Mudah dan Tepat: Cara Mengeringkan Bunga dengan Silica Gel

Cara mengeringkan bunga dengan silica gel sama sekali tidak sulit dan tidak merepotkan. Jadi tunggu apalagi? Ayo keringkan bunga dengan silica gel segera!

bunga-dalam-toplesCantiknya bunga-bunga segar tak akan bisa lama kita nikmati. Dalam hitungan jam atau paling lama satu-dua hari, bunga akan layu dan membusuk. Padahal, bisa jadi bunga-bunga tersebut adalah tanda kenangan yang sangat penting dalam hidup kita. Apakah kita seharusnya merelakannya busuk begitu saja?

Tenang. Meskipun jarang diketahui orang, bunga bisa diawetkan sebagaimana bahan lainnya. Pengawetan bunga dilakukan dengan cara mengeringkannya agar tidak terjadi proses pelapukan. Bahkan metode ini sudah dikenal lama oleh orang-orang zaman dulu. Umumnya, nenek moyang kita akan menggantung bunga dengan cara terbalik pada ruangan kering yang tidak terkena sinar. Metode penggantungan ini bisa menghasilkan bunga kering namun ancaman faktor terserang jamurnya termasuk besar. Belum lagi kerusakan bunga berupa gugurnya mahkota akibat digantung terbalik.

Dari beragam metode yang ditawarkan, pengeringan bunga memanfaatkan silica gel adalah yang terbaik. Caranya pun sama sekali tidak sulit. Silahkan simak langkah-langkah prosesnya di bawah ini.

Alat dan Bahan

Alat yang diperlukan adalah wadah dengan penutup rapat dan hair spray. Sedangkan bahan yang diperlukan adalah silica gel (rekomendasi Bio Industries) serta bunga yang akan diawetkan.

alterntif text

Cara Mengeringkan Bunga dengan Silica Gel

    • Potong bunga. Biarkan kering, namun jangan sampai layu. Biasanya membutuhkan waktu dari 2 hingga 3 minggu agar bunga tersebut kering. Jangan lupa untuk mengeringkan bunga di tempat yang sejuk dan gelap ya. Ruangan gelap akan mengurangi perubahan warna pada bunga yang dikeringkan.

 

    • Setelah bunga kering, awetkanlah dengan menggunakan Hair Spray. Semprotkan pada bunga secara tipis-tipis agar bunga yang dikeringkan tidak basah.

 

    • Lalu siapkan wadah, tuang silica gel hingga ketebalan sekitar 1 cm.

 

    • Masukkan bunga. Anda bisa memotong bunga atau membiarkannya bersama tangkainya.

 

    • Timbun bunga dengan silica gel hingga tak terlihat.

 

    • Segera tutup rapat.

 

    • Lama proses pengeringan umumnya memakan waktu 2 sampai 7 hari.

 

  • Selesai. Mudah dan sederhana bukan?
cara-mengeringkan-bunga
Jangan lupa, tutup wadah!

 

Tata Bunga dengan Cantik

Kini, setelah Anda mendapat bunga-bunga kering, lakukan penataan supaya cantik. Ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan. Misalnya menaruh potongan bunga dalam keranjang cantik. Atau menatanya dalam sebuah figura. Merangkai kembali bunga dan menempatkannya dalam vas juga bisa jadi alternative menarik. Kembangkanlah kreasi Anda dan jadikan bunga kenangan tersebut tampak lebih baik!
figura-bunga-kering

Mudah dan Tepat: Cara Mengeringkan Bunga dengan Silica Gel

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply