Fumigasi Kapal : Kenapa Amat Penting Dilakukan?

Industri perkapalan adalah salah satu industri yang paling beresiko di seluruh dunia. Kenapa beresiko? Sebab, ada dampak-dampak tertentu pada industri ini yang wajib diwaspadai. Dan itulah juga kenapa fumigasi kapal penting dilakukan.

Pengertian Fumigasi Kapal

Fumigasi secara sederhana bisa diartikan sebagai usaha pembasmian hama dengan menggunakan fumigan. Fumigan adalah zat cair atau padat yang ketika diaplikasikan akan dikonversi menjadi gas. Gas ini kemudian disemportkan di sebuah area agar hama-hama pada area tersebut bisa terbasmi.

Fumigasi bisa dilakukan di berbagai kebutuhan. Salah satunya dalam industri perkapalan. Seperti disinggung di atas, industri perkapalan adalah industri beresiko. Hama-hama bisa muncul dari industri ini sehingga memang diperlukan sebuah usaha tertentu untuk mengatasinya.

Alasan Fumigasi Kapal

Ada yang mungkin bertanya, “Apa pentingnya waspada dengan hama yang terdapat di kapal?” Bukankah itu hal yang wajar?

Well, jawabannya sama sekali tidak. Sepanjang sejarah, kapal sering kali menjadi sumber malapetaka. Dan hal inilah yang juga menjadi alasan diterapkannya fumigasi.

fumigasi kapal

Mencegah Hama Luar Merusak Ekosistem Baru

Tahukah Anda bahwa banyak negara di samudra pasifik yang tidak memiliki tikus sama sekali? Sayangnya, penjelajah Eropa menyebabkan pulau-pulau tersebut menjadi habitat baru tikus.

Yang jadi masalah, tikus bukanlah hewan alamiah di kebanyakan pulau itu. Tidak ada predator untuk tikus sehingga rantai makanan menjadi kacau. Biasanya, populasi tikus akan membengkak menjadi sangat banyak sehingga merusak pertanian warga setempat. Warga pun terpaksa menggunakan pestisida kimia dalam mengatasi tikus-tikus itu.
Hal seperti inilah yang tidak kita maui. Selain tikus, kasus lain yang pernah membuat jengkel pemerintah Amerika adalah kedatangan rayap Formosa. Rayap super itu diduga terbawa akibat impor produk Tiongkok.

Mencegah Paparan Penyakit

Selain untuk mencegah kerusakan lingkungan, alasan fumigasi kapal teramat penting juga bisa ditilik dari segi kesehatan. Apa Anda ingat wabah pes di Hindia Belanda? Wabah itu disebabkan karena Belanda mengimpor beras Myanmar. Padahal negeri tersebut sedang terserang wabah pes yang parah.

Bersama dengan masuknya beras itu, masuk pula tikus-tikus Myanmar yang membawa kuman pes. Akibatnya, terjadi wabah Pes baru di Indonesia. Tak mau ini terjadi bukan? Makanya perlu dilakukan fumigasi.

hama tikus

Mencegah Kerusakan Produk yang Dikirim

Aplikasi fumigasi kapal juga bisa membantu menjaga kualitas produk yang berada di dalamnya. Misalnya produk kerajinan yang sedang Anda ekspor ke Eropa. Aplikasi fumigasi akan menekan bahkan membasi populasi berbagai jenis hama. Jadi produk Anda pun akan hadir dalam kualitas terbaik ketika sampai di Eropa.

alterntif text

Realita Fumigasi Kapal di Lapangan

Di lapangan, proses fumigasi dilakukan menurut standar negara terkait. Ada beberapa yang prosesnya demikian ketat, namun ada juga yang tidak. Namun sesungguhnya, usaha ini memerlukan kolaborasi antar berbagai negara. Jadi idealnya, standar yang berlaku sudah disepakati bersama.

Misalnya begini. Anda ingin mengekspor kerajinan kayu ke Amerika Serikat. Fumigasi kapal yang diterapkan ternyata kurang efektif. Apakah Anda lantas bisa “bebas” saja masuk Amerika? Jawabannya tidak. Sebab di Amerika terdapat UU antibioterorisme yang pada intinya mencegah hama luar masuk ke negara tersebut. Produk Anda yang sudah jauh-jauh dikirim dalam waktu yang lama pun terpaksa akan dikembalikan bila di container atau di produknya ditemukan hama.

Jelas kondisi itu amat merugikan. Maka itulah, terapan fumigasi yang setengah-setengah sesungguhnya tak menguntungkan siapapun. Varian-varian metode inipun tidak hanya berimbas pada hasilnya, namun juga pada efeknya terhadap kesehatan. Sebab di lapangan, beberapa kali terjadi kasus ketika awak kapal keracunan gas fumigan. Hal seperti ini amat membahayakan dan perlu antisipasi lebih lanjut.

Pastikan untuk Mengawetkan Kayu Dulu

Fumigasi kapal adalah proses yang penting. Tapi Anda perlu memahami bahwa usaha ini tidak akan demikian maksimal melindungi produk Anda. Misalnya begini. Anda ingin mengekspor produk kayu ke luar negeri. Ternyata di dalam produk kayu tersebut terdapat telur-telur kumbang bubuk. Ketika fumigasi dilakukan, telur dan larva yang sudah menetas tidak terkena fumigant sebab berada jauh di dalam kayu. Kerusakan pun baru Nampak ketika produk sampai di pelabuhan atau di tangan konsumen. Tentu ini sangat merugikan bagi kedua belah pihak.

fumigasi kapal

Makanya, perlindungan dari “dalam” produk Anda harus dilakukan. Khusus untuk produk mebel dan kerajinan kayu, serat alam, bambu, dan semacamnya, Anda bisa menerapkan treatment pengawetan. Treatment pengawetan dilakukan dengan meresapkan zat pengawet ke dalam kayu. Tujuannya agar produk kayu lebih hemat dilakukan. Sebuah proses pengawetan yang baik bisa menjadikan sengon berusia puluhan tahun. Tapi tentu saja, obat pengawetnya harus berkualitas tinggi.

Gunakan BioCide Insecticide

Hasil pengawetan yang baik hanya akan didapatkan dengan obat pengawet yang juga baik. BioCide Insecticide bisa menjadi andalan Anda sebagai pengawet khusus antiserangga. Secara umum, BioCide Insecticide adalah board spectrum insecticide. Artinya, serangga ini efektif bekerja pada berbagai hama serangga sekaligus dari rayap, wood marine borer, kutu, dan lain sebagainya. Selain itu, insektisida ini pun akan berefek pada tikus (biasanya tikus bisa keracunan atau sekadar tak menyukai kayu yang ditreatment dengan BioCide Insecticide).

Kelebihan lainnya, selain efektif, insektisida ini tidak membuat kayu sulit dicat, tidak menyebabkan karat, dan lebih mudah digunakan. Harganya juga lebih murah. Sehingga Anda bisa melindungi produk kayu Anda dengan atau tanpa proses fumigasi kapal dengan ongkos lebih terjangkau.

Kami Siap Bekerja Sama dengan Anda

Kami siap bekerja sama dengan Anda! Anda bisa menghubungi kami untuk kerja sama lebih lanjut atau sekadar membeli BioCide Insecticide. Anda bisa membeli secara online atau offline di Bio Service Point. Saat ini Bio Service Point berlokasi di Yogyakarta, Jepara, dan juga Cirebon.

Yang pasti, kami akan selalu siap membantu Anda supaya bisa mendapatkan manfaat terbaik dari BioCide Insecticide. Kami siap membantu usaha woodworking Anda sebab itulah komitmen kami sebagai manufaktur penyedia bahan kimia berkualitas di Indonesia. Anda bisa menghubungi CS kami apabila ada yang hendak ditanyakan mengenai BioCide Insecticide. CS, teknisi, atau marketing kami selalu siap membantu Anda mendapatkan manfaat terbaik dari insektisida BioCide Insecticide.

BIOCIDE INSECTICIDE

Simpulan

  1. Fumigasi adalah usaha pengendalian hama yang dilakukan dengan bahan fumigan. Fumigan bersifat gas ketika diaplikasikan.
  2. Fumigasi bertujuan untuk mencegah kerusakan lanjutan akibat hama kapal seperti tikus, kumbang bubuk, dan lain sebagainya.
  3. Salah satu usaha fumigasi yang penting dilakukan adalah fumigasi kapal antar negara atau daerah yang berjauhan.
  4. Namun usaha ini wajib dilakukan dengan hati-hati dengan memerhatikan keselamatan semua pihak dan memastikan hasilnya benar-benar efektif.
  5. Bagi pelaku usaha mebel dan kerajinan yang mengekspor kayu, jangan hanya mengandalkan fumigasi. Anda wajib mengawetkan dulu kayu untuk furniture dan juga kerajinan tersebut.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan di kesempatan ini. Semoga informasi mengenai fumigasi kapal ini bermanfaat ya untuk Anda.

Fumigasi Kapal : Kenapa Amat Penting Dilakukan?
alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply

WhatsApp sekarang juga!