Sebutan woodworm mengacu pada larva kumbang pemakan kayu yang hidup di bawah permukaan kayu, biasanya menyebabkan kayu bubukan meskipun awalnya baik-baik saja. Kenapa bisa begitu? Karena larva yang berbentuk seperti ulet pendek atau cacing itu berasal dari telur kumbang yang terbang ke kayu setelah kayu ditebang, atau ada kulit kayu yang terkelupas. Dan faktanya, telur itu menjadi larva lalu mengebor kayu dan menimbulkan lubang serta bubuk, sialnya larva ini bisa bertahan bertahun-tahun di dalam kayu, sehingga susah di deteksi.

Jenis larva ini  ini bisa merusak kayu jika tidak diobati. Larva kumbang kayu membutuhkan kelembaban untuk bertahan hidup, sehingga pengeringan kayu kadang-kadang akan memecahkan masalah. Solusi bahan kimia juga bisa dicoba di rumah untuk menyingkirkan perusak kayu ini, tapi jika infestasi/serangan terlalu parah, tindakan lebih profesional akan diperlukan untuk memberantasnya.

Berikut ini langkah mengenali adanya penyebab kayu bubukan dan cara mengatasinya.

Mengidentifikasi dan Menilai Kerusakan

Kenali adanya woodworm (larva kumbang yang menyebabkan kayu bubukan). Woodworm mengacu pada kerusakan yang disebabkan oleh serangga penghancur kayu yang dimulai seperti telur di permukaan kayu, dan menghabiskan sebagian besar hidup mereka sebagai larva di bawah permukaan kayu. [1] Identifikasi dengan melihat permukaan kayu apakah lubang kecil di permukaan; lubang terjadi saat larva berubah menjadi dewasa dan keluar dari kayu. Tumpukan kecil serbuk atau bubuk kayu juga merupakan tanda; [2] pastikan untuk memeriksa seluruh permukaan karena kondisinya kadang terlihat di satu bagian kecil kayu.

Tentukan tingkat kerusakannya. Dalam banyak kasus, kerusakan akibat larva kumbang bubuk ini ditemukan di sepanjang lapisan atas kayu, sementara lapisan jantung dan sekitarnya tetap tak tersentuh. Jika demikian, kayu akan tetap kuat dan bisa diselamatkan. Jika kayu hancur atau putus dengan mudah rentan saat ditangani, ini pertanda tidak banyak harapan untuk menyimpannya kembali, bahkan setelah perawatan.

Cobalah mengeringkan kayu. Sebelum mencoba perawatan lainnya, cobalah mengeringkan kayu yang terkena dampak; kelembaban diperlukan untuk menopang kehidupan larva, sehingga pengeringan kayu dapat memecahkan masalah dengan sendirinya. Tempatkan perabotan kecil pada radiator atau di oven, dan tempatkan barang yang lebih besar di lemari atau ruangan kecil dengan pemanas ruangan.

Langkah tersebut bertujuan untuk memanaskan sampai 140 derajat F dan menjaga suhu ini selama 24 jam untuk membunuh telur, larva dan serangga yang tumbuh. Pantau barang dengan hati-hati saat memanaskan untuk menghindari overheating kayu atau pelapis.

Menggunakan Solusi Perawatan Kimia

alterntif text

Beli obat pengawet kayu anti kumbang bubuk untuk membuat larutan perawatan. Kunjungi toko online ataupun website yang menjual bahan pengawet kayu yang mengatasi kumbang bubuk, karena obat ini jarang dijual di toko pertanian/bangunan; Pengobatan berbasis obat pengawet kayu ini adalah salah satu pilihan yang lebih aman bagi pemula untuk digunakan. Supaya kayu tidak bubukan, bacalah label pada obat pengawet kayu tersebut untuk mendapatkan tips tentang penerapannya, dan beli barang-barang lain yang mungkin Anda butuhkan untuk perawatan:

  • Penyiram kebun
  • Topeng wajah
  • Kacamata pelindung
  • Sarung tangan keselamatan

Lakukan tindakan pencegahan sebelum menggunakan obat anti kumbang bubuk. Senyawa kimia dapat menghasilkan asap yang menyebabkan reaksi merugikan jika disentuh atau dihirup. Jika memungkinkan, bawa barang yang terinfeksi ke luar untuk perawatan; Sebelum bekerja, luangkan waktu untuk memakai masker muka beserta kacamata pengaman dan sarung tangan. Hal ini akan meminimalkan paparan pada kulit dan mata dan mencegah inhalasi gas yang dilepaskan selama fase pengobatan. Pastikan untuk menutupi tanah di bawah item juga.

