Silica Gel Surabaya

0
1150
Silica Gel Surabaya

Silica gel merupakan penyerap kelembaban udara yang bertujuan untuk membuat suatu produk bisa bertahan lama ketika disimpan. Silica gel pada umumnya banyak dijumpai pada produk-produk baru yang notabene memang digunakan agar barang tersebut tidak mudah rusak. Penggunaan silica gel sangat dibutuhkan pada produk-produk yang perlu diekspor ke suatu negara karena membutuhkan waktu yang cukup lama selain itu perubahan cuaca yang tiba-tiba. Perubahan cuaca ini lah yang menyebabkan keadaan lingkungan sekitar produk mudah dengan cepat menjadi lembab, apabila tidak menggunakan silica gel maka kemungkinan barang tersebut akan mudah rusak dan berjamur.

Silica Gel SurabayaMaka dari itu, silica gel menjadi salah satu komponen yang cukup penting ketika pengiriman barang baik antar daerah maupun antar negara. Di Jawa Timur, Anda bisa mengandalkan silica gel Surabaya yang sudah dipastikan berkualitas baik dan mampu menyerap kelembaban dengan optimal.

Silica Gel Yang Baik Untuk Pengiriman Barang

Silica gel tidak hanya digunakan untuk menyerap kelembaban pada produk yang disimpan saja melainkan juga digunakan untuk pengiriman barang yang memakan waktu yang cukup lama. Hal ini dipersulit dengan cuaca yang berbeda dengan di Indonesia sehingga memungkinkan perubahan ekstrim terjadi. Semakin tinggi molekul air di udara maka semakin tinggi pula tingkat kelembaban yang ada disekitarnya. Seperti yang telah kita ketahui bahwa negara di sebagian Asia memiliki empat musim begitu pula yang ada di Amerika dan Eropa, sehingga perubahan suhu tersebut sangat memungkinkan.

Jika hal ini terjadi maka penyesuaian suhu dalam box atau kontainer juga perlu diperhatikan, pasalnya di Indonesia hanya mengalami dua musim saja. Peranan silica gel Surabaya tersebut menjadi semakin penting jika hal ini benar-benar terjadi. Barang yang dibiarkan saja justru akan mudah rusak sehingga membuat Anda rugi.

Lalu,  apa yang cocok untuk pengiriman barang? Silica gel memang berbeda kegunaannya berdasarkan tingkat keamanan. Jika menengok daerah Eropa, Amerika serta negara maju lainnya, keamanan barang menjadi prioritas. Maka dari itu, sebaiknya gunakan silica gel yang tidak membahayakan kesehatan ataupun yang tidak mencemari keadaan lingkungan sekitar.

Jika melihat faktor tersebut, maka sebaiknya gunakan silica gel putih yang notabene banyak digunakan untuk segala kebutuhan mulai dari industri listrik, mebel, sandang dan lain sebagainya. Silica gel ini jauh lebih aman daripada silica gel biru karena tidak mengandung bahan-bahan yang berbahaya. Sedangkan silica gel biru sangat berbahaya karena terbuat dari bahan dasar Cobalt Chloride.

Kandungan bahan kimia ini sangat berbahaya bagi kesehatan karena sifatnya yang beracun jika disimpan dalam waktu yang lama. Inilah perbedaan silica gel biru dan putih yang harus dipahami sebelum membeli.

Selain itu juga apabila Anda menggunakan silica gel biru untuk menyerap kelembaban udara pada produk Anda sebaiknya perhatikan masa aktif silica gel tersebut. Apabila silica gel tersebut sudah tidak aktif kembali, alangkah baiknya untuk segera membuangnya karena bisa membahayakan kesehatan Anda dan orang sekitar Anda.

Silica Gel Surabaya Yang Aman

Pada dasarnya silica gel terbagi menjadi beberapa jenis yakni silica gel biru, silica gel putih dan silica gel natural. Apa perbedaan dari ketiganya? Sudah sempat dibahan diatas bahwa silica gel biru dan silica gel putih cukup berbeda. Namun, secara garis besar ketiganya memiliki perbedaan dari tingkat keamanan.

