Cara Agar Pagar Kayu Awet? Ini Dia Aneka Tipsnya

Bagaimana cara agar pagar kayu awet? Bila dibiarkan tanpa treatment khusus, kayu pagar yang menancap di tanah akan membusuk dan menyebabkan pagar menjadi rusak.

Keindahan bangunan dipengaruhi berbagai faktor. Khusus untuk bagian depan atau façade bangunan, keindahannya ditentukan oleh apa-apa yang ada di bagian halaman gedung tersebut selain elemen pada gedung itu sendiri. Selain taman, salah satu aspek yang memengaruhi adalah keberadaan pagar.

Keberadaan pagar sepertinya memang sangat sepele. Padahal selain bisa memberikan perlindungan, pagar juga bisa memperindah rumah atau bangunan kita lho. Pagar bisa memperkuat desain pada bangunan terkait atau menetralkan kesan-kesan pada bangunan yang terlalu berlebihan.

Yang menarik, pagar bukan merupakan elemen bangunanyang sulit untuk dibuat. Kita bisa kok membuat pagar sendiri untuk rumah kita. Hanya saja, perlu trik khusus supaya pagar tidak mudah rusak. Dan hari ini, antiserangga.com akan memberikan tips terkait hal tersebut.

Begini Tips dan Cara Agar Pagar Kayu Awet

Keberadaan pagar, sebagaimana disebut di atas memang menarik hati. Apalagi bila pagar tersebut terbuat dari bahan kayu. Sebab, bagaimanapun juga, kayu memang memiliki feel yang berbeda dibanding bahan lainnya seperti plastik dan logam.

Sayangnya, karena terbuat dari bahan organik, pagar dari kayu akan lebih mudah rusak dibanding pagar dari bahan lainnya. Kayu di pagar akan digerogoti berbagai jenis hama mulai dari jamur, rayap, kumbang totor dan masih banyak lagi yang lainnya.

cara agar pagar kayu awet
Image by Tanja Marzi (2015)

Tapi untungnya, sekarang sudah tersedia BioCide Insecticide. BioCide Insecticide adalah insektisida dengan bahan aktif cypermethrin. Cypermethrin bisa membuat kayu tidak disukai rayap, teter, sampai kumbang penggali kayu. BioCide Insecticide bisa digunakan untuk kebutuhan industry furniture sampai konstruksi bangunan.

Keunggulan-keunggulan BioCide Insecticide antara lain:

  1. Pengawetan kayu dengan BioCide Insecticide secara umum lebih mudah dilakukan. Anda bisa menerapkannya dengan berbagai metode dari sistem vakum tekan sampai sekadar penguasan.
  2. Hasil pengawetan yang lebih tahan lama. Kayu yang sudah diawetkan dengan BioCide Insecticide akan terlindungi sampai berpuluh tahun kemudian.
  3. Harga insektisida yang terjangkau. Apalagi bila dibandingkan dengan kualitasnya yang sangat baik.
  4. Sebagai pengawet berpelarut air, insektisida ini tidak menyebabkan karat. Selain itu, berbeda dengan insektisida solvent based, insektisida ini tidak akan membuat kayu jadi sulit dicat.
  5. Konsentrasi insektisida ini tinggi. Cara agar pagar kayu awet dengan BioCide pun bisa dilakukan dengan ongkos yang lebih murah.

Khusus untuk pagar dari kayu, BioCide Insecticide bisa diaplikasikan dengan cara merendam kayu pagar ke dalam larutan pengawet sebelum dicat atau sekadar mengoleskan larutan pengawet saja ke kayu pagar tersebut. Larutan pengawet akan meresap ke dalam kayu. Akibatnya, kayu menjadi berubah sifat fisik dan kimianya. Substrat kayu tidak akan lagi terasa enak bagi para hama. Dan sebagai akibatnya, kayu pun akan lebih awet karena tidak digerogoti berbagai jenis hama.

BIOCIDE INSECTICIDE

Ringkasnya berikut ini cara aplikasi BioCide Insecticide.

  1. Siapkan kayu yang akan digunakan untuk membuat pagar. Potong dengan sesuai.
  2. Bersihkan kayu, hilangkan dari noda yang membandel.
  3. Larutkan BioCide Insecticide dengan air sesuai rekomendasi di kemasannya.
  4. Aplikasikan BioCide Insecticide. Anda bisa merendam kayu pagar ke larutan BioCide Insecticide atau sekadar mengoleskan larutan BioCide ke permukaan kayu.
  5. Tunggu selama beberapa waktu sampai kering.

