Simak Daftar Kayu Kelas Awet III Berikut ini!

Ini dia daftar kayu kelas awet III!

Kayu dalam kelas awet yang baik adalah kayu dalam kelas awet I dan II. Kayu dalam kelas awet I memiliki ketahanan paling baik sedangkan kayu dalam kelas awet II hampir sama tahannya dengan kayu kelas I, tapi memiliki kelemahan terhadap beberapa jenis serangga hama.

Tingginya keawetan kayu-kayu dalam kelas ini bisa disebabkan berbagai faktor, mulai dari densitas dan kerasnya serat kayu sampai zat-zat antihama yang secara natural terdapat dalam substratnya. Tectona grandis atau jati adalah contoh kayu dalam kelas keawetan sangat baik (catatan: hanya berlaku untuk jati tua). Sebab, kayu ini mampu menghasilkan zat tannin yang bersifat anti hama setelah kayu cukup tua.

Kayu Kelas Awet Rendah (Buruk)

Bila kayu dalam kelas awet tinggi terdiri atas kayu kelas II dan I, kayu dalam kelas awet rendah terdiri atas kayu kelas III, IV, dan V. Kayu dalam kelas awet ini memiliki kelemahan terhadap hama serangga yang mengkhawatirkan. Dan karenanya, dalam penggunaannya biasanya kayu-kayu ini tidak disarankan untuk pembuatan produk eksterior seperti untuk furniture garden (mebel taman) ataupun untuk kebutuhan heavy duty lainnya seperti lantai dek. Contoh kayu dalam kelas keawetan yang kurang baik adalah kayu mangga. Kayu mangga sebagaimana kebanyakan kayu buah-buahan sangat rentan terhadap serangan hama. Penggunaan kayu-kayu awet rendah sendiri biasanya dikarenakan adanya keunggulan lain kayu tersebut, misalnya:

kelas 3 kalapi
kelas 3 kalapi
  1. Estetikanya menarik (kayu mangga adalah contohnya
  2. Kekuatannya bagus
  3. Murah. Biasanya kayu yang tidak tahan hama dijual dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan kayu lainnya

Kayu Kelas Awet III

Di atas telah diterangkan bahwa kayu dalam kelas awet III tergolong kayu dalam kelas awet rendah. Meski demikian, sebetulnya ada perbedaan signifikan antara kayu kelas III dengan kelas IV, apalagi V. Kayu kelas awet III kadang masih ditoleransi untuk digunakan di kondisi yang kurang ideal. Namun memang perawatannya harus ekstra dan peningkatan mutu sangat wajib dilakukan. Peningkatan mutu?

Ya! Kita bisa lho meningkatkan mutu kayu kelas III menjadi kayu kelas I seperti jati. Namun sebelum membahas bagaimana caranya, ayo simak kayu-kayu dalam kelas ketahanan nomor 3 di bawah ini.

Daftar Kayu Kelas Awet III

  1. Adenanthera microsperma atau Sembreena dari Papua
  2. Calophyllum inophyllum atau Nyamplung dari Riau
  3. Dipterocarpus cornutus atau Keruing bulu dari Kalimantan Timur
  4. Dipterocarpus retusus atau Kruing dari Jawa Barat
  5. Drypetes longifolia dari Ambon
  6. Melanorrhoea sp. atau Regas burun dari Kalimantan Timur
  7. Homalium foetidum atau Petion dari Papua
  8. Intsia bijuga atau Sekka dari Papua
  9. Intsia palembanica dari Kalimantan Timur
  10. Fragraea fragans atau Tembesu dari Riau
  11. Kallapia celebica atau Kalapi dari Sulawesi Selatan
  12. Sterculia symplicifolia atau buah sayap dari Kalimantan Timur
  13. Lumnitzera littorea atau Susup dari Riau
  14. Eucalyptus platyphylla dari Nusa Tenggara Timur
  15. Palaqium obovatum atau Kune dari Kalimantan Timur
  16. Pterocarpus indicus atau Sono kembang dari Sulawesi Selatan
  17. Schleichera oleosa atau Kesambi dari Sulawesi Selatan
  18. Palaquium gutta atau Nyatoh dari Kalimantan Timur
  19. Shorea laevis dari Kalimantan Timur
  20. Tarrietia symplicifolia dari Jawa Barat

Pengawetan untuk Tingkatkan Mutu Kayu Kelas Awet III

Pengawetan merupakan salah satu treatment “basic” atau mendasar dalam dunia woodworking modern. Sayangnya, di Indonesia, di mana industri furniturenya sangat digadang-gadang, kesadaran dilakukannya pengawetan belum benar-benar baik. Apalagi di tingkat pelaku usaha mebel kecil.

alterntif text

Ini Keunggulan BioCide Insecticide

BioCide Insecticide adalah satu dari 3 varian produk BioCide antihama. Produk BioCide sendiri disediakan oleh manufaktur Bio Industries yang berkomitmen menyediakan produk pengolahan kayu yang lebih aman dan ramah lingkungan. Khusus untuk BioCide Insecticide, Anda bisa menggunakannya untuk pencegahan serangga hama seperti kumbang bubuk, rayap, dan juga semut perusak kayu. BioCide Insecticide adalah insektisida berbasis air dan menggunakan cypermethrin. Produk ini memiliki sangat banyak keunggulan apabila dibandingkan dengan insektisida pengawet kayu lainnya yang beredar di pasaran. Berikut ini alasan kenapa Anda harus menggunakan BioCide dan bukan produk lainnya.

BIOCIDE INSECTICIDE
  1. BioCide Insecticide bisa memberikan perlindungan antiserangga yang lebih lengkap dan menyeluruh. Sebab formula bahan aktifnya cocok mengenai banyak serangga hama sekaligus.
  2. Produk ini mudah digunakan dalam berbagai metode pengawetan kayu mulai dari cara pemulasan sampai cara vakum tekan. BioCide juga bisa digunakan dalam metode celup yang mudah.
  3. Produk ini tersedia dalam kemasan dan harga ekonomis. Juga tersedia dalam kemasan lebih besar menyesuaikan kebutuhan Anda.
  4. Produk ini tidak membuat kayu jadi sulit dicat sebagaimana pengawet oil based.
  5. Tidak menyebabkan karat.
  6. BioCide Insecticide lebih aman bagi alam maupun karyawan / pekerja
  7. Sangat hemat digunakan karena konsentrasinya tinggi dan pelarutnya air jadi tak perlu membeli pelarut minyak atau solvent.

Cara Membeli BioCide Insecticide

Ayo, segera beli sekarang juga BioCide Insecticide. BioCide Insecticide merupakan insektisida cypermethrin dengan berbagai keunggulan. Anda bisa membeli dan bekerja sama dengan kami untuk ketersediaan BioCide agar proses produksi usaha Anda lebih lancar. Kami telah berpengalaman menjadi penyedia insektisida bagi pelaku usaha furniture, kerajinan, sampai konstruksi bangunan dalam skala nasional ataupun internasional.

Pembelian bisa dilakukan dengan sangat mudah. Kami juga bisa mengirim sampel produk apabila dirasa perlu. Untuk pembelian langsung sendiri, Anda bisa mengunjungi kami di Bio Servcie Point yang berlokasi di Yogyakarta, Jepara, dan Cirebon. CS dan teknisi kami akan melayani kebutuhan Anda dan memberikan produk paling tepat untuk Anda. Apalagi di Bio Service Point juga tersedia banyak produk woodworking untuk usaha Anda yang profesional mulai dari cat ramah lingkungan sampai bleaching kayu WA 250.

kayu kelas awet III
Pterocarpus

Pembelian juga bisa dilakukan lewat agen kami. Tapi pastikan Anda bertemu dengan agen kami yang benar, jadi hubungi dulu CS kami ya. Selain itu, Anda juga bisa melakukan pembelian secara online di antiserangga.com atau di toko daring. Pembelian di antiserangga.com akan dipandu oleh Customer Service kami yang ramah dan menyenangkan. Sedangkan pembelian via toko daring mengikuti prosedur tiap toko daring terkait.

Sangat mudah, bukan? Demikian kiranya daftar kayu kelas awet III ini. Kayu dalam kelas awet III berada di pertengahan antara kayu dengan kelas keawetan baik (I dan II) dan kayu dalam kelas keawetan buruk (IV dan V). Kayu kelas awet III sendiri tergolong kayu yang kurang awet, tapi tidak seburuk kelas IV dan V. Yang jelas, apapun golongan kelas kayunya, treatment pengawetan wajib dilakukan. Pengawetan sudah menjadi hal yang wajib dan dipersyaratkan dalam industri woodworking modern. Sebab pengawetan bukan hanya bermanfaat untuk membuat kayu lebih awet, tapi juga untuk mencegah Bio Terrorism sampai meningkatkan daya saing produk lokal di tengah gempuran produk kayu impor.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda, ya. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya di antiserangga.com.

Simak Daftar Kayu Kelas Awet III Berikut ini!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply