Rayap Makan Plastik? Bahaya Tidak, ya?

Anda mungkin tidak percaya bahwa rayap makan plastik! Tapi ternyata hal tersebut benar adanya. Apa ini bisa jadi solusi untuk sampah-sampah plastik yang tak bisa diuraikan oleh mikroorganisme?

Rayap Makan Plastik

Selama ini, penggunaan plastik seperti PVC diunggulkan karena “katanya” tahan terhadap serangan hama dibandingkan material organik seperti kayu. Di satu sisi, hal tersebut memang ada benarnya. Namun di sisi lain, fakta di lapangan tak selalu seindah klaim ketahanan plastic tersebut.

Rayap ternyata ditemukan sering merusak berbagai material plastik. Ya, organisme koloni itu secara tak disangka-sangka ternyata bisa merusak bahan-bahan plastik mulai dari mainan plastic yang disimpan lama, sampai kain yang mengandung plastik di bahannya.

Salah satu spesies yang dikenal bisa merusak plastik adalah rayap Formosa dari Taiwan. Secara umum, Formosan termite dikenal sebagai salah satu jenis rayap paling ganas di dunia. Dan perilakunya yang merusak plastik semakin menguatkan pemahaman bahwa spesies ini begitu destruktif.

Apa Bisa Menjadi Solusi Sampah Plastik?

Keberadaan sampah plastik telah menjadi masalah dunia. Berbagai negara bekerja keras dalam mengatasi sampah mereka yang berbahan plastik. Ada yang melakukan cara kotor seperti menjual sampah plastic ke negara berkembang, dan ada juga yang memalsukan laporan mengenai sampah-sampah bahan tersebut.

Plastik sendiri menjadi ancaman sebab sampai sekarang taka da organisme yang bisa memakan bahan tersebut di alam. Jadi bagaimana dengan rayap? Apakah fakta bahwa rayap makan plastik bisa mengatasi masalah ini?

Jawabannya, meragukan. Perlu diketahui, alasan rayap memakan plastik adalah untuk mencari bahan makanan berupa kayu atau kertas. Di alam, di mana bahan organik banyak ditemukan, tentu mereka akan lebih memilih baha lainnya.

Selain itu, meski bisa memakannya, rayap tidak bisa mencerna plastik. Rayap hanya bisa mencacahnya menjadi sangat kecil sehingga plastik akan tetap jadi masalah di alam.

Bahaya Ketika Rayap Makan Plastik

Bukan hanya tidak bisa diandalkan untuk mengatasi sampah plastic, sifat rayap tersebut justru sangat merugikan. Tahukah Anda bahwa di Eropa, 25% PVC elastis dipakai dalam pembuatan kabel? Bayangkan apa jadinya apabila rayap sampai memakan kabel-kabel tersebut hanya untuk mencari kayu di sekitar kabel!

Belum lagi, saat ini banyak furniture yang juga berbahan plastic. Jadi, sifat rayap makan plastik ini harus benar-benar diwaspadai.

alterntif text
rayap makan plastik

Agar Rayap Tak Makan Plastik

Ada beberapa cara agar rayap tidak makan plastik. Salah satunya dengan tidak memancing kedatangan hama tersebut. Sekali lagi, rayap sebetulnya mencari kayu, bamboo, dan bahan alam yang lain. Jadi, pastikan untuk tidak banyak menempatkan sampah sisa seperti kayu dan kertas yang tak terpakai di sebuah ruangan.

Selain itu, pastikan kayu di dalam ruangan (baik itu kayu bangunan atau mebel) terlapisi dengan bahan finishing yang berkualitas. Keberadaan bahan finishing akan membuat rayap menjadi enggan memakannya. Di luar itu, solusi yang tak kalah penting dilakukan adalah menerapkan treatment pengawetan kayu.

Pengawetan Adalah Solusi Terbaik!

Pengawetan adalah solusi terbaik untuk diterapkan dalam pencegahan rayap. Apalagi rayap makan plastik. Sebab sifat tersebut, seperti sudah dijelaskan sebelumnya, menunjukkan bahwa rayap bersifat sangat ganas.

Pengawetan perlu dilakukan pada produk kayu seperti furniture dan rangka bangunan. Caranya dengan meresapkan zat anti rayap ke dalam produk-produk tersebut sebelum difinish. Jadi tugas ini adalah tugas pembuat mebel dan kontraktor bangunan.

