Mengenal 5 Jenis Peternakan dari Ternak Hewan Besar sampai Unggas!

Setidaknya, terdapat 5 jenis peternakan yang dikenal di Indonesia. Yuk, bahas sama-sama. Di akhir artikel, kami juga akan memberikan salah satu tips penting mengelola peternakan agar bebas hama.

Selain bertani, orang Indonesia juga mengenal beragam cara beternak. Sampai kini pun, mata pencaharian ini banyak dilakoni warga Indonesia, meski kadang hanya sebagai pekerjaan sampingan. Lihat saja para petani di desa. Sebagian besar petani memiliki hewan ternak untuk tambahan pendapatan.

Namun usaha ternak sebagai side job jelas tak begitu menguntungkan. Keuntungan besar bisnis peternakan baru bisa diperoleh dengan menjadikan usaha tersebut sebagai sebuah usaha yang benar-benar serius, dan bukan melakukannya seadanya.

Apakah Anda tertarik terjun ke bidang usaha ini dengan sungguh-sungguh? Omset yang bisa didapatkan dari usaha ternak yang baik bisa sangat menggiurkan. Jadi, kalau Anda memang berminat, kenapa tidak? Apalagi, Indonesia merupakan salah satu negara dengan pasar yang masih terus berkembang. Perbaikan ekonomi akibat pengembagan pasar ini pun meningkatkan daya beli masyarakat. Sebagai akibatnya, kebutuhan akan hewan ternak pun menjadi besar, sehingga Anda bisa memperoleh keuntungan yang sama sekali tidak sedikit.

Ideal

Dari segi iklim, Indonesia juga merupakan negara yang ideal untuk menjalankan usaha ini. Pertama, Indonesia adalah negara beriklim tropis yang tidak ekstrim. Di sini, tidak ada musim panas yang menggila ataupun musim dingin yang beku. Sepanjang tahun, kondisi Indonesia sangat stabil sepanjang tahun. Hewan-hewan pun lebih mudah beradaptasi.

Kedua, dari segi SDM, tersedia banyak tenaga di Indonesia yang bisa mendukung usaha Anda. Kualitas SDM Indonesia pun terus meningkat seiring berjalannya waktu. Padahal, dari segi upah, Indonesia merupakan salah satu negara dengan upah karyawan yang sama sekali tidak tinggi.

Hasil ternak ternyata juga bisa dijual untuk berbagai bidang sekaligus. Misalnya saja Anda berternak sapi. Selain daging sapi, Anda juga bisa menjual produk sapi lainnya seperti tanduk dan juga kulit.

5 Jenis Peternakan di Indonesi

Sebagaimana disebut di atas, apabila Anda tertarik dengan bidang usaha ini, Anda tak perlu ragu apabila ingin memulainya. Tapi tentu saja Anda harus memutuskan jenis peternakan yang dibangun. Ya! Usaha peternakan pun beragam. Setidaknya ada 3 tipe peternakan dengan pengelolaan dan hasil yang berbeda-beda.

Peternakan Hewan Besar

Sebagaimana namanya, tipe peternakan ini menjual hewan ternak dengan tubuh besar. Penanganannya pun jelas harus hati-hati karena kadang mengancam keselamatan manusia. Pakan dan modal untuk membelinya juga tergolong lebih mahal. Namun, hasilnya pun setimpal. Contoh jenis peternakan besar adalah peternakan sapi, kerbau, kuda, hingga unta.

Jenis Peternakan Hewan Kecil

Jenis peternakan berikutnya mengandalkan hewan dengan ukuran yang kecil. Konsekuensinya, masalah keamanan lebih aman, modal lebih murah, dan pakannya pun tak seboros hewan besar. Dari segi keuntungan, hewan kecil juga bisa menghasilkan untung besar. Apalagi bila Anda memiliki varian hewan kecil super. Contoh peternakan hewan kecil adalah peternakan babi, kelinci, dan kambing.

Peternakan Hewan Unggas

Dua jenis hewan ternak yang disebut di atas adalah hewan mamalia. Tapi sebagaimana yang kita ketahui, unggas pun juga bisa diternak. Malah menternak unggas tidak sesulit menternak hewan yang lain. Contoh hewan unggas ternakan adalah ayam, bebek, entog, angsa, dan kaswari. Dari unggas-unggas tersebut, kita bisa memanfaatkan daging, telur, hingga bulunya.

Peternakan Ikan

Jenis peternakan lainnya adalah peternakan ikan. Tipe-tipe peternakan ikanpun masih bisa dibagi lagi menjadi ternak ikan tawar dan payau. Contoh peternakan ikan yang populer adalah peternakan ikan lele, ikan nila, dan juga ikan gurame. Target pangsa pasarnya adalah restaurant hingga hotel yan menyediakan berbagai menu ikan.

Peternakan Hewan lainnya

Beberapa peternakan membudidayakan hewan yang tergolong tak biasa. Misalnya saja:

  1. Peternakan kecoa
  2. Peternakan katak
  3. Peternakan ular
  4. Peternakan cacing
  5. Peternakan belalang

Saat Aneka Jenis Peternakan Butuh BioCide Insecticide

Di atas, telah dijelaskan berbagai jenis peternakan. Yang paling penting, setelah Anda menentukan jenis peternakan apa yang hendak digeluti, Anda harus bisa mengelolanya dengan baik dan profesional. Salah satu hal yang tak bisa diabaikan dalam pengelolaan peternakan secara profesional adalah pencegahan hama.

jual racun rayap

Tahukah Anda bahwa kondisi peternakan menjadi daya tarik hama seperti rayap dan kumbang bubuk? Apabila dibiarkan, lama-lama kandang hingga gedung peternakan menjadi rusak. Maka dari itulah perlu antisipasi yang jelas. Dan untuk kebutuhan Anda ini, kami menyediakan insektisida pengawet kayu terbaik, BioCide Insecticide. Insektisida berbahan dasar cypermethrin ini pasti terus bisa menjadi andalan untuk Anda.

Keunggulan BioCide Insecticide

BioCide Insecticide bukan satu-satunya insektisida yang terdapat di pasaran. Namun, produk ini kami sarankan sebagai pelindung berbagai jenis peternakan karena:

  1. Memang terbukti mampu memberikan perlindungan antihama seperti dari serangan rayap, kumbang bubuk, dan masih banyak lagi.
  2. Harga yang lebih terjangkau, dan penggunaan hemat.
  3. Terbuat dari air yang lebih aman dan juga ramah lingkungan
  4. Tidak menyebabkan karat
  5. Retensi atau kestabilan pengawet yang tahan lama sehingga kayu atau bambu kandang bisa meningkat masa pakainya berkali-kali lipat.
    Banyak, bukan berbagai keunggulan BioCide Insecticide. Makanya, yuk segera beli insektisida ini.

Ayo, Beli BioCide Insecticide dengan Metode ini!

Bagi Anda yang ingin membeli BioCide Insecticide, berikut cara yang bisa diikuti.

BIOCIDE INSECTICIDE
  1. Pertama, membeli secara langsung di Bio Service Point yang berlokasi di Yogyakarta, Jepara, dan Cirebon. Bio Service Point pusat adalah Yogyakarta, sedangkan kedua yang lain adalah cabang. Dengan membeli secara langsung, Anda juga bisa membeli aneka keperluan woodworking lainnya seperti cat dan penyerap kelembaban.
  2. Kedua, pembelian secara daring. Pembelian secara daring bisa dilakukan dengan menghubungi CS kami. CS akan memandu Anda melakukan pemesanan dengan cepat, ramah, dan juga profesional.
  3. Pembelian lewat marketplace dan agen. Sekarang, Anda juga sudah bisa membeli di agen kami yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesi lho.

Nah, kurang lebih itulah yang bisa kami sampaikan di artikel ini. Sekali lagi, beternak adalah salah satu bidang usaha yang bisa dilakukan dengan mudah. Secara umum, banyak petani di desa yang memiliki pekerjaan sampingan sebagai peternak. Namun demikian, beternak dengan cara seperti itu sama sekali tidak menguntungkan.

Keuntungan besar hanya bisa diperoleh dengan memperlakukan usaha tersebut secara profesional. Baik Anda memilih beternak ikan ataupun ayam, Anda harus melakukannya secara profesional. Dan kami di Bio Industries sudah siap dengan produk untuk mendukung usaha Anda itu. Kami menyediakan BioCide Insecticide yang akan membuat berbagai jenis peternakan di atas menjadi bebas rayap, kumbang bubuk, dan masih banyak lagi.

Semoga bermanfaat, ya.

Leave a Comment