Yuk, Kenalan dengan Kayu Meranti Merah yang Menawan

Seperti apa kayu meranti merah? Perlukah treatment pengawetan diterapkan untuk kayu Shorea ini?

Pohon Meranti Merah

Meranti merah merupakan salah satu pohon yang sudah sejak lama dimanfaatkan masyarakat Indonesia. Pohon ini secara tradisional dikenal sebagai kelompok pohon yang terdiri dari beragam jenis. Namun karena kemiripan satu sama lain, orang biasa menyebutnya sebagai pohon meranti saja. Dalam klasifikasi ilmiah sendiri, meranti merah merujuk pada tanaman dalam genus Shorea. Artinya, memang terdapat kelompok spesies pada golongan tanaman ini.

Salah satu hal yang membuat meranti terkenal dan dekat dengan masyarakat Indonesia adalah kemampuan beberapa spesiesnya menghasilkan damar. Damar disadap masyarakat untuk kemudian dijual lagi di pasaran. Pohon ini juga sering ditebang untuk pembuatan berbagai alat manusia mulai dari perabot sampai dengan bahan bangunan.

Klasifikasi Ilmiah Pohon Meranti

Kingdom: Plantae
Ordo: Malvales
Famili: Dipterocarpaceae
Genus: Shorea
Spesies: Shorea sp.

meranti merah

Karakter Kayu Meranti

Salah satu manfaat yang diperoleh manusia dari pohon meranti adalah kayunya. Meranti merah mampu menghasilkan kayu keras dengan bobot ringan sampai sedang. Berikut ini beberapa karakter kayu ini lainnya.

  1. Berat jenis antara 0,3 sampai 0,8 dengan kadar air 15%
  2. Kayu ini memiliki warna bervariasi mulai dari merah muda pucat sampai merah kecoklatan.
  3. Meranti merah sering dibedakan atas meranti merah muda dan meranti merah tua. Umumnya meranti merah muda lebih ringan dibanding yang merah tua.
  4. Kekuatan beragam, ada yang masuk dalam kelas kuat II, III, hingga IV.
  5. Kelas awet juga beragam, ada yang masuk dalam kelas awet III dan IV.

Kenapa warna sampai kelas awet kayu ini berbeda-beda? Sekali lagi, karena Shorea sp. merupakan kelompok tanaman yang terdiri dari beberapa spesies. Jadi ketika Anda ingin membeli kayu ini, pastikan dulu melihat spesifikasi karakternya, jangan langsung menggeneralisir kayu yang Anda beli atas nama meranti merah saja.

Guna Kayu Meranti

Shorea sp. menghasilkan kayu yang banyak digunakan untuk:

  1. Membuat beragam jenis furniture. Khusus untuk kayu untreated, mebel biasanya didesain sebagai mebel indoor
  2. Untuk membuat kayu olahan dan juga veneer
  3. Untuk membuat berbagai peralatan kebutuhan manusia, misalnya pegangan
  4. Untuk membuat beragam jenis kerajinan sekaligus home decor dan juga suvenir. Misalnya hiasan dinding dan juga lampu hias dari kayu meranti merah
  5. Untuk membuat berbagai elemen bangunan mulai dari lantai sampai pintu
  6. Secara tradisional banyak dipakai untuk bahan bakar semata
  7. Digunakan untuk membuat bubur kertas atau pulp

Ancaman Kerusakan Kayu Meranti

Sebagaimana yang telah kita ketahui, meranti tidak menghasilkan kayu yang memiliki resistensi yang baik terhadap cuaca. Dan ketidaktahanan terhadap cuaca ini memperburuk ketahanannya pada hama. Apabila kayu dipaksakan digunakan untuk kebutuhan outdoor, kerusakan akan terjadi jauh lebih cepat dibanding kayu lainnya. Ketika kayu sudah mengalami kerusakan akibat cuaca, maka serangga dan jamur akan lebih mudah menyerang.

Rayap, kumbang bubuk, jamur permukaan dan lainnya akan dengan mudah memakan substrat kayu meranti merah sehingga memperpendek usia pakai kayu meranti merah tersebut. Tentu ini bukan hal yang baik, bukan? Kerugian akan diderita semua pihak akibat mudah rusaknya kayu dalam industri woodworking. Apalagi di tengah iklim globalisasi. Industri perkayuan yang memanfaatkan kayu meranti merah bisa rugi besar karena kepercayaan konsumen menurun dan kemudian memilih produk impor yang kualitasnya lebih baik.

Perlunya Pengawetan Kayu Meranti

Ketidaktahanan Shorea terhadap hama memang sangat disayangkan. Tapi sebetulnya, kita tak perlu khawatir. Di era yang semakin modern ini, usia kayu meranti merah bisa diperpanjang dengan menerapkan proses pengawetan. Pada proses ini, kayu diresapi dengan bahan pengawet yang memiliki sifat racun terhadap hama. Jadi, hama secara instingtif akan mejauhi kayu yang sudah diawetkan. Cara ini telah terbukti efektif mampu meningkatkan usia pakai kayu segala jenis beberapa kali lipat dari usia pakai normalnya. Misalnya, sengon yang hanya bisa bertahan 1,5 tahun saja bisa ditingkatkan masa pakainya sampai 5 kali lipat masa pakai untreated wood-nya. Sangat menarik, bukan? Namun tentu saja, melakukan proses pengawetan yang efektif tidak semudah membalik telapak tangan. Untuk hasil pengawetan yang baik, gunakan selalu BioCide Insecticide.

Gunakan BioCide Insecticide untuk Tingkatkan Usia Pakai Kayu Meranti

Gunakan BioCide Insecticide sebagai obat pengawet kayu meranti. Sebagaimana dijelaskan pada artikel sebelumnya mengenai Prinsip Pengawetan Kayu, kualitas bahan pengawet sangat berpengaruh terhadap treatment pengawetan yang dilakukan. Kualitas bahan pengawet memengaruhi:

  1. Retensi atau ketahanan bahan pengawet pada kayu
  2. Mudah tidaknya bahan pengawet luntur sehingga daya proteksinya berkurang
  3. Efektivitasnya melindungi kayu
  4. Spektrum organisme target yang bisa dicegah merusak kayu
  5. Tingkat keamanan produk tersebut khususnya bagi pekerja dan juga alam

BioCide Insecticide merupakan insektisida berbahan aktif cypermethrin yang memengaruhi dengan baik kelima poin di atas. Produk ini bukan hanya mampu memberikan hasil pengawetan yang efektif lho. Hal lain yang tak kalah menarik adalah harga ekonomis BioCide Insecticide. Jadi, Anda bisa memaksimalkan keuntungan berlipat atas peningkatan usia kayu meranti tanpa menghabiskan banyak dana dalam proses produksi. Apalagi produk ini juga dikemas dalam kemasan dengan konsentrasi tinggi dan menggunakan pelarut air. Jadi, dalam aplikasinya, Anda tak perlu membeli solvent sama sekali!

BIOCIDE INSECTICIDE

Yuk, Dapatkan BioCide Insecticide Sekarang juga

Ayo, dapatkan segera BioCide Insecticide. Insektisida ini bisa Anda beli dengan mudah lho. Anda bisa berkunjung ke tempat kami di Bio Service Point di Yogyakarta, Cirebon, dan juga Jepara. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan produk ini via agen kami yang tersebar di beberapa kota di Indonesia. Untuk mengetahui alamat agen kami yang paling dekat dengan tempat Anda, sila hubungi CS kami terlebih dahulu.

Selain itu, pembelian juga bisa dilakukan secara online lho. Pembelian secara online bisa dilakukan di toko daring atau langsung di antiserangga.com. Prosedur pembelian di toko daring tentu sesuai dengan persyaratan tiap toko online tersebut. Sedangkan pembelian di antiserangga.com akan dipandu oleh Customer Service kami yang ramah serta profesional.

Nah, kiranya itu yang bisa kami sampaikan mengenai kayu merantai. Secara umum, kayu ini memiliki potensi yang sangat baik untuk diolah menjadi berbagai produk. Namun demikian, perlu dilakukan peningkatan usia kayu meranti supaya lebih lama. Peningkatan usia kayu ini pun akan memberikan keuntungan bagi semua kalangan mulai dari pemerintah, konsumen, sampai pihak pengusaha itu sendiri.

Semoga artikel ini bermanfaat ya. Jangan lupa, terus ikuti berbagai informasi dan penjelasan menarik lainnya di antiserangga.com. Tim Antiserangga akan terus update dengan berbagai tulisan menarik seputar dunia wood preservation!

Leave a Comment