Begini Cara Membuat Bingkai dari Tripleks

0
66
Membuat Bingkai dari Tripleks

Ingin membuat bingkai foto? Kenapa tidak membuat dari tripleks? Berikut ini kami bagikan cara membuat bingkai dari tripleks yang mudah dilakukan.
Aneka produk kerajinan telah dikenal manusia sejak zaman dahulu kala. Berbagai benda kerajinan ini banyak digunakan sekadar sebagai hiasan semata atau malah memiliki fungsi yang jauh lebih spesifik. Misalnya saja bunga, vas bunga, jam dinding, lukisan, sampai tempat lilin

Berbagai produk kerajinan ini biasanya dengan mudah diperoleh di pasaran. Padahal kalau dipikir-pikir sebetulnya kita bisa lho membuatnya sendiri. Malah, bukan tidak mungkin kita bisa membuat produk kerajinan untuk kemudian dijual ke masyarakat. Misalnya saja dengan membuat frame foto atau bingkai.

Pembuatan bingkai tidak membutuhkan tahapan langkah yang menyulitkan. Bahan yang diperlukan untuk membuat produk ini pun tidak mahal dan juga tidak sulit dicari. Bingkai juga banyak dibutuhkan masyarakat karena memiliki fungsi sebagai tempat untuk meletakkan foto di dinding.

Nah, kali ini, antiserangga.com akan membagikan tips atau cara pembuatan bingkai dari bahan tripleks yang mudah dan juga murah. Berikut ini caranya!

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

Berikut ini alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat frame dari foto.

  1. Tripleks. Anda bisa menggunakan tripleks bekas atau tripleks yang masih baru. Tripleks bekas biasanya bisa didapat di bagian belakang furniture.
  2. Lem kayu (idealnya lem kayu Crossbond)
  3. Cat kayu warna natural transparan atau pastel (sesuai selera). Jenis cat yang disarankan adalah cat water based (cat pelarut air).
  4. Pemotong kayu
  5. Amplas untuk menghaluskan area kayu yang dipotong
  6. Kuas untuk aplikasi cat
  7. Alat tulis dan penggaris
  8. BioCide Insecticide supaya bingkai awet (tidak bubukan dan tidak dimakan rayap)
  9. Air
  10. Kain lap untuk membersihkan noda atau bekas lem
BIOCIDE INSECTICIDE

Langkah-langkah Cara Membuat Bingkai dari Tripleks

  1. Siapkan semua alat dan bahan yang telah disebutkan di atas. Kumpulkan di tempat di mana Anda akan membuat bingkai ini.Sebaiknya pilih ruangan yang memiliki ventilasi baik dengan pencahayaan yang juga baik. Sebab, Anda akan menggunakan bahan-bahan yang butuh udara yang tidak terlalu lembab.
  2. Pertama-tama tentukan ukuran bingkai. Tentukan berdasarkan foto atau lukisan yang hendak dipajang. Misalnya ukuran fotonya 25 x 30 cm, maka potongan tripleks harus bisa memenuhi luas 25 x 30 cm. Untuk lebar bingkainya, bisa 2 atau 3 cm atau lainnya sesuai selera. Contohnya Anda ingin bingkai yang lebarnya 2 cm. Maka ukuran tripleks yang diperlukan adalah 2 cm x 25 cm sebanyak 2 buah, dan 2 cm x 26 cm sebanyak 2 buah (26 cm karena sisi sampingnya sudah ditempati oleh potongan 2 x 25 cm).
  3. Potong tripleks dengan kedua ukuran tersebut. Gunakan lebih dari 1 lapis tripleks karena bila hanya digunakan 1 tripleks, bingkai akan terlampau tipis. Setidaknya, pakai 3 sampai 5 potong untuk 1 sisi.
  4. Siapkan papan tripleks berukuran 29 x34 cm.
  5. Amplas sisi-sisi tripleks supaya halus.
  6. Rekatkan tripleks sesuai desain pada papan. Gunakan lem Crossbond X3. Lakukan pengeleman secara hati-hati supaya tidak menyebabkan banyak noda lem.
  7. Selesaikan semua perekatan. Biarkan dulu bingkai sampai kering.
  8. Setelah kering, amplas bingkai untuk dihaluskan sekaligus menghilangkan noda lem.
  9. Siapkan larutan BioCide Insecticide sedikit saja.
  10. Oleskan dengan kuas pada permukaan bingkai. Jangan lupa, gunakan alat pengaman mulai dari sarung tangan, kacamata pelindung, hingga masker, dan lainnya.
  11. Diamkan. Sembari itu, bersihkan kuas.
  12. Aplikasikan cat untuk finishing. Tripleks meskipun merupakan kayu olahan masih memiliki pola serat alami kayu. Jadi kalau Anda ingin menonjolkan pola serat ini, pilih cat natural color. Misalnya cat warna jati, mahoni, walnut, dan lainnya. Tapi bila Anda ingin frame berwarna pastel, maka pilih cat solid color.
  13. Diamkan. Selesai!
Membuat Bingkai dari Tripleks

Bagaimana? Mudah bukan cara membuat bingkai dari tripleks di atas? Kalau Anda berhasil membuat produk tersebut dengan baik, nanti Anda juga bisa menjualnya. Tak perlu repot-repot, Anda bisa mulai menjual dulu secara online. Jadi, Anda tidak perlu mengeluarkan modal yang terlalu banyak.

Dengan menjual secara online, Anda juga bisa menyesuaikan dengan permintaan para customer. Harganya pun dapat disesuaikan dengan kualitas yang diminta oleh calon pembeli. Bukankah sekarang adalah eranya teknologi? Jadi jangan ketinggalan untuk memaksimalkan kecanggihan energi zaman sekarang untuk usaha yang sedang kita geluti.

Tips Membuat Bingkai dari Tripleks Lebih Menarik

Nah, supaya pembuatan frame dari tripleks ini lebih berkualitas, Anda bisa mengikuti beberapa saran di bawah ini.

  1. Tambahkan berbagai hiasan pada frame. Misalnya hiasan berupa bunga dan pita hias.
  2. Banyak frame dan aneka jenis kerajinan mengalami kerusakan akibat serangan hama seperti teter (kumbang bubuk). Makanya, jangan lupa untuk senantiasa mengaplikasikan insektisida BioCide Insecticide.
  3. Desain bingkai foto sebetulnya sangat beragam. Jangan berhenti berkreasi dan carilah aneka inspirasi yang bisa dengan mudah diperoleh di dunia maya.
  4. Bosan membuat bingkai dari tripleks? Selain tripleks masih ada banyak bahan lainnya yang bisa dipakai mulai dari ranting kayu sampai kertas.
  5. Apabila Anda berhasil menjual produk ini, jangan lupa untuk mengemasnya dengan baik. Pengemasan bukan hanya penting untuk mengamankan produk, tapi juga membuat produk terlihat semakin menarik.

Bahan-bahan untuk Membuat Bingkai dari Tripleks Bisa Dipesan di Sini!

Kesemua bahan yang dibutuhkan untuk membuat bingkai di atas tersedia di Bio Industries. Bio Industries menyediakan berbagai bahan kebutuhan kerajinan yang aman dan ramah lingkungan serta berbasis air. Di sini, tersedia cat pelarut air berkualitas tinggi, lem kayu, penyerap kelembaban, wood bleaching dan tentu saja BioCide Insecticide.

Jadi tunggu apa lagi? Yuk, segera beli bahan-bahan yang diperlukan lalu buat frame foto dari tripleks yang menarik ini. Bila Anda berhasil membuatnya dengan baik, Anda bisa saja menjualnya untuk mendapatkan keuntungan yang jauh lebih besar. Sangat menarik, bukan?

Nah, kiranya itu yang bisa kami bagikan di kesempatan ini. Cara membuat bingkai dari tripleks tidaklah sulit dilakukan. Bahan tripleksnya dan bahan yang diperlukan pun dijual dengan harga terjangkau di pasaran. Makanya, jangan ragu berkreasi untuk membuat frame foto ini. Siapa tahu nantinya Anda bisa menjual banyak frame dengan keuntungan besar? Tapi ingat, pastikan bingkai yang Anda buat memiliki kualitas yang benar-benar baik. Salah satunya dengan memastikan bingkai tersebut diaplikasikan dengan pengawet seperti BioCide Insecticide. Aplikasi pengolesan BioCide akan membuat frame tidak dimakan rayap, tidak bubukan, dan juga tidak dijadikan sarang serangga lainnya.

Semoga bermanfaat ya!

SHARE

Leave a Reply