Wow! Ini 10 Jenis Kayu Paling Mahal di Dunia

Ini dia 10 jenis kayu paling mahal di dunia! Kira-kira kayu jati termasuk tidak, ya?

Sejak zaman dahulu, kayu sudah menjadi komoditas yang diperdagangkan di seluruh dunia. Kayu dimanfaatkan untuk membuat furniture sampai untuk ritual keagamaan. Tapi perlu diketahui bahwa tidak semua kayu bisa dipakai sebagai komoditas yang menguntungkan. Suatu kayu harus memiliki syarat-syarat kualitas tertentu supaya bisa diperjual-belikan untuk kebutuhan pembuatan mebel sampai untuk acara-acara tradisional.

Nah, dengan manfaatnya yang sangat beragam ini, harga kayu pun berbeda-beda pula tergantung kualitas yang ditawarkan. Nah, dari berbagai kayu yang diperjual-belikan ini, berikut ini adalah 10 kayu yang harganya paling mahal.

Ini Dia 10 Jenis Kayu Paling Mahal di Dunia

Rosewood

Rosewood atau dalbergia merupakan sekumpulan tanaman yang menghasilkan kayu yang kaya dan menarik. Kayu ini ditemukan di berbagai negara di dunia dan telah banyak digunakan untuk kebutuhan yang berbeda-beda mulai dari pembuatan furniture, pembuatan kerajinan, elemen bangunan, sampai untuk membuat alat musik seperti gitar.

rosewood
rosewood

Kayu Cendana

Siapa orang Indonesia yang tak kenal kayu cendana? Cendana atau sandalwood merupakan salah satu jenis kayu yang namanya sangat populer di negeri ini. Kayu ini pun dikenal sangat bermutu karena memang memiliki karakteristik sangat unik. Kayu ini berasal dari pohon Santalum yang memiliki bau wangi sangat kuat. Tak main-main, harum kayu cendana bisa bertahan sangat lama sampai bertahun-tahun pasca kayu tersebut digunakan. Karenanya, pengolahan kayu ini sebaiknya dilakukan hati-hati supaya bahan kimia yang diterapkan tidak merusak wangi kayu ini.

kayu cendana kayu paling mahal

Nah, selain wangi, kayu ini juga bisa diperoleh dalam ukuran yang besar. Cendana atau sandalwood juga mengandung berbagai minyak alami yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan.

Kayu Agar

Kayu agar adalah kayu yang berasal dari pohon synopsis. Kayu ini sebetulnya memiliki bobot yang sangat ringan. Warnanya pun terang tidak seperti kayu eboni. Namun demikian, kayu ini memiliki kandungan resin yang tinggi.

kayu paling mahal agar wood

African Blackwood

African blackwood atau secara literal berarti kayu hitam afrika adalah pilihan kayu paling mahal lainnya di dunia. Kayu ini berasal dari daerh kering di Afrika (daerah gurun), dan juga di bagian selatan benua hitam tersebut. Kayu ini bisa membuat produk furniture sampai bangunan terlihat sangat berkelas sekaligus elegan. African Blackwood juga memiliki keunggulan pada aspek lainnya seperti kekuatan dan juga ketahanan.

Kayu Bocote

Bocote merupakan nama kayu yang berasal dari tanaman dalam genus Acme. Kayu ini bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan mulai dari furniture sampai untuk membuat kerajinan. Bocote terdiri dari beragam jenis kayu karena spesies dalam genus Acme sangat banyak (mencapai lebih dari 300 spesies).

Kayu ini termasuk salah satu jenis kayu paling mahal karena memiliki tampilan yang sangat cantik. Pada industri lantai kayu, bocote dihargai paling mahal dibanding banyak kayu lainnya.

Kayu Eboni

kayu eboni

Siapa yang tak terpikat dengan tampilan kayu hitam legam yang sangat elegan sekaligus misterius? Ya, dengan tampilannya yang sangat khas dan menawan itu, kayu eboni menembus daftar salah satu kayu paling mahal di dunia. Kayu ini memiliki warna coklat gelap sampai “pure black” dan sangat tebal. Teksturnya juga halus dan memiliki kualitas baik pada berbagai aspek yang lain. Pohon asal kayu ini adalah pohon Diospyros. Dengan tampilannya yang sangat menarik ini, eboni sering dipakai untuk membuat berbagai produk high end mulai dari furniture sampai alat musik seperti biola dan juga gitar.

