Mengenal Jenis Lantai Kayu dan Cara Membersihkan, agar Awet Digunakan

Ada berbagai jenis lantai kayu yang bisa digunakan untuk rumah maupun bangunan lainnya. Untuk membuat penggunaannya lebih awet, perlu mengetahui bagaimana cara membersihkan yang tepat.

Penggunaan lantai kayu agar lebih awet juga dipengaruhi dengan bagaimana cara membersihkan yang tepat.

promo produk natural oil dan sanding sealer

Karena diperlukan perawatan termasuk proses pembersihan yang tepat agar mampu menghasilkan lantai kayu yang awet dalam penggunaan jangka panjang.

Baca Juga : Fakta Menarik Buah Bintaro, Bisa Jadi Bahan Anti Rayap dan Pembasmi Tikus

Beberapa Jenis Lantai Kayu

lantai kayu cempaka
Ilustrasi lantai kayu cempaka.

Jika Anda sedang mempertimbangkan untuk menggunakan lantai kayu di rumah Anda dan merasa bingung dengan jenis apa yang perlu digunakan, simak informasi ini.

Pertama, penting untuk memutuskan apakah Anda menginginkan untuk menggunakan kayu asli, kayu solid atau kayu rekayasa.

Jika memilih menggunakan jenis kayu solid, maka akan tersedia dalam papan dengan panjang dan lebar yang bervariasi.

promo produk biocide surface film preservative

Baca Juga : Cara Ampuh Menghilangkan Jamur dari Kayu, Lakukan 4 Langkah Ini

Jenis kayu ini dapat digunakan untuk menciptakan tampilan apa pun mulai dari desain papan lurus yang sederhana hingga gaya parket termasuk herringbone, chevron, dan anyaman keranjang.

Biasanya jenis lantai paling tebal yang tersedia, dengan ketebalan sekitar 15 – 25mm.

Kayu yang direkayasa adalah pilihan yang lebih terjangkau bagi mereka yang menginginkan tampilan lantai kayu asli namun dengan harga yang lebih ekonomis.

Baca Juga : 5 Bahan Anti Rayap Alami, Dijamin Ampuh Usir Serangga Musuh Kayu Ini

Jenis kayu rekayasa yang dimaksud umumnya terdiri dari lapisan kayu asli di atas papan komposit, bukan sepotong kayu solid.

Kedua jenis lantai ini dapat diperbaiki seperti pengamplasan dan pengisian. Juga dapat dihaluskan kembali dengan produk finishing termasuk pernis.

Namun, karena kayu yang direkayasa memiliki veneer yang lebih tipis, maka ada batasan berapa kali pengamplasan dapat dilakukan. Tetapi hal itu juga bervariasi, tergantung pada ketebalan veneer.

Baca Juga : 5 Produk Ini Bisa Digunakan untuk Menghilangkan Jamur pada Furnitur

Pertimbangkan Jenis Kayu dan Finishing yang Tepat untuk Lantai Rumah Anda

Lantai kayu bengkirai, cocok digunakan di rumah.

Ada berbagai jenis kayu yang bisa digunakan untuk kebutuhan ini. Karena kayu juga ada yang termasuk jenis kayu keras dan jenis kayu lunak. Hal itu yang harus menjadi pertimbangan nyata bagi setiap pemilik rumah.

Pinus bisa menjadi pilihan menarik bagi mereka yang mencari tampilan pedesaan klasik dengan serat kayu yang rumit. Namun, jenis kayu ini akan lebih rentan terhadap kerusakan dan mudah penyok daripada kayu keras lainnya seperti kayu ek atau birch.

Ek adalah pilihan populer bagi mereka yang mencari kayu dengan serat dan pori yang lebih halus. Jenis kayu ini juga bisa disesuaikan dengan banyak skema dekorasi yang diterapkan.

Baca Juga : Rekomendasi Obat Anti Rayap Alami dan Sintetis yang Aman Digunakan

Jadi sangat serbaguna ketika mempertimbangkan kemungkinan beberapa kali Anda mengubah gaya ruangan selama 20 tahun.

Pilihan finishing kayu menjadi semakin banyak dan canggih, memberi pemilik rumah berbagai pilihan nyata pada warna, kedalaman rona, tingkat kemilau, daya tahan dan kemudahan penggunaan.

Pilihan warna berkisar dari warna kayu seperti kayu ek klasik, hingga opsi warna abu-abu bagi mereka yang ingin menghadirkan nuansa kontemporer pada kayu.

Baca Juga : Cara Efektif Membersihkan Jamur dari Kayu, Simak Langkah-Langkahnya

Untuk hasil akhir, penggunaan cat minyak dapat menawarkan perlindungan tingkat tinggi. Termasuk kemudahan aplikasi, dan meninggalkan kilau yang bagus. Hal ini tentu cenderung lebih disukai oleh mereka yang menginginkan hasil akhir lebih alami.

Misalnya, jika perlindungan yang lebih keras adalah prioritas utama Anda, di area dengan lalu lintas tinggi, produk pernis lantai yang keras akan berhasil dan banyak yang menawarkan berbagai tingkat kemilau, mulai dari matte hingga satin, glosy, dan tingkat glossy yang lebih tinggi.

Sebagian besar jenis pelapis lantai kayu dapat diaplikasikan menggunakan kuas, rol, alas lantai atau dalam beberapa kasus, kain lembut.

Baca Juga : Mengenal Aneka Jenis Serangga Perusak Kayu serta Rekomendasi Treatment

Lantai kayu tidak cocok untuk ruangan dengan kelembapan tinggi seperti kamar mandi. Jenis lantai ini bisa cocok di dapur asalkan dilindungi dan dirawat dengan benar.

Cara Membersihkan Lantai Kayu

Membersihkan lantai kayu. Sumber: Klik n Clean

Kayu adalah produk alami yang bisa membengkak atau melengkung jika terkena banyak air atau uap. Jadi pel uap harus dihindari, seperti halnya pel tradisional yang dapat menampung banyak air.

Mengepel dengan pel kering dan lembap adalah hal terbaik yang bisa dilakukan. Tentunya dengan kelembapan minimal dan idealnya.

Baca Juga : 5 Perabot Rumah Tangga Multifungsi, Cocok Dipakai pada Hunian Minimalis

Kami sarankan Anda melihat beberapa produk pembersih lantai khusus yang dirancang khusus untuk lantai kayu interior. Cobalah untuk memastikan tidak ada air yang terlihat tersisa di permukaan lantai.

Jaga kayu dalam kondisi prima dengan penyapuan teratur dengan sikat lembut (untuk menghindari terseretnya kotoran dan serpihan di kayu dan merusak permukaan) atau vakum ringan.

Kiat-kiat ini relevan untuk opsi lantai kayu yang direkayasa dan kayu solid.

Baca Juga : Aneka Jenis Kayu untuk Furniture Outdoor yang Berkualitas, Simak di Sini

Itulah beberapa informasi mengenai jenis lantai kayu dan cara membersihkannya. Untuk memilih produk pelindung atau finishing, kami merekomendasikan untuk menggunakan produk BioVarnish.

Jika membutuhkan lapisan pelindung terkait jamur maupun serangga, bisa memilih untuk menggunakan BioCide Series.

promo produk white agent wa-250

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *