Mesin Planer : Pengertian, Fungsi, dan Kelebihannya

Simak di sini yuk pengertian, fungsi, kelebihan, dan berbagai aspek lainnya mengenai mesin planer! Antiserangga.com akan memberikan ulasan lengkap untuk Anda.

Untuk meratakan permukaan kayu, kita bisa menggunakan jointer. Untuk mengisi lubang pada kayu, dempul bisa digunakan. Bagaimana bila kita ingin mengisi celah pada kayu yang terlampau besar? Epoksi bisa dijadikan alternative. Ringkasnya, selalu ada cara untuk mengatasi persoalan-persoalan perkayuan. Apalagi di era di mana industri perkayuan sendiri sudah maju sedemikian pesat. Alat-alat dan berbagagi bahan yang sebelumnya tak ada sudah hadir. Kita pun bisa menggunakannya sehingga proyek kita lebih lancar.

Nah, di era modern ini, salah satu alat pertukangan yang sering digunakan adalah mesin planer. Sekilas mesin ini mirip dengan jointer. Apa sih sebetulnya perbedaan di antara keduanya?

Pengertian Mesin Planer

Jointer adalah sebuah mesin yang didesain untuk meratakan permukaan kayu. Bila kayu melengkung atau permukaannya tidak rata, maka jointer adalah jawaban yang tepat. Planer bukanlah jointer meski banyak orang menyamakan keduanya.

Ya, seringkali orang menganggap bahwa mesin ini pun bisa digunakan untuk menyamakan permukaan kayu. Padahal fungsi yang disediakan mesin ini adalah penyeragaman ketebalan.

Contohnya begini. Anda membeli banyak sekali balok kayu untuk membuat proyek furniture tertentu. Tapi ternyata balok-balok yang Anda beli itu tidak seragam ukurannya. Pada sebuah balok, ujung satu lebih tebal dibanding yang lain.

mesin planer

Apa yang harus dilakukan? Kalau balok yang tidak rata ketebalannya cuma satu, kita bisa saja memotongnya hati-hati secara manual. Tapi bila baloknya banyak?

Nah, planer memiliki fungsi untuk mengatasi masalah ini. Alat tersebut secara khusus memang didesain untuk menyeragamkan ketebalan kayu. Perlu dicatat, alat ini tidak didesain untuk menyamakan permukaan kayu. Kayu yang bengkok atau melengkung tidak akan mudah diatasi menggunakan alat ini. Untuk masalah itu, sebaiknya Anda mengandalkan jointer.

Fungsi Mesin Planer

Sebagaimana disebut di atas, alat ini berfungsi untuk menyeragamkan ketebalan kayu. Secara lebih luas, penggunaan mesin ini akan mempermudah kerja para tukang dalam mengerjakan proyek yang besar.

Jenis

Hingga hari ini, diproduksi dua tipe planer. Keduanya adalah:

alterntif text
  1. Portabel. Tipe ini berukuran kecil dan mudah dibawa kemana-mana. Cara penggunaannya pun bisa di-handle menggunakan tangan. Meski praktis, kayu yang akan diplaner harus diclamp supaya stabil. Tanpa clamp atau pengikat yang lain, Anda akan kesulitan menggunakan alat ini. Keterampilan penggunaan alat juga harus lebih tinggi karena secara umum kinejanya tidak otomatis seperti tipe statis.
  2. Statis. Tipe ini berbentuk seperti boks atau kotak besar. Terdapat lubang di mana kayu dimasukkan. Kayu akan dilewatkan pada papan bergerak yang akan membuat kayu tergilas mata pisau. Debu berupa partikel kayu akan dihasilkan oleh alat ini akibat pengikisan oleh mata pisau tersebut.
mesin planer

Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan Mesin Planer

Kelebihan

Keberadaan alat ini akan mempermudah kerja para tukang. Dalam proses produksi yang sedang hingga besar, keberadaan mesin ini akan berimbas positif terhadap alur kerja yang lebih lancar, efisien, dan menguntungkan.

Kekurangan

Kekurangan mesin ini terletak pada haarganya yang mahal. Mesin ini bukan mesin yang murah yang bisa dibeli oleh semua pekerja di bidang pertukangan. Biasanya yang membelinya adalah pelaku usaha sedang hingga ke atas.

Mesin Planer Boleh Tak Digunakan, Tapi BioCide Wajib Dipakai!

Bagi Anda yang mengerjakan proyek kecil-kecilan, penggunaan mesin ini akan terasa sia-sia dan mahal. Jadi kami tidak pernah mengatakan bahwa setiap pelaku usaha woodworking wajib memiliki mesin ini. Masih ada banyak hal esensial lain yang harus dilakukan. Salah satunya adalah menerapkan treatment pengawetan.

Treatment pengawetan adalah usaha meresapkan zat pengawet ke dalam kayu supaya kayu tidak rusak dimakan hama. Kenapa treatment pengawetan wajib dilakukan? Sebab kebanyakan kayu di Indonesia bukanlah kayu yang awet. Sebanyak 80% lebih kayu Indonesia adalah kayu yang tidak tahan hama. Makanya diperlukan treatment pengawetan yang bagus dengan obat antiserangga, BioCide Insecticide.

Apa itu BioCide?

Anda mungkin bertanya-tanya, apa sih BioCide Insecticide itu?

BioCide Insecticide adalah insektisida dengan bahan aktif cypermethrin 100 EC. Insektisida ini mengandung zat yang cocok untuk menahan serangan berbagai serangga pada kayu. Secara umum, fungsi insektisida ini adalah meningkatkan ketahanan produk kayu sehingga masa pakainya bisa diperpanjang.

BIOCIDE INSECTICIDE

Sebagai insektisida, BioCide tergolong sebagai insektisida kontak dengan pelarut water based. Kedua aspek ini membuatnya unggul dari sisi keamanan. Insektisida kontak, misalnya, tidak menyebabkan kerusakan alam secara masif seperti pada insektisida sistemik. Penggunaan air juga bermakna penggunaan insektisida ini tidak akan meningkatkan polusi solvent yang mengandung VOCs di alam.

Kelebihan BioCide Insecticide

  1. Bisa digunakan untuk melindungi kayu dari berbagai serangga sekaligus dari rayap, teter, kumbang bubuk, kutu, dan masih banyak lagi yang lainnya.
  2. Tahan alam dan cara penggunaan yang mudah.
  3. Lebih aman digunakan seperti dijelaskan di atas
  4. Tidak menyebabkan karat
  5. Konsentrasi tinggi dengan harga yang terjangkau
Image by Tanja Marzi (2015)

BioCide Insecticide bisa digunakan dengan cara dijadikan larutan perendaman, dikuaskan, atau dijadikan larutan pencelupan. Dengan penetrasi yang baik, BioCide Insecticide akan meresap dengan efektif ke dalam substrat kayu dan bertahan lama di substrat tersebut.

Cara Pembelian BioCide Insecticide

Mesin planer boleh dibeli atau tidak sesuai kebutuhan. Tapi BioCide Insecticide wajib dibeli bagi Anda para pelaku usaha woodworking. Untuk pembeliannya sendiri, Anda bisa menghubungi kami lewat kontak CS yang disediakan. Customer Service kami pasti akan memandu Anda dengan ramah dan profesional.

Selain itu, Anda juga bisa membeli di berbagai marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, dan lain sebagainya. Bagaimana dengan pembelian secara langsung? Tentu saja Anda juga bisa membeli secara langsung. Anda bisa berkunjung ke Bio Service Point yang berlokasi di Yogyakarta, Jepara, dan juga Cirebon. Di sana, selain mendapatkan BioCide Insecticide, Anda juga bisa membeli beragam produk perkayuan yang lain lho seperti cat dan juga pemutih kayu (wood bleaching).

Bagaimana? Mudah, bukan membeli BioCide Insecticide? Nah, kurang lebih inilah informasi yang bisa kami bagikan mengenai mesin planer. Apa yang bisa kita simpulkan dari pembahasan di atas?

  1. Pertama, planer adalah salah satu mesin woodworking modern didesain untuk menyeragamkan ketebalan kayu.
  2. Mesin ini bukan jointer yang bisa dipakai untuk mengatasi kayu yang melengkung.
  3. Dalam alur produksi, planer akan mempercepat alur dan efisienitasnya.
  4. Harga planer tergolong mahal sehingga tak semua tukang bisa membelinya
  5. Menggunakan atau tidak menggunakan planer, pastikan selalu untuk mengawetkan kayu dengan BioCide Insecticide.

Semoga informasi ini memberikan manfaat untuk Anda ya. Nantikan terus update artikel menarik lainnya di antiserangga.com.

Mesin Planer : Pengertian, Fungsi, dan Kelebihannya
alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply

WhatsApp sekarang juga!