Silica Gel Surabaya
Isi Silica Gel White

Silica gel biru merupakan silica gel paling berbahaya diantara ketiga silica gel tersebut karena kandungan bahannya yang membahayakan kesehatan. Maka dari itu, silica gel biru ini biasanya digunakan untuk menyerap kelembaban pada alat-alat elekstronik atau yang tidak berinteraksi langsung orang. Sedangkan  silica gel putih merupakan silica gel yang jauh lebih aman karena berbahan sodium silikat. Kandungan bahan tersebut akan diproses secara alami yang pada akhirnya akan berbentuk seperti gel dan lambat lain akan mengeras. Silica gel putih memiliki bentuk butiran warna putih bening.

Silica gel putih paling banyak digunakan untuk berbagai industri mulai dari elektronik, sepatu, tas, barang berbahan kulit, makanan, obat-obatan atau sesuatu yang bisa dikonsumsi lainnya. Mungkin sebagian Anda akan sering menjumpai jika sedang membeli barang baru. Namun, diantara banyak orang masih belum mengetahui mengenai masa keaktifan dari silica gel putih itu sendiri.

Pada umumnya, silica gel putih sangat mudah dikenali apabila sudah tidak bisa dipergunakan lagi. Cukup sobek sachet atau pembungkus dari silica gel tersebut kemudian amati, apabila warna silica gel sudah merah muda maka sebaiknya untuk membuang silica gel tersebut. Sebab, silica gel tersebut sudah tidak aktif sehingga tidak bisa digunakan untuk menyerap kelembaban udara disekitarnya.

Atau kamu juga bisa membuktikan dengan mencelupkannya ke dalam air, apabila sekisar silica gel mengeluarkan gelembung itu menandakan bahwa silica gel tersebut masih aktif begitu pula dengan sebaiknya. Hal  ini perlu diketahui karena apabila silica gel sudah tidak aktif maka kemungkinan besar bakteri maupun jamur akan mudah menyerang. Tanpa disadari barang yang Anda simpan akan cepat rusak dan ditumbuhi dengan jamur.

Begitu pula dengan pengiriman barang, sebaiknya untuk tetap memantau  kelembaban udara dalam box atau kontainer. Hal ini mengantisipasi dari serangan jamur atau faktor perusak lainnya yang memungkinkan barang tersebut tidak diijinkan untuk beredar karena rusak. Pada umumnya, silica gel yang digunakan untuk pengiriman barang memiliki takaran yang lebih banyak mengingat barang yang diangkut juga tidak sedikit.

Tidak hanya berguna untuk menyerap kelembaban udara saja, silica gel juga bertujuan lainnya. Pastinya silica gel tersebut bisa Anda manfaatkan dalam kebutuhan sehari-hari atau untuk mengurangi dampak lebih parah karena udara yang lembab di sekitar lingkungan Anda. Misalkan pada kantor Anda yang lembab, Anda bisa memberikan beberapa sachet silica gel pada rak atau beberapa tempat yang tersimpan dokumen penting.

Ya, silica gel putih memiliki sifat hydropholic sehingga silica gel tersebut secara otomatis mengikat molekul air di udara dengan optimal. Bahkan silica gel ini sangat efektif untuk menghilangkan bau yang biasanya muncul karena keringat atau bau apek pada makanan. Jika selama ini Anda bingung untuk menghilangkan bau tersebut maka silica gel Surabaya ini lah salah satu solusi yang bisa Anda terapkan.

Silica Gel Surabaya
Alat elektronik aman bebas arus pendek jika menggunakan Silica Gel.

Bahkan jika Anda khawatir dengan jaringan listrik di musim hujan karena molekul air dalam udara yang tinggi, maka Anda juga bisa mengatasinya dengan silica gel tersebut. Sebab, silica gel ini juga bersifat mengurangi dampak buruk dari hambatan arus pendek listrik. Tidak hanya itu saja, silica gel juga memiliki sifat untuk mencegah oksidasi yang biasa terjadi ketika musim hujan karena udaranya yang sangat lembab.

Jadi, tunggu apa lagi untuk tidak menggunakan silica gel pada kebutuhan sehari-hari Anda atau kebutuhan industri yang memang membutuhkan silica gel sebagai komponen yang tidak boleh diabaikan.

SHARE

Leave a Reply