Kayu Lignum Vitae

Ingin kayu yang secara alami memiliki tampilan coklat tua yang menawan? Bila jawabannya iya, Anda bisa mempertimbangkan kayu Lignum Vitae. Kayu ini berasal dari pohon yang pertumbuhannya sangat lambat namun ketika dipanen memberikan kayu bermutu tinggi. Lignum Vitae banyak digunakan untuk membuat bola kriket sampai produk dekorasi. Kayu ini bisa memberikan tampilan mewah dan seolah sudah dicat padahal belum. Di pasaran, harga kayu ini bisa mencapai 90 dollar/ft.

Kayu Jati juga Termasuk Kayu Paling Mahal

jati kayu termahal

Daftar 10 kayu paling mahal berikutnya menghantarkan kita pada nama kayu yang pasti semua orang Indonesia tahu, jati! Jati atau Tectona grandis atau jati merupakan salah satu kayu premium yang diakui di seluruh dunia. Kayu ini terkenal karena durabilitas sekaligus tampilannya yang sangat elegan. Apalagi bila kayu yang dijual sudah tua (bukan jati muda). Indonesia sendiri merupakan salah satu negara dengan peminat jati tertinggi di dunia. Pemerintah Indonesia bahkan secara khusus membudidayakan pohon ini untuk mendukung industri furniture dalam negeri.

Kayu Bubinga

Kayu bubinga atau African Rosewood adalah kayu yang berasal dari benua Afrika. Kayu ini banyak ditemukan di hutan-hutan Afrika. Namun seiring perkembangan zaman, kini kayu ini pun tersedia di daerah lain di luar Afrika. Bangkok, Thailand adalah saah satu tempat yang mulai membudidayakan kayu ini. Di Indonesia sendiri African Rosewood sama sekali belum populer.

kayu bubinga kayu paling mahal

Keunggulan kayu bubinga terletak pada tampilannya. Kayu ini mampu memberikan kesan yang sanga mewah dan khas dibanding kayu yang lain. Kayu ini banyak digunakan untuk membuat furniture berkualitas high end yang diperjual belikan di tingkat internasional.

Kayu Ungu Purple Heart

Kayu purple heart pastilah merupakan salah satu jenis kayu dengan warna yang sangat khas. Warna kayu ini bisa berubah dari coklat tua menjadi keunguan. Kayu ini berasal dari pohon bernama Peltogyne yang berasal dari daerah Amerika Latin. Pohon ini berhabitat hutan dengan intensitas hujan yang tinggi.

Nah, itu dia kesepuluh kayu paling mahal di dunia. Sangat menarik, bukan? Kebanyakan kayu yang masuk dalam daftar kayu termahal di atas memiliki karakteristik unik mulai dari warna sampai baunya. Dan keunikan itulah yang membuat kayu-kayu tersebut bisa dibanderol dengan harga melebihi kayu yang juga populer seperti jati dan mahoni.

Meski mahal, perlu diketahui bahwa tidak semua aspek pada kayu-kayu di atas sudah sempurna lho. Beberapa kayu mahal justru memiliki kekurangan yang begitu besar di salah satu aspeknya. Misalnya saja dari segi ketahanan.

Ketahanan kayu mengacu pada kemampuan kayu tidak mengalami kerusakan ketika diserang oleh hama seperti jamur dan juga serangga. Faktor ketahanan ini akan memengaruhi usia pakai produk kayu secara langsung. Dengan demikian, ketahanan kayu wajib ditingkatkan agar tidak terjadi kerugian. Salah satu caranya adalah dengan menerapkan treatment pengawetan.

BIOCIDE INSECTICIDE

Pengawetan kayu dilakukan dengan meresapkan obat pengawet pada material kayu. Treatment seperti ini membutuhkan obat pengawet berkualitas yang mampu membuat kayu menjadi tahan hama. Di antiserangga.com, kami sudah menyediakan obat pengawet terbaik khusus untuk perlindungan serangga, BioCide Insecticide.

Yuk, segera pesan BioCide Insecticide sekarang juga!

Leave a Comment