Cara Mengatasi Bangunan yang Terserang Rayap

Bagaimana cara mengatasi bangunan yang terserang rayap? Ada banyak cara yang bisa Anda tempuh, salah satunya adalah dengan menggunakan obat anti rayap yang ampuh namun juga relatif aman digunakan bagi manusia.

Mengatasi bangunan terserang rayap.
Cara mengatasi bangunan yang terserang rayap tidaklah bisa dilakukan dengan sembarangan.

Rayap menjadi salah satu momok mengerikan bagi ketahanan bangunan. Serangan organisme ini akan menyebabkan kualitas bangunan menjadi buruk, baik dari segi estetika maupun dari segi fungsional. Serangan rayap biasanya terjadi pada bagian kayu di rumah, baik dari tiang-tiang rumah hingga lantai rumah yang terbuat dari kayu. Berbagai jenis perabot yang terbuat dari kayu pun tak luput dari serangan organisme ini. Namun, rayap juga biasa muncul di bagian lain seperti di lantai hingga tembok rumah. Biasanya serangan rayap bisa diketahui dari adanya gundukan seperti tanah atau serbuk kayu yang akan muncul kembali meski sudah dibersihkan dalam rentang waktu tertentu.

Keberadaan rayap di rumah sendiri mungkin tidak bisa serta merta Anda ketahui sejak dini Cara mengatasi bangunan yang terserang rayap memang tak bisa dilakukan dengan mudah. Bahkan meski Anda sudah menggunakan obat anti rayap yang menurut Anda ampuh dan terbaik. Sebab, organisme ini memang tidak berkeliaran di lingkungan terbuka. Keberadaan rayap bisa dengan mudah diidentifikasi dari kerusakan yang ditimbulkan. Berbagai produk yang terserang rayap biasanya akan menjadi keropos. Untuk cara mengatasi bangunan yang terserang rayap sendiri diperlukan kiat-kiat dan cara yang khusus.

Dua Cara Mengatasi Bangunan yang Terserang Rayap

Setidaknya ada dua cara yang bisa Anda tempuh untuk mengatasi bangunan yang terserang rayap. Cara pertama menggunakan obat anti rayap alami sedangkan cara yang kedua menggunakan obat anti rayap sintetis. Mana yang lebih baik?

Cara Mengatasi Rayap dengan Bahan Alami

Terdapat beberapa jenis bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk membasmi rayap. Bahan-bahan tersebut antara lain adalah minyak tanah, spiritus, garam dapur, dan air bekas cucian beras. Cara mengaplikasikanya pun sangat sederhana. Anda hanya perlu mengusahakan agar bahan-bahan tersebut kontak dengan rayap. Anda cukup menuangkan obat anti rayap alami tersebut pada tempat yang diduga merupakan sarang rayap. Namun bagaimana dengan efektivitasnya?

Apakah Insektisida/Termisida Aman?

Memilih obat anti rayap sintetis untuk membasmi serangan serangga ini bukanlah pilihan yang lebih buruk dibanding menggunakan obat anti rayap alami. Sebab, diformulasikan khusus sebagai cara mengatasi serangan rayap pada bangunan, bahan sintetis jelas lebih efektif mengatasi serangga ini. Lalu apakah insektisida atau termisida aman digunakan? Jawabannya tergantung setiap produk. Pada dasarnya, tiap produk memiliki standar keamanan sendiri-sendiri. Ada banyak insektisida yang aman digunakan sekaligus ampuh membunuh serangga termasuk rayap. Salah satunya adalah produk anti serangga berbahan permethrin. Bahan tersebut sangat toksik pada serangga namun relatif non toksik pada manusia. Jadi, daripada susah-susah mencoba membasmi rayap dengan bahan alami yang kurang efektif, akan lebih bijak bila Anda menggunakan obat sintetis non toksik bagi manusia seperti permethrin.

Leave a Comment