Cara Mengatasi Bubukan pada Lemari Kayu

Bubuk yang muncul dari lamari kayu, yang biasanya jatuh ke bawah lemari Anda sangat merugikan. Selain membuat kotor, kayu bubukan juga menyebabkan kayu rapuh dan cepat rusak. Penyebab kayu Anda bubukan adalah kumbang bubuk. Hewan satu ini adalah serangga yang memakan zat gula yang berada di dalam kayu, meskipun kayu tersebut sudah mati dan diolah menjadi perabotan.

Fakta lainnya bahwa, larva yang berasal dari telur kumbang bubuk dapat bertahan di dalam kayu selama bertahun-tahun hingga menjadi kumbang dewasa. Larva tersebutlah yang memakan kayu dan melubangi kayu Anda. Artinya, bisa jadi kayu lemari Anda sudah dihinggapi kumbang semenjak kayu ditebang dan diproses hingga menjadi lemari.

Selain berproses karena kumbang bubuk sudah bersarang dalam kayu sejak belum diolah, kejadian lainnya adalah kumbang lemari menyatroni peralatan kayu Anda karena kondisi lingkungan yang cocok dengan habitat kumbang bubuk. Kondisi yang cocok untuk Jadi sebab peralatan kayu di rumah Anda disatroni kembang bubuk adalah jika rumah Anda lembab dan kurang ventilasi udara.

Lalu bagaimana Cara menghilangkan hama bubuk pada kayu?

Kumbang Bubuk Penyebab Lemari Kayu Bubukan

Terdapat  empat jenis kumbang bubuk (Powderpost Beetle) dalam empat famili: Lyctidae, Bostrichidae, Anobiidae, dan Cerambycidae. Mereka mengalami metamorfosis yang lengkap: kumbang dewasa, telur, larva dan kepompong.

Ada satu fakta menarik mengenai kumbang bubuk, bahwa kumbang dewasa menyebabkan lebih sedikit kerusakan pada kayu dibandingkan saat menjadi larva.

alterntif text

Anda bisa dengan mudah mengenali adanya kumbang bubuk kayu. Ketika kumbang dewasa biasanya muncul di bulan Juni. Beberapa spesies meninggalkan lubang kecil seukuran pin di permukaan kayu; biasanya kumbang lain juga membuat lubang seukuran pensil. Dari lubang ini, larva (woodworm) memakanan kayu hingga menyebabkan kerusakan. Biasanya, serangga ini memiliki siklus hidup 1 tahun; Ini berarti kumbang dewasa hanya akan muncul sekali setiap tahun. Dan karena kebiasaan ini larva memiliki masa makan selama beberapa bulan di dalam lemari dan peralatan kayu lainnya

Bagaimana cara membasmi kumbang bubuk kayu ini? Poin berikut akan membantu dalam mengatasi kayu bubukan atau membasmi serangan kumbang bubuk kayu.

Cara Mengatasi Bubuk pada Lemari Kayu yang Paling Efektif

  1. Jika lemari kayu Anda bubukan, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengurangi kadar air di kayu, hingga kurang dari 20% kelembaban. Meteran kelembaban dapat digunakan untuk menentukan tingkat kelembaban di kayu. Jika tidak bisa, cukup gunakan ventilasi ruangan yang baik yang dapat membantu mengendalikan kelembaban. Kayu harus dikeringkan di tempat yang baik untuk membunuh semua tahap kumbang. Mengurangi kelembaban mungkin tidak cukup untuk sepenuhnya mengendalikan serangan kumbang bubuk. Harus didukung dengan pengobatan menggunakan obat anti kumbang bubuk. Anda bisa menggunakan produk Insecticide dari Biocide.
  2. Lemari kayu yang diawetkan dengan obat pengawet kayu atau obat anti kumbang bubuk tadi dan dipernis tidak akan menarik bagi kumbang dewasa. Mereka tidak bisa menembus atau menemukan celah di permukaan kayu untuk menyimpan telurnya.
  3. Jangan menyimpan lemari kayu di gudang dan lumbung. Kumbang pengebor kayu biasa muncul di tempat-tempat seperti ini.
  4. Lemari kayu yang belum selesai di-finishing (tidak dicat atau dilapisi lilin lebah) dapat diobati dengan pengawet kayu anti kumbang bubuk, atau obat anti bubuk dan nonor kayu Biocide Insecticide yang akan mencegah larva baru menetas memasuki kayu. Perabotan yang biasa diobati dengan miyak biasa seperti solar, dapat dirawat menggunakan obat pengawet kayu ampuh BioCide Insecticide tersebut. Cukup oleskan/kuaskan larutan Biocide yang telah dicampur air ke seluruh permukaan lemari. Ikuti petunjukkan penggunaan yang tertera.

Pentingnya menggunakan insektisida BioCide karena siklus hidup bubuk kayu yang panjang (12-18) bulan di kayu, Anda mungkin akan melihat kumbang yang muncul bahkan setelah perawatan, telur dan larva yang datang akan terkena insektisida untuk membunuh mereka.

Bagaimana jika Anda tidak memberikan perawatan dengan obat kayu bubukan yang benar dan efektif? Perlu Anda ketahui, bahwa siklus hidup kumbang bervariasi dari 3 bulan sampai satu tahun. Larva kumbang yang berada di dalam kayu bisa berkembang menjadi kumbang dewasa membutuhkan waktu hingga satu tahun. Artinya selama satu tahun itu, larva (ulat) kumbang bubuk memakan kayu Anda! Itulah penyebab kayu bubukan terus menerus, baik pada furniture atau mebel seperti lemari dan meja, tiang, kusen, usuk atau kerangka atap lainnya.

Pengawetan kayu sangat disarankan pada kasus kerusakan bubuk kayu yang parah, terutama bila metode lain gagal atau bila eliminasi serangga secara cepat sangat penting atau diinginkan. Pengawetan bisa dilakukan dengan cara rendaman, merendam kayu balok atau gergajian ke dalam bak yang sudah diberi obat anti kumbang bubuk kayu. Pengawetan rendaman digunakan sebelum kayu dikontruksi, atau biasanya dilakukan oleh tukang kayu atau pengrajin lemari kayu.

Jika sudah dalam bentuk mebel atau perabotan di rumah Anda, cara menghilangkan bubuk pada lemari kayu secara alami cukup kuaskan dengan rata obat pengawet khusus yang mencegah bubukan seperti BioCide Insecticide yang telah disebutkan tadi. Lebih baik, sebelum aplikasi, keluarkan terlebih dahulu perabotan Anda.

Pemeriksaan Adanya Kumbang Kayu

Sebelum melakukan pengobatan, pastikan terlebih dahulu ada infestasi (serangan) aktif. Infestasi aktif akan terjadi pada tumpukan yang berada di atas lantai atau di dekat lubang. Anda mungkin juga mendengar suara berdetak yang dibuat oleh larva.

Periksa secara berkala semua permukaan kayu yang terbuka dan periksalah bukti kerusakan internal. Bukti serangan lebih sering terjadi di perabotan seperti lemari kayu yang diletakkan di area yang terhitung lembab.

Tindakan Pencegahan Kumbang Perusak Kayu

Bagaimana cara membasmi bubuk kayu yang efektif? Tugas siapakah sebenarnya mencegah bubuk kayu? Kapan kita harus mulai mencegah dan membasmi kumbang kayu.

Sebagian besar prosedur yang akan mencegah serangan terhadap kayu sebelum digunakan adalah tanggung jawab mereka yang memanen, menggergaji atau menyimpan kayu. Namun mereka yang menggunakan kayu yang sudah jadi mebel harus berhati-hati untuk mengurangi kemungkinan kumbang menyerang ke struktur dan perabotan.

Langkah-langkah untuk mencegah kumbang dari kayu meliputi:

  • Memeriksa kayu sebelum membeli.
  • Menggunakan kiln atau kayu kering dengan benar.
  • Permukaan kayu yang difinishing dengan baik.
  • Menggunakan kayu yang diolah secara kimiawi (pengawet kayu atau insektisida).
  • Dengan menggunakan desain bangunan yang baik seperti ventilasi, drainase dan pembersihan yang tepat antara kayu dan tanah akan mengurangi kadar air kayu sehingga menciptakan kondisi yang kurang menguntungkan bagi kumbang penyebab kayu bubukan.
  • Sistem pemanas dan pendinginan sentral juga mempercepat proses pengeringan kayu.

Inilah sekilas cara mengatasi bubuk pada lemari kayu, semoga dapat menjadi panduang Anda dalam mengatasi masalah kayu bubukan baik pada perabotan maupun struktur kayu rumah, seperti kusen, tiang maupun rangka atap.

Cara Mengatasi Bubukan pada Lemari Kayu

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply