Penyerap Kelembaban Jakarta

0
308
Penyerap Kelembaban Jakarta

Indonesia merupakan negara tropis dengan dua musim sehingga keadaan suhu dan kelembaban udara di negara ini sangat mudah berubah. Pada musim hujan, memungkinkan udara menjadi sangat lembab sehingga harus memperhatikan beberapa hal. Diantaranya adalah keadaan ruangan dalam rumah maupun bangunan lainnya. Sebab, keadaan udara yang lembab bisa memicu tembok, furniture atau peralatan dalam bangunan tersebut rusak diakibatkan oleh jamur, bakteri bahkan serangga. Pada umumnya, faktor perusak tersebut sangat menyukai tempat yang lembab sehingga Anda perlu merawat rumah atau bangunan Anda secara rutin.

Penyerap Kelembaban Jakarta

Rumah atau bangunan baik permanen maupun semi permanen sangat perlu diperhatikan dan harus dirawat secara berskala. Setiap orang memiliki cara yang berbeda dan tidak sedikit yang melakukan kesalahan dalam merawatnya dan akibatnya jamur, bakteri ataupun faktor perusak lainnya menyebabkan barang-barang tersebut tetap rusak. Jakarta menjadi salah satu kota yang cukup tinggi tingkat kelembabannya yang notabene jarak antar rumah yang sangat dekat, sedikit pencahayaan dan kurangnya sirkulasi udara. Anda dapat mengatasinya dengan menerapkan penyerap kelembaban Jakarta ini.

Keadaan Yang Memicu Udara Lembab

Cuaca di Indonesia saat ini tidak menentu bahkan hingga dikategorikan ekstrim, disaat-saat tertentu suatu daerah akan diguyur hujan secara terus-menerus dan ada diantaranya tergenang banjir. Tentu, hal ini menimbulkan dampak yang cukup berpengaruh pada kondisi bangunan. Apabila tidak diperhatikan maka sangat mudah terjadi kerusakan. Sebab, air bisa menyebabkan keadaan pada bangunan tersebut semakin lembab. Dan pada akhirnya, tidak jarang kita temukan tembok berjamur, furniture rusak karena jamur maupun rayap dan dampak lainnya.

Selain faktor alam seperti cuaca hujan, udara lembab pada ruangan juga bisa diakibatkan oleh kurangnya pengetahuan masyarakat mengenai penataan rumah. Maka dari itu, penting sekali bagi Anda yang ingin membangun rumah memperhatikan sirkulasi udara dan pencahayaan. Sebaiknya untuk menggunakan jendela atau genteng kaca agar pencahayaan masuk selain itu buat sirkulasi udara di setiap ruangan agar terjadinya pergantian udara. Kedua hal ini sangat penting untuk suatu bangunan karena membuat ruangan semakin lega  dan penghuni rumah menjadi semakin nyaman.

Disisi lain, apabila Anda memiliki kolam, akuarium, maupun penampung air lainnya sebaiknya untuk menutupnya. Karena tempat-tempat tersebut akan menyebabkan molekul air pada udara semakin meningkat. Hal ini menjadi salah satu pemicu udara semakin lembab notabene banyak orang yang mengabaikannya. Jadi wajar saja, ketika akuarium terbuka udara dalam ruang terkesan lembab dan sangat mengganggu ketenangan. Udara yang lembab pada suatu ruangan semacam ini bisa menimbulkan beragam masalah diantaranya adalah menimbulkan bau.

Bau yang tidak sedap karena udara yang lembab tentu sangat mengganggu penghuni rumah dalam menjalankan aktivitasnya. Maka dari itu, pentingnya merawat bangunan bertujuan untuk mengurangi terjadinya kerusakan akibat udara yang lembab tersebut. Sebab, tidak hanya akan berdampak pada kondisi bangunan saja melainkan barang-barang yang rawan terhadap lembab juga sangat memungkinkan rusak.

Lalu bagaimana merawat bangunan atau barang-barang sekitar rumah agar tidak mudah rusak ketika kelembaban udara sedang tinggi? Perawatan tidak hanya dilakukan ketika kelembaban udara sedang tinggi melainkan harus dilakukan secara berskala. Sebagai langkah awal perawatan sebaiknya yang perlu Anda lakukan adalah membuka jendela dan pintu agar udara dari luar bisa masuk begitu sebaliknya. Ini bisa menjadi salah satu langkah yang cukup efektif untuk mengurangi kelembaban udara pada ruangan.

