Mencegah Serangan Kumbang Bubuk pada Mebel

Jangan sampai mebel Anda terserang kumbang bubuk
Jangan sampai mebel Anda terserang kumbang bubuk

Untuk mencegah serangan kumbang bubuk pada mebel, langkah yang dilakukan harus dimulai semenjak kayu tersebut masih merupakan kayu log. Pasalnya, bila kumbang bubuk sudah terlanjur menyerang, Anda akan sangat kesulitan mengatasinya. Bayangkan, bagaimana caranya Anda akan mengatasi kumbang bubuk pada furniture yang sudah jadi? Anda mungkin sudah berhasil membeli obat antiserangga atau insektisida yang bagus, tapi untuk mengatasinya, bisa-bisa Anda merusak furniture yang ongkos produksinya begitu mahal. Belum lagi bila mebel yang terserang kumbang bubuk begitu banyak.

Sebagaimana disebut di atas, persoalan ini sebaiknya diatasi dengan pencegahan saat kayu belum difinishing.  Lakukanlah treatment antiserangga pada kayu dengan antiserangga yang khusus didesain untuk mengatasi organisme tersebut.

Insektisida untuk Mencegah Serangan Kumbang Bubuk pada Mebel

serangan kumbang bubuk pada mebel
Serangan kumbang bubuk pada mebel

Penggunaan obat antiserangga atau insektisida dapat dilakukan dengan berbagai cara. Tapi pada prinsipnya, obat tersebut harus diresapkan ke dalam substrat kayu. Dengan demikian, tak akan ada kumbang bubuk yang menyerang kayu yang sudah ditreatment.

Obat yang kami sarankan adalah Insecticide 100 EC. Insecticide 100 EC merupakan obat kumbang bubuk dengan bahan aktif permethrin.

Kami merekomendasikan obat ini karena:

  1. Bahan aktifnya, sifat permethrin yang sangat toksik pada hewan berdarah dingin termasuk serangga namun relatif aman untuk manusia.
  2. Bisa dilarutkan dengan air maupun solvent dan minyak.
  3. Stabil pada kayu, termasuk kayu kering yang menjadi sasaran serangan kumbang bubuk.
  4. Ongkos produksi rendah karena formulasinya sudah disesuaikan dengan kebutuhan industri wood working.

INSECTICIDE 100 ECObat ini dapat digunakan sebagai bahan untuk mencegah serangan kumbang bubuk pada mebel dengan cara:

  1. Digunakan sebagai larutan perendaman
  2. Dikuaskan
  3. Digunakan dalam larutan untuk sistem aplikasi vakum tekan

Kapan Menggunakan Insecticide 100 EC?

Dalam alur produksi mebel, Insecticide 100 EC sebaiknya dilakukan dua kali pada:

alterntif text
  1. Kayu Log

Kayu-kayu yang baru ditebang sangat mungkin mengandung telur kumbang bubuk. Kalaupun tidak, kayu-kayu tersebut sangat rentan terserang organisme tersebut. Selain karena belum ditreatment, lokasi pemanenan kayu biasanya dekat dengan habitat powderpost beetle. Oleh karena itu, treatment untuk mencegah serangan kumbang bubuk pada mebel harus secepatnya dilakukan. Teknik pengkuasan yang mudah direkomendasikan diaplikasikan pada seluruh permukaan kayu.

pengawetan kayu jati
Kayu log
  1. Sawn Timber

Setelah kayu-kayu digergaji, bagian material tersebut yang sebelumnya tidak terekspos lingkungan akan kembali menjadi target kumbang bubuk. Aplikasi Insecticide pada proses ini dapat dilakukan dengan perendaman atau pencelupan sekitar 1-2 menit.

Kombinasikan dengan Finishing yang Baik

Agar aplikasi Insecticide lebih efektif, pastikan mebel yang sudah ditreatment difinish atau dicat dengan bahan-bahan berkualitas. Sebab pada dasarnya, kumbang bubuk tak akan merusak kayu bila tidak ada lubang atau keretakan pada material tersebut.

Dengan aplikasi finishing yang baik serta treatment Insecticide sebelumnya, mebel yang Anda produksi akan benar-benar terlindung dari serangan kumbang bubuk.

Mencegah Serangan Kumbang Bubuk pada Mebel

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply