Membuat Motor Kayu? Kenapa Tidak?

Motor kayu? Apa bisa sepeda motor dibuat menggunakan bahan kayu?

Dilansir dari Kompas, Surono Sulistyo seorang karyawan pabrik berhasil mengejutkan publik dengan hobinya. Ia membuat sepeda motor dengan sebagian besar bahannya terbuat dari kayu. Wow menakjubkan sekali, ya?

Motor tersebut pun bukan hanya hiasan semata. Kendaraan itu bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Masih menurut Kompas, Surono menciptakan inovasi tersebut hanya dengan bekal kemampuannya sendiri secara otodidak. Tapi yang dilakukannya ini seolah membuka ruang kreativitas baru untuk memproduksi motor yang terbuat dari bahan kayu. Memang sekilas ide pembuatan motor seperti ini tergolong gila. Pun demikian, belum pernah ada pengujian bisa tidaknya kayu dipakai untuk membuat sepeda motor. Namun setidaknya, yang dilakukan Surono bisa menginspirasi kita semua. Apalagi di era yang serba sintetis seperti sekarang ini. Penggunaan kayu bisa saja membantu menurunkan dependensi manusia terhadap plastic dan bahan sintetis sulit diuraikan lainnya.

Yang Perlu Dicermati Saat Membuat Motor Kayu

Sebagaimana disebut di atas, produksi motor dari bahan kayu secara masal memang menarik. Namun mewujudkannya diperlukan perhatian untuk beberapa aspek sebagai berikut.

  1. Kualitas kayu yang digunakan. Dipakainya kayu untuk body motor jelas hal yang sangat menantang. Dan pasti membutuhkan kayu dengan kriteria khusus. Misalnya, kayu tidak boleh mudah retak, kayu harus kuat, dan fleksibilitasnya baik. Pengujian mengenai seperti apa kayu yang cocok untuk kebutuhan ini sama sekali belum pernah dilakukan.
  2. Keamanan. Penggunaan kayu untuk pembuatan sepeda motor memantik beragam pertanyaan mengenai keamanannya. Apakah kayu tersebut aman saja diletakkan di dekat mesin motor? Apakah bahan cat kayu tersebut tidak mudah terbakar? Hal-hal terkait safety seperti ini sama sekali tidak bisa diabaikan oleh kita semua.
  3. Ketahanan. Ketahanan kayu juga harus diperhatikan. Penting dicatat, digunakannya plastik di berbagai bidang adalah disebabkan sifatnya yang tahan lama. Plastik tidak membusuk dimakan hama seperti bahan organik. Karenanya, apabila memang ada yang serius untuk membuat motor kayu, keawetan kayu pun perlu diupgrade dengan serius.

Jangan Lupa Awetkan Kayu

motor kayu

Sebagaimana dijelaskan pada tips nomor 3 di atas, kami sarankan kepada anda untuk tidak lupa memerhatikan aspek keawetan kayu. Secara intrinsik, tiap jenis kayu memiliki kelas ketahanan yang berbeda-beda. Namun selain memilih kayu dalam kelas keawetan yang baik, kita juga sangat perlu untuk mengawetkan kayu. Ya, mengawetkan!

Mengawetkan kayu artinya melakukan berbagai usaha supaya usia pakai kayu meningkat. Pengawetan yang baik bisa membuat kayu yang usianya pendek seperti sengon menjadi puluhan tahun. Biasanya ini dilakukan dengan peresapan bahan pengawet.

Bahan pengawet yang digunakan adalah insektisida dan fungisida. Jadi ketika bahan pengawet meresap, kayu tidak akan dimakan teter, rayap atau hama lainnya. Pasalnya, substrat kayu menjadi beracun bagi hama-hama tersebut.

Nah untuk bahan pengawetnya, kami sediakan di antiserangga.com, BioCide Insecticide. BioCide Insecticide adalah insektisida dengan bahan aktif cypermethrin 100 EC. Insektisida ini bisa mencegah hama rayap, kumbang bubuk atau teter, tawon kayu, dan masih banyak lagi.

Insektisida BioCide Insecticide dapat diaplikasikan di beberapa elemen motor kayu yang butuh perlindungan ekstra. BioCide sendiri juga hadir dengan sangat banyak keunggulan seperti:

  1. Kualitasnya yang sangat baik. Spektrum organisme target luas dan insektisida ini bisa bertahan dalam substrat kayu untuk waktu yang sangat lama dan memberikan perlindungan yang sangat lengkap.
  2. Penggunaan yang mudah. BioCide Insecticide mudah meresap ke dalam kayu. Insektisida ini juga bisa diaplikasikan dengan berbagai metode yang akan dijelaskan di bawah.
  3. Harga yang terjangkau apalagi bila dibandingkan dengan kualitasnya yang sangat baik.
  4. Tidak menyebabkan kayu sulit dicat atau lengket. Sebab, insektisida ini bukan insektisida solvent based (dilarutkan dengan minyak), melainkan water based (pelarut air).
  5. Penggunaan yang lebih terjangkau.
  6. Lebih aman bagi lingkungan
  7. Lebih aman bagi pekerja

Bagaimana Cara Menggunakan BioCide Insecticide?

BioCide Insecticide bisa digunakan dengan cara yang sangat mudah lho (namun wajib dengan alat keselamatan dan perlindungan memadai). Anda bisa mengaplikasikan insektisida ini dalam proses pembuatan motor kayu dengan cara:

alterntif text
BIOCIDE INSECTICIDE
  1. Merendamnya. Caranya, rendam kayu atau serat alam atau media lainnya ke dalam larutan BioCide Insecticide yang sudah dilarutkan dengan air.
  2. Mengoleskannya dengan kuas (memulas). Cara lainnya bisa dilakukan dengan menguaskan larutan BioCide Insecticide pada kayu atau media lain yang hendak diawetkan.
  3. Sistem vakum tekan. Sistem ini dilakukan dengan bantuan alat khusus. Pertama-tama kayu dimasukkan dalam tabung yang bisa diatur tekanan dan suhunya. Setelah itu, BioCide Insectcide yang sudah dilarutkan ke dalam air juga dimasukkan. Atur tekanan dan suhu selama beberapa saat. Cara ini adalah cara pengawetan yang paling efektif.
  4. Sistem celup. Bagi Anda yang ingin mengawetkan kayu-kayu atau media lain berukuran kecil, maka system celup adalah solusi terbaik. Anda tinggal mencelupkan media berukuran kecil tersebut ke dalam larutan BioCide selama beberapa saat.
  5. Spraying. Sistem ini dilakukan dengan alat khusus dan di ruangan yang juga khusus. Hubungi CS kami lebih lanjut bila Anda ingin menerapkan system spray.

Yuk, Beli BioCide Insecticide! Jadikan Motor Kayu Lebih Awet

Bagi Anda yang tertarik membeli BioCide Insecticide, pembelian bisa dilakukan dengan beberapa cara. Pertama, Anda bisa membeli langsung di Bio Service Point yang berlokasi di Yogyakarta, Jepara, dan juga Cirebon. Di Bio Service Point juga tersedia beragam produk woodworking (pengolahan kayu) seperti cat ramah lingkungan dan wood bleaching yang pasti akan memenuhi kebutuhan penghobi kayu seperti Anda.

Selain itu, pembelian juga bisa dilakukan secara online. Untuk pembelian secara online, Anda bisa menghubungi Customer Service kami lewat kontak yang disediakan. CS kami akan memandu Anda dalam proses pemesanan yang mudah, cepat, transparan, jujur, dan profesional. Anda juga bisa lho membeli produk kami di berbagai toko daring seperti Bukalapak dan Tokopedia. Pilih saja sesuka Anda di mana Anda ingin mendapatkan insektisida ini.

Nah, kurang lebih itulah informasi menarik yang dapat kami bagikan mengenai motor kayu. Sosok inspiratif seperti Pak Surono memang patut diapresiasi. Dari tangannya, ia mampu menciptakan kendaraan modern dengan bahan yang organik seperti kayu. Bagi Anda yang bermimpi untuk melakukan hal serupa pun, Anda bisa mulai belajar. Dan jangan lupa, supaya kayu yang digunakan awet, usahakan untuk mengawetkan kayu terlebih dahulu. Aplikasikan bahan pengawet terbaik, BioCide Insecticide. Dengan cara inilah motor kayu Anda tidak akan mudah mengalami kerusakan.

Semoga bermanfaat, ya. Nantikan terus beragam informasi menarik dan bermanfaat lainnya di antiserangga.com. Kami masih akan terus hadir dengan beragam info menarik seperti mengenai motor kayu ini.

Membuat Motor Kayu? Kenapa Tidak?
alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply

WhatsApp sekarang juga!