Anda bisa menaruh penyerap kelembaban Jakarta yang dijamin efektif untuk menyerap kelembaban pada ruang bangunan. Penyerap kelembaban bukanlah silica gel yang notabene baik untuk menyerap kelembaban pada bahan atau barang. Namun, silica gel memiliki kapasitas yang lebih sedikit dalam menyerap kelembaban. Apabila untuk menyerap kelembaban pada ruangan yang luas maka gunakan dessicant pole.

Penyerap Kelembaban Jakarta Yang Efektif Menyerap Molekul Air di Udara

Dessicant pole merupakan penyerap kelembaban yang aman digunakan karen terbuat dari kombinasi bahan chemical absorbent. Disisi lain, bahan yang digunakan dessicant pole ini juga sudah bebas dari DMF sehingga tidak akan menggangu kesehatan maupun merusak lingkungan.

Penyerap Kelembaban Jakarta

Penyerap kelembaban Jakarta ini tidak hanya baik digunakan untuk menyerap kelembaban pada ruang bangunan seperti rumah saja melainkan juga baik digunakan untuk gudang dan kontainer pengiriman barang. Sebab, dessicant pole sangat efektif untuk menyerap kelembaban pada ruang yang luas. Disisi lain, dessicant pole juga sudah sesuai standar regulasi SGS International yang artinya sangat aman digunakan untuk pengiriman barang ke semua negara. Terutama negara maju yang sangat memperhatikan kandungan bahan dari suatu barang. Jika tidak sesuai dengan regulasi keamanan negara tersebut maka barang yang akan dikirim tidak bisa masuk ke negara tersebut. Bahkan Amerika dan Eropa memiliki standarisasi regulasi sendiri yang biasanya menjadi acuan sebagai standar keamanan pengiriman barang di seluruh dunia.

Dessicant pole sangat efektif untuk menyerap kelembaban udara saat pengiriman barang menggunakan kontainer sebanyak 2 kali lipat dari berat yang ada pada kontainer tersebut. Bahkan penyerap kelembaban ini tidak mudah bocor karena saat dessicant pole sudah menyerap molekul air dengan maksimal maka penyerap kelembaban tersebut akan berubah menjadi gel.

Karena kinerja dari dessicant ini tidak bisa digunakan dalam waktu yang lama hingga berbulan-bulan maka sebaiknya untuk selalu mengecek kondisi dari dessicant pole tersebut. Begitu pula ketika pengiriman barang, alangkah baiknya untuk selalu memeriksa kondisi dari dessicant pole. Keadaan cuaca yang berubah pesat juga sangat memicu dari daya serap dessicant pole tersebut. Maka dari itu, alangkah baiknya sebelum pengiriman cek keadaan suhu dan kelembaban pada kontainer. Sebaiknya untuk atur kontainer dengan kelembaban udara lebih dari 80% untuk menghindari terjadinya kondensasi ketika kelembaban udara menurun.

Jika sudah mengatur keadaan dalam kontainer maka langkah selanjutnya adalah menaruh dessicant pole. Robek terlebih dahulu plastik sesuai dengan petunjuk pada kemasan kemudian gantungkan penyerap kelembaban tersebut pada dinding-dinding kontainer dengan jarak yang sama. Langkah terakhir adalah tutup rapat kontainer agar udara luar tidak masuk ke dalam yang kemungkinan bisa membawa bakteri, jamur dan lain sebagainya.

Sedangkan penggunaan dessicant pole untuk ruang bangunan, maka Anda cukup menggantungkannya di dinding-dinding. Alangkah baiknya menggantungkan dessicant pole tersebut dengan jarak yang sama sehingga mampu menyerap kelembaban dengan maksimal.

Dessicant pole ini sangat aman digunakan bahkan tidak akan menyebabkan kesehatan namun sebagian orang pada umumnya masih ragu akan kah penyerap kelembaban tersebut mengkontaminasi makanan atau bahan yang bisa dikonsumsi lainnya. Dessicant pole ini sudah dipastikan aman untuk penyimpanan barang ataupun bahan yang bisa dikonsumsi lainnya, sehingga tidak akan mengkontaminasi dan tidak mengurangi kualitas rasa dari makanan tersebut. Sehingga wajar saja, jika dessicant pole tersebut juga bisa digunakan untuk pengiriman makanan ataupun obat-obatan.

SHARE

Leave a Reply