Cara Mengatasi Rayap yang Menyerang Rumah atau Properti (Saran untuk para pemilik rumah dan kontraktor perumahan)

Semua orang pernah dibuat pusing dengan serangan rayap yang tidak kenal ampun. Bagi pemilik rumah rayap tentu merugikan karena mengurangi harga rumah/property, selain itu membuat rumah tidak aman. Untuk para kontraktor atau developer perumahan tentu persoalan rayap juga membuat pusing karena banyak complain dari klien, perumahan terserang rayap karena bahan kayu yang diborong tidak terawetkan dengan baik.

Berikut ini cara mengatasi rayap yang menyerang rumah atau properti, wajib dicatat para pemilik rumah dan developer perumahan, agar dapat mencegah rumah terserang rayap untuk hari ini dan pembangunan selanjutnya.

Dari semua serangga dan hama lainnya yang tak terhitung jumlahnya yang mengganggu pemilik rumah di mana-mana, hanya sedikit yang lebih berbahaya daripada rayap. Hanya rayap yang bisa merusak dan menghancurkan pondasi dan karakter rumah hanya dalam beberapa tahun saja. Untuk menyingkirkan rayap, Anda harus melacak infestasi dan menggunakan teknik pemusnahan seperti perangkap kardus, nematoda yang menguntungkan, panas, dan dingin untuk menyerang infestasi.

Pahami bahwa bantuan profesional sering dibutuhkan untuk masalah rayap sedang sampai parah. Rumah Anda kemungkinan merupakan investasi terbesar yang pernah Anda miliki dan yang terpenting, jadi perlu segera membersihkan rumah rayap jika mereka telah menyerang properti Anda.

Carilah tanda-tanda infestasi atau serangan rayap

Anda mungkin tidak melihat bukti langsung tentang infestasi rayap, tapi itu tidak berarti Anda harus tetap tidak mengetahui hal itu. Lantai yang kendur, lubang di kayu dan bagian berongga pondasi Anda semua merupakan tanda peringatan serius serangan rayap. Anda mungkin benar-benar melihat rayap itu sendiri juga.

Ambil obeng dan senter, dan periksa ruang kecil di antara kayu dan balok pondasi dengan mengetuk kayu untuk memeriksa kerapatan dan mendorong obeng ke kayu untuk menguji kekuatan. Jika kayu mudah rapuh dan berantakan, Anda mungkin memiliki masalah rayap serius.

Saat melakukan pemeriksaan ini, pastikan juga untuk mengawasi limbah rayap. Bunyi rayap adalah pelepah kotoran berwarna kayu atau lebih gelap. Kehadiran kotoran di dekat kayu yang lemah ini bisa mengindikasikan infestasi.

Anda mungkin juga menemukan sarang rayap di properti Anda; sebuah infestasi atau serangan rayap di bawah tanah akan membangun sistem terowongan dan tabung lumpur, sementara infestasi rayap kayu kering akan muncul di sarang.

Tentukan jenis rayap yang menyerang rumah atau properti Anda

Ada dua jenis rayap umum yang bisa menempati rumah Anda: rayap tanah dan kayu kering. Yang pertama ditemukan di tanah di sekitar rumah Anda dan kayu rumah Anda, sementara yang terakhir berkembang hanya di kayu. Rayap bawah tanah kebanyakan ditemukan di daerah pesisir yang hangat. Rayap kayu kering dapat ditemukan di manapun.

Rayap bawah tanah dapat ditemukan di tumpukan kayu dan kompos di sekitar rumah Anda, selain kayu dasar atau tiang kayu. Rayap tanah biasanya melakukan lebih banyak kerusakan pada rumah daripada rayap kayu kering, dan mungkin memerlukan metode pengobatan yang berbeda.

Bagaimana cara mengetahui atau memancing rayap keluar dari kayu Anda? Tujuannya untuk mengetahui seberapa besar koloni rayap yang menyerang kayu property Anda.

  1. Siapkan perangkap kardus. Ambil beberapa kardus strip datar, basahi mereka, dan susun di tempat di mana rayap cenderung berada. Karena rayap memakan selulosa (kardus), ini membuat jebakan spot yang sangat bagus. Saat kardus penuh dengan rayap, keluarkan di tempat yang aman dan bakar. Ulangi beberapa kali, jika perlu.
    Catatan: Perangkap kardus ini tidak akan menyelesaikan semua masalah rayap Anda. Ini adalah cara cepat untuk menghapus beberapa ratus rayap, sering pada satu waktu. Kombinasikan metode ini dengan perbaikan lainnya untuk menghasilkan pembasmian yang lebih kuat.
  1. Jemur kayu Anda dibawah sinar matahari. Jika barang yang dipenuhi rayap bukan rumah Anda melainkan perabot atau barang yang bisa dikeluarkan dari rumah Anda, jemur pada sinar matahari. Rayap berkembang dalam kegelapan, dan panas dan cahaya dari matahari akan membunuh mereka. Pada hari yang cerah, letakkan furnitur Anda di luar selama mungkin – sebaiknya 2-3 hari. Metode ini bekerja dengan baik dalam hubungannya dengan metode perangkap kardus untuk menangkap / membunuh rayap.
  1. Bekukan rayap. Jika Anda berada di daerah hujan dan tidak dapat mengekspos furnitur Anda ke sinar matahari, pertimbangkan alternatif pembekuan furnitur Anda untuk membunuh rayap. Letakkan potongan (atau bagian dari kepingan kayu) dari perabotan kayu ke dalam lemari es besar selama 2-3 hari. Meskipun ini bisa jadi rumit untuk perabotan besar, jika Anda bisa menggunakan metode freezer, ini menjamin kematian rayap.

Pencegahan yang efektif dan professional

Gunakan obat rayap BioCIde Insecticide. Aplikasi BioCide Insecticide adalah salah satu cara yang paling umum dan efektif untuk mengatasi masalah rayap. Sebenarnya, ini adalah insektisida utama yang digunakan di Indonesia dan industry furniture besar seperti di Jepara untuk mengawetkan kayunya. Produk obat rayap BioCide menutup sistem saraf rayap saat mengalami dehidrasi. Oleh karena itu banyak dipilih oleh perusahaan pengolahan kayu maupun pabrik furniture untuk mencegah kayunya terserang rayap.

Obat ini mudah ditemukan secara online dan dijual kemasan besar untuk pabrik atau developer maupun kemasan kecil untuk domestic atau rumah tangga.

Cara terbaik untuk membunuh rayap dengan BioCide adalah dengan menggunakan metode kuas atau perendaman. Lebih detail mengenai produk BioCide dapat klik di sini.

Beli dan gunakan produk BioCide Insecticide. Tersedia di toko online manapun dan Anda juga bias menghubungi nomor yang tertera pada website ini atau klik tombol beli sekarang. Menggunakan produk kontrol rayap adalah langkah pertama yang perlu Anda ambil untuk menyingkirkan hama yang berbahaya ini. Anda bisa menggunakan metode pengendalian rayap-rayap atau produk pembunuh rayap cair BioCide ini. Letakkan umpan di dekat area yang terinfeksi dan semprot produk kontrol rayap di area yang sama.

Perawatan dengan microwave. Karena panas akan membunuh rayap, Anda bisa membiarkan rumah Anda dipanaskan sampai suhu tinggi untuk membunuh mereka. Ini harus dilakukan oleh seorang profesional, karena alat yang dibutuhkan tidak tersedia bagi siapa pun untuk membeli / menggunakan. Hubungi perusahaan pengendalian infestasi bug lokal Anda, dan lihat apakah ini adalah pilihan untuk rumah Anda.

Hubungi professional atau supplier obat rayap. Jika Anda memutuskan bahwa infestasi Anda terlalu besar, atau rumah terlalu penting untuk tidak melakukannya dengan benar pada saat pertama, Anda mungkin harus menghubungi supplier obat rayap BioCide untuk informasi lebih lanjut atau penanganan lebih detail.

Lakukan sendiri secara profesional. Di sebagian besar daerah di Indonesia, Anda dapat membeli produk yang sama dengan yang digunakan oleh profesional saat Anda menggunakannya hanya untuk penggunaan pribadi. Dua produk teratas adalah BioCIde Insecticide dan Permethrine yang diaplikasikan sebagai cairan di sekitar perimeter eksterior rumah Anda. Produk ini bisa dibeli secara online dengan harga yang sangat ekonomis. Anda bisa merawat rumah dengan ukuran rata-rata dan mendapatkan hasil profesional. Cukup kuaskan pada kerangka kayu atau rendam kayu (jika masih berbentuk balok) dengan larutan produk BioCide.

Mencegah rayap muncul lagi di kemudian hari

Pertahankan rumah atau apartemen tetap kering. Rayap secara alami tertarik pada habitat lembab dan lembab karena mereka membutuhkan air untuk bertahan hidup. Jadi pastikan Anda meningkatkan kewaspadaan Anda untuk menjaga agar tetap kering, atau rayap akan menyerang.

  • Pastikan semua kebocoran dan air berdiri, baik di dalam maupun di luar rumah Anda aman dan kering. Sapu atau isap air yang tidak diinginkan jika memungkinkan.
  • Selokan basah kotor juga merupakan rumah yang ideal untuk rayap, jadi jaga agar selokan Anda bebas dari kotoran untuk pencegahan lebih lanjut juga.

Gunakan penolak hama. Tambahkan 0,1% (kira-kira 1 sendok makan pada satu gallon air/larutan) BioCide atau Permethrin untuk cat atau cat kayu atau lem wallpaper saat membangun atau mengecat ulang rumah akan membuat rayap hilang permanen. Anda bahkan bisa menambahkan permetrin ke semen yang Anda gunakan untuk meletakkan lantai atau lem yang Anda gunakan untuk meletakkan lantai kayu. Karena BioCide Insecticide (bahan aktif cypermethrine) dan Permethrin adalah pestisida yang aman yang disetujui untuk penggunaan manusia, tidak ada risiko keracunan tambahan.

Jauhkan kayu dari properti Anda. Rayap jelas makanan favoritnya kayu sehingga menyimpan sejumlah besar kayu bakar dan batang pohon lainnya dan cabang-cabang jauh dari rumah Anda adalah solusi bagus. Jika Anda memelihara sejumlah besar kayu di properti Anda, Anda hanya mengundang pesta rayap. Jika Anda harus menyimpan kayu di dekat rumah Anda, tutupi sepenuhnya agar tetap kering; Hal ini akan meminimalkan daya tarik rayap. Jika Anda harus menggunakan kayu, obati dengan permetrin seperti di atas.

Tutupi celah di rumah/property Anda. Dengan hanya mengumpulkan dan menyegel jendela, pintu dan celah di sekitar rumah Anda, Anda mengambil langkah pertama dan penting untuk memastikan bahwa tidak ada rayap yang menyerang dan menempati properti Anda. Kesenjangan sekitar kabel listrik dan pipa ke dan dari rumah Anda adalah cara mudah lain bagi rayap untuk mengundurkan diri ke rumah Anda.

Rawat rumah Anda sesuai jadwal. Salah satu cara paling efektif untuk menjaga keamanan rumah Anda dari kerusakan rayap adalah dengan mempertahankan penghalang pelindung di sekeliling luar rumah Anda. Untungnya, ini tidak perlu menjadi biaya besar jika Anda melakukannya sendiri dengan produk berkualitas profesional seperti BioCide Insecticide atau Permethrine. Keduanya mengandung termitisida / insektisida Fipronil pada konsentrasi yang sama dan disemprotkan sebagai cairan di sekeliling luar rumah Anda. Obat ini sangat rendah dalam toksisitas dan sangat efektif melawan rayap dan semut. Hubungi nomor hp yang tertera di website ini untuk mengetahui cara penanganan lebih lanjut.

Leave a Comment