Siapkan larutan obat pengawet kayu. Produk pengawet kayu BioCide Insecticide cukup direkomendasikan untuk mengatasi kayu bubukan akibat larva kumbang ini. Selain mengatasi kayu bubukan, BioCide Insecticide menjadi obat andalan para tukang kayu, pabrik kayu, industri furniture di Indonesia untuk mencegah kayunya dari serangan teter/totor/rayap. Aplikasi BioCide yang cukup terkonsentrasi, jadi ikuti petunjuk untuk mencampurnya dengan air dengan sangat hati-hati.

Jaga rasio air terhadap larutan; Rasio pasti akan ditunjukkan pada kemasan dan harus dipatuhi dengan sempurna, biasanya kemasan 1 kg BioCide anti kumbang bubuk dicampur dengan 500 lt air. Tuangkan larutan perawatan yang telah disiapkan ke dalam wadah seperti ember, lalu kuaskan ke seluruh permukaan kayu pada bangunan. Atau jika yang terserang furniture Anda, kuaskan pada seluruh permukaannya. Jika kayu dalam bentuk gelondongan atau gergajian yang belum dikontruksi, rendam kayu dengan larutan pengawet kayu tersebut.

Lapisi permukaan kayu yang rusak. Jika memungkinkan, setelah aplikasi obat anti bubuk kayu, cat ulang kayu dengan cat kayu waterbased. Biarkan lapisan car mengering sebelum mencoba memindahkan kayu; tinggalkan barang itu setidaknya satu jam sebelum kembali untuk memeriksanya. Waktu pengeringan ini akan memungkinkan solusi untuk menyerap permukaan kayu dan membantu mempercepat pemberantasan larva kumbang bubuk. Solusinya juga bisa diaplikasikan dengan kuas besar untuk menjangkau daerah yang kecil atau sulit dijangkau.

Mempekerjakan seorang Spesialis untuk Mengobati Kayu

Menilai apakah diperlukan perawatan profesional atau tidak. Jika infestasi serangga penyebab kayu bubukan ini terlalu luas, atau telah menembus terlalu dalam ke kayu, Anda perlu beralih ke pembasmi profesional untuk mendapatkan bantuan. Perlakuan kimia do-it-yourself hanya menembus lapisan permukaan kayu dan tidak akan efektif jika infestasinya terlalu parah. Tanda-tanda bahwa infestasi cacing kayu Anda cukup parah untuk menyewa pembasmi meliputi:

  • Kayu yang remuk.
  • Lantai kayu lemah dan rusak.
  • Telur yang terlihat, dan menjadi larva atau lalu berubah dewasa (kumbang)

Jika di daerah Anda tidak ada ahli yang mengatasi kumbang perusak kayu pada bangunan. Cobalah terus meriset secara online untuk mengetahui cara menghilangkan bubuk kayu, mengatasi kumbang bubuk atau serangga kayu lainnya, Anda juga bisa menelusuri artikel pada website ini. Mintalah teman atau rekan kerja jika mereka menangani masalah serupa, atau jika mereka memiliki rekomendasi untuk obat pemusnah lokal.

Siapkan perawatan pemusnahan. Begitu Anda tahu rencana tindakan apa yang akan dilakukan pembasmi untuk mengatasi masalah perusak kayu Anda, rencanakanlah perawatan dengan baik, lakukan perawatan berkala dengan obat anti kumbang bubuk (pengawet kayu). Metode lain yang digunakan oleh pembasmi hama meliputi:

  • Mengaplikasi pestisida yang kuat.
  • Pemanasan kayu
  • Pembekuan furnitur yang penuh, yang akan dibungkus dan dimasukkan ke dalam freezer selama beberapa minggu.

Gunakan langkah tersebut di atas untuk mengatasi masalah kayu bubukan pada bangunan kayu Anda, perabotan, mebel, furniture atau stok kayu Anda jika mengalami masalah ini. Karena kerugian akibat serangga perusak ini sangatlah besar.

Free Download WordPress Themes
Download Nulled WordPress Themes
Free Download WordPress Themes
Free Download WordPress Themes
free online course
download lenevo firmware
Free Download WordPress Themes
free online course
Cara Mengatasi Kayu Bubukan
alterntif text

Leave a Reply

WhatsApp sekarang juga!