Pelepah Lontar, Kekayaan Indonesia yang Belum Dioptimalkan

Menarik! Pelepah lontar ternyata bisa digunakan untuk membuat beragam jenis kerajinan. Dari segi estetika, aneka produk pelepah lontar Indonesia memang tak perlu diragukan lagi. Tapi bagaimana dengan aspek ketahanannya?

Istilah lontar bukan merupakan istilah asing di telinga orang Indonesia. Namun demikian, kebanyakan orang Indonesia sama sekali belum pernah melihat material ini. Padahal, lontar sesungguhnya adalah material yang termasuk dalam hasil hutan non kayu yang bernilai ekonomis. Dengan pengolahan yang tepat kita bisa mendapatkan keuntungan besar dari bahan ini lho. Tapi sebelum membahas produk-produk yang bisa dihasilkan dari pelepah ini, yuk kita kenali dulu apa sesungguhnya pelepah tersebut dan bagaimana karakteristiknya dibanding serat alam yang lain?

Mengenal Pelepah Lontar

Lontar berasal dari pohon yang bernama ilmiah Borassus flabellifer. Pohon tersebut masuk dalam suku Palmae atau pinang-pinangan yang banyak tumbuh di daerah tropis Asia. Selama bertahun-tahun, tanaman ini dikenal sebagai tanaman yang banyak memberikan manfaat. Secara tradisional, kita mengenalnya sebagai medium untuk menulis. Di India sampai Indonesia, banyak sekali tulisan zaman kerajaan yang ditulis pada medium lontar.

Meski demikian, sebetulnya pohon ini juga banyak dimanfaatkan untuk kebutuhan yang lain. Misakya sada bunga dan buahnya yang bisa disadap untuk nira, daunnya untuk atap rumah tradisional, sampai batangnya untuk kayu bakar.

Klasifikasi Ilmiah Pohon Lontar

Kingdom: Plantae
Divisi: Angiospermae
Kelas: Monocotyledoneae
Ordo: Arecales
Famili: Arecaceae
Genus: Borassus
Spesies: Borassus flabellifer

Bisa Dibuat Apa Pelepah Lontar?

Sebagaimana disebut di atas, sejak zaman dahulu, lontar telah sering dipakai sebagai medium untuk tulisan. Manuskrip-manuskrip dari kerajaan tua di Indonesia kerap ditemukan dalam medium ini.

Di era seperti sekarang di mana kertas sudah banyak ditemukan, manfaat lontar sebetulnya masih bisa dioptimalkan. Apalagi bagian pelepahnya. Hanya sayang, tidak banyak yang tahu potensi pemanfaatan material ini.

Berikut beberapa contoh produk dari pelepah lontar.

  1. Digunakan untuk membuat songkok dan berbagai fashion item yang lain termasuk juga dompet dan juga tas
  2. Digunakan untuk membuat berbagai kerajinan seperti tenunan pakaian dan hiasan dinding
  3. Digunakan untuk membuat alat muskin sasando yang merupakan alat musik tradisional dari NTT, khususnya daerah Timor

Perlunya Peningkatan Mutu pada Industri Berbasis Pelepah Lontar

Soal estetika, Indonesia tak perlu khawatir dengan industri kerajinan atau apapun yang memanfaatkan lontar. Kita memiliki Sumber Daya Manusia dengan jiwa artistik yang tinggi. Pun demikian, Indonesia sudah kaya akan berbagai kerajinan tradisional. Motif dan model produk tradisional tersebut bisa menjadi ciri sekaligus dasar bagi para pengrajin untuk menghasilkan produk berkualitas tinggi.

Namun demikian, dari aspek yang lain, industri pelepah lontar Indonesia perlu berbenah. Misalnya saja dari segi keawetan. Bukan cerita asing di mana ditemukan produk kerajinan yang dengan mudah rusak di pasaran. Ketidakawetan produk berbasis serat alam ini bisa disebabkan oleh dua faktor. Faktor pertama adalah faktor pembuatan produk terkait. Penggunaan lem yang jelek sampai model yang mudah rusak adalah contoh faktor pertama tersebut. Sedangkan faktor kedua datang dari kualitas bahan baku pelepah lontarnya.

Faktor kedua terkait erat dengan ketahanan atau keawetan lontar itu sendiri. Beberapa material lontar sangat awet, namun beberapa yang lain sama sekali tidak awet. Karena itulah perlu dilakukan perbaikan. Salah satunya adalah dengan menerapkan treatment anti hama. Sebab kerusakan dan ketidakawetan pelepah ini seringkali bersumber dari serangan hama.

