Baca Dulu Ini Sebelum Menggunakan Kayu Matoa!

0
263
pohon matoa

Lezatnya buah matoa, siapa bisa menampik? Namun demikian, pohon matoa rupanya tak sekedar bisa menghadirkan buah lezat bagi manusia. Pohon dari Papua ini bisa menghasilkan kayu yang bisa dimanfaatkan. Kayu matoa memang memiliki kekurangan tetapi bukan berarti tak bisa diatasi dan tak bisa dimanfaatkan lebih jauh.

Matoa memang tak sepopuler rambutan. Ia juga tak seterkenal kelengkeng. Sekitar sepuluh hingga belasan tahun yang lalu, masyarakat kita pun tak begitu kenal dengan buah ini. Namun tak ada yang bisa menampik kelezatan buah dari papua tersebut. Lambat laun, matoa mulai dikenal di mana-mana. Tak hanya buahnya yang diperdagangkan, orang-orang pun mencoba menamam pohonnya sendiri mengingat jumlah pedagang buah matoa masih jarang.

Buah matoa sendiri dikenal karena rasanya yang sangat khas. Cita rasa dominan buah ini adalah manis. Mirip dengan kelengkeng yang juga didominasi rasa manis. Namun, ada sensasi tersendiri yang sangat berbeda dari buah kelengkeng. Selain itu, ukuran matoa juga lebih besar dan dari segi daging buahnya tak begitu berair dibanding rambutan. Kita bahkan bisa mengupas daging buahnya dan memakannya secara bertahap tak seperti kelengkeng.

Bisa dibilang, lezatnya buah matoa memang tak perlu diragukan lagi. Namun tahukah Anda bahwa sejatinya pohon matoa tak hanya bisa dimanfaatkan dari segi buahnya? Ya. Tanaman ini juga memiliki potensi lain untuk dimanfaatkan. Dan potensi tersebut terletak pada kayunya.

Karakteristik Kayu Matoa

kasai

Apa saja manfaat yang bisa diperoleh dari kayu ini? Sebelum membahas hal tersebut, mari simak dulu karakteristiknya sebagai berikut.

  1. Warna: Tidak ada kontras yang mencolok antara bagian gubal dan teras. Bagian gubal bgerwarna lebih muda sedangkan bagian teras berwarna pekat dengan aksen kelabu muda atau coklat kemerahan.
  2. Pola Serat: Lurus dengan sedikit berpadu
  3. Kelas Kuat: II – III
  4. Kelas Awet: III
  5. Kembang Susut: Medium
  6. Daya Retak: Rendah hingga sedang
  7. Tingkat kekerasan: Sangat keras
  8. Kemudahan Pengerjaan: Medium
  9. Tekstur: Agak kasar
  10. Kesan raba: Terasa agak licin

Produk yang Bisa Dihasilkan

Berbagai produk telah bisa dihasilkan dari kayu matoa. Ada aneka jenis mebel seperti almari, meja rias, rak, sampai meja dan kursi. Di sisi lain banyak juga yang memanfaatkan kayu ini untuk kerajinan. Pernahkah Anda mendengar produk jam kayu matoa? Ya, kayu tersebut rupanya juga bisa digunakan untuk membuat jam tangan. Dan, popularitas jam tersebut pun sangat luar biasa. Pasarnya sudah merupakan pasar ekspor. Selain unik karena terbuat dari kayu, jam tangan dari kayu pohon matoa juga memiliki keindahan yang bertumpu pada keindahan alami warna dan serat matoa.

mebel kasai

Juga Bisa Digunakan untuk Membuat Lantai Kayu

Dalam bidang konstruksi, kayu ini juga sering dimanfaatkan. Salah satu yang paling banyak diterapkan adalah pemanfaatan kayu matoa untuk dijadikan bahan lantai kayu indoor. Lantai biasnya terlihat begitu menawan dengan warna kayu tersebut yang coklat kemerahan atau keabu-abuan. Ditambah dengan pola seratnya, ruangan akan terlihat semakin elegan dengan kehadiran lantai tersebut.

Perlunya Pengawetan untuk Kayu Matoa

lantai kayu matoa (2)

Dibandingkan jati keawetan kayu dari pohon matoa memang kalah jauh. Apalagi tingkat keawetan kayu matoa ada di kelas III, sedangkan jati di kelas I. Kayu dalam kelas awet III tidak memiliki ketahanan alami yang baik terhadap hama dan faktor cuaca. Kayu-kayu seperti ini rentan rusak terserang rayap, jamur, lumut, sampai paparan air hujan. Hanya saja, dalam kasus kayu matoa, karena tingkat kekerasan kayunya tinggi, terdapat perlindungan tambahan terhadap material tersebut. Ini berarti kita tak bisa mengabaikan kayu yang buahnya lezat tersebut begitu saja. Pemanfaatan kayu ini tetap penting. Ada beberapa hal yang bisa kita nikmati dari penggunaan kayu ini.

  1. Menambah keragaman jenis kayu untuk para pengrajin. Dan hal ini sangat bagus supaya pasar tidak jenuh dengan kayu yang sama dan para pengrajin pun bisa lebih kreatif dengan material yang berbeda-beda.
  2. Menyediakan stok kayu solid alternatif yang harganya terjangkau.

Menerapkan Treatment Pengawetan Kayu Matoa Supaya Lebih Awet

Pemanfaatan kayu pohon matoa tetap harus didukung. Namun aplikasinya harus dengan memperbaiki kekurangan kayu ini. Dalam hal resistensi terhadap hama rayap, misalnya, kita bisa melakukan treatment pengawetan anti rayap.

Treatment pengawetan anti rayap sangat penting dilakukan karena rayap adalah organisme hama yang serangannya paling destruktif. Rayap juga tak memedulikan sifat kayu yang keras. Selama kayu tersebut tak memiliki tanin toksis seperti pada jati, serangan rayap bisa terjadi sewaktu-waktu.

Aplikasi treatment anti rayap pada kayu matoa sendiri sebetulnya memiliki prinsip yang amat sederhana. Kayu tersebut hanya harus diberi insektisida atau obat anti hama rayap kayu khusus. Dengan peresapan ini, kita sama saja memberikan perlindungan terhadap kayu. Kayu yang ditreatment akan memiliki mekanisme self defense terhadap hama seperti kayu jati dengan kandungan tanninnya.

Namun, tentu saja dalam aplikasi treatment pengawetan, dibutuhkan insektisida yang tepat. Insektisida harus merupakan insektisida yang didesain untuk kebutuhan ini. Bukan insektisida pertanian ataupun insektisida untuk kebutuhan lainnya. Barulah setelah itu, metode peresapan dilakukan baik dengan cara perendaman, pengkuasan, ataupun secara vakum tekan.

Yuk, Gunakan BioCide untuk Produk Berbasis Kayu Matoa Anda!

Kumbang Perusak Kayu

Yuk, segera gunakan insektisida berkualitas ini untuk mengawetkan kayu matoa. Keberhasilan treatment pengawetan dipengaruhi oleh insektisidanya. BioCide sebagai anti rayap dan anti kumbang bubuk memiliki berbagai keunggulan mulai dari efektivitasnya sampai dengan ketahannya. Insektisida ini juga telah digunakan oleh banyak industri mebel dan kontraktor bangunan.

Pesan BioCide Insecticide dengan cara pemesanan sebagai berikut.

  1. Mengirimkan data pengiriman ke CS kami. Anda bisa mengontak CS kami di WA ataupun telepon. Kirimkan keterangan berupa nama Anda sebagai pemesan, alamat pemesanan, dan jumlah produk yang dipesan.
  2. Berdasarkan data tersebut, CS kami akan memberikan keterangan jumlah harga yang harus dibayar. Harga yang harus dibayar sendiri mencakup harga pembelian BioCide Insecticide dan juga ongkos kirim. CS juga akan memberikan informasi nomor rekening tujuan pembayaran.
  3. Anda bisa segera melakukan pembayaran berdasarkan keterangan tersebut. Setelah melakukan pembayaran, kirim bukti pembayarannya pada kami. Bukti bisa berupa SS ataupun foto dari keterangan transfer.
  4. Tunggu CS kami memverifikasi hal tersebut.
  5. Setelah verifikasi dilakukan, CS kami akan segera memroses pesanan Anda dan menyerahkannya ke kurir pengiriman. Kami akan juga akan segera mengirimkan nomor resi kepada Anda.

Selesai! Mudah bukan cara memesan BioCide Insecticide? Secara umum, cara pemesanan insektisida ini tak membutuhkan tahapan khusus. Prosesnya hampir sama dengan tahapan transaksi online di temppat lainnya. Insektisida ini pun bukan hanya mudah digunakan dengan hasil proteksi yang sangat baik namun ternyata juga sangat mudah untuk dipesan secara online.

Semoga bermanfaat. Terus ikuti artikel kami berikutnya mengenai kayu matoa ataupun yang lain di antiserangga.com.

SHARE

Leave a Reply