Usia Pakai Kayu Sengon Terbukti Meningkat setelah Diawetkan

Usia pakai kayu sengon akan meningkat sampai 10 kali lipat pasca proses pengawetan. Tapi treatment pengawetan yang dilakukan harus dilakukan dengan benar-benar berkualitas!

Sengon

Albizia chinensis merupakan salah satu spesies pohon yang berasal dari Asia Tenggara. Tanaman ini bisa ditemukan di Kamboja, Laos, sampai Thailand. Di Indonesia, tanaman ini banyak ditemukan secara alami di Nusa Tenggara, Bali, dan juga Jawa. Di Kalimantan dan Sumatra, sengon tidak ditemukan secara alami. Namun, tanaman ini telah diintroduksi di kedua pulau tersebut sebagaimana yang juga terjadi di Australia.

Secara ekologi, sengon memiliki peran vital. Tak hanya bisa memberikan naungan dan juga sumber pakan bagi banyak hewan, tanaman ini juga bisa diandalkan pada tanah miskin hara. Sengon memiliki adaptasi yang sangat baik pada tanah berpH tinggi, kadar garam tinggi, sampai tanah yang kurang nitrogen. Justru, tanaman ini mampu mengikat nitrogen sehingga memperbaiki kualitas lahan tempat hidupnya. Tumbuhan ini bisa tumbuh menjadi pohon yang lumayan tinggi yang kemudian bagian-bagiannya bisa dimanfaatkan lebih lanjut.

Kualitas dan Pemanfaatan Kayu Sengon

Usia Pakai Kayu Sengon

Salah satu bagian pohon sengon yang banyak dimanfaatkan manusia adalah kayunya. Kayu sengon memiliki bobot yang secara umum lebih ringan dibanding kayu kebanyakan dengan densitas maksimal mencapai 600 lebih kg/m3. Kayu ini juga mudah dikerjakan meskipun memiliki permukaan agak kasar dan kepadatan yang lumayan.

Dari segi kekuatan, kayu ini masuk dalam kelas kuat III dan IV. Sedangkan kelas keawetannya III dan IV. Artinya, kualitas kayu ini memang kurang begitu baik.

Rendahnya kualitas kayu ini telah dikonfirmasi pada penelitian yang dilakukan di Filipina. Pada penelitian tersebut, ditemukan bahwa usia pakai kayu sengon ecara alamiah hanya 16 bulan saja atau 1 tahun lebih sedikit! Bandingkan ini dengan kayu jati yang bisa bertahan berpuluh taun atau kayu weru yang bisa bertahan sampai 10 tahun! Masa pakai sengon benar-benar tak ada apa-apanya dibanding kayu-kayu tersebut.

Meski demikian, kayu ini menawarkan sesuatu yang tak bisa diberikan kayu-kayu berkualitas tinggi. Ya, sengon menawarkan harga yang murah di pasaran. Dan karena harganya yang terjangkau itulah, sampai hari ini, Albizia chinensis masih sering dimanfaatkan. Kayu ini biasanya digunakan untuk membuat elemen rangka rumah, mebel, sampai untuk membuat wadah-wadah.

alterntif text

Selain itu, pemanfaatan kayu ini juga ditunjang dengan proses woodworking yang membuatnya makin bisa bertahan lama. Dua di antaranya adalah proses finishing dan proses pengawetan. Proses finishing akan membuat sengon terlindung dari faktor perusak eksternal. Sedangkan pengawetan secara langsung ditujukan untuk memperpanjang usia pakai kayu tersebut.

Memahami Pengawetan Kayu Sengon

Yang dimaksud dengan pengawetan kayu sengon sendiri adalah segala jenis usaha yang dilakukan untuk memperpanjang usia pakai kayu sengon. Apabila kayu ini memiliki usia pakai alami 1 tahun lebih sedikit, artinya pengawetan yang baik harus bisa membuatnya bertahan antara 5 sampai 10 tahun.

Treatment pengawetan sendiri bisa dilakukan dengan sangat banyak cara. Karena salah satu yang bisa membuat sengon rusak adalah serangan hama, maka pada banyak treatment pengawetan, diterapkan treatment anti hama baik itu antiserangga ataupun anti jamur. Pada treatment seperti ini, kayu sengon diresapi dengan obat insektisida dan atau fungisida. Dari segi ketahanan terhadap hamanya sendiri, sebetulnya sengon memiliki resistensi alamiah pada rayap. Namun bukan berarti kayu ini memiliki resistensi yang baik juga pada serangga perusak kayu lainnya.

Kami Sedia Obat Pengawetan Kayu Sengon

Berbagai penelitian sudah menunjukkan bahwa usia pakai kayu sengon bisa meningkat dengan dilakukan pengawetan. Dan karenanya, kami mendukung dilakukannya treatment preservasi yang pada akhirnya pun akan menguntungkan semua pihak.

Kami di antiserangga.com menyediakan produk pengawet kayu sengon untuk obat antiserangga. Produk yang kami sediakan adalah BioCide Insecticide. Insektisida berbasis cypermethrin 100 EC ini memiliki banyak keunggulan yang tak dipunya insektisida lainnya di pasaran.

Keunggulan BioCide Insecticide

BIOCIDE INSECTICIDE

BioCide Insecticide memiliki berbagai keunggulan yang bisa Anda andalkan untuk meningkatkan usia pakai kayu sengon. Keunggulan produk ini bisa dilihat dari aspek:

  1. Hasil. Hasil pengawetan akan bertahan lama dan teruji membuat sengon bertahan beberapa kali lipat dari masa pakai normalnya.
  2. Metode. Produk ini bisa digunakan dengan metode yang lebih mudah sehingga Anda bisa menyesuaikan dengan peralatan pengawetan yang tersedia di perusahaan Anda.
  3. Harga. Harga BioCide Insecticide sangat sepadan dengan kualitas yang ditawarkan. Malahan, dari segi kualitasnya, produk ini bisa dibilang sangat terjangkau.
  4. Keamanan. BioCide Insecticide diformulasikan sebagai produk pengawet kayu modern yang memiliki tingkat keamanan sangat baik.
  5. Hemat. Produk ini diformulasikan dengan konsentrasi tinggi dan dilarutkan dengan air, sehingga penggunaannya sangat hemat.

Cara Mengawetkan Sengon dengan BioCide Insecticide

Aplikasi BioCide Insecticide pada kayu Albiniza chinensis dengan tujuan meningkatkan usia pakai kayu sengon bisa dilakukan dengan mudah. Apabila Anda merupakan produsen kayu ini, treatment perendaman bisa dilakukan. Anda juga bisa menggunakan insektisida ini bila ingin menerapkan sistem vakum tekan yang lebih canggih.

Nah, bagi Anda para pemilik usaha mebel, Anda bisa menggunakan BioCide Insecticide dengan metode yang lebih mudah. Pra finishing (sebelum kayu dicat), Anda bisa mentreatment kayu tersebut dengan direndamkan, dikuaskan, atau dicelupkan pada larutan BioCide Insecticide. Penggunaan produk ini tak akan membebani alur produksi Anda.

Mau Beli BioCide Insecticide? Begini Cara Membeli BioCide Insecticide

Ayo segera beli BioCide Insecticide untuk memberikan perlindungan pada kayu sengon dari hama perusak seperti teter (penyebab bubukan) sampai kutu kayu. Untuk membeli insektisida ini, caranya cukup mudah. Anda bisa melakukan pembelian secara langsung atau secara online. Untuk pembelian secara online, bisa dilakukan di antiserangga.com. Silahkan langsung kontak Customer Service kami. Anda akan dipandu dengan ramah dan profesional oleh Customer Service kami dalam setiap prosedur / tahapan pemesanan. Adapun, untuk pembelian secara langsung, Anda bisa mengunjungi kami di Bio Service Point dan di agen-agen kami yang tersebar di beberapa wilayah di Indonesia.

Nah, kiranya itulah yang bisa kami bagikan di artikel kali ini. Sekali lagi, Albzia chinensis merupakan salah satu pohon yang memiliki banyak guna di Indonesia. Penanaman pohon ini pun mudah dilakukan karena bisa tumbuh dengan baik pada tanah yang rendah nutrisi haranya. Sayangnya, kayu sebagai komoditas utama pohon sengon memiliki berbagai kekurangan. Bukan hanya kurang kuat, kayu sengon juga tidak awet. Usia pakai kayu sengon tanpa diintervensi dengan perlakuan apapun hanya berkisar di angka 1 tahun saja! Untuk itulah perlu adanya perbaikan masa pakai kayu untuk Albizia chinensis. Dalam hal ini, kami rekomendasikan secara khusus BioCide Insecticide. BioCide Insecticide akan melindungi kayu tersebut dari serangan kutu kayu, ulat kayu, sampai kumbang bubuk.

Semoga bermanfaat ya! Ingat, tingkatkan usia pakai kayu sengon dengan BioCide Insecticide!

Usia Pakai Kayu Sengon Terbukti Meningkat setelah Diawetkan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply