Ketika Cat Anti Rayap Punya Kelemahan, Atasi dengan Pengawetan

Pemakaian cat kayu anti rayap merupakan salah satu cara yang krusial untuk menjaga perabot dan bangunan dari serangga koloni tersebut. Tapi penggunaan cat seperti ini tidak bisa diandalkan sebagai satu-satunya cara. Apalagi ketika lokasi kita berada di wilayah yang intensitas serangannya tinggi.

Finishing untuk Memperindah sekaligus Melindungi

Kebanyakan di antara kita sudah familiar dengan istilah pengecatan. Orang menggunakan istilah tersebut untuk menunjuk aktivitas pelapisan dengan bahan cair (cat) yang nantinya akan membentuk lapisan tipis yang solid. Proses yang juga biasa disebut proses finishing ini akan membuat suatu produk menjadi lebih baik.

Setidaknya ada dua hal yang akan meningkat kualitasnya setelah dicat atau difinish. Yang pertama adalah estetikanya. Aspek ini adalah aspek pengecatan yang paling diharapkan orang setelah mereka mengecat produk seperti perabot atau rumah. Dengan dicat, orang ingin agar mebel terlihat lebih bagus dan rumah terlihat seperti baru dibangun. Warna produk akan menjadi lebih baik dan teksturnya pun secara umum lebih halus.

Tetapi, peningkatan estetika atau keindahan bukan satu-satunya aspek tujuan pengecatan. Sebagaimana disebut di atas, ada setidaknya dua hal yang bisa meningkat dari proses ini. Selain keindahan, produk juga akan meningkat dari segi keawetan. Hal ini disebabkan karena lapisan finishing bisa memberikan proteksi atau perlindungan. Bandingkan saja, misalnya, antara kayu yang dicat dan tidak dicat. Ketika kayu yang dicat mulai membusuk terkena air, kayu yang dicat akan bertahan lebih lama karena ada lapisan cat yang melindunginya. Bahkan saat ini, aspek perlindungan tersebut terus ditingkatkan kualitasnya. Ada berbagai produk cat yang didesain khusus untuk kebutuhan tersebut. Misalnya saja cat anti air dan cat anti rayap.

fungsi finishing

Apa saja yang Bisa Dilindungi oleh Lapisan Cat?

Secara default, sejatinya lapisan cat yang melapisi medianya sudah memberikan perlindungan tersendiri. Lapisan ini akan melindungi kayu atau tembok dari panas, paparan sinar matahari langsung, paparan air, dan lain sebagainya. Proteksi ini pada akhirnya akan membuat media menjadi lebih awet. Selain itu, adanya lapisan cat juga akan membuat kayu atau dinding tidak begitu disukai hama, baik itu rayap atau bakteri. Tetapi fungsi proteksi ini sifatnya tidak spesifik. Sehingga untuk memberikan perlindungan yang benar-benar baik, maka diperlukan formulasi khusus.

Perusahaan cat sendiri sudah banyak menerapkan aneka inovasi tersebut. Seperti disebut di atas, saat ini telah tersedia beragam cat dengan fungsi spesifik, termasuk di antaranya adalah cat anti air, cat anti panas, hingga cat anti rayap. Yang terakhir ini akan menjadi bahasan tersendiri pada artikel ini.

Sekilas Rayap dan Serangannya

Tentu ada alasannya sampai banyak perusahaan cat yang berlomba-lomba membuat cat anti rayap. Seperti perlindungan terhadap air yang memang krusial di daerah dengan iklim tropis seperti Indonesia, perlindungan terhadap rayap pun punya nilai penting yang sama. Mungkin tak banyak disadari, tetapi di area tropis dengan intensitas hujan dan kelembaban yang tinggi, negara kita merupakan salah satu negara yang memiliki proses dekomposisi besar. Hal ini dimungkinkan karena beberapa hal. Di antaranya adalah iklim yang mendukung dan yang kedua adalah aktivitas organisme pembusuk yang begitu cepat. Rayap adalah salah satu organisme ini. Di daerah seperti kota-kota di Jawa, serangan rayap kadang memang tak terasa. Tapi serangan yang begitu intens bisa dirasakan di area seperti Kalimantan, Sulawesi, dan lainnya di mana area terdapat area rawa-rawa.

kerusakan kayu

Serangan rayap juga bisa disebut sebagai silent killer untuk rumah dan perabot. Pasalnya, serangga ini sering disepelekan. Keberadaannya dianggap tak ada sampai ada kerusakan struktural yang nyata. Mau tak mau bila kita ingin mengatisipasi ini, tentu saja harus dilakukan berbagai treatment anti rayap. Cat dengan formulasi khusus yang bisa melindungi media dari rayap menjadi salah satu cara tersebut.

Jangan Sekedar Menggunakan Cat Anti Rayap

Penggunaan cat dengan proteksi pada rayap bisa memberikan proteksi khusus terhadap serangan hama tersebut. Tetapi, sebetulnya pemakaian jenis cat itu saja tidak bisa diandalkan. Ada beberapa alasannya. Berikut ini akan kami jelaskan satu per satu.

Pertama, cat anti rayap tidak bisa melindungi area yang tidak dicat. Misalnya saja bagian lantai rumah. Padahal, lantai merupakan salah satu tempat yang paling sering digunakan rayap untuk sarangnya. Kedua, cat anti rayap tersebut ketika tergores atau rusak akan membuat kayu atau tembok terekspos tanpa perlindungan apapun. Bila tidak segera dilakukan refinishing atau pengecatan ulang dengan cat yang sama, maka serangan rayap bisa segera terjadi. Pada tempat-tempat yang didesain khusus untuk usaha seperti apartemen, toko, gudang, dan lainnya, kondisi ini jelas tak bisa diabaikan.

BIOCIDE INSECTICIDE

Lantas apa hal yang seharusnya dilakukan Tak sulit sebenarnya. Seperti saran kami yang sudah-sudah, diperlukan suatu treatment khusus anti rayap baik pada bangunan atau kayu. Treatment yang diterapkan bisa bermacam-macam metodenya. Contoh, untuk melindungi kayu dari rayap, kayu bisa direndam dalam obat anti rayap khusus. Sehingga secara alami, sel-sel kayu sudah membawa insektisida yang akan membuat rayap tak suka bahkan mati ketika memakannya. Sedangkan untuk bangunan, bisa diterapkan suatu sistem khusus seperti pipa injeksi. Pada sistem ini, ditanam saluran pipa yang berlubang di bawah tanah. Secara berentang, pipa dialiri insektisida yang kemudian akan meresap di area bawah tanah bangunan. Dengan cara ini, bangunan benar-benar bisa terproteksi dari serangan organisme tersebut.

Hanya saja, perlu dipahami bahwa keberhasilan metode ini ditentukan oleh banyak faktor. Satu dari sekian faktor yang krusial adalah kualitas insektisida yang digunakan. Insektisida harus bisa memberikan proteksi yang baik, lama, dan berkelanjutan. Insektisida yang kami rekomendasikan untuk kebutuhan ini adalah BioCide Insecticide. Selain bisa digunakan untuk memberikan perlindungan terhadap rayap, BioCide Insecticide juga bisa memberikan perlindungan terhadap berbagai hama lainnya seperti semut, kumbang bubuk, dan masih banyak lagi.

Insetisiktisida ini juga sudah bisa dibeli secara online sehingga makin mudah didapatkan. Tertarik? Antiserangga.com secara khusus menghadirkan produk insektisida berbahah aktif cypermethrin itu dengan proses pembelian yang mudah. Hubungi saja CS kami dan ikuti tahapan pembelian yang diberikan.

Kesimpulan

Proses finishing merupakan suatu proses yang bukan hanya bisa mengubah tampilan dan tekstur produk menjadi lebih menarik. Proses ini juga bisa memberikan proteksi tersendiri. Bahkan sekarang ada banyak produk cat yang khusus didesain untuk fungsi proteksi tersebut. Salah satunya adalah produk cat anti rayap yang didesain secara khusus agar bisa memberikan perlindungan terhadap serangga perusak itu. Meskipun demikian, penggunaan cat yang punya spesifitas tersebut saja tidak cukup. Diperlukan proteksi lainnya langsung pada kayu itu sendiri, yakni dengan peresapan insektisida seperti BioCide Insecticide. Dengan cara ini, ketika lapisan cat rusak, kita tak perlu khawatir rayap merusaknya. BioCide Insecticide akan melindungi kayu dan bangunan dari rayap dengan lebih intens.

Leave a Comment