5 Langkah Membuat Kayu Pijakan di Taman Tidak Lapuk!

Begini caranya membuat kayu pijakan tidak lapuk. Ada 5 life hack mudah yang bisa Anda ikuti!

Taman adalah bagian integral pada sebuah bangunan. Kehadirannya akan membuat bangunan terlihat semakin indah dengan supply udara segar yang menyehatkan.

Agar taman semakin indah, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan. Selain menambah bunga-bunga hias yang cantik, kita juga bisa lho memasang kayu pijakan atau foot steps. Bayangkan saja asyiklnya berjalan-jalan di taman dengan footsteps yang akan membuat suasana lebih earthy dan hangat. Pasti asyik sekali.

5 Cara Membuat Kayu Pijakan Tidak Lapuk

Meski indah, sayangnya, kehadiran footstep rentan rusak akibat serangan berbagai hama. Selain itu, kerusakan juga diperparah dengan kondisi taman yang secara umum memang lebih rendah. Lalu apa yang mesti dilakukan? Tenang, kami punya tips ampuh dan sederhana untuk Anda lakukan.

Dasari dengan Semen

Ya! Jangan langsung meletakkan footsteps di tanah. Kayu-kayu tersebut dalam waktu cepat pasti langsung lapuk dan keropos. Ingat, di tanah terdapat sangat banyak mikroorganisme pemakan kayu. Banyak juga jamur, lumut, rayap, dan teter yang memanfaatkan kayu sebagai sumber makanan.

Agar kayu pijakan tahan lama, aplikasikan dulu lantai semen di bawah tiap wooden stepping tersebut. Lantai bisa dicetak atau dibentuk agar menyerupai bentuk kayu lalu dicat dengan warna coklat supaya samar.

membuat kayu pijakan

Membuat Kayu Pijakan Taman yang Awet dengan Memilih Kayu yang Seperti Ini

Idealnya, kayu yang digunakan untuk outdoor adalah kayu seperti jati, ulin, hingga ebony. Tapi masa kita memakai kayu-kayu malah tersebut untuk pijakan saja? Sudahlah harganya mahal, footsteps pun jarang diperhatikan orang!

Makanya, kami tidak akan menyarankan menggunakan kayu-kayu mahal itu. Hanya saja, hindari memilih kayu yang keawetannya buruk, yaitu kayu di kelas keawetan IV dan juga V. Selain itu, pastikan juga bahwa Anda menggunakan kayu yang sudah tua. Semakin tua kayu, tingkat keawetannya semakin baik.

Awetkan Dulu

Katakanlah Anda sekarang sudah memiliki kayu kelas awet III yang tua dan harganya lebih murah. Area di mana foot step akan dipasang juga sudah disemen. Terus, apa yang akan dilakukan?

BIOCIDE INSECTICIDE

Jawabannya, awetkan dulu kayu-kayu itu. Awetkan kayu supaya tidak dimakan hama di taman seperti rayap. Caranya mudah lho. Anda bisa menggunakan obat pengawet seperti BioCide Insecticide.

alterntif text

Larutkan BioCide Insecticide ke dalam air, lalu rendam kayu-kayu pijakan yang sudah dipotong. Atau, Anda juga bisa mengoleskan saja larutan BioCide pada bahan kayu pijakan tersebut.

Cara ini akan membuat kayu jadi tahan terhadap hama, khususnya hama serangga. Tapi ingat, jangan sembarang menggunakan obat pengawet. Hanya BioCide Insecticide yang kami rekomendasikan karena lebih unggul dibanding insektisida lainnya di pasaran.

Membuat Kayu Pijakan Awet dengan Aplikasi Cat Outdoor

Setelah proses pengawetan selesai, kini saatnya mengecat kayu-kayu tersebut. Pilihlah cat yang untuk outdoor dengan kualitas yang baik. Hindari memilih cat indoor. Kalau Anda memaksa menggunakan cat indoor, belum sampai sebulan pun cat tersebut sudah akan mengelupas lho. Tak mau kan repot-repot mengecat lagi?

Oh ya, karena akan diletakkan di taman dekat dengan tanaman, saran kami gunkan cat water based. Cat water based merupakan cat berbasis air yang jauh lebih aman dibanding cat berpelarut solvent seperti thiner dan spiritus.

Lem!

Kayu pijakan Anda sudah diawetkan dan tampak cantik dengan aplikasi cat yang bagus! Kini, kita tinggal merekatkannya saja ke semen. Gunakan lem laminasi atau lem yang biasa digunakan untuk memasang lantai deck ya seperti lem Crossbond X4.

Tips Tambahan Membuat Kayu Pijakan agar Awet: Rawat

Rawat! Ya, sesederhana itu. Tapi nyatanya, banyak orang yang kerap kali mengabaikan tips tambahan membuat kayu pijakan tidak lapuk ini. Selain itu, seringkali juga orang merawat dengan tidak benar. Padahal untuk merawat foot step di taman perlu usaha-usaha khusus yang sebetulnya sederhana seperti:

  1. Memotong rumput yang terlalu rimbun di area foot steps
  2. Saat menyirami tanaman, hindari menyirami kayu pijakan
  3. Refinishing atau pengecatan ulang setiap 6 bulan hingga 1 tahun sekali.
  4. Gunakan polish kayu secara berkala. Contoh polis yang bagus untuk kayu adalah Biopolish. Sebab polis tersebut juga mengandung antijamur.
  5. Segera atasi apabila ada rayap dan hama lainnya yang menyerang.
membuat kayu pijakan

Kami Sedia BioCide Insecticide

Kami menyediakan BioCide Insecticide yang bisa Anda gunakan untuk membuat kayu pijakan tahan rayap dan teter lho. Seperti disebut di atas, insektisida ini hadir dengan berbagai kelebihan. Rincian keungulan BioCide Insecticide adalah:

  1. Spektrum organisme yang luas sehingga bisa digunakan untuk menahan serangan kumbang bubuk, rayap, kutu, kaki seribu, dan hama serangga lainnya yang suka merusak kayu.
  2. Retensi lama sehingga proteksi lebih tahan lama. Retensi mengacu pada tingkat stabilitas dan ketahanan BioCide pada substrat kayu.
  3. Tidak menyebabkan karat.
  4. Tidak menyebabkan kayu sulit dicat. Kalau Anda menggunakan pestisida solvent based, kayu akan sulit dicat dan berbau menyengat sekali.
  5. Konsentrasi tinggi. Nanti, ketika proyek Anda selesai, Anda bisa menggunakan insektisida ini untuk kebutuhan proteksi hama serangga yang lain.
  6. Tersedia dalam kemasan kecil dan besar
  7. Lebih aman digunakan dibanding solvent based pesticide dan insektisida yang lainnya.

Kontak dan Pemesanan

Dapatkan BioCide Insecticide segera dengan menghubungi kami lewat kontak yang disediakan. Anda bisa membeli produk ini secara daring dengan memesan kepada Customer Service kami. Selain itu, Anda juga bisa membeli di Bio Service Point secara langsung.

Bagaimana bila lokasi Anda jauh dari Bio Service Point? Silahkan hubungi CS kami. CS akan memberikan alamat agen kami yang paling dekat dengan lokasi Anda. Selebihnya, Anda juga bisa membeli di toko online seperti Tokopedia, Bukalapak, dan lain sebagainya.

Simpulan

  1. Taman merupakan salah satu bagian integral dari gedung yang memiliki banyak fungsi. Taman bisa memberikan keindahan sekaligus memberikan suplai udara segar.
  2. Agar taman makin cantik, kita bisa menambahkan foot step atau kayu pijakan. Bayangkan asyiknya berjalan-jalan di taman dengan pijakan kayu yang alami dan menawan.
  3. Membuat kayu pijakan mudah saja dilakukan. Akan tetapi kayu biasanya mudah lapuk.
  4. Nah untuk mengatasi hal tersebut, kita bisa menerapkan beberapa hal terlebih dahulu. Misalnya membuat lapisan semen hingga menerapkan finishing cat outdoor.
  5. Selain itu, salah satu yang tak kalah penting adalah mengawetkan kayu pijakan sebelum difinishing!

Nah, begitu ringkasnya 5 langkah membuat kayu pijakan yang tidak mudah lapuk. Semoga artikel ini memberikan manfaat untuk Anda ya. Kami akan terus hadir dengan berbagai tutorial hingga life hack menarik lainnya. Terus ikuti artikel di antiserangga.com.

5 Langkah Membuat Kayu Pijakan di Taman Tidak Lapuk!
alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply

WhatsApp sekarang juga!