Jangan lupa untuk selalu menggunakan alat pelindung kala menggunakan BioCide Insecticide. Nah, setelah BioCide diaplikasikan, Anda bisa mulai mengecat kayu dengan warna-warni yang menarik. Selain itu agar pagar benar-benar tahan lama, ikuti juga tips tambahan di bawah ini.

alterntif text

Tips dan Cara Agar Pagar Kayu Awet lainnya

  1. Finishing outdoor. Selain perlunya perlindungan dari berbagai jenis hama, kayu pagar juga perlu perlindungan dari berbagai faktor alam. Misalnya saja cuaca yang terik, sinar matahari yang mengandung UV light, dan masih banyak lagi. Oleh sebab itu, proteksi harus diberikan dengan mengaplikasikan finishing yang tepat. Untuk kebutuhan pagar ini, Anda wajib menggunakan cat kayu luar ruangan atau outdoor. Kalau Anda memaksakan diri menggunakan cat indoor, tak berapa lama cat Anda pasti sudah mengelupas. Akibatnya kayu akan terekspos dengan berbagai paparan yang bisa merusaknya.
  2. Refinishing. Refinishing atau pengecatan ulang juga wajib dilakukan. Setidaknya lakukan setahun atau dua tahun sekali refinishing sebagai cara agar pagar kayu awet.
  3. Merawatnya. Rawat pagar kayu Anda. Anda bisa menggunakan bahan perawatan kayu khusus seperti semir lilin lebah, Biopolish.
  4. Membersihkan. Anda harus membersihkan area sekitar pagar secara rutin. Sebab menumpuknya sampah apalagi sampah organik bisa memicu kedatangan hama seperti rayap dan juga teter.
  5. Menurunkan kelembaban. Humiditas atau kelembaban udara juga perlu diturunkan. Salah satunya dengan memplester area sekitar pagar. Atau, Anda juga bisa memberikan jarak antara pagar dengan tanaman yang selalu basah.

Bagaimana? Mudah, kan sebetulnya kiat dan cara agar pagar kayu awet di atas?

cara agar pagar kayu awet

Cara Membeli BioCide? Bagaimana ya?

Tak dapat dipungkiri bahwa BioCide Insecticide memang merupakan insektisida yang memiliki sangat banyak keunggulan. Makanya, jangan ragu untuk segera membeli insektisida ini. Anda bisa belanja ke Bio Service Point kami yang terletak di Yogyakarta, Jepara, dan juga Cirebon.

Ingin membeli secara online saja? Tentu saja bisa. Anda bisa memesan ke antiserangga.com secara langsung. Hubungi kami lewat kontak Customer Service di website ini. Anda akan tersambung dengan Customer Service kami. Anda bebas bertanya informasi relevan mengenai BioCide Insecticide. Selain itu, Anda juga bisa langsung melakukan pemesanan. CS akan memandu Anda dengan ramah dan profesional selama proses pemesanan ini. Kami juga akan terus memantau perkembangan pengiriman insektisida ini.

Pembelian di marketplace juga bisa dilakukan. Sebab produk kami sudah dengan begitu mudah bisa ditemukan di berbagai toko daring mulai dari Tokopedia, Shoppe, Bukalapak, dan masih banyak lagi.

Kiranya, itu yang bisa kami sampaikan mengenai kiat dan cara agar pagar kayu awet. Dari penjelasan di atas, bisa kita katakana bahwa pagar merupakan salah satu elemen bangunan yang penting. Keindahan pagar akan memengaruhi keindahan façade rumah kita. Oleh sebab itulah, penting bagi kita untuk menghadirkan pagar cantik yang tidak mudah rusak, sehingga tampilan rumah yang menawan pun tidak lekas hilang.

Agar pagar kayu awet sendiri, ada banyak hal yang bisa dilakukan. Namun salah satu kunci paling penting keawetan pagar kayu terletak pada aplikasi pengawetannya. Hendaknya, sebelum pagar dipasang, pagar sudah diawetkan dulu dengan BioCide Insecticide. BioCide Insecticide akan membuat kayu pagar tahan rayap, semut, dan berbagai serangga hama lainnya. Pagar kayu Anda pun akan bertahan lebih lama.

Menarik, bukan? Semoga bahasan mengenai kiat dan cara agar pagar kayu awet ini bermanfaat untuk Anda, ya!

Cara Agar Pagar Kayu Awet? Ini Dia Aneka Tipsnya
alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply

WhatsApp sekarang juga!