Alasan Kenapa Jati Muda Membutuhkan Pengawetan Yang Berkualitas

Pengawetan kayu jati tetap diperlukan meskipun kayu jati terkenal tahan rayap dan serangga pewrusak lainnya. Khususnya jati plus perhutani yang berumur panen pendek, seringkali terserang rayap. Perlu pengawet kayu jati yang efektif mencegah seranga merusak struktur kayu.

Jati (Tectona grandis L. f.) merupakan salah satu jenis kayu yang paling banyak diminati sejak dahulu karena memiliki corak yang unik dan elegan, kuat, awet, stabil, dan mudah dikerjakan. Akibat semakin terbatasnya ketersediaan kayu jati berkualitas di pasaran sejak 5-10 tahun terakhir ini para pengrajin terpaksa untuk menggunakan kayu jati unggul, yaitu (kayu jati cepat tumbuh yang banyak ditanam oleh masyarakat, dan berasal dari pohon muda (dibawah 10 tahun) sebagai bahan baku. Hampir 100% industri mebel dan furnitur kayu jati di Pulau Jawa memanfaatkan kayu jati unggul yang ketersediaannya memang cukup berlimpah.

Namun sayang, mutu produk mebel dan furnitur kayu jati yang dihasilkan jauh lebih rendah dibandingkan mutu produk sejenis yang terbuat dari kayu jati tua (jati konvensional). Mebel dan furnitur jati unggul cenderung mudah diserang rayap dan bubuk kayu kering serta kurang stabil. Untuk mengatasi masalah ini perlu dilakukan terobosan, yaitu menemukan sebuah teknologi peningkatan mutu yang murah dan ramah lingkungan serta cocok diaplikasikan pada jati.

Dalam rangka menemukan teknologi tepat guna tersebut, maka sifat dasar dan karakteristik kayu jati unggul perlu diketahui dengan pasti. Dengan mengetahui sifat dan karakteristiknya maka respon kayu saat di-treatment dapat dipahami sehingga mempermudah dalam menetapkan dan memilih perlakuan terbaik untuk memperoleh hasil yang maksimal. Saat ini telah ditemukan teknologi pengawetan yang sederhana dan simpel, disamping itu dapat diaplikasikan dengan metode lain seperti vakum tekan dan spray yang menggunakan alat. Teknologi itu ialah bahan pengawet kayu jati BioCide Insecticde. Seperti apa keunggulan produk ini?

pengawet kayu jati

Pengawet Yang Dapat Menjaga Sifat Mekanik Kayu Jati

Diformulasikan khusus untuk kebutuhan industri (woodworking) dan konstruksi bangunan,  serta efektif dan efisien memcegah kumbang bubuk, kutu, rayap, nyamuk, thether (thothor), kecoa dll. Produk BioCide Insecticide ialah pengawet yang mampu menjaga sifat mekanik kayu. Apabila kayu terserang hama seperti yang disebutkan di atas, maka akan mempengarungi kekuatan dan daya tekanan.

Menggunakan BioCide Insecticide bagi pengrajin mebel sangat penting, karena agar produk tetap awet sampai pada tangan konsumen. Bagi pengrajin, produk ini cukup ekonomis karena dapat larut dalam air, dan available untuk metode pengawetan yang sederhana seperti perendaman pra-kontruksi. Selain pengrajin, orang rumahan juga dapat menggunkan BioCide Insecticide untuk pemeliharaan bangunan, cukup disiramkan di pojok-pojok ruangan.

Kelebihan Lain Yang Harus Segera Dibutktikan

Pengawet kayu jati BioCide Insecticde ini memiliki spektrum organisme target luas. Aman dan ramah lingkungan. Ditambah lagi dapat dilarutkan dengan air (ekonomis) dan memiliki stabilitas atau masa aktif sampai 2 tahun. Dalam rangka membantu mengatasi konsumsi kayu jati yang tinggi, maka pengawetan semacam ini dibutuhkan agar membantu laju ekonomi hutan rakyat. Apabila Anda tertarik bisa menghubungi distributor Biocide Insecticide melalui wa & sms di 082 167 600 693.

Leave a Comment