Kenali Tiga Jenis Kumbang Pengebor Kayu

Anda harus mengetahui tiga jenis kumbang pengebor kayu dan karakternya. Dengan demikian, bisa melakukan antisipasi dan penanganan yang paling tepat.

Powderpost beetle adalah satu dari tiga jenis kumbang pengebor kayu yang banyak ditemukan.
Powderpost beetle adalah satu dari tiga jenis kumbang pengebor kayu yang banyak ditemukan.

Serangan hama menjadi isu penting dalam industri woodworking. Di negara kita, tingkat serangan hama terbukti menyebabkan usia pakai kayu menjadi lebih singkat. Mebel menjadi mudah rusak, pun demikian kayu konstruksi sering lapuk dan berlubang.

Menurut jenisnya sendiri, hama bisa dibagi menjadi 2 jenis. Yang pertama adalah hama jamur, dan yang kedua adalah hama serangga. Hama jamur, sebagaimana namanya berasal dari spesies-spesies jamur yang cenderung destruktif pada produk kayu industri woodworking. Misalnya saja jamur pembusuk dan juga jamur stain. Adapun hama serangga merupakan kelompok spesies serangga yang suka memakan produk kayu ataupun membuat sarang di dalam kayu. Nah, kali ini, antiserangga.com akan membahas salah satu jenis hama serangga yang paling populer, yakni kumbang pengebor kayu alias wood boring beetle.

Apa itu Kumbang Pengebor Kayu?

Selama ini ketika bicara mengenai serangga yang sering menyebabkan kerusakan pada kayu, kebanyakan orang akan menjawab rayap. Rayap telah “melegenda” menjadi nama serangga yang paling sering dikaitkan dengan kerusakan kayu. Padahal, yang bisa menyebabkan kerusakan pada kayu bukan hanya rayap. Dari kelompok serangga hama, juga terdapat kumbang pengebor atau wood boring beetle.

Kumbang pengebor kayu adalah salah satu kelompok serangga yang bisa menyebabkan kerugian besar, baik skala domestik maupun industri profesional. Sebagaimana namanya, kelompok ini memiliki kebiasaan mengebor substrat kayu. Kebiasaan itu berawal dari induk kumbang yang meletakkan telurnya dalam material tersebut. Telur yang menetas menjadi larva selanjutnya menggerogoti material kayu sehingga menyebabkan kerusakan struktural dan estetika. Meski demikian, keberadaan hama ini sering tidak terdeteksi sejak dini. Sebab ia hanya menggerogoti bagian dalam produk kayu dan tidak meninggalkan tanda kecuali lubang kecil sebagai tempat keluar kumbang muda yang telah bermetamorfosis dari larva.

Hingga hari ini, berbagai jenis kumbang pengebor kayu berhasil diidentifikasi. Di antara berbagai kelompok jenis serangga tersebut, berikut ini tiga jenis kumbang pengebor kayu yang paling sering ditemukan:

alterntif text
  • Powderpost Beetle atau Kumbang Bubuk Kayu

Powderpost beetle atau kumbang bubuk kayu adalah kelompok pengebor yang berasal dari family Lyctidae, subfamily Lyctinae. Kumbang ini memiliki warna coklat kemerahan dan panjangnya sekitar 5 mm. Sebagaimana jenis kumbang pengebor lain, fase paling destruktif powderpost beetle adalah kala berbentuk larva. Kayu yang biasa diinfeksi adalah yang bersifat kering dan keras. Larva powderpost beetle akan memakan substrat kering dan keras tersebut selama kurang lebih satu tahun fase hidupnya dan mengubahnya menjadi kotoran bubuk yang sangat halus.

  • Kumbang Anobiidae
Powderpost beetle adalah satu dari tiga jenis kumbang pengebor kayu yang banyak ditemukan.
Kumbang Deathwatch, salah jenis kumbang Anobiidae

Family wood boring lain yang biasa menyebabkan kerugian besar adalah kumbang Anobiidae. Berbeda dengan powderpost beetle, serangga ini bersifat hama pada kayu lembab dan tidak terlalu keras. Ia akan mengubah bagian kayu tempat tinggalnya menjadi kotoran lembut yang sedikit lebih keras dari kotoran powderpost beetle. Salah satu spesies paling populer dari kelompok ini adalah kumbang Deathwatch. Infestation atau serangan kumbang Deathwatch pada kayu bisa diidentifikasi lewat suara ketukan yang biasa terdengar saat malam hari.

  • False Powderpost Beetle atau Kumbang Bubuk Palsu
Kumbang Bostrichidae
Kumbang Bostrichidae

False powderpost beetle adalah julukan kumbang Bostrichidae. Ia disebut false powderpost beetle karena sering dianggap sebagai kumbang bubuk kayu, meski sebenarnya memiliki perbedaan signifikan. Family Bostrichidae bukan hanya sering ditemukan bersarang pada kayu. Serangga ini juga sering ditemukan bersarang dalam material lain seperti alumunium. Selain itu, kotorannya adalah paling kasar di antara ketiga jenis kumbang pengebor lain. Lubang kumbang kayu ini pun biasanya lebih besar dari pada lubang Anobiidae dan Lyctidae.

Bagaimana Perbedaan Serangan Kumbang Pengebor dengan Rayap?

Sebagian kalangan mungkin kesulitan membedakan mana serangan yang ditemui pada mebel mereka, apakah serangan terkait akibat rayap, atau bukan? Kebanyakan orang pun tak mengenal mengenai aneka jenis kumbang bubuk di atas. Namun sebetulnya ada beberapa hal yang bisa membedakan keduanya. Misalnya munculnya bubuk yang banyak. Sebagaimana namanya, kumbang bubuk memang bisa menghasilkan sampah bubuk yang tidak sedikit. Selain itu, serangan kumbang bubuk lebih sulit dideteksi dan berjalan dalam waktu sangat lama sebelum akhirnya mebel mengalami kerusakan.

Rekomendasi

Permethrine 125 EC.
BioCide Insecticide

Kami merekomendasikan Anda untuk menggunakan BioCide Insecticide sebagai produk pencegah dan penanganan serangan semua jenis kumbang pengebor kayu di atas. Insektisida ini diformulasikan khusus sehingga cocok digunakan untuk membasmi semua jenis hewan berdarah dingin, termasuk kumbang pengebor. Bahan aktif produk ini relatif aman saat kontak dengan manusia dan bisa dilarutkan dengan air maupun solvent. Dengan demikian aplikasinya pun akan lebih mudah dan fleksibel.

Keunggulan BioCide untuk Mencegah Aneka Jenis Kumbang Pengebor Kayu

Bukan tanpa alasan kami merekomendasikan BioCide Insecticide. Secara umum, insektisida ini memang efektif karena:

1. Didesain untuk pencegahan berbagai hama serangga sekaligus mulai dari rayap, tawon pengebor, dan juga wood boring beetle.
2. Mudah digunakan. Gambaran metode aplikasi BioCide Insecticide akan dijelaskan di bawah ini.
3. Harga terjangkau dengan kualitas baik yang ditawarkan
4. Lebih hemat digunakan karena menggunakan pelarut air dan juga berkonsentrasi tinggi.
5. Lebih aman bagi pekerja. Cypermethrin sebagai bahan aktif BioCide Insecticide bersifat medium toxicity bagi kulit manusia. Ini membuat BioCide lebih aman dari insektsida berlabel high toxicity.
6. Lebih ramah lingkungan karena cypermethrin 100 EC lebih degradable di alam.
7. Tahan lama, stabil dalam substrat organik

Cara Menggunakan BioCide Insecticide

Sebagai pencegah aneka jenis kumbang pengebor, Anda bisa menggunakan BioCide Insecticide dengan salah satu atau beberapa cara di bawah ini:

1. Perendaman. Caranya dilakukan dengan merendam kayu di dalam larutan BioCide Insecticide. Cara ini adalah yang paling efektif kedua dibanding metode pengawetan lainnya.
2. Cara vakum tekan. Pada metode ini, digunakan suatu mesin khusus, alat vakum tekan. Pada metode ini, kayu dimasukkan ke dalam mesin yang bisa diatur tekanan dan suhunya. Metode ini adalah yang paling efektif, namun biayanya juga paling mahal.
3. Metode kuas dan celup. Metode ini sangat sederhana. Anda tinggal mengkuaskan larutan BioCide Insecticide pada kayu, atau mencelupkan kayu ke dalam larutan BioCide Insecticide.

Pilihlah metode yang paling tepat sesuai kebutuhan dan budget yang Anda punya. Selain itu, aplikasikan sesuai dengan alur produksi mebel.

Siapa Saja yang Butuh BioCide Insecticide?

Siapapun yang berhadapan dengan masalah serangan serangga hama seperti aneka jenis kumbang pengebor kayu di atas pasti membutuhkan BioCide Insectide. Misalnya:
1. Anda yang bekerja dalam dunia mebel atau furniture. Kebanyakan mebel menggunakan bahan baku organik seperti kayu, bambu, dan juga serat alam. Penggunaan bahan baku serat alam memang mampu membuat mebel terlihat lebih menarik dan mewah. Namun di sisi lain, penggunaan material organik ini juga bisa membuat furniture mudah rusak. Oleh karenanya, pastikan kayu sudah dikenai perlakuan BioCide Insecticide sebelum diubah menjadi furniture.
2. Anda yang bekerja di industri kerajinan dan home decor. Apakah Anda memiliki usaha pembuatan hiasan dinding? Atau malah vas bunga kayu? Bila iya, Anda pun patut mewaspadai serangan aneka jenis kumbang pengebor kayu. Jangan sampai produk kerajinan yang Anda buat terlihat buruk gara-gara adanya lubang dan bubuk yang muncul. Ingat, nilai utama produk kerajinan dan dekorasi terletak pada estetikanya.
3. Anda yang bekerja di industri konstruksi. Kumbang pengebor bisa masuk ke dalam rumah dan menyebabkan kerusakan pada mebel serta elemen rumah. Misalnya saja pada jendela, pintu, dan lain sebagainya. Karenanya, lakukan antisipasi menggunakan BioCide Insecticide. Dalam proses dibuatnya bangunan, Anda bisa menerapkan treatment pra konstruksi dan juga treatment pasca konstruksi.

Yuk Beli Sekarang BioCide Insecticide!

Kini BioCide Bisa Dibeli Online
Dapatkan sekarang juga insektisida anti kumbang bubuk, BioCide Insecticide. Produk ini bisa mengatasi masalah akibat ketiga jenis kumbang bubuk di atas. Untuk membelinya sendiri sangat mudah. Anda bisa mengunjungi kami di Bio Service Point. Di Bio Service Point kami menyediakan berbagai produk woodworking mulai dari cat sampai pengawet kayu seperti BioCide Insecticide. Kami juga menyediakan produk wood bleaching atau pemutih kayu lho. Anda pun bisa bertemu dengan CS dan teknisi kami secara langsung agar memperoleh informasi lebih jelas.

Namun bagi Anda yang lokasinya jauh dari Bio Service Point, Anda bisa membeli produk kami secara online. Untuk pembelian secara daring atau online ini, Anda bisa memesan di Antiserangga.com langsung. Silahkan langsung saja hubungi nomor Customer Service kami. Anda juga bisa mengirimi kami WA dan juga email. Pilih cara komunikasi sesuai dengan kenyamanan Anda. CS kami pasti akan merespon dengan cepat, ramah, dan juga profesional. Anda juga bebas bertanya mengenai produk BioCide Insecticide dulu. Kami tak akan memaksa Anda membeli produk ini. Jadi, jangan sungkan untuk menghubungi kami, ya!

Kontak dan Pemesanan

Untuk kontak dan pemesanan, silakan hubungi Customer Care kami di +62.274.388.301 dan email di [email protected]

Demikian penjelasan singkat jenis kumbang pengebor kayu. Setidaknya, dengan mengetahui tiga jenis wood boring beetle paling banyak ditemukan tadi, Anda bisa melakukan pencegahan dan penanganan paling tepat sesuai karakter masing-masing. Setiap serangan kelompok hama ini memiliki kekhasan sendiri-sendiri. Kecuali bila Anda bisa menemukan produk yang tepat untuk mencegah maupun menangani ketiga jenis kumbang kayu tersebut.

Semoga bermanfaat. Informasi mengenai ketiga jenis kumbang bubuk ini pada akhirnya bisa memberikan kita pengetahuan yang lebih luas mengenai hama tersebut. Selama ini kita hanya mengenal bahwa kumbang bubuk menyebabkan kayu rusak. Dan bahwa ciri utamanya bisa dilihat pada adanya bubuk yang keluar dari lubang kecil. Padahal, tipe kumbang tersebut beragam dan tiap kumbang memiliki dampak yang berbeda-beda. Ada yang efeknya baru terasa bertahun-tahun namun ada juga yang lebih cepat. Pengetahuan kita akan hal ini akan membuat kita bisa memutuskan cara paling tepat untuk mengatasinya. Meski kesemua masalah kumbang totor ini tentu saja bisa dicegah dengan BioCide Insecticide.

Nantikan terus berbagai informasi menarik lainnya di antiserangga.com ya. Kami masih akan terus hadir dengan berbagai informasi menarik dan bermanfaat. Jadi, tetap update di Antiserangga.com

Kenali Tiga Jenis Kumbang Pengebor Kayu

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply