Sama Pentingnya, Ini Dia Pengawetan Kayu Remanen dan Permanen

Pengawetan kayu juga bisa dibedakan menjadi dua, yaitu pengawetan kayu remanen dan permanen. Seperti apa ya kedua tipe usaha preservasi tersebut dan apa perbedaan di antara keduanya? Ayo, simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Pengawetan kayu bisa didefinisikan sebagai segala jenis usaha untuk memperpanjang usia pakai kayu. Menurut Suprapti, dkk (2004) dan Duljapar (2004), sekitar 85% kayu di Indonesia masuk dalam kayu kelas awet rendah. Dengan angka yang demikian besar, tak mengherankan kerugian akibat usia pakai kayu yang pendek di negara ini bisa mencapai angka triliunan per tahun. Kesadaran untuk dilakukannya pengawetan pun mau tak mau harus semakin digalakkan. Pun demikian pengetahuan mengenai seperti apa pengawetan kayu seharusnya dilakukan dan apa saja jenis-jenisnya. Nah, di artikel ini, antiserangga.com ingin berbagi pengetahuan mengenai dua tipe pengawetan kayu yang sangat penting dilakukan. Keduanya adalah pengawetan kayu remanen dan pengawetan kayu permanen.

Dua Jenis Pengawetan Kayu: Pengawetan Kayu Remanen dan Permanen

Pengawetan kayu permanen bisa diartikan sebagai pengawetan kayu yang dilakukan dengan tujuan memberikan perlindungan jangka panjang pada produk di mana kayu tersebut akan dijadikan bahannya. Misalnya saja, kita ingin membuat produk mebel menjadi awet, maka diterapkan pengawetan permanen. Pada umumnya pengawetan ini ditujukan untuk memberikan perlindungan pada hama yang menyerang kayu kering, misalnya saja rayap kayu kering, kumbang teter (bubuk) kering, kutu kayu, jamur permukaan, dan lainnya.

Adapun, pengawetan kayu remanen dilakukan untuk memberikan perlindungan agar kayu tidak rusak sebelum diolah. Pengawetan seperti ini biasanya dilakukan untuk antisipasi hama kayu basah seperti jamur blue stain dan teter basah.

Kapan Menerapkan Pengawetan Kayu Remanen (Prophylactis Treatment)?

Pengawetan Kayu Remanen dan Permanen

Pengawetan kayu remanen diterapkan pasca kayu penebangan, sebelum kayu dikeringkan. Pengawetan seperti ini bertujuan “sementara” mengingat kondisi kayu pasca penebangan memang “vulnerable” atau rentan diserang hama.

Kapan Menerapkan Pengawetan Kayu Permanen?

Pengawetan permanen dilakukan pra kayu difinish atau dalam alur produksi produk kayu menjadi mebel, kerajinan, kayu bangunan, dan lain sejenisnya. Pengawetan kayu ini dimaksudkan supaya produk tidak mudah rusak selama masa simpan, masa kirim, atau ketika produk sudah di tangan konsumen.

Apa Perbedaan Pengawetan Kayu Remanen dan Permanen?

Dari penjelasan tiap tipe pengawetan di atas, kita bisa mengatakan perbedaan antara usaha preservasi kayu sementara dengan peramen ialah:

  1. Dari aspek hasil, pengawetan kayu permanen mensyaratkan efek yang lebih baik dan tahan lama
  2. Dari segi metode, pengawetan kayu sementara atau remanen biasanya diterapkan dengan metode yang lebih mudah dibanding yang permanen
  3. Hama yang diantisipasi. Pengawetan remanen mengantisipasi hama penyuka kayu basah (pasca ditebang), sedangkan pengawetan kayu permanen umumnya ditujukan untuk perlindungan dari hama penyuka produk kayu yang tidak basah (kayu kering).

Sedia BioCide Insecticide untuk Pengawetan Kayu Remanen maupun Permanen

Baik pengawetan kayu remanen ataupun permanen membutuhkan produk pengawet yang tepat. Secanggih apapun metode yang terapkan apabila obatnya tidak tepat, maka perlindungan yang diberikan pun akan sia-sia belaka.

Di Antiserangga.com kami menyediakan obat pengawet antiserangga yang bisa menjadi andalan Anda. Kami menyediakan BioCide Insecticide yang bisa digunakan pada pengawetan kayu remanen dan permanen. Insektisida berbasis cypermethrin ini akan memberikan proteksi pada kayu dari serangan hama rayap, kumbang bubuk (teter / totor / bubukan), kutu kayu, semut pengebor kayu, sampai tawon-tawon yang sering melubangi dan bersarang di kayu. BioCide bekerja dengan cepat dan bertahan lebih lama sehingga perlindungan yang diberikan benar-benar baik.

BIOCIDE INSECTICIDE

Keunggulan BioCide Insecticide

BioCide Insecticide memiliki sangat banyak keunggulan sebagai produk yang kami rekomendasikan. Tahukah Anda bahwa produk ini:

  1. Bisa memberikan efek pengawetan dan perlindungan yang lebih lengkap dan tahan lama. Insektisida ini adalah insektisida spektrum luas yang zatnya stabil dalam substrat kayu.
  2. Metode penerapan yang mudah dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Keunggulan inilah yang membuat BioCide Insecticide bisa diandalkan untuk pengawetan kayu remanen dan permanen sekaligus.
  3. Lebih aman digunakan karena menggunakan cypermethrin, pelarut air, dan formula yang secara keseluruhan memenuhi standar yang diterapkan di negara-negara maju.
  4. Harga yang lebih murah dibanding kualitas tinggi yang ditawarkannya.
  5. Lebih hemat digunakan dengan konsentrasi yang tinggi di tiap kemasannya.

Cara Dapatkan BioCide Insecticide

Dapatkan BioCide Insecticide untuk menikmati berbagai keunggulannya. Kini, pembelian BioCide Insecticide pun bisa lebih mudah dilakukan. Anda ingin membeli produk ini secara online? Opsi pembelian online telah kami buka untuk pembelian eceran atau pembelian dalam partai besar. Tersedia kemasan BioCide Insecticide yang bisa memenuhi kebutuhan yang berbeda-beda, baik untuk kebutuhan rumah tangga ataupun untuk kebutuhan usaha pengolahan kayu. Cara pembelian online bisa dilakukan dengan menghubungi Customer Service kami. Anda akan dipandu dengan panduan yang jelas dari CS kami yang bukan hanya profesional, tapi juga ramah dan menyenangkan.

Bagaimana dengan pembelian konvensional atau secara langsung? Pembelian secara langsung bisa dilakukan di Bio Service Point atau di agen kami yang paling dekat tempatnya dengan lokasi Anda. Untuk pembelian di Bio Service Point, Anda bisa mengunjungi kami di Yogyakarta, Cirebon, dan juga Jepara. Sedangkan untuk pembelian via agen kami, sila hubungi CS kami dulu untuk informasi agen kami yang lokasinya paling dengan dengan Anda dan bisa dipercaya.

Kami Siap Bekerja Sama dengan Anda

Segera pesan BioCide Insecticide sekarang juga. Kami di Antiserangga.com juga siap untuk bekerja sama dengan Anda lebih lanjut untuk keuntungan yang lebih besar. Kami telah bekerja sama dengan banyak pelaku usaha furniture, konstruksi, dan kerajinan di Indonesia bahkan internasional. Selain menyediakan produk yang berkualitas, kami juga menyediakan layanan konsultasi berkualitas. Teknisi kami yang berpengalaman juga siap membantu Anda untuk menerapkan BioCide Insecticide dengan lebih maksimal. Jadi, jangan segan untuk segera menghubungi kami, ya!

Nah kiranya itulah yang bisa kami bagikan mengenai dua jenis pengawetan kayu tersebut. Secara umum, baik pengawetan kayu permanen ataupun sementara (remanen) adalah hal yang krusial dilakukan. Keduanya memiliki perbedaan di sana-sini dari segi efek sampai metode namun bertujuan pada hal yang sama, yakni perpanjangan usia pakai kayu. Keuntungan dengan penerapan kayu ini bukan hanya berlaku untuk perusahaan yang melakukannya. Secara nasional, diberlakukannya usaha preservasi kayu akan menurunkan kerugian hingga angka triliunan per tahun akibat usia pakai kayu non treatment yang pendek. Jadi, jangan lupa untuk selalu menerapkan treatment pengawetan kayu dan lakukan dengan berkualitas menggunakan BioCide Insecticide. BioCide Insecticide bisa digunakan untuk pengawetan kayu remanen dan permanen sekaligus.

Semoga bermanfaat ya. Nantikan berbagai informasi menarik dari kami yang lain. Antiserangga akan terus hadir dengan artikel menarik seputar dunia pengawetan, kayu, dan tutorial untuk mengatasi serangga hama yang merusak.

Leave a Comment