Antisipasi Hama pada Pelepah Lontar dengan BioCide Insecticde

Antisipasi hama pada pada industri berbasis lontar bisa dilakukan dengan treatment pengawetan yang biasa diterapkan pada kayu. Aplikasi treatment ini pun umumnya lebih mudah diterapkan mengingat ketebalan lontar jauh lebih kecil dibanding ketebalan kayu. Penetrasi atau resapan obat pengawet akan lebih efektif dan efisien. Prosesnya juga lebih cepat dan metodenya lebih mudah.

Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan BioCide Insecticide. Silahkan rendam atau celupkan bahan lontar Anda sebelum diolah lebih lanjut. Dengan dicelupkannya material tersebut ke dalam larutan BioCide Insecticide, produk Anda akan:

  1. Tahan terhadap rayap.
  2. Tahan terhadap kutu atau bugs (serangga kecil yang suka bersarang di natural fiber / serat alam)
  3. Tahan terhadap serangan kumbang bubuk

Ketahanan ini akan secara signifikan meningkatkan kualitas produk berbasis pelepah lontar. Dengan demikian, persepsi publik pun akan makin positif dengan produk-produk dari industri tersebut.

BIOCIDE INSECTICIDE

Keunggulan BioCide Insecticide

  1. Dari segi hasil, BioCide Insecticide mampu memberikan hasil lebih baik dengan proteksi ekstra dan menyeluruh terhadap berbagai hama serangga mulai dari rayap sampai kumbang bubuk.
  2. Dari segi metode, BioCide mudah diaplikasikan mulai dengan cara perendaman sampai cara pencelupan.
  3. Dari segi harga, produk ini dibanderol dengan harga terjangkau dengan kualitas terbaik
  4. Dari segi penggunaan, produk ini sangat hemat dan tidak membutuhkan biaya tambahan untuk membeli larutan solvent (produk ini dilarutkan dengan air)
  5. Dari segi keamanan, produk ini lebih aman karena menggunakan cypermethrin dan formula yang secara keseluruhan lebih baik dibanding antiserangga yang lain

Kami juga sudah lama bekerja sama dengan banyak pelaku usaha furniture, bangunan, dan juga kerajinan. Kami siap bekerja sama dengan Anda untuk kemajuan industri berbasis pelepah lontar di dalam negeri.

Cara Membeli BioCide Insecticide

Bagi Anda yang tertarik membeli insektisida terbaik BioCide Insecticide, Anda bisa melakukan pembelian secara online ataupun secara offline. Pembelian secara offline atau konvensional bisa dilakukan dengan mengunjungi Bio Service Point yang berlokasi di Jepara, Yogyakarta, dan juga Cirebon. Yang menarik, di Bio Service Point juga tersedia berbagai bahan woodworking seperti cat, bleaching kayu (pemutih kayu), sampai lem kayu. Anda juga bisa bertemu langsung dengan teknisi dan Customer Service kami yang berpengalaman.

Mau membeli secara online? Pembelian secara online akan dipandu oleh CS kami dan dilayani dengan sama ramahnya seperti saat membeli di Bio Service Point. Pembelian juga bisa dilakukan di marketplace seperti Tokopedia sampai Bukalapak.

Nah, kiranya itu yang bisa kami bagikan mengenai pelepah lontar. Selain terkenal sebagai salah satu istilah yang kerap dipakai di peribahasa, lontar juga memiliki ekonomis yang tinggi. Lontar bisa digunakan untuk membuat berbagai benda kerajinan dan juga benda-benda lain yang fungsional. Namun di era yang lebih modern seperti sekarang ini, pengolahan lontar memerlukan peningkatan mutu di berbagai aspek. Salah satunya bisa dilakukan dengan membuat lontar dan produknya lebih tahan terhadap serangan berbagai hama. Treatment pengawetan yang biasa diterapkan pada kayu bisa diterapkan pada material ini. Untuk obatnya, Anda bisa menggunakan BioCide Insecticide.

Semoga artikel ini bermanfaat, ya. Nantikan terus berbagai informasi menarik lainnya di antiserangga.com. Dan jangan lupa untuk selalu menggunakan BioCide Insectide sebagai pengawet terbaik untuk pelepah lontar.

Leave a Comment