Ada Suara Berderik dari Kayu? Hati-hati Kumbang Bubuk di Rumah Anda

0
59
kayu berderik

Ada suara berderik dari kayu mebel atau rumah Anda? Waspada! Kemungkinan ada hama teter yang menggerogoti kayu tersebut yang lama-kelamaan akan membuat kayu jadi lapuk.

Kayu merupakan material yang banyak digunakan manusia. Hampir semua kebutuhan kita, kayu dipakai sebagai salah satu komponennya. Lihat saja rumah atau gedung kantor kita. Mebel-mebel terbuat dari kayu, pun demikian rangka bangunan yang kita tempati.

Kayu dianggap memiliki banyak keunggulan dibanding bahan lain yang bersifat sintetis. Maka tak mengherankan, meski saat ini telah banyak tersedia bahan buatan seperti plastik, namun kayu masih menjadi primadona. Hampir semua orang akan memilih kayu dibanding bahan plastik apabila dananya mencukupi.

Namun demikian, kayu bukan tanpa kekurangan. Ada banyak kekurangan yang sebetulnya dimiliki oleh bahan ini. Salah satunya adalah kerentanannya terserang hama. Berbagai serangan hama bisa menyebabkan kayu mengalami kerusakan mulai dari hama jamur sampai hama rayap. Dan kadang kala tanda-tanda serangan hama ini, tidak bisa langsung dilihat. Misalnya saja lewat suara derikan pada material tersebut.

furniture kayu johar

Ada Suara Berderik dari Kayu?

Pernahkah Anda mendengar suara aneh dari dalam kayu? Suaranya kadang seperti suara berderik, suara jam, sampai suara hewan yang sedang menggali lubang di dalam kayu. Bila pernah, ada kemungkinan bahwa kayu tersebut terkena serangan serangga.

Ada sangat banyak jenis serangga yang menjadi penyebab munculnya suara. Tapi satu yang harus diwaspadai adalah apabila suara tersebut berasal dari hama yang bersifat hama pada kayu. Misalnya saja adalah kumbang bubuk atau teter kayu.

Suara Berderik dari Kayu sebagai Pertanda Kumbang Bubuk atau Teter

kayu berderik

Kumbang bubuk dalam Bahasa Inggris dinamai sebagai wood boring beetle. Adapun, dalam Bahasa Indonesia, kumbang ini sering disebut dengan istilah teter atau totor. Kumbang ini biasa menyebabkan fenomena bubukan. Seringkali pada kayu-kayu mebel murah di pinggir jalan, kumbang ini menyebabkan kerusakan yang cukup signifikan.

Jenis kumbang bubuk sendiri sangat banyak. Salah satunya adalah yang sering meninggalkan suara selama masa invansi. Kumbang akan membuat lubang di kayu dan memakan kayu sehingga dari lubang luar, keluar serbuk sebagai kotorannya.

Jenis kumbang yang lain kadang hanya mengeluarkan telur di dalam kayu. Telur dalam jumlah banyak ini ditempatkan di lubang atau celah kayu yang berebda-beda. Ketika telur menetas, akan muncul larva seperti ulat yang memakan kayu dalam waktu tahunan. Seiring berjalannya waktu, kayu menjadi rapuh dan mengalami kerusakan yang sangat parah.

Dengan kata lain, sebetulnya bila ada berupa suara derikan, maka Anda cukup beruntung. Sebab, Anda bisa mengetahui bahwa memang ada ancaman dari serangga-serangga ini.

Kerusakan Akibat Teter

Hadirnya kumbang teter bisa menyebabkan kerusakan berupa:

  1. Kerusakan estetika. Kayu mebel dan kayu konstruksi yang terkena hama ini akan berlubang-lubang dan menimbulkan serbuk pada beberapa bagiannya sehingga keindahan mebel pun rusak.
  2. Kerusakan struktural. Bagian dalam kayu akan menjadi rapuh sehingga kekuatan kayu berkurang. Akibatnya, mebel atau kayu konstruksi bangunan menjadi lemah dan tidak bisa menahan beban sebagaimana mulanya.

Tunggu Apa Lagi? Beli BioCide Insecticide

Untuk mengatasi hama berderik di kayu ini memang tidak mudah, sebagaimana disebut di atas. Oleh sebab itulah, ada baiknya untuk melakukan pencegahan sebelum kerusakan parah terjadi. Tapi bagaimna bila masalah ini sudah terlanjur? Tenang, Anda bisa menggunakan insektisida kami, BioCide Insecticide.

BioCide Insecticide adalah insektisida atau antiserangga dengan pelarut air dan berbahan aktif cypermethrin 100 EC. Insektisida ini sangat efektif dalam menangani berbagai persoalan hama. Insektisida bersifat racun kontak yang efeknya pada lingkungan tidak seburuk insektisida racun sistemik.

Untuk menggunakan BioCide, Anda perlu melarutkannya dulu ke dalam air. Setelah itu, tuangkan larutan ini di area di mana kumbang bersarang. Gunakan selalu kacamata pelindung, sarung tangan, dan masker saat menggunakan produk ini. Apabila sarang kumbang berada di kayu yang susah dijangkau, minta bantuan dari orang yang lebih profesional.

Yang menarik dari BioCide, produk ini bisa digunakan untuk mencegah berbagai hama serangga sekaligus. Insektisida ini bisa digunakan untuk mengatasi hama rayap, semut, dan lain sebagainya. Jadi setelah dipakai untuk mengatasi serangga ini, Anda juga bisa menggunakan BioCide untuk mengatasi serangga lainnya.

BIOCIDE INSECTICIDE

Untuk mendapatkan insektisida ini sendiri, Anda bisa membeli di Bio Service Point yang berlokasi di Yogyakarta, Jepara, dan juga Cirebon. Selain itu, Anda juga bisa mengontak CS kami untuk mendapatkan lokasi agen kami yang paling dekat dengan Anda. Agen-agen kami telah tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

Pembelian Online BioCide Insecticide

Pembelian online juga bisa dilakukan untuk memperoleh BioCide Insecticide. Caranya pun sangat mudah. Anda hanya perlu menghubungi Customer Service kami via kontak yang disediakan. CS kami pasti akan memandu proses pembelian Anda dengan ramah dan profesional. Jangan sungkan juga untuk menanyakan berbagai informasi lainnya pada Customer Service kami.

Cara Mencegah Kumbang Totor

Seperti disebut di atas, masalah suara berderik dari kayu ini memang lumayan sulit diatasi. Karena itu lebih baik untuk melakukan pencegahan daripada untuk mengatasinya.

Nah, untuk mencegah keberadaan teter sendiri, ikuti tips-tips di bawah ini.

kerusakan kumbang teter
  1. Usahakan kondisi lingkungan selalu bersih, terutama dari sampah organik. Misalnya kertas yang tak terpakai atau mebel bekas yang tidak digunakan lagi. Keberadaan sampah organik dari bahan kayu akan membuat serangga apapun mulai dari rayap sampai totor mendatangi rumah Anda dan menginvansi mebel sampai kayu konstruksi bangunan.
  2. Finishing sangat penting dilakukan. Jangan membiarkan ada kayu yang tidak difinish.
  3. Lakukan refinishing apabila lapisan cat yang lama sudah mengalami kerusakan.
  4. Lakukan pembersihan pada mebel atau konstruksi yang jauh dari pengamatan secara berkala.
  5. Aplikasikan insektisida BioCide Insecticide dengan cara dioleskan pada mebel yang belum difinish dan kayu konstruksi yang belum difinish.

Nah, kiranya demikian tips yang bisa kami bagikan. Suara berderik dari kayu bisa menjadi pertanda adanya teter di dalam mebel tersebut. Dan keberadaan teter atau totor bila dibiarkan bisa menyebabkan kekeroposan dari dalam kayu. Oleh sebab itulah, masalah ini harus diatasi. Namun memang, mengatasi kumbang yang sudah bersarang di dalam kayu bukan perkara mudah. Apalagi bila sarang kumbang tersebut berada di kayu konstruksi atau mebel yang sangat sulit dijangkau.

Untuk masalah ini, sebaiknya pencegahan diupayakan. Jangan menumpuk material organic kayu selulosa, aplikasikan selalu finishing, aplikasikan refinishing, lakukan pembersihan, dan aplikasikan BioCide Insecticide pada kayu mebel dan konstruksi bangunan Anda. Usaha-usaha ini akan mencegah invansi kumbang teter atau kumbang bubuk kayu di lingkungan rumah.

Semoga artikel ini bermanfaat ya untuk Anda.

SHARE

Leave a Reply