Mudahnya Cara Mengusir Semut Merah dengan BioCide!

Pernahkah Anda “berurusan” dengan semut merah? Dalam jumlah besar, kita pasti akan langsung bertanya bagaimana cara mengusir semut merah ini. Tak mengherankan sebetulnya, lantaran semut ini memang tergolong agresif dibanding beberapa jenis semut lainnya.

Kita semua bisa sepakat bahwa semut tak selalu menyebabkan gangguan. Malah serangga ini sudah seperti organisme yang senantiasa “menemani” manusia di kehidupannya. Kita kerap melihat semut di rumah, di kantor, sampai di alam terbuka. Semut secara umum juga tidak destruktif seperti rayap dan kumbang bubuk kayu. Mereka tidak merusak mebel dan bangunan dengan tingkat keparagan yang besar. Oleh sebab itulah, secara umum manusia menoleransi keberadaan serangga ini.

Namun demikian, kondisi di atas tak selalu berlaku. Ada kalanya, semut juga bisa menyebabkan gangguan. Dan gangguan yang ia hadirkan pun tidak main-main. Serangga ini bisa bersarang dalam komponen kayu rumah, mengerubungi makanan yang hendak kita makan, sampai mengambil remah-remah yang tercecer. Belum lagi ketika semut-semut itu juga suka menggigit dengan sangat agresif.

Di rumah-rumah pribadi pun, kehadiran semut yang sudah begitu masif akan memberikan banyak gangguan. Coba saja bayangkan bila hal tersebut berlaku dalam berbagai usaha kita, mulai dari usaha restauran, warung makan, sampai usaha penginapan seperti hotel. Kehadiran semut pasti akan sangat mengganggu. Konsumen yang memanfaatkan usaha-usaha tersebut pun bisa tidak nyaman. Dan bisa jadi, reputasi usaha kita menjadi buruk dan cenderung dihindari orang. Bayangkan berapa besar kerugian yang harus diderita gara-gara masalah yang sering dianggap sepele itu?

Salah satu tim kami juga pernah mendapati masala serupa. Ia menyasikan sendiri di sebuah kafe terdapat sarang semut yang terlalu banyak. Kafe tersebut memang berlokasi di dekat dengan taman dengan pohon-pohon yang rindang. Memang asyik bercengkerama di kafe tersebut. Tapi, kehadiran semut menjadi pengganggu yang sama sekali tak bisa diabaikan. Apalagi, kebanyakan pengunjung kafe adalah mahasiswa yang selain ingin makan, juga ingin berdiskusi masalah kuliah.

Sangat tak nyaman bukan berdiskusi sambil dikerubuti semut?

Semut Merah yang Lebih Ganas

Varian semut di alam sangat banyak. Masing-masing memiliki tingkat destruksi dan perilaku yang berbeda satu sama lain.

Di antara berbagai jenis semut yang mengganggu sendiri, seringkali semut merah mendapatkan reputasi paling buruk. Bila semut hitam hanya mengerubungi makanan dan minuman, acap kli semut merah diasosiasikan dengan sifatnya yang suka menggigit. Pun begitu, hasil gigitannya juga lebih pedas dan lebih menimbulkan bentol-bentol. Tak ayal, di antara tutorial pengusiran semut, seringkali orang lebih mencari mengenai cara mengusir semut merah dibanding jenis semut lainnya. Kali ini pun, antiserangga.com akan membahas hal tersebut. Namun sebelumnya, mari kita bahas dulu mengenai siapa sebenarnya semut merah ini.

Mengenal Semut Merah

gigitan semut merah

Dalam Bahasa Inggris, semut merah kerap dinamai dengan fire ant atau red ant. Nama fire ant pun identik dengan julukan semut ini dalam Bahasa Indonesia, yakni semut api maupun dalam Bahasa Jawa, yakni semut geni. Bisa dikatakan kelompok semut ini memang telah dikenal dunia karena sensasi gigitannya yang terasa lebih menyakitkan dibanding jenis semut lainnya. Hal ini juga diperparah dengan sifat semut yang terkenal agresif. Ia tak segan-segan menggigit ketika kontak sedikit saja dengan manusia. Padahal, beberapa semut lainnya lebih memilih melarikan diri. Misalnya saja semut gramang yang berwarna hitam dan bisa berlari sangat cepat.

Klasifikasi Semut Merah

Berikut ini klasifikasi ilmiah semut merah.

  1. Kingdom: Animalia
  2. Phylum: Arthropoda
  3. Class: Insecta
  4. Order: Hymenoptera
  5. Family: Formicidae
  6. Genus: Solenopsis

Ada banyak varian semut dalam genus Solenopsis. Namun secara umum, kelompok inilah yang dikenal masyarakat awam sebagai semut api atau merah. Ragam bentuk tubuh dan jumlah anggota koloniya berbeda-beda. Ada spesies yang ukurannya lebih besar daripada yang lain, dan ada pula yang koloninya lebih masif dibanding yang lain.

Yang unik, kerap kali di alam liar semut ini berperilaku layaknya pencuri. Ia sering hidup di antara koloni besar semut lain dan mencari sumber makanan dari koloni-koloni tersebut. Beberapa ant fire juga merupakan menjadi pemangsa alias predator, Mereka ta segan memangsa speies lain seperti rayap, belalang, sampai kaki seribu.

Bagi manusia pun, semut ini sering begitu merepotkan. Sifatnya yang menyebabkan kerugian dan sifatnya yang demikian agresif dengan gigitan yang lebih membakar membuatnya memiliki reputasi buruk.

Cara Mengatasi Semut Merah

semut merah (2)

Lantas bagaimana cara untuk mengusir alias mengatasi semut ini? Pertama, tentu kita tidak bermaksud membasmi semua semut merah yang ada di bumi. Kami di antiserangga.com percaya bahwa setiap organisme memiliki peran penting untuk keseimbangan ekosistem. Pembasmian yang dimaksud di sini hanya dilakukan bila semut ini dirasa mengganggu. Dan, sebetulnya, treatment untuk mengatasi semut ini tak begitu berbeda dengan jenis semut kebanyakan.

Yang jelas, jangan menyepelekan treatment tersebut dengan memanfaatkan bahan yang tak benar-benar berkhasiat. Misalnya menggunakan “bahan-bahan dapur”. Untuk sekali dua kali perlakuan, barangkali Anda memang melihat adanya perubahan. Semut mungkin agar pergi dari tempatnya ketika Anda beri dengan bahan-bahan dapur yang konon bisa mengusir serangga itu. Tapi hal ini cenderung tidak efektif, pun tidak efisien.

jangankan bahan dapur, kadang kala, kapur antisemut pun tidak mempan lho dignakan.

Kenapa Bahan Dapur Tak Efektif sebagai Cara Mengusir Semut Merah?

Pertama, bahan-bahan itu memang tidak didesain untuk membasmi semut. Bahan-bahan tersebut hanya memiliki efek khusus yang tidak disukai oleh serangga itu. Karenanya, kerap kali semut hanya berpindah tempat. Atau, malah menggali lubang koloni yang lebih dalam. Kalau opsi kedua yang diambil si semut, justru Anda bisa repot sendiri. Lantaran, kerusakan yang lebih besar pasti terjadi.

Cara mengusir semut merah yang paling tepat adalah dengan menggunakan bahan yang tepat, yakni insektisida. Tentu saja yang dimaksud insektisida bukan obat anti hama yang dipakai para petani. Obat hama yang digunakan petani memiliki formula khusus yang didesain untuk dipakai di sawah dan untuk membasmi hama serangga sawah. Insektisida yang tepat digunakan adalah insektisida untuk bangunan.

Tidak mudah memang memilih insektisida yang tepat. Namun bila kita mempertimbangkan efisiensi dan efektivitas, maka BioCide Insecticide adalah pilihan yang tepat. BioCide Insecticide adalah insektisida yang menggunakan bahan dasar cypermethrin 100 EC. Insektisida ini bisa digunakan untuk membasmi hama-hama rumahan seperti kecoa, rayap, kumbang bubuk, dan lainnya. Cara kerjanya adalah sebagai neurotoxin atau racun syaraf pada berbagai serangga tersebut.

Keunggulan BioCide Insecticide

Berikut ini keunggulan BioCide Insecticide yang membuatnya sangat unggul digunakan dibanding obat anti semut lainnya.

  1. Sangat toksik pada sistem syaraf serangga. BioCide Insecticide adalah neurotoxin kontak lambung khusus untuk serangga. Serangga memiliki sistem syaraf tersendiri yang berbeda dari manusia dan organisme lainnya. Dengan demikian, obat ini mampu bekerja secara spesifik untuk organisme targetnya.
  2. Bisa digunakan untuk membasmi hama lainnya. Obat anti semut ini juga bisa dipakai untuk membasmi hama lainnya seperti rayap dan kumbang bubuk.
  3. Lebih mudah diuraikan di alam. Gunakan insektisida ini sesuai rekomendasinya. Secara umum, insektisida ini lebih aman digunakan. Apalagi bila Anda menggunakannya dalam takaran yang pas dan sesuai rekomendasi pabrik.
  4. Mudah digunakan.
  5. Harga terjangkau dalam kemasan yang besar (konsentrasi tinggi)
  6. Lebih hemat dalam aplikasinya, sebab konsentrasinya tinggi. Lebih-lebih lagi, insektisida ini juga menggunakan pelarut air sehingga Anda tak perlu membeli solvent.
  7. Toksisitas pada manusia lebih rendah. Kontak dengan insektisida ini secara umum tak memberikan reaksi negatif dalam konsentrasi kecil. Tapi kami tetap menekankan pentingnya penggunaan safety tool atau alat keamanan seperti kaca mata dan sarung tangan.

Cara mengusir semut merah dengan BioCide pun dalam aplikasi langkah-langkahnya sangat sederhana. Anda hanya perlu menuangkan cairan insektisida ini ke area koloni semut untuk membunuhnya. Encerkan dulu juga dengan air supaya tidak menghabiskan terlalu banyak BioCide. Sebab, insektisida ini memang didesain dengan konsentrasi tinggi agar lebih hemat digunakan.

Selain itu, sebagaimana dijelaskan di atas, kami juga senantiasa mengingatkan Anda untuk memastikan keselamatan diri. Secara umum, BioCide Insecticide memang lebih aman bagi manusia dibanding insektitisida lainnya. Namun, tetap saja pemakaian bahan kimia harus dilakukan dengan hati-hati.

Yang bisa Anda lakukan:

  1. Menggunakan perlengkapan keselamatan mulai dari kacamata pelindung, masker, sarung tangan, dan lainnya. Apalagi untuk pengendalian semut dalam jumlah besar.
  2. Menyingkirkan bahan-bahan penting di sekitar koloni semut.

Setela digunakan, simpan produk ini di tempat yang aman, tidak terkena matahari langsung, dan jauh dari jangkauan anak-anak. Produk ini nantinya bisa Anda gunakan tatkala ada lagi serangga lain yang menyerang seperti rayap, kumbang bubuk kayu, sampai tawon penggali kayu.

Sudah Banyak yang Menggunakan BioCide Insecticide!

Telah banyak yang menggunakan insektisida kami untuk berbagai kebutuhannya. Ada yang menggunakannya untuk pengawetan kayu, pembasmian semut dan rayap di restauran, sistem anti rayap di hotel, dan lain sejenisnya. Insektisida ini juga telah dipercaya berbagai pelaku usaha kerajinan untuk treatment pengawetan serat alamnya.

Ayo Pesan BioCide Insecticide Sekarang juga!

Yuk, segera pesan dan dapatkan BioCide Insecticide. Proses pembelian BioCide Insecticide sangat mudah dilakukan. Anda bisa membeli di:

  1. Bio Service Point pusat di Yogyakarta, di Jalan. Sidikan No 94 DIY.
  2. Bio Service Point cabang di Jepara, di Jalan Raya Kudus Km 9, Ngabul, Tahunan, Jepara.
  3. Bio Service Point cabang di Cirebon, di Jalan Escot Nomor 42 RT 014 RW 04, Desa Tegalwangi, Weru, Cirebon, Jawa Barat.

Selain bisa membeli di Bio Industries secara langsung, Anda juga bisa membeli secara online. Tak perlu keluar tenaga dan biaya, cukup gunakan saja smartphone Anda untuk menghubungi Customer Service kami. CS kami pasti akan memandu Anda membeli produk ini dengan ramah dan profesional. Kami akan jujur kepada Anda mengenai BioCide Insecticide dan kesesuaiannya dengan kebutuhan Anda. Sebab kami berprinsip untuk menjalankan usaha yang terpercaya dan kredibel di mata masyarakat.

Selain membeli di antiserangga.com, Anda juga bisa memesan produk ini di marketplace. Pembelian dapat dilakukan di official store akun BioCide Insecticide ataupun pada agen kami. Pembelian di agen kami sarankan agar ongkos kirimnya lebih murah. Namun, pastikan Anda membeli pada agen yang terpercaya. Bila ragu, hubungi CS kami untuk menilai store agen di marketplace yang produknya hendak beli.

Makanya, ayo segera beli BioCide Insecticide! Cara mengusir semut merah jadi jauh lebih mudah dengan insektisida ini.

Kiranya, itu yang bisa kami sampaikan. Ingat, sekali lagi jangan remehkan hama semut. Apalagi bila serangan tersebut terjadi pada usaha yang kita miliki. Kehadiran semut di rumah-rumah memang tak akan menimbulkan kerugian besar. Tapi tidak demikian di restauran, hotel, hostel, villa, motel, sampai kafe. Pada usaha-usaha seperti itu, semut bukan hanya membuat ruangan jadi tambah kotor, namun juga bisa membuat customer kita tidak nyaman. Ketidaknyamanan customer ini tentu berimbas buruk terhadap citra kita di masyarakat yang akibatnya nanti adalah penurunan profit yang didapatkan.

Semoga bermanfaat ya. Update selalu berbagai informasi menarik lainnya dari antiserangga.com. Kami akan terus menyajikan berbagai tips dan informasi menarik seputar dunia serangga, woodworking, dan juga preservasi.

Leave a Comment