Apakah saat menyapu lantai Anda menemukan kotoran seperti pasir berwarna coklat? Apakah Anda melihatnya juga di bawah peraboan atau furnitur Anda? Apakah kotoran tersebut juga muncul di kusen jendela atau pintu?

Jika Anda menemukannya saat bersih-bersih, waspada! Jangan dijilat atau dimakan, itu adalah kotoran rayap (frass), atau banyak orang menyebutnya teter kayu atau totor.

Menemukan kotoran rayap / teter di ambang jendela akan membuat pemilik rumah sedikit khawatir. Jika ini terjadi pada Anda, mungkin ada banyak hal yang tidak diketahui dan banyak pertanyaan melintas di kepala Anda …

  • Berapa lama rumah saya dipenuhi dengan rayap?
  • Berapa banyak kerusakan yang telah dilakukan rayap?
  • Bagaimana cara menyingkirkan hama ini?
  • Bagaimana saya bisa mencegah hal ini terjadi lagi?

Sebelum membuat tekanan darah Anda naik terlalu banyak gara-gara rayap ini, tarik napas dalam-dalam dan pelajari apa yang Anda lihat dan apa yang bisa Anda lakukan. Bunyi rayap menggerogoti kayu adalah salah satu tanda tanda adanya rayap di rumah. Namun, banyak pemilik rumah mengabaikan petunjuk penting tentang serangan (infestasi) tersembunyi ini. Untuk informasi lebih detail lanjutkan terus membaca.

Mengenal Frass atau Kotoran Rayap (teter kayu)

Banyak dari Anda mungkin tidak tahu apa itu “frass” atau mengapa mengetahui apa itu dan bagaimana rasanya menyelamatkan rumah Anda. Nah, jangan khawatir di sini adalah tempat belajar. Frass adalah sebutan untuk kotoran rayap.

Bergantung pada tahap serangan apa Anda menemukan frass, itu bisa menjadi salah satu tanda rayap yang bisa menyebabkan penemuan awal infestasi. Sementara menemukan infestasi tidak pernah ada kabar baik, menemukannya lebih awal dapat membantu menyelamatkan Anda dari kerusakan signifikan pada rumah Anda.

Beberapa dari Anda mungkin pernah melihat kotoran atau teter ini sebelumnya dan bahkan tidak menyadari apa yang Anda lihat. Bahkan, orang sering dibuat bingung beda antara kotoran rayap dan serbuk gergaji.

Kesalahan yang bisa dimengerti saat Anda melirik gambar di bawah ini. Namun, setelah pemeriksaan lebih dekat dan begitu Anda tahu apa yang Anda cari itu mudah untuk membedakan kotoran rayap atau teter dengan serbuk gergaji.

alterntif text

Perbedaan Antara Teter Rayap dan Serbuk Gergaji

Biasanya pemilik rumah yang melihat teter rayap untuk pertama kalinya, lalu segera membersihkannya dan membuangnya tanpa berpikir dua kali. Kami ingin mencegah hal itu terjadi karena Anda bisa menghadapi masalah serius!

Perbedaan terbesar antara tumpukan kotoran rayap dan debu gergaji adalah bentuknya. Jika Anda melihat bukan yang terbesar, Anda mungkin memerlukan kaca pembesar untuk membedakannya, namun hewan teter kayu atau kotoran rayap akan menjadi pelet butiran yang sering warnanya bervariasi. Beberapa mungkin warna kopi yang lebih gelap sementara warna lainnya lebih ringan, seperti pasir coklat/pasir putih. Sambil melihat debu di sisi lain akan terlihat seperti serutan kecil dan irisan, bukan bentuk kotoran. Selain itu debu cenderung sebagian besar warnanya sama.

Jika Anda menemukan rayap di rumah Anda, kami akan merekomendasikan untuk segera melakukan pengobatan dengan obat anti rayap yang paling ampuh. Di Indonesia hanya ada satu obat rayap paling efektif, selain itu juga aman dan ramah lingkungan, yakni BioCide Insecticide. Obat ini dipakai oleh pabrik mebel atau perabotan agar produknya tahan rayap, Anda juga bisa menggunakannya, obat ini bisa dibeli secara online.

Kenapa Ada Kotoran Rayap Di Rumah Anda?

Ditemukan adanya kotoran rayap adalah salah satu tanda rayap yang dapat Anda identifikasi tanpa bantuan ahli.

Kotoran rayap kayu kering (Drywood) sering disebut sebagai drywood frass, atau orang Jawa menyebutnya teter/totor. Frass ini adalah pelet berwarna kayu kecil yang membuat rayap terlepas dari lubang berukuran mungil mereka saat mereka menggali lebih dalam ke kayu di rumah Anda.

Rayap biasanya tetap tidak terdeteksi oleh manusia dan predator alami mereka dengan menggali di dalam kayu daripada makan di kayu dari luar.

Ini memberi mereka beberapa perlindungan alami dari hewan yang akan memakannya jika ditemukan di depan mata. Semua ini membuat cukup sulit untuk menemukan rayap kecuali jika Anda benar-benar tahu apa yang Anda cari.

Jika Anda menemukan sesuatu yang menyerupai pelet dari bahan seperti kayu Anda harus membandingkannya dengan foto dan video dalam artikel ini. Kotoran rayap biasanya merupakan tanda keringnya infestasi rayap.

Jika mereka buang air besar maka mereka makan dan Anda harus melakukan pemeriksaan awal sendiri untuk menilai sejauh mana mereka pergi, kerusakan apa yang telah dilakukan, dan langkah selanjutnya apa yang harus dilakukan dalam hal perawatan. Perawatan atau pengobatan seperti apa yang cocok untuk kusen, mebel atau perabotan kayu di rumah Anda?

Anda Masih Tidak yakin apakah itu Frass?

Berikut adalah beberapa tanda rayap tambahan yang harus Anda perhatikan. Jika Anda menemukan dua atau lebih tanda maka kemungkinan Anda memiliki infestasi jauh lebih besar. Sayap rayap yang biasa keluar saat musim hujan dan menghampiri lampu adalah petunjuk lain yang sering diabaikan orang terkait keberadaan rayap.

Ketika rayap mencapai tahap dewasa, mereka menumbuhkan sayap dan akhirnya melepaskannya. Ketika rayap berada dalam tahap terbang,  artinya mereka dewasa, mereka sering disebut sebagai swarmers. Setelah tiba di tempat tujuan mereka, mereka melepaskan sayap mereka. Jika tujuan yang dimaksudkan berada di suatu tempat di dalam rumah atau struktur Anda maka sayap itu harus terlihat di suatu tempat.

Temukan sepasang sayap yang sama. Periksa di lantai kayu, kusen jendela, dan jaring laba-laba di rumah Anda. Jika Anda telah menemukan frass dan sayap di area Anda bisa melakukan tes cepat dengan menggunakan obeng untuk mengetuk atau menusuk kayu apakh sudah lapuk dan berrongga karena rayap.

Ambil ujung obeng dan ketuk sepanjang kayu di sekitar area frass atau sayap yang ditemukan. Jika rayap berada di dalam kayu dan telah menggerogoti selulosa untuk waktu yang cukup lama … akan ada jenis suara cekung saat Anda menyentuh daerah yang sebelumnya baik-baik saja.

Suara ini akan terdengar berbeda dari suara kayu solid. Sekali lagi ini hanya tes lapangan cepat tapi bila disertai dengan tanda rayap lainnya, mungkin sudah saatnya melakukan pengobatan profesional untuk mengatasu kerusakan dan kemudian merekomendasikan pilihan obat anti rayap yang tepat, Anda dapat menggunakan obat yang telah kami rekomendasikan di atas, BioCide Insecticide.

Dimana Saya Harus Mencari Teter Atau Kotoran Rayap?

Sering kali orang melihat frass di ambang jendela atau lokasi lain yang nampaknya tidak pada tempatnya dan menarik perhatian. Sayangnya jika frass dibersihkan keluar dari liang rayap di langit-langit atau di tempat lain maka bisa jatuh ke lantai (kayu atau karpet) dimana tidak mungkin terdeteksi. Terutama bagi pemilik rumah yang sudah tahu apa itu frass. Tapi sekarang Anda melakukannya, jadi Anda bisa lebih percaya diri untuk melihat tanda rayap yang sering diabaikan ini lebih awal. Pertahankan perhatian khusus pada area ini, berikut ini area dimana Anda dapat menemukan kotoran rayap:

  • Jendela dan Kusen Pintu
  • Di bawah furnitur

Jika Anda pernah menemukan sesuatu yang terlihat seperti melihat debu dan melihat lebih dekat. JANGAN menyapu atau menyedot segala sesuatu yang mungkin merupakan kotoran rayap.

Paling tidak, memasukkannya ke dalam kantong plastik dan Anda selalu bisa membuangnya ke tempat sampah. Juga perhatikan di mana Anda menemukannya dan tidak ada salahnya untuk memotret dengan ponsel Anda. Anda biasanya bisa mengirimkan foto ke profesional rayap dan penyedia obat rayap terbaik yang tersedia secara online.

Bagaimana dengan rayap tanah? Apakah mereka meninggalkan kotoran?

Setara dengan rayap kayu kering, rayap tanah juga mempunyai tanda kehadiran mereka yang dikenal sebagai tabung lumpur. Kotoran rayap tanah sedikit berbeda dalam penampilan karena makanan pilihan mereka berbeda. Seperti namanya, rayap kayu kering lebih memilih … yah, kayu kering. Akibatnya kotoran mereka kering dan sering terlihat seperti pelet atau terkadang seperti pasir  coklat.

Rayap tanah di sisi lain lebih memilih kayu yang sudah ada di bawah tanah. Mereka menggunakan lumpur untuk membantu mereka menciptakan rumah koloni mereka dan kotoran mereka adalah bentuk cair. Syukurlah rayap adalah makhluk sederhana dan mudah ditebak. Hal ini mempermudah kita sebagai pemilik rumah untuk memahaminya, menghalangi, mendeteksi, dan mengalahkannya.

Fakta Rayap Lainnya

Kayu dapat lapuk karena adanya serangan rayap, serangga kecil yang memakan selulosa. Mereka memainkan peran penting di alam dengan membantu mempercepat proses pelapukan pohon tumbang untuk menghasilkan ruang bagi kehidupan baru. Namun, peran yang berguna ini dapat menyebabkan rumah runtuh sebelum waktunya. Rayap sangat mirip dengan semut kecuali rayap yang hanya memiliki 2 bagian tubuh dimana semut memiliki tiga. Inilah perbedaan utama antara keduanya.

Fakta Menyenangkan tentang Rayap

Percaya atau Tidak … Beberapa suku Afrika benar-benar memanfaatkan kotoran rayap sebagai suplemen makanan karena kandungan magnesiumnya tinggi.

Premium WordPress Themes Download
Download WordPress Themes Free
Download WordPress Themes
Free Download WordPress Themes
free online course
download micromax firmware
Download Premium WordPress Themes Free
lynda course free download
Fakta Kotoran Rayap yang Perlu Anda Waspadai
alterntif text

Leave a Reply

WhatsApp sekarang juga!