Potesi Tinggi Pemanfaatan Serat Jute

0
71
tanaman penghasil serat jute

Pernah mendengar nama serat juta? Kebanyakan dari kita belum pernah mendengar nama serat ini. Dan kalaupun pernah, masih banyak pula yang belum familiar. Nah, di artikel kali ini, kami tim Antiserangga.com akan membagikan informasi mengenai salah satu serat yang memiliki fungsi sangat penting di dunia ini.

Pengertian Serat Jute

Serat dari jute adalah serat dari tanaman jute. Jute sendiri merupakan tanaman yang tumbuh memanjang dari genus Corchorus. Kenapa tanaman ini sangat penting? Satu yang pasti. Jute mampu menghasilkan serat yang harganya terjangkau. Selain itu, tahukah Anda bahwa serat ini adalah serat alam terbanyak kedua diproduksi setelah katun?

Dari kandungan kimianya, serat dari tanaman jute mengandung kadar selulosa dan lignin yang sangat tinggi. Dan karenanya, serat ini sering digolongkan dalam kategori serat bast bersama dengan kenaf, rami, dan juga flaks (serat yang berasal dari jaringan floem atau kulit tanaman). Karena produksinya yang tinggi dan pemanfaatannya yang besar, serat ini kerap dinamai sebagai golden fiber. Apalagi warna dari seratnya sendiri memang bervariasi mulai dari keputihan sampai kecoklatan.

Negara Produsen Jute Tertinggi di Dunia

  1. India
  2. Bangladesh
  3. RRT (Republik Rakyat Tiongkok)
  4. Uzbekistan
  5. Nepal
  6. Sudan Selatan
  7. Zimbabwe
  8. Mesir
  9. Brazil
  10. Vietnam
serat jute

Keunggulan Serat Jute

Berikut ini beberapa keunggulan serat dari tanaman jute.

  1. 100% biodegradable atau bisa diuraikan.
  2. Dalam penanamannya, tanaman ini tidak membutuhkan pestisida terlalu banyak
  3. Memiliki warna alami coklat keemasan atau keperakan yang menarik
  4. Produksi yang secara umum lebih murah dibanding produksi serat alam lainnya
  5. Memiliki kekuatan tensil yang baik
  6. Bisa digunakan untuk membuat kain berkualitas tinggi untuk kebutuhan berbagai industri sekaligus
  7. Memiliki konduktivitas termal rendah dan kelembaban konten medium.
  8. Dapat dikombinasikan dengan bahan serat lainnya baik itu serat sintetis ataupun serat alami.

Sangat banyak ya manfaat dari serat ini? Bahkan sebagai komoditas yang bernilai jual tinggi, serat ini pun telah digunakan pada banyak logo nasional negara produksinya. Misalnya saja pada logo negara Bangladesh dan juga Pakistan.

Namun tentu saja serat ini juga memiliki beberapa kekurangan. Di antara kekurangan serat juta adalah sifatnya yang mengalami yellowing ketika terpapar sinar matahari. Sehingga dalam proses pengolahannya, sifat ini perlu diantisipasi dengan beberapa langkah tambahan misalnya dengan menyiapkannya menggunakan minyak lubrikan.

Digunakan untuk Apa ya Jute itu?

tas jute

Ada sangat banyak produk yang bisa dibuat menggunakan serat ini. Di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Digunakan untuk membuat berbagai jenis tali.
  2. Digunakan untuk membuat berbagai jenis kantung. Salah satunya adalah kantung untuk wadah tanaman muda. Ketika jute dipakai sebagai kantung, tanaman bisa langsung ditanam tanpa harus melepas kantungnya, karena bahan ini 100% biodegradable.
  3. Sebagai alas lantai atau pembuatan karpet.
  4. Membuat gorden.
  5. Membuat pelapis sofa.
  6. Membuat kanvas.
  7. Digunakan untuk membuat pulp dan juga kertas.
  8. Digunakan untuk membuat berbagai jenis kain tradisional, terutama di daerah di mana jute banyak digunakan sejak dulu.

Ada BioCide Insecticide, Dukung Industri Serat Nasional Bebas Hama

Jute adalah tanaman yang sejatinya bisa ditanam di Indonesia. Namun memang disayangkan bahwa Indonesia tidak termasuk dalam negara penghasil jute yang tinggi di dunia. Perlu kerja keras dan kerja sama antara pemerintah dengan pihak swasta untuk mendukung budidaya tanaman ini di negara kita.

Kami di Bio Industries jelas berharap bahwa industri serat dalam negeri terus mengalami perkembangan positif. Bentuk dukungan kami diwujudkan dalam produk pengawetan yang lebih unggul namun lebih terjangkau. Kami menyediakan BioCide Insecticide mengingat industri natural fiber memiliki kerentanan terhadap serangan berbagai jenis hama mulai dari rayap, kutu, kumbang bubuk, semut, sampai serangga rumahan seperti kecoa.

Dengan BioCide Insecticide yang berformulasi utama cypermethrin, industri serat nasional juga akan meningkat karena mutu produk pun bertambah. BioCide akan membuat masa pakai produk serat lebih panjang dan meminimalisir ancaman hama selama masa kirim. Hal ini akan membantu para eksportir yang kerap harus berurusan dengan undang-undang pencekalan akibat adanya hama organisme pada produk yang dikirim (undang-undang Bioterorisme). Apalagi UU seperti itu acap kali diterapkan negara maju yang merupakan tujuan ekspor pelaku usaha lokal, seperti Amerika Serikat dan negara-negara Uni Eropa.

Keunggulan-keunggulan BioCide Insecticide

Berbagai kelebihan BioCide Insecticide dibanding insektisida sejenis lainnya untuk pengawetan serat juta dan natural fiber yang lain adalah:

  1. Insektisida ini memberikan perlindungan yang lebih menyeluruh. Dalam artian, spektrum organismenya luas sehingga bisa menangkal serangan kutu, rayap, semut, kecoa, dan berbagai hama lainnya sekaligus.
  2. Insektisida ini mudah digunakan, dan dalam penggunaannya bisa diterapkan dengan cara perendaman (serat direndam) atau dikuaskan (serat diolesi atau dikuaskan dengan larutan BioCide).
  3. Harga insektisida ini lebih murah dengan pemakaian yang jauh lebih hemat karena konsentrasinya tinggi.
  4. Tidak menyebabkan karat atau oksidasi.
  5. Lebih aman dan ramah lingkungan

Insektisida ini juga telah diandalkan berbagai pelaku usaha mulai dari pelaku usaha kerajinan, furniture, sampai konstruksi. Produk kami secara khusus juga sudah banyak digunakan industry kerajinan serat alam seperti eceng gondok, jute jawa, dan lain sebagainya.

Cara Pemesanan BioCide Insecticide

BioCide Insecticide bisa dipesan dengan cara yang mudah. Anda bisa membeli insektisida ini dengan pembelian secara langsung. Kami menunggu Anda di Bio Service Point Jepara, Bio Service Point Cirebon, dan Bio Service Point Yogyakarta untuk menikmati berbagai keunggulan BioCide Insecticide. Kami akan memandu Anda mengambil keputusan yang tepat. Anda pun bisa menengok berbagai produk woodworking ramah lingkungan kami lainnya mulai dari pemutih kayu sampai cat berbasis air.

BIOCIDE INSECTICIDE

Anda juga bisa memesan secara online lho. BioCide Insecticide telah tersedia di berbagai marketplace. Selain itu, Anda juga bisa memesan kepada kami secara langsung. Caranya, hubungi saja Customer Service kami di nomor yang tercantum di website ini.

Tunggu apa lagi? Ayo segera pesan BioCide Insecticide.

Nah, sekiranya, demikianlah pembahasan kali ini mengenai serat jute. Jute adalah salah satu tanaman yang memang memiliki sangat banyak keunggulan. Hampir semua bagian tanaman ini bisa diolah lebih lanjut untuk menghasilkan beraneka jenis bahan. Salah satunya adalah seratnya. Serat dari tanaman ini dapat diolah lebih lanjut untuk membuat craft, kantung, sampai untuk mendukung pembuatan furniture. Sayangnya, di Indonesia, jute masih jarang dibudidayakan dengan hasil maksimal. Padahal, iklim Indonesia mendukung budidaya tanaman ini.

Kami di Bio Industries juga mendukung upaya optimalisasi serat ini. Kami menyediakan BioCide Insecticide agar serat jute dan serat lainnya tidak mudah rusak terkena serangan berbagai jenis hama mulai dari kutu sampai rayap.

SHARE

Leave a Reply