5 Cara Mengeringkan Bunga: Mana yang Terbaik?

Banyak sekali cara mengeringkan bunga yang bisa Anda lakukan. Manakah yang paling bagus? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

bunga-kering-bagusPada berbagai peristiwa, kita sering menggunakan bunga sebagai tanda perayaan. Misalnya saja saat wisuda, ulang tahun, hingga pernikahan. Sayangnya, karena bunga terdiri dari zat organik, kenang-kenangan tersebut tak bisa lama dipertahankan. Kecuali bila kita mengeringkannya.

Ya, pengeringan bunga sudah sejak lama diaplikasikan nenek moyang sebagai salah satu cara pengawetan benda cantik tersebut. Metodenya sendiri terus berkembang hingga sekarang dengan penemuan berbagai macam teknologi. Manakah yang paling bagus? Coba tentukan sendiri berdasarkan deskripsinya di bawah ini.

5 Cara Mengeringkan Bunga

Penggantungan

Penggantungan bunga dilakukan di tempat kering dan jauh dari sinar matahari. Metode ini bisa dibilang sebagai metode paling tradisional. Lama penggantungan memakan waktu hingga beberapa hari. Resiko yang harus dihadapi adalah tumbuhnya jamur dan memudarnya warna (bila ruangan intens terkena sinar).cara-mengeringkan-bunga-1

Mengepress Bunga

Pengepresan bunga adalah metode lain untuk mengeringkannya. Kita tinggal menempatkan bunga pada sebuah buku lalu menindihnya dengan beban berat. Cara ini sangat cocok bagi Anda yang ingin membuat pajangan berfigura bunga kering. Sebab bunga yang dihasilkan akan menjadi “gepeng”.

alterntif text

Menggunakan Microwave

Cara mengeringkan bunga menggunakan microwave bisa dibilang adalah cara paling modern sekaligus paling mahal. Tahapannya, tempatkan dulu bunga pada wadah lalu taburi dengan cat litter (biasanya 4 cangkir tapi sesuaikan dengan bunganya sendiri). Atur microwave dalam suhu tinggi lalu masukkan bunga beberapa menit. Mudah dan cepat ya? Sayangnya cara ini memiliki kekurangan berupa efeknya pada warna bunga yang kurang baik.

Hair Dryer

Pengeringan juga bisa dilakukan dengan hair dryer. Prinsipnya sama dengan pengeringan bunga memanfaatkan microwave. Tetapi tentu saja cara ini lebih riskan gagal.

Dengan Silica Gel

Bahan penyerap kelembaban silica gel juga bisa digunakan untuk mengeringkan bunga. Bahan ini memiliki keunggulan berupa harganya yang murah, tidak menimbulkan resiko bunga ditumbuhi jamur, dan tidak mengubah warna bunga. Pengeringan dilakukan dengan menimbun bunga dengan silica dalam wadah berpenutup rapat. Lama pengeringan tergantung jenis bunganya.

cara-mengeringkan-bunga
Jangan lupa, tutup wadah rapat-rapat!

Bisa dibilang kelima cara mengeringkan bunga di atas memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun dari aspek harga, kemudahan, dan persentase keberhasilan, maka metode dengan silica gel adalah yang terbaik.

5 Cara Mengeringkan Bunga: Mana yang Terbaik?

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply