Kayu Ampupu dan Potensi Budayanya

Kayu ampupu bisa dibudidayakan untuk sediaan kayu industri woodworking dalam negeri.

Makin lama, konsumsi kayu yang dilakukan oleh manusia semakin meningkat. Kayu terus saja dibutuhkan untuk berbagai bidang, padahal supply-nya cenderung stagnan (kalaupun meningkat, tidak sebesar tingkat permintaannya). Hal ini bisa memicu terjadinya pembalakan liar di alam hanya untuk mendapatkan kayu log berkualitas baik. Padahal, ada alternative lain yang bisa dilakukan tanpa merusak alam. Salah satunya adalah budidaya pohon ampupu atau dalam Bahasa Inggris disebut dengan nama pohon Eucalyptus.

Ampupu merupakan spesies tanaman dari keluarga Myrtaceae dengan nama ilmiah Eucalyptus urophylla. Kayu ini banyak ditemukan di berbagai negara dari Afirka sampai Asia, misalnya di Pantai Gading, Gabon, Kamerun, Guyana, Madagaskar, sampai Indonesia. Selain itu, kayu ini juga banyak ditemukan di Malaysia dan Papua Nugini. Saat ini persebaran Eucalyptus juga terus meningkat sehingga tanaman ini pun sudah bisa ditemukan di negara-negara Amerika seperti Brazil.

Ampupu tumbuh sebagai tanaman perennial yang bisa mencapai tinggi 45 sampai 55 meter. Namun, bila tanaman ini tumbuh di area yang kurang ideal, tingginya akan tereduksi.

Lantas apa yang membuat ampupu bisa diandalkan untuk mengamankan supply kayu di pasaran? Jawabannya ada beberapa alasan. Yang pertama, tanaman ini memiliki kecepatan tumbuh yang cukup tinggi dengan perkembangan ukuran yang signifikan. Kayu yang dihasilkan pun baik dan akan dijelaskan lebih lengkap di bawah ini.

Karakteristik Kayu Ampupu

  1. Batang pohon lurus dengan bentuk silinder. Batang diselimuti oleh kulit kayu yang tebal dengan warna abu-abu gelap.
  2. Tekstur kayu sedang hingga keras.
  3. Kayu teras memiliki warna coklat kemerahan, sedangkan kayu gubalnya memiliki warna krem, putih, atau merah muda. Sehingga bisa dikatakan bahwa terdapat kontras warna antara kayu teras dengan gubal.
  4. Secara umum, kualitas kayu dari segi kekuatan sampai keawetan cenderung di level medium
  5. Secara umum, kayu mudah digunakan

Manfaat Kayu Ampupu

Berikut ini beberapa pemanfaatan kayu dari pohon ampupu.

  1. Digunakan sebagai bahan bangunan tradisional terutama untuk masyarakat lokal di area di mana pohon ini ditemukan.
  2. Digunakan sebagai bahan untuk pembuatan plywood atau kayu lapis
  3. Digunakan untuk membuat panel semen-kayu
  4. Digunakan untuk membuat elemen-elemen bangunan seperti lantai.
  5. Digunakan untuk membuat bubur kertas serta kertas kraft.
  6. Digunakan untuk konstruksi, misalnya untuk kayu rangka
  7. Digunakan untuk membuat berbagai jenis furniture dan perkakas
  8. Digunakan untuk membuat berbagai benda kerajinan
kayu ampupu

Belum Diolah secara Optimal

Dilihat dari data mengenai karakteristik kayu ampupu, bisa dikatakan bahwa kayu ini memiliki kualitas yang baik. Namun demikian, ternyata kayu ini masih jarang dimanfaatkan masyarakat. Kebanyakan orang Indonesia bahkan tak mengenal ampupu sama sekali. Dan studi ilmiah mengenai kayu ini pun masih jarang dilakukan.

BioCide Dukung Pemanfaatan Kayu Ampupu Lebih Optimal

Ampupu merupakan salah satu kekayaan Indonesia. Dengan sifat yang mudah tumbuh dan kualitas yang memadai, kayu ini bisa dibudidayakan dengan menguntungkan. Bagi pelaku usaha mebel atau konstruksi pun, ketersediaan kayu ini bisa menjadi alternative kayu lain yang makin langka di pasaran.

Namun supaya kayu ampupu yang digunakan awet, jangan lupa aplikasikan BioCide Insecticide. BioCide Insecticide merupakan pengawet kayu berbentuk larutan. Larutan BioCide diencerkan ke dalam air untuk kemudian dioleskan ke permukaan kayu. Atau, kayu juga bisa direndam ke dalam larutan BioCide. Dengan aplikasi pengawetan BioCide, kayu ampupu akan menjadi kayu yang bebas rayap, teter, dan berbagai serangga hama lainnya.

Apa Saja yang Membuat BioCide Insecticide Jadi Nomor 1?

Kenapa kami rekomendasikan BioCide Insectide untuk pengawetan kayu ampupu? Kenapa bukan insektisida lainnya saja yang banyak terdapat di pasaran? Tentu ada beragam alasannya. Pertama, dari segi hasil pengawetan, hasil uji di lapangan menunjukkan performa BioCide Insecticide sangat baik. Insektisida ini mudah meresap dan tidak mudah luntur. Sehingga sangat bisa digunakan untuk melindungi media kaya selulosa seperti kayu dan natural fiber dari serangan hama.

alterntif text
BIOCIDE INSECTICIDE

Kedua, dari aspek metode, cara aplikasi insektisida ini sangat mudah. Anda bisa menerapkannya dengan berbagai cara mulai dari rendaman sampai penguasan. Sebagai insektisida water based, BioCide Insecticide yang memanfaatkan cypermethrin ini juga lebih aman digunakan lho. Dan tidak seperti solvent based insecticide, BioCide tidak menyebabkan media jadi sulit dicat atau baunya menyengat.

Bagaimana dari segi harga? Dari aspek harganya pun, membeli BioCide jauh lebih hemat dibanding bila Anda membeli insektisida yang lain. Selain nominal harganya murah, insektisida ini juga sangat hemat digunakan. Jadi, Anda tak akan membutuhkan sangat banyak insektiside selama aplikasi proses pengawetan.

BIOCIDE INSECTICIDE

Bagaimana? Sangat menarik, bukan? Makanya, jangan ragu dan silahkan ikuti proses pembelian BioCide Insecticide di bawah ini.

3 Prosedur Pembelian BioCide Insectcide

Bagi Anda yang tertarik dan tak sabar untuk segera membeli BioCide Insecticide untuk pengawetan kayu ampupu, simak ketiga cara pembelian dan pemesanannya sebagai berikut.

  1. Pertama, pembelian secara online di sini. Ya, Anda bisa langsung mendapatkan BioCide Insecticide dengan memesan ke Customer Service Antiserangga.com. Kami menyediakan insektisida ini dalam kualitas terbaik dan sediaan terbanyak. Proses pembelian sangat mudah, dan Anda akan dipandu oleh Customer Service kami yang sangat profesional sekaligus menyenangkan.
  2. Kedua, pembelian di Bio Service Point. Bio Service Point merupakan tempat di mana Anda bisa membeli produk yang dibuat dan disediakan oleh Bio Industries, perusahaan kimia ramah lingkungan. Saat ini, Bio Service Point pusat berlokasi di Yogyakarta, sedangkan cabangnya di Jepara dan Cirebon. Selain bisa membeli BioCide, di sini Anda juga bisa membeli aneka jenis cat, pernis, sampai wood bleaching yang lebih aman digunakan.
  3. Ketiga, pembelian via pihak lain. Kami telah bekerja sama dengan berbagai pihak ketiga. Para agen kami menyediakan BioCide Insecticide di berbagai wilayah di Indonesia. Proses pembelian bisa dilakukan secara online di berbagai marketplace atau secara langsung. Bagi Anda yang ingin memastikan agen tersebut terpercaya atau tidak, silahkan tanya ke Customer Service kami via kontak yang disediakan.

Mudah kan membeli BioCide? Makanya, jangan tunggu waktu lama dan segera beli BioCide Insecticide.

Kayu ampupu sendiri pada akhirnya merupakan kayu yang memiliki potensi untuk dimanfaatkan. Kayu ini juga sudah termasuk kayu yang memenuhi syarat sebagai kayu untuk industry woodworking dan konstruksi bangunan. Tak heran, kayu ini berada di dalam daftar kayu komersil Indonesia. Dan sampai saat ini pun sudah banyak kalangan masyarakat yang memanfaatkannya. Hanya saja, agar pemanfaatan kayu ini lebih optimal, tentu diperlukan aplikasi treatment pengawetan. Treatment pengawetan akan membuat kayu menjadi lebih awet terhadap serangan berbagai jenis hama. Dan untuk keperluan ini, pengawet kayu terbaik yang bisa Anda andalkan adalah insektisida cypermethrin based, BioCide Insecticide.

Yuk, gunakan BioCide Insecticide dan jadikan kayu ampupu lebih tahan lama!

Kayu Ampupu dan Potensi Budayanya
alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply

WhatsApp sekarang juga!