Tapi di luar masalah tanggung jawab siapa, treatment pengawetan pasti akan menguntungkan semua pihak, termasuk pembuat mebel dan kontraktor. Sebab dengan dilakukannya treatment ini, Anda akan bsia menghasilkan produk tahan lama yang disukai oleh konsumen. Selain itu, aplikasi treatment pengawetan juga:

  1. Memastikan mebel aman saat dikirim via container dan kapal
  2. Memastikan mebel lolos UU Bio Terorisme yang diterapkan di negara maju seperti Amerika Serikat

Gunakan BioCide Insecticide ya!

BIOCIDE INSECTICIDE

Pengawetan yang baik membutuhkan obat pengawet yang juga baik. Jadi bila Anda serius ingin mengatasi rayap makan plastik agar tidak merusak produk mebel Anda, maka pilihlah termisida yang berkualitas. Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan BioCide Insecticide.

BioCide Insecticide adalah insektisida dengan bahan aktif cypermethrin 100 EC. Insektisida ini sangat ampuh mencegah serangan rayap dan hadir dengan berbagai keunggulan. Berikut ini beberapa kelebihan BioCide Insecticide.

  1. Spektrum organisme luas, bisa digunakan untuk mencegah berbagai jenis hama, bukan hanya rayap. Jadi kayu benar-benar terproteksi dengan baik.
  2. Tidak menyebabkan karat
  3. Sangat hemat dan juga terjangkau dengan kualitas yang diberikannya
  4. Tidak menyebabkan kayu sulit difinishing
  5. Lebih aman dan ramah lingkungan dibandingkan insektisida lainnya yang beredar di pasaran
  6. Cara aplikasi yang lebih mudah
  7. Retensi baik sehingga perlindungan yang diberikan bisa sangat tahan lama

Cara Menggunakan BioCide Insecticide

BioCide Insecticide bisa diaplikasikan dengan beberapa metode. Untuk membasmi rayap, Anda tinggal mengencerkannya dan menggunakannya pada koloni rayap. Sedangkan untuk treatment pengawetan, Anda bisa menerapkannya dalam beberapa treatment seperti:

  1. Perendaman. Treatment ini dilakukan dengan merendam kayu ke dalam larutan BioCide Insecticide dalam kurun waktu tertentu.
  2. Penguasan. Treatment ini dilakukan dengan menguaskan atau memulaskan larutan BioCide Insecticide pada kayu.
  3. Vakum tekan. Treatment ini dilakukan dengan merendam kayu dalam larutan BioCide pada wadah yang diletakkan dalam ruangan yang bisa diatur suhu dan juga tekanannya.

Kontak dan Pemesanan

Pembelian BioCide Insecticide bisa mengikuti prosedur sebagai berikut.

  1. Pembelian secara online. Pembelian secara online atau daring dilakukan dengan menghubungi Customer Service kami via kontak yang disediakan. Anda tinggal menyebutkan keterangan pemesanan seperti nama dan alamat, dan CS kami akan memberikan estimasi biaya dan lama pengiriman. Anda juga bisa menghubungi CS kami untuk meminta informasi lebih lanjut mengenai BioCide Insecticide.
  2. Pembelian secara langsung di Bio Service Point atau agen kami. Agen kami tersebar di berbagai kota di Indonesia. Sedangkan Bio Service Point terletak di Yogyakarta, Cirebon, dan Jepara.
  3. Pembelian via pihak ketiga di berbagai marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dan lain sebagainya.

Pembelian BioCide Insecticide sangat mudah dilakukan. Dan dengan membeli pengawet ini, Anda bisa mendapatkan insektisida terbaik untuk mengatasi ancaman rayap makan plastik yang begitu merugikan.

Nah, kurang lebih itulah informasi yang bisa kami bagikan. Rayap sebagai organisme omnivore memang kadang bisa begitu merugikan. Beberapa spesies rayap juga dikenal sangat destruktif, seperti rayap Formosa. Oleh sebab itulah, antisipasi harus dilakukan. Salah satunya dengan menerapkan treatment pengawetan anti rayap menggunakan insektisida terbaik, BioCide Insecticide.

Semoga artikel ini memberikan manfaat untuk Anda ya. Update terus berbagai informasi menarik lainnya di antiserangga.com untuk tips dan tutorial bermanfaat dan menarik yang lain.

Rayap Makan Plastik? Bahaya Tidak, ya?
alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply

WhatsApp sekarang juga!