Cara Membasmi Kumbang Pengebor Kayu

0
2814

Kumbang pengebor kayu juga dikenal sebagai Beetle Furniture, Woodworm Beetle dan Bora Beetle dan merupakan hama perusak kayu yang meneybabkan kerugian ekonomi. Cari tahu bagaimana cara menyingkirkan hama yang menyebalkan ini dengan beberapa tip praktis berikut ini….

Apa itu Borer?

Penggerek rumah atau kumbang kayu (baik Anobium punctatum dan Leanobium flavomaculatum asli) adalah hama yang memiliki daya rusak rusak tinggi, yang penting yang belum cukup dikenal. Saat rumah semakin tua, kerusakan pada kayu (timbers) terakumulasi dan kayu yang diserang menjadi semakin lemah. Hal ini tidak biasa bagi weatherboards, floorboards, balok dan kayu struktural lainnya agar perlu diganti karena kelemahan yang disebabkan oleh penggerek. Lubang dan labirin yang dibuat oleh larva penggerek juga memungkinkan air menembus banyak timbers dan meningkatkan pembusukan oleh jamur.

Kumbang penggerek dewasa berdiameter 3 – 5mm, berwarna coklat tua / hitam, dan dapat dikenali dengan jelas dengan bahu ‘berkerudung’ (prothorax) yang menutupi kepala.

Anda mungkin tidak memperhatikan kumbang kecuali saat mereka di kusen jendela atau sudut ruangan di rumah Anda, namun Anda akan melihat lubang yang muncul di permukaan papan, perabotan kayu, panel, skirting, pintu dan kusen pintu, atap, kusen jendela dll. Juga bijaksana untuk memeriksa lantai dan atap rumah Anda untuk mengetahui tanda-tanda penggerek, jika ada di kayu struktural di rumah Anda bisa membahayakan rumah Anda.

Larva (woodworm), setelah 2 – 4 tahun menghabiskan masak hidupnya makan di dalam kayu akan keluar sebagai kumbang dewasa melalui lubang bundar berdiameter 1 – 2mm. Mereka muncul untuk berkembang biak, tidak akan makan kayu lagi dan akan mati dalam waktu 3 – 4 minggu. Tapi telur yang ditaruh pada kayu telanjang atau lubang terbang akan membuat siklus kehancuran terjadi lagi pada kayu.

Bagaimana Membasmi Kumbang Kayu (Borer) dari Rumah Anda

Pengobatan kayu menggunakan bahan pengawet kayu anti kumbang bubuk kayu untuk menghilangkan infestasi penggerek adalah sama untuk spesies mana saja. Berikut cara membasmi kutu kayu atau kumbang bubuk pada kayu Anda

    1. Perlakukan setiap kayu dengan cairan penggergajian insektisida berbasis pelarut. Insektisida berbasis pelarut yang menggunakan anti serangga ampuh seperti BioCide Insecticide menembus jauh ke dalam kayu dan akan membunuh larva saat mereka memakan kayu tersebut. Insektisida juga mencegah kumbang dewasa bertelur di permukaan. Dalam keadaan normal ini akan melindungi kayu selama bertahun-tahun.
    2. Pelarut yang digunakan untuk membawa insektisida jauh ke dalam kayu akan meninggalkan bau pelarut selama beberapa hari. Ventilasi akan membantu menghilangkan bau. Atau gunakan campuran air bersih. Misal, jika Anda menggunakan bahan pengawet kayu ampuh BioCide Insecticide campur air bersih dengan perbandingan yang sesuai. Jika dicampur minyak tanah, bau akan menempel, lebih baik pakai air saja.
    3. Tutup lubang pada kayu dengan cat, varnish atau dipoles dengan cairan injeksi aerosol. Ini dilengkapi dengan nosel untuk dipasang ke dalam lubang tempat larva kumbang memkaan kayu. Aerosol memaksa insektisida ke labirin yang dibuat oleh larva penggerek, membunuh larva di labirin atau di dekatnya. Hal ini juga mencegah kumbang dewasa bertelur di lubang penerbangan.
    4. Selama setiap musim penerbangan (Oktober-Mei) memicu bom pengebom di rongga atap dan area di sub lantai. Ini merobohkan kumbang dewasa yang akan bertelur di kayu yang terbuka dan memberi perlindungan pada permukaan kayu.
    5. Borer lebih memilih kayu yang memiliki kelembaban di dalamnya. Pastikan sub lantai Anda kering dan berventilasi baik. Periksa kebocoran pipa ledeng dan lepaskan semua ventilasi udara. Periksa kebocoran di atap dan jika Anda memiliki ubin terakota atau beton tua. Ini bisa bertindak seperti spons yang menyerap air dan meningkatkan kelembaban relatif dari rongga atap. Periksa apakah ubin disegel dengan baik dengan masonry atau sealer sealer untuk mencegah penetrasi kelembaban.

Bagaimana Membasmi Kumbang Kayu (Borer) dari Furniture Anda

  1. Furnitur sering dipoles, dipernis, dicat atau disegel. Cairan pengoksidasi berbasis pelarut dapat merusak cat dan pernis atau cat akan mencegah penetrasi insektisida. Cat, pernis atau sealant lainnya lebih baik dihapus sebelum penggunaan cairan atau bahan pengawet anti penggerek kayu.
  2. Jika pengupasan cat bukan pilihan terbaik, maka injeksi semua lubang akibat kumbang dengan injector penggerek, dengan segera menghapus cairan yang tumpah di permukaan, akan membunuh telur dan larva mencegah infestasi kembali melalui lubang penerbangan.
  3. Periksa dan ulangi pada setiap lubang baru yang ditemukan selama musim kumbang setidaknya selama tiga tahun.
  4. Jika perabotan adalah bagian yang sangat berharga, sebaiknya gunakan bahan pengawet kayu terpercaya di Indonesia untuk perawatan dengyang maksimal. Ini adalah proses yang agak lama tapi bisa memberantas semua penggerek atau kumbang bubuk kayu dalam 24 jam. Namun, tidak ada perlindungan furnitur dan infestasi yang berkelanjutan atau bertahan lama jika perabotan disimpan dimana kumbang penggerek dapat mengaksesnya, atau furniture tidak dirawat dengan baik.

Kombinasi cara menghilangkan kutu kayu dengan perawatan ini akan melindungi rumah dan investasi Anda selama bertahun-tahun. Untuk info bahan pengawet kayu terbaik, bisa hubungi nomor yang tertera pada website ini.

SHARE

Leave a Reply