga unggul karena merupakan water based preservative. Dengan BioCide Insecticide Anda bisa menghindari banyak kekurangan yang biasa diperoleh pada pengawet berbasis minyak. Satu di antaranya terkait dengan bahan finishing.

Cara Membeli BioCide Insecticide

Begini cara membeli BioCide Insecticide bagi Anda yang tertarik dengan produk ini.

  1. Pembelian secara online. Di zaman serba digital seperti sekarang ini, kami tentu menyediakan opsi pembelian secara online. Pembelian secara online bisa dilakukan dengan dua cara. Pertama dengan membeli di antiserangga.com, dan kedua dengan membeli di toko daring. Untuk pembelian di toko daring, Anda bisa mengunjungi online shop langganan Anda dan mencari store yang menjual BioCide Insecticide. Sedangkan untuk pembelian di situs ini, Anda akan dipandu oleh Customer Servcie kami yang berpengalaman dan sangat ramah.
  2. Pembelian secara langsung. Pembelian secara langsung bisa dilakukan di Bio Service Point. Yogyakarta, Jepara, dan Cirebon adalah 3 kota di mana Anda bisa mengunjungi Bio Service Point. Di Bio Servcie Point, selain bisa membeli BioCide Insecticide, Anda juga bisa membeli produk kami yang lain seperti cat water based ramah lingkungan dan wood bleaching (pemutih kayu). Selain itu, Anda juga bisa membeli di agen kami. Informasi mengenai agen kami bisa Anda peroleh via kontak dengan Customer Service kami.

Bagaimana? Mudah, bukan membeli BioCide? Produk kami juga sudah banyak diandalkan pelbagai pelaku usaha baik itu pelaku usaha furniture, kerajinan, ataupun bangunan. BioCide juga bisa digunakan untuk perawtaan berbagai produk bambu.

Perawatan

Cara ketiga yang tak kalah penting dilakukan untuk meningkatkan usia pakai bambu ampel adalah dengan merawatnya. Ya, sebagaimana produk lainnya, perawatan selalu berkolerasi positif dengan peningkatan usia pakai. Semakin baik dan sering dirawat, usia produk juga akan meningkat. Perawatan dapat dilakukan mulai dari aplikasi hal yang sederhana seperti pembersihan sampai pengaturan kelembaban seperti dengan menggunakan penyerap kelembaban ruangan (Container Dessiccant Pole).

Kiranya, inilah yang bisa kami sampaikan di artikel ini. Sekali lagi, bambu ampel merupakan salah satu bambu yang paling populer di Indonesia. Bambu ini banyak digunakan masyarakat untuk berbagai kebutuhan. Kita bisa menemukan pemanfaatan bambu ini untuk furniture, untuk kerajinan, dan lain sebagainya. Meskipun demikian, sebetulnya ketahanan bambu ini terhadap hama tergolong rendah. Bambu ampel kurang tahan terhadap rayap, kumbang pupuk, sampai kutu (bugs). Oleh sebab itulah perlu dilakukan pengawetan terhadap material ini. Untuk kebutuhan ini, Anda bisa menggunakan insektisida BioCide Insecticide.

Semoga bermanfaat ya. Update terus berbagai informasi menarik lainnya di antiserangga.com. Kami akan terus hadir dengan berbagai informasi menarik lainnya. Sekali lagi, jangan lupa untuk selalu menggunakan BioCide ya.

Mudah! 3 Cara Atasi Kekurangan Bambu Ampel

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply