Cara Mengetahui Keberadaan Rayap di Rumah Anda

Serangan rayap sering muncul tanpa diketahui. Aplikasikan cara mengetahui keberadaan rayap di rumah berikut ini, agar penanganan sejak awal bisa Anda terapkan.

Bagaimana cara mengetahui eberadaan rayap di rumah?
Gunakan cara mengetahui keberadaan rayap di rumah yang efektif

Rayap merupakan hama yang keberadaannya patut diwaspadai. Organisme ini bisa merusak berbagai benda dan bagian yang ada dalam bangunan. Yang mengkhawatirkan, keberadaan rayap seringkali diketahui setelah terjadi kerusakan yang agak parah. Padahal, dengan deteksi lebih awal, penanganan yang dilakukan bisa lebih ringan. Kerusakan yang ditimbulkan pun akan jauh lebih kecil.

Seyogyanya, penghuni rumah memang bisa mengetahui keberadaan rayap seawal mungkin. Apalagi, bila rumahnya termasuk rumah yang rentan terkena serangan rayap sebagai berikut:

  1. Menggunakan kayu berkualitas buruk.
  2. Lingkungan rumah lembab, seperti lingkungan di dekat rawa-rawa.
  3. Lingkungan rumah kotor dan penuh dengan sisa bahan organik seperti daun-daunan yang membusuk.
  4. Ada serbuk kayu di bagian rumah, misalnya Anda menyimpan pupuk serbuk kayu di bagian dalam rumah.
  5. Rumah tidak diberlakukan treatment pengawetan kayu dengan zat kimia anti serangga dan hama lainnya ketika dibangun.

Bagi Anda yang memiliki rumah dengan kondisi di atas, kewaspadaan harus lebih ditingkatkan. Berikut ini cara mengetahui keberadaan rayap di rumah sedini mungkin:

  1. Lakukan pemeriksaan rutin saat membersihkan rumah. Periksa bagian rumah yang jarang terekspos seperti sudut ruangan atau bagian belakang almari.
  2. Ketuk-ketuk bagian rumah yang jarang terekspos tersebut. Rayap biasanya membuat lantai atau kayu menjadi keropos sehingga bunyi ketukan benda yang digerogoti rayap lebih nyaring.
  3. Lakukan pemeriksaan di malam hari, karena rayap sering beraktivitas saat hari gelap.
  4. Cek bagian-bagian kayu di rumah yang menghasilkan butiran-butiran kayu. Biasanya hal tersebut disebabkan oleh rayap. Kalaupun bukan rayap, butiran kayu itu biasa dihasilkan serangga lain sehingga tetap harus Anda basmi.
  5. Periksa adanya gundukan seperti tanah pada lantai. Gundukan tersebut bisa jadi dikarenakan aktivitas organisme seperti rayap. Apalagi, bila setelah dibersihkan muncul kembali gundukan di tempat yang sama.
  6. Perhatikan adanya bunyi menyerupai kerutan saat sedang sepi. Adanya bunyi tersebut bisa jadi dihasilkan organisme seperti rayap yang sedang menggerogoti kayu.

Demikian cara mengetahui keberadaan rayap di rumah yang bisa Anda terapkan. Lakukan langkah solutif yang tepat bila rayap memang telah ditemukan di rumah Anda.

Cara Mengetahui Keberadaan Rayap di Rumah Anda

alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply