Penggunaan Lantai Kayu di Rumah dan Cara Memperbaiki Kerusakan yang Timbul

Pada rumah maupun bangunan lainnya, lantai kayu kerap menjadi opsi yang dipilih dalam melengkapi kelengkapan bangunan. Namun, tak banyak yang memahami bagaimana cara memperbaiki kerusakan yang timbul karena penggunaannya.

Penggunaan dan pemilihannya didasari oleh beberapa alasan, pada umumnya. Entah berkaitan dengan tampilan, maupun kebutuhan terkait konsep yang diterapkan.

promo produk natural oil dan sanding sealer

Namun cara memperbaiki kerusakan pada lantai kayu memang seringkali tidak menjadi fokus utama yang dipelajari saat akan menggunakan material ini.

Pertimbangan Penggunaan Lantai Kayu di Rumah

lantai kayu cempaka

Kepraktisan adalah pertimbangan utama bagi pemilik rumah dalam hal penggunaan lantai. Dan akibatnya, banyak yang memilih opsi lantai keras.

Terutama untuk area dengan lalu lintas yang tinggi, sehingga memiliki hasil akhir yang tepat dan keras menjadi hal yang sangat penting.

Rangkaian jenis lantai keras yang tersedia menawarkan segalanya mulai dari desain yang luas dan beragam. Penggunaan jenis lantai keras juga butuh perawatan yang rendah, daya tahan lebih lama, dan harga yang lebih terjangkau.

promo produk biocide surface film preservative

Tetapi untuk tampilan yang benar-benar abadi, pilihan lantai dari bahan kayu asli dan rekayasa masih menjadi pilihan yang lebih populer.

Meskipun pada awalnya pilihan jenis lantai ini bisa lebih mahal untuk dibeli dan dipasang. Namun kayu asli menawarkan waktu penggunaan dalam umur panjang jika bisa dirawat dengan benar.

Tetapi perlu diketahui, dalam hal jenis, penyelesaian, dan pemeliharaan lantai kayu, kami memahami ini bisa menjadi ladang ranjau yang harus dinavigasi.

Oleh karena itu, penting untuk Anda yang memutuskan memilih lantai kayu asli, mampu melakukan perawatan dengan baik.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah perawatan terkait adanya goresan, penyok dan kerusakan sejenisnya pada lantai kayu.

Karena kerusakan pada wooden flooring terkait masalah munculnya goresan, penyok dan sejenisnya merupakan hal yang umum terjadi.

Namun jika tidak memahami cara menanganinya, maka hal ini bisa jadi masalah yang lebih serius. Untuk itu, penting bagi kita memahami mengenai cara penanganan kerusakan lantai kayu.

Cara Memperbaiki Kerusakan pada Material Lantai Ini

Pengecatan sebagai salah satu bahan pelapis untuk pengawetan lantai kayu.

Kerusakan pada lantai kayu tentu bisa terjadi kapan saja saat material ini digunakan. Bukan hal yang aneh lagi jika hal ini sampai terjadi.

Jadi, jika sampai lantai kayu rusak, mari kita hadapi itu semua dan mulai perbaiki. Di rumah keluarga yang sibuk, wooden flooring memiliki risiko rusak akibat penggunaan alas kaki, cakar hewan peliharaan, dan furnitur yang dipindahkan.

Percayalah, semua kerusakan tersebut bisa terjadi kapan saja. Baik melalui cara yang disengaja atau tidak sengaja.

Ada beberapa kerusakan yang biasa terjadi pada lantai kayu. Yang paling sering adalah lantai kayu rusak karena penyok dan adanya goresan. Untungnya, material kayu asli bisa dirawat dengan perbaikan.

1.  Adanya bagian yang rusak karena penyok

Lantai kayu penyok
 

Wooden flooring yang penyok tentunya dapat diatasi. Contohnya, yaitu dengan mengoleskan beberapa tetes air ke bagian yang penyok.

Kemudian menutupinya dengan kain dan menggunakan setrika panas di atas kain untuk mencoba melepaskan kayu yang terkompresi dan meminimalkan bagian yang penyok.

Pastikan untuk tidak membiarkan setrika terlalu lama dan periksa lantai setiap kali sebelum memanaskan kembali.

Penyok yang lebih dalam harus ditangani dengan pengamplasan, pengisian dan pemolesan ulang.

2.  Adanya kerusakan karena goresan

Llantai decking kayu ulin

Seperti halnya penyok, demikian pula dengan goresan. Adanya goresan pada lantai kayu harus diampelas dan diisi dengan bahan pengisi yang sesuai.

Kemudian dihaluskan kembali dengan menggunakan produk yang cocok dengan yang digunakan pada sisa lantai.

3.  Pahatan

Meskipun pahatan dapat diatasi dengan cara yang sama, tetapi perlu menggunakan dempul untuk mengisi. Adanya bagian pahatan yang dalam bisa sulit diperbaiki dan papan baru mungkin merupakan pilihan terbaik dalam kasus ini. Maka selalu masuk akal untuk menyimpan kelebihan papan karena alasan ini.

Untuk area yang lebih rentan terhadap keausan, dan potensi kerusakan, produk berkualitas seperti Biovarnish Wood Filler bisa menjadi pertahanan terbaik untuk kebutuhan ini.

Jadi, sementara wooden flooring asli dianggap sebagai pilihan perawatan tertinggi, perawatan yang tepat juga akan memperpanjang umurnya.

Dan kerusakan serta adanya hal yang tidak sempurna sebenarnya masih dapat diperbaiki dengan pendekatan dan produk yang tepat.

Dalam hal umur panjang dan estetika abadi, tidak ada yang dapat mengalahkan tampilan dan nuansa penggunaan kayu asli pada lantai dari bahan alami ini.

Masalah utama dari kerusakan wooden flooring bisa dikarenakan beberapa faktor, di antaranya:

  1. Jenis bahan yang digunakan
  2. Kurangnya perawatan
  3. Penggunaan yang terlalu keras atau ada di area heavy duty

Untuk mengatasinya, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengandalkan produk yang tepat. Dalam hal ini penggunaan produk finishing untuk mempercantik dan menjaga tampilan sekaligus kualitasnya.

promo produk white agent wa-250

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *