Menyamakan Warna Kayu Jati Yang Tidak Seragam

Kayu jati menjadi kayu yang palinng banyak diminati karena karakteristik kayu yang awet dan memiliki daya tahan terhadap cuaca yang cukup baik. Ciri khas dari serat kayu jati ini juga berbeda dibanding kayu jenis lain sehingga kayu jati ini tergolong kayu dengan harga yang cukup tinggi.  Kayu yang mewah ini dapat diolah menjadi furniture, mebel taman, kerajinan, hingga dibuat sebagai tangga.

Guna Kayu Jati

Karena merupakan kayu yang sangat baik kualitas dan popularitasnya, jati jadi banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan. Kita mengenal bahwa:

1. Jati banyak dipakai untuk membuat mebel. Misalnya saja untuk membuat kursi, meja, sampai almari. Pada kayu jati tua, harga mebel dari kayu ini bisa sangat tinggi. Dan ini bukan hanya berlaku di Indonesia. Di tingkat internasional, jati merupakan salah satu jenis kayu dalam jajaran atas kayu termahal dan terbaik.
2. Dipakai untuk membuat berbagai elemen bangunan. Misalnya saja untuk membuat dinding, lantai, sampai struktur rangka atap.
3. Dipakai untuk membuat berbagai jenis kerajinan mulai dari patung, topeng, sampai ukiran jepara.
4. Dipakai untuk membuat elemen moda transportasi seperti pada pembuatan perahu serta kapal.
5. Digunakan untuk membuat pegangan pada berbagai alat.
6. Digunakan untuk membuat berbagai peralatan masak.
7. Dipakai untuk membuat berbagai jenis alat musik.

Pohon jati tumbuh besar dengan tinggi mencapai 9-11 meter dengan diameter 0,9-1,5 meter. Namun ada juga jenis pohon jati yang tumbuh hingga 40-45 meter dengan diameter 1,8-2,4 meter. Pohon jati termasuk pohon yang baik karena memiliki garis lingkar besar, berbatang lurus dan tumbuh dengan sedikit cabang. Kayu jati yang bagus biasanya tumbuh diatas 80 tahun karena memiliki kekuatan yang baik.

Pohon jati memiliki jenis yang berbeda. Beberapa jenis pohon jati yang perlu Anda ketahui:

  1. Kayu Jati Kampung

Kayu jati kampung atau yang sering disebut dengan kayu jati rakyat ini memiliki pertumbuhan sekitar 15 hingga 25 tahun sampai siap ditebang. Pohon jati kampung ini cenderung memiliki banyak bengkokan sehingga menghasilkan kayu yang sedikit bengkok juga. Kayu jati ini biasanya memiliki kadar air yang tinggi sehingga terlihat basah pada permukaan, cenderung memiliki getah, tingkat penyusutan yang tinggi dan mudah pecah ataupun retak.

Untuk sistem pengeleman kayu ini kurang baguus karena lem tidak akan menempel dan bekerja sempurna dikarenakan sisa getah yang masih melekat. Untuk warna kayu ini adalah warna kayu yang pucat. Namun kayu jati ini memiliki harga yang cukup terjangkau dibanding dengan kayu jati jenis lainnya. Keawetan kayu ini berada dinomor I dan tingkat kekuatan di nomor I dan II. Kayu jenis ini juga tahan terdahap lembab.

  1. Kayu Jati Mas

Kayu jati ini memiliki pertumbuhan lebih cepat dibanding kayu jati kampung yaitu sekitar 7 sampai 15 tahun. Pohon jati mas batangnya cenderung lurus dan tidak bengkok. Sehingga para pengrajin mebel menggunakan kayu jati jenis kayu jati mas ini sebagai bahan dasar pembuatan furniture.

Karena batang yang tidak bengkok memudahkan pengrajin untuk membentuk furniture sesuai desain. Namun kayu jenis ini memiliki kayu gubal. Kayu gubal yaitu bagian pinggiran kayu yang  memiliki warna yang cenderung putih bahkan pucat. Kayu ini memiliki tingkat keawetan di nomor II dan tingkat kekuatan di nomor I dan II.

alterntif text
  1. Kayu Jati Perhutani

Kayu jati perhutani atau yang sering disebut TPK, jenis ini merupakan kayu yang dikelola oleh perhutani dari mulai pembibitan hingga penebangan dan penjualannya. Kayu jati perhutani dikenal memiliki kualitas yang bagus dibanding jenis kayu jati kampung dan kayu jati mas. Usia kayu ini tergolong tua. Setiap pohon diseleksi setiap tahunnya oleh perhutani untuk memastikan pohon sudah siap ditebang atau belum.

Kayu ini merupakan kayu yang paling mahal dibanding dengan kayu jenis lainnya. Selain karena memiliki pori-pori yang padat sehingga tidak mudah patah ataupun retak. Kayu jenis ini juga memiliki keawetan yang lebih dibanding jenis kayu jati mas dan jati kampung. Untuk harga memang tidak bisa dipungkiri dengan sebanding kualitas terbaik dari kayu ini.

Kayu jati semakin lama penanamannya, biasanya akan semakin baik pula kualitasnya. Jika pohon jati yang ditebang terlalu muda, biasanya kayu jati akan memiliki kelemahan dari segi tekstur dan ketahanan terhadap serangan jamur atau serangga. Karena kayu jati yang dikenal adalah kayu jati yang tahan terhadap serangan jamur dan serangga. Kualitas kayu jati yang baik didapatkan adalah dari pohon jati yang dirawat dengan baik dan berusia tua. Usia kayu ajti semakin tua maka akan semakin padat struktur kayunya sehingga semakin kuat dan awet.

Kayu memiliki bagian-bagian yang disebut dengan cincin pertumbuhan, mata kayu, gubal kayu dan kayu teras. Cincin pertumbuhan merupakan gambar pola-pola konsentrik pada penampang melintang kayu. Hal ini biasanya terjadi karena cuaca yang dialami pohon berubah-ubah. Mata kayu dari bagian yang merupakan dasar dari percabangan atau kuncup yang dorman dan biasanya mata kayu dinilai sebagai cacat sehingga berpengaruh pada hasil akhirnya.

Gubal kayu, bagian kayu luar yang masih hidup dan biasanya memiliki warna lebih gelap. Kayu teras, terbentuk lebih awal pada suatu pohon dan telah mati dan terletak di bagian dalam dari sebuah kayu dan tidak memiliki pembuluh sehingga sudah tidak berfungsi lagi.

Bagian-bagian kayu ini memiliki warna yang berbeda. Sehingga ketika ketika kayu memasuki proses finishing atau pewarnaan, hasilnya akan menjadi berbeda. Dan warna dorengnya akan sulit di finishing dengan warnaa yang sama. Maka dari itu, alangkah lebih baik jika kayu jati yang akan di finishing disamakan warnanya terlebih dahulu untuk mempermudah proses finishing dan tetap mendapatkan hasil yang terbaik.

Menyamakan warna kayu jati agar seragam tentu mudah jika Anda menggunakan pemutih khusus kayu yang bisa diaplikasikan dengan metode yang ringan seperti kuas. Dan juga akan lebih baik lagi jika Anda memilih pemutih khusus kayu yang tidak memerlukan waktu lama untuk proses aplikasi hingga hasilnya.

Memilih pemutih khusus kayu sebaiknya jangan asal memilih karena jika pemutih untuk kayu merupakan bahan kimia yang berbahaya, tentu akan menyebabkan gangguan pada kesehatan dan lingkungan Anda. Jika Anda akan menggunakan pemutih khusus kayu, pilihlah bahan pemutih kayu yang aman dan ramah lingkungan dengan campuran air sebagai pelarutnya.

Menggunakan pelarut air ini akan lebih aman dan ramah lingkungan dibanding menggunakan pemutih dengan campuran solvent atau minyak. Seperti merk pemutih White Agent 250 yang aman dan ramah lingkungan. White Agent 250 atau WA 250 ini merupakan bahan pemutih khusus kayu dan jenis serat alam. WA 250 ini menggunakan campuran air sebagai pelarutnya sehingga cukup aman dan ramah untuk kesehatan dan lingkungan.

Menyamakan Warna Kayu Jati Yang Tidak Seragam
wa 250 untuk menyeragamkan warna kayu doreng

Jika Anda menggunakan WA 250 ini untuk menyamakan warna kayu jati Anda, maka hasilnya akan terlihat cerah alami sehingga mudah untuk di finishing. Bahannya tidak membuat iritasi pada kulit dan tidak membuat karat pada logam yang terkena cairan ini. Aplikasi bahan pemutih ini bisa menggunakan metode kuas dan tidak perlu dijemur dibawah sinar matahari. Sehingga aplikasi bahan pemutih ini tidak memakan waktu dan tenaga yang cukup banyak.

Bahan pemutih ini bisa digunakan untuk semua jenis kayu dan serat alam seperti bambu, rotan ataupun lidi. WA 250 ini efektif menyamakan warna doreng kayu akibat cacat bawaan atau cacat akibat noda blue stain atau lain sebagainya. Jika Anda menggunakan pemutih untuk kayu jati Anda, Anda bisa memastikan hasil finishing pada kayu jati akan semakin baik. Karena warna seragam ada kayu jati akan meningkatkan nilai estetika dan nilai jual pada kayu jati.

Perubahan Warna Jati Akibat Jamur Blue Stain

Tahukah Anda bahwa perubahan warna kayu juga bisa disebabkan karena faktor lain di luar gradasi warna gubal dan teras? Secara alamiah, jati memang merupakan kayu yang punya variasi warna gubal dan teras seperti dijelaskan di atas. Bagian teras umumnya lebih gelap dibanding bagian gubal.

Tapi ternyata, perbedaan warna jati juga bisa disebabkan karena jamur. Dan perubahan warna akibat jamur inipun sangat perlu diatasi sesegera mungkin. Malah cara menyamakan warna kayu jati dalam kasus ini lebih urgen dibanding kasus lainnya. Sebab, warna yang muncul akibat jamur benar-benar buruk.

Blue stain sebagai jamur yang biasa merusak warna kayu umumnya menghasilkan noda biru kehitaman. Blue stain bersifat mikroskopis dan hidup di antara sel kayu. Beda dengan jamur lain yang bisa dibersihkan dengan diusap, blue stain hanya bisa hilang dengan pengamplasan yang lumayan lama atau malah pemotongan kayu!

Perubahan warna akibat blue stain ini juga tak bisa serta merta diatasi dengan WA 250. Pasalnya, sel jamur harus diatasi dulu. Dan untuk kebutuhan ini, diperlukan BioCide Wood Fungicide. BioCide Wood Fungicide akan membasmi jamur-jamur blue stain. Pasca aplikasi BioCide WF, sel jamur masih akan tertinggal sehingga warna kayu tetap bernoda. Nah, barulah untuk mengatasi bekas sel jamur yang telah terbasmi ini, kita bisa mengandalkan BioCide Wood Fungicide.

Dengan kata lain, solusi menyamakan warna kayu jati akibat serangan jamur lebih rumit dibanding menyamakan jati karena gradasi gubal dan terasnya. Maka itulah, saran kami, sebelum serangan jamur terjadi, lakukan treatment pengawetan. Preservasi atau pengawetan sebaiknya dilakukan menyeluruh. Gunakan obat pengawet kayu yang tepat seperti:

1. BioCide Insecticide untuk perlindungan anti hama serangga
2. BioCide Wood Fungicide untuk perlindungan anti jamur stain
3. BioCide Surface Film Preservative untuk perlindungan jamur permukaan

Keunggulan BioCide sebagai Pengawet Modern

Kenapa untuk obat pengawet, kami rekomendasikan BioCide? Tentu saja kami memiliki alasan tersendiri. Bagi kami, BioCide sangat cocok untuk kebutuhan wood preservation modern. Dalam hal ini, kami meningkatkan berbagai aspek kualitas insektisida tersebut dalam hal:

1. Hasil pengawetannya. Kayu yang diawetkan dengan BioCide akan memiliki perlindungan menyeluruh terhadap serangga hama dan jamur dengan efek yang tahan lama. Sebab produk ini insektisida berspektrum luas dengan sifat stabil dalam substrat organik.
2. Cara penggunaan mudah dan beragam. Kami sediakan BioCide dengan keunggulan kedua berupa cara aplikasi yang mudah dan metode beragam. Anda bisa menerapkan produk ini mulai dari metode paling sederhana seperti cara pencelupan sampai metode yang paling canggih seperti sistem vakum tekan.
3. Aman. Produk ini lebih aman baik bagi manusia ataupun bagi lingkungan dibanding kebanyakan produk lainnya. Ikuti petunjuk penggunaan dengan benar (memakai alat keamanan seperti sarung tangan) dan Anda tak akan mendapatkan masalah ketika menggunakan produk ini.
4. Harga terjangkau. Produk ini bisa Anda beli dengan harga lebih terjangkau. Pelarutnya juga merupakan air yang tak perlu dibeli seperti pelarut solvent.
5. Hemat. BioCide sangat hemat sebab formulasinya berkonsentrasi sangat tinggi.

Aspek-aspek itulah yang membuat BioCide bisa diandalkan dalam pengawetan kayu modern untuk mendukung usaha kayu jati Anda. BioCide unggul pada semua aspek mulai dari aspek hasil, metode, sampai aspek pemakaiannya yang sangat hemat.

Cara Beli Pemutih Kayu dan BioCide

Baik White Agent WA 250 maupun BioCide sama-sama dibutuhkan oleh para pelaku usaha woodworking yang memanfaatkan kayu jati. Karenanya, jangan ragu untuk segera memesan kedua produk ini. Caranya?

Kini, Anda tak perlu bingung lagi bila hendak membeli produk-produk eco friendly Bio Industries. Sebab, baik WA 250 ataupun BioCide bisa Anda beli secara online ataupun offline. Untuk pembelian offline, seperti biasanya, Anda bisa mengunjungi kami di Bio Service Point. Kedatangan Anda pasti senantiasa kami tunggu. CS kami pun akan melayani Anda dengan ramah dan juga sangat profesional. Anda juga bisa menengok berbagai produk kami yang lain seperti cat dan lem kayu.

Bagaimana dengan pembelian secara online? Anda tinggal mengambil saja gadget Anda dan memesan ke CS kami lewat kontak yang disediakan. Anda bisa memilih kontak via email, pesan SMS, telepon, dan lain sebagainya. Tahapan pemesanan online di sini sangat sederhana dan memudahkan. Anda pun bebas berkonsultasi pasca pembelian. Sebab, kami memang memiliki komitmen untuk membantu industri woodworking nasional berkembang dengan baik.

Anda juga bisa membeli di online shop atau toko daring lho. Pembelian di online shop tentu mengikuti prosedur tiap toko daring terkait. Nah, silahkan saja cari nama produk kami di marketplace langganan Anda. Anda bisa membeli di official store kami atau di agen kami. Untuk memastikan agen kami memang terpercaya, Anda bisa bertanya pada CS kami. Mudah, bukan?

Simpulan

Jati merupakan kayu yang sangat populer di Indonesia. Kayu ini pun tak pelak menjadi kayu yang paling banyak dicari pada hampir tiap kebutuhan manusia. Orang menggunakan jati untuk membuat mebel sampai untuk membuat moda transportasi. Salah satu yang membuat masyarakat menyukai kayu ini adalah kemudahan pengolahannya. Namun demikian, kadang kala terdapat kendala pada pengolahan jati. Misalnya saja adanya perbedaan warna pada kayu tersebut. Perbedaan warna bisa diakibatkan oleh faktor alami, namun juga bisa disebabkan oleh faktor hama. Jamur blue stain adalah contoh hama jamur yang bisa menyebabkan warna jati, terutama jati muda menjadi rusak. Karena itulah diperlukan penyeragaman warna dengan wood bleaching yang baik sekaligus perlindungan anti hama. Untuk wood bleahing, andalkan selalu WA 250, sedangkan untuk anti hama, gunakan BioCide SFP sampai BioCide Insecticide.

Semoga informasi mengenai cara menyamakan warna kayu jati ini bermanfaat untuk Anda ya.

Menyamakan Warna Kayu Jati Yang Tidak Seragam
alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

2 thoughts on “Menyamakan Warna Kayu Jati Yang Tidak Seragam

Leave a Reply

WhatsApp sekarang juga!