Mudahnya Cara Mengusir Semut Merah dengan BioCide!

0
417
semut merah

Pernahkah Anda “berurusan” dengan semut merah? Dalam jumlah besar, kita pasti akan langsung bertanya bagaimana cara mengusir semut merah ini. Tak mengherankan sebetulnya, lantaran semut ini memang tergolong agresif dibanding beberapa jenis semut lainnya.

Kita semua bisa sepakat bahwa semut tak selalu menyebabkan gangguan. Malah serangga ini sudah seperti organisme yang senantiasa “menemani” manusia di kehidupannya. Kita kerap melihat semut di rumah, di kantor, sampai di alam terbuka. Semut secara umum juga tidak destruktif seperti rayap dan kumbang bubuk kayu. Oleh sebab itulah, secara umum manusia menoleransi keberadaan serangga ini.

Namun demikian, kondisi di atas tak selalu berlaku. Ada kalanya, semut juga bisa menyebabkan gangguan. Dan gangguan yang ia hadirkan pun tidak main-main. Serangga ini bisa bersarang di komponen kayu rumah, mengerubungi makanan yang hendak kita makan, sampai mengambil remah-remah yang tercecer. Belum lagi ketika semut-semut itu juga suka menggigit.

Di rumah-rumah pribadi pun, kehadiran semut yang sudah begitu masif akan memberikan banyak gangguan. Coba saja bayangkan bila hal tersebut berlaku dalam berbagai usaha kita, mulai dari usaha restauran, warung makan, sampai usaha penginapan seperti hotel. Kehadiran semut pasti akan sangat mengganggu. Konsumen yang memanfaatkan usaha-usaha tersebut pun bisa tidak nyaman. Dan bisa jadi, reputasi usaha kita menjadi buruk dan cenderung dihindari orang.

Sangat merugikan bukan?

Semut Merah yang Lebih Ganas

Di antara berbagai jenis semut yang mengganggu sendiri, seringkali semut merah mendapatkan reputasi paling buruk. Bila semut hitam hanya mengerubungi makanan dan minuman, seringkali semut merah diasosiasikan dengan sifatnya yang suka menggigit. Pun begitu, hasil gigitannya juga lebih pedas dan lebih menimbulkan bentol-bentol. Tak mengherankan, di antara tutorial pengusiran semut, seringkali orang lebih mencari mengenai cara mengusir semut merah dibanding jenis semut lainnya. Kali ini pun, antiserangga.com akan membahas hal tersebut. Namun sebelumnya, mari kita bahas dulu mengenai siapa sebenarnya semut merah ini.

Mengenal Semut Merah

gigitan semut merah

Dalam Bahasa Inggris, semut merah kerap dinamai dengan fire ant atau red ant. Nama fire ant pun identik dengan julukan semut ini dalam Bahasa Indonesia, yakni semut api maupun dalam Bahasa Jawa, yakni semut geni. Bisa dikatakan kelompok semut ini memang telah dikenal dunia karena sensasi gigitannya yang terasa lebih menyakitkan dibanding jenis semut lainnya. Hal ini juga diperparah dengan sifat semut yang terkenal agresif.

Berikut ini klasifikasi ilmiah semut merah.

  1. Kingdom: Animalia
  2. Phylum: Arthropoda
  3. Class: Insecta
  4. Order: Hymenoptera
  5. Family: Formicidae
  6. Genus: Solenopsis

Ada banyak varian semut dalam genus Solenopsis. Namun secara umum, kelompok inilah yang dikenal masyarakat awam sebagai semut api atau merah. Yang unik, kerap kali di alam liar semut ini berperilaku layaknya pencuri. Ia sering hidup di antara koloni besar semut lain dan mencari sumber makanan dari koloni-koloni tersebut. Bagi manusia pun, semut ini sering begitu merepotkan. Sifatnya yang menyebabkan kerugian dan sifatnya yang demikian agresif dengan gigitan yang lebih membakar membuatnya memiliki reputasi buruk.

Cara Mengatasi Semut Merah

semut merah (2)

Lantas bagaimana cara untuk mengusir alias mengatasi semut ini? Pertama, tentu kita tidak bermaksud membasmi semua semut merah yang ada di bumi. Kami di antiserangga.com percaya bahwa setiap organisme memiliki peran penting untuk keseimbangan ekosistem. Pembasmian yang dimaksud di sini hanya dilakukan bila semut ini dirasa mengganggu. Dan, sebetulnya, treatment untuk mengatasi semut ini tak begitu berbeda dengan jenis semut kebanyakan.

Yang jelas, jangan menyepelekan treatment tersebut dengan memanfaatkan bahan yang tak benar-benar berkhasiat. Misalnya menggunakan “bahan-bahan dapur”. Untuk sekali dua kali perlakuan, barangkali Anda memang melihat adanya perubahan. Semut mungkin agar pergi dari tempatnya ketika Anda beri dengan bahan-bahan dapur yang konon bisa mengusir serangga itu. Tapi hal ini cenderung tidak efektif, pun tidak efisien.

Pertama, bahan-bahan itu memang tidak didesain untuk membasmi semut. Bahan-bahan tersebut hanya memiliki efek khusus yang tidak disukai oleh serangga itu. Karenanya, kerap kali semut hanya berpindah tempat. Atau, malah menggali lubang koloni yang lebih dalam.

Cara mengusir semut merah yang paling tepat adalah dengan menggunakan bahan yang tepat, yakni insektisida. Tentu saja yang dimaksud insektisida bukan obat anti hama yang dipakai para petani. Obat hama yang digunakan petani memiliki formula khusus yang didesain untuk dipakai di sawah dan untuk membasmi hama serangga sawah. Insektisida yang tepat digunakan adalah insektisida untuk bangunan.

Tidak mudah memang memilih insektisida yang tepat. Namun bila kita mempertimbangkan efisiensi dan efektivitas, maka BioCide Insecticide adalah pilihan yang tepat. BioCide Insecticide adalah insektisida yang menggunakan bahan dasar cypermethrin. Insektisida ini bisa digunakan untuk membasmi hama-hama rumahan seperti kecoa, rayap, kumbang bubuk, dan lainnya. Cara kerjanya adalah sebagai nerotoxin atau racun syaraf pada berbagai serangga tersebut.

Keunggulan BioCide Insecticide

Berikut ini keunggulan BioCide Insecticide yang membuatnya sangat unggul digunakan dibanding obat anti semut lainnya.

  1. Sangat toksik pada sistem syaraf serangga. BioCide Insecticide adalah neurotoxin khusus untuk serangga. Serangga memiliki sistem syaraf tersendiri yang berbeda dari manusia dan organisme lainnya. Dengan demikian, obat ini mampu bekerja secara spesifik untuk organisme targetnya.
  2. Bisa digunakan untuk membasmi hama lainnya. Obat anti semut ini juga bisa dipakai untuk membasmi hama lainnya seperti rayap dan kumbang bubuk.
  3. Lebih mudah diuraikan di alam. Gunakan insektisida ini sesuai rekomendasinya. Secara umum, insektisida ini lebih aman digunakan. Apalagi bila Anda menggunakannya dalam takaran yang pas dan sesuai rekomendasi pabrik.
  4. Mudah digunakan.
  5. Harga terjangkau dalam kemasan yang besar (konsentrasi tinggi)

Cara mengusir semut merah dengan BioCide pun dalam aplikasi langkah-langkahnya sangat sederhana. Anda hanya perlu menuangkan cairan insektisida ini ke area koloni semut untuk membunuhnya. Encerkan dulu juga dengan air supaya tidak menghabiskan terlalu banyak BioCide. Sebab, insektisida ini memang didesain dengan konsentrasi tinggi agar lebih hemat digunakan.

Selain itu, kami juga senantiasa mengingatkan Anda untuk memastikan keselamatan diri. Secara umum, BioCide Insecticide memang lebih aman bagi manusia dibanding insektitisida lainnya. Namun, tetap saja pemakaian bahan kimia harus dilakukan dengan hati-hati.

Yang bisa Anda lakukan:

  1. Menggunakan perlengkapan keselamatan mulai dari kacamata pelindung, masker, sarung tangan, dan lainnya. Apalagi untuk pengendalian semut dalam jumlah besar.
  2. Menyingkirkan bahan-bahan penting di sekitar koloni semut.

Sudah Banyak yang Menggunakan BioCide Insecticide!

Telah banyak yang menggunakan insektisida kami untuk berbagai kebutuhannya. Ada yang menggunakannya untuk pengawetan kayu, pembasmian semut dan rayap di restauran, sistem anti rayap di hotel, dan lain sejenisnya. Insektisida ini juga telah dipercaya berbagai pelaku usaha kerajinan untuk treatment pengawetan serat alamnya.

SHARE

Leave a Reply