Cara Menghilangkan Kumbang Teter pada Bambu

cara menghilangkan kumbang teter pada bambu

Menjadi salah satu organisme hama bambu, teter atau totor harus dicegah sedini mungkin. Tapi bagaimana bila kumbang teter tersebut sudah menginfeksi? Bagaimana cara menghilangkan kumbang teter pada bambu dengan efektif dan efisien?

Aplikasi insektisida atau antiserangga jelas menjadi langkah utama yang harus Anda tempuh. Teter atau yang dalam Bahasa Inggris disebut powderpost beetle (kumbang bubuk) adalah jenis kumbang yang sulit dibasmi tanpa obat khusus. Tak seperti jamur, serangga ini bisa hidup dalam substrat kayu kering. Dan tak seperti kutu, teter hidup dalam substrat material yang diserangnya.

Obat nonor kayu atau anti teter yang digunakan tersebut selanjutnya diresapkan ke dalam bambu. Tahapan ini akan memberikan tantangan tersendiri. Apabila bambu yang digunakan telah dibelah, Anda tak akan mengalami banyak kesulitan. Dibanding kayu yang umumnya lebih tebal, bahan antiserangga lebih mudah meresap sehingga juga lebih mudah membasmi kumbang tersebut. Kesulitan akan Anda alami bila bambu yang diserang bukan bambu belahan (masih gelondongan). Meski hal ini bisa diatasi dengan metode antiteter yang efektif.

Metode-metode yang bisa diterapkan antara lain:

      1. Merendam bambu pada larutan pengawet
      1. Membilas dan mengkuaskan bambu dengan bahan pengawet
    1. Menginjeksi bambu dengan larutan pengawet langsung ke dalam lubang yang diduga menjadi sarang teter.

Pemilihan metode yang tepat harus Anda sesuaikan dengan kondisi bambu tersebut  dan seberapa parah infeksi yang menyerang.

Kualitas Obat Anti Teter Bambu

Selain pemilihan metode, Anda juga harus memperhatikan kualitas insektisida yang digunakan. Cara menghilangkan kumbang teter pada bambu yang Anda lakukan di atas akan sia-sia saja bila obat yang dipilih tidak tepat. Gunakan jenis insektisida khusus yang diformulasikan untuk membasmi hama ini. Jangan asal membeli obat antiserangga, seperti insektisida yang didesain untuk pertanian. Sebab, selain bahan aktifnya tidak sesuai, formulasinya juga tidak didesain untuk bekerja efektif pada kayu dan bambu.

Cara Menghilangkan Kumbang Teter pada Bambu: Mencegah Tetap Lebih Baik

Meski Anda bisa saja menghilangkan kumbang ini, bagaimanapun juga langkah pencegahan masihlah yang terbaik. Treatment pencegahan bukan hanya akan menyelamatkan waktu, biaya, dan tenaga Anda untuk memperbaiki bambu yang rusak, tetapi secara umum dapat meningkatkan usia pakai produk bambu.

Dalam treatment pencegahan, gunakan insektisida yang memiliki spektrum organisme target luas, Insecticide 100 EC. Produk tersebut selain dapat mencegah serangan kumbang teter, juga dapat mencegah rayap, kutu, dan berbagai jenis serangga perusak bambu lainnya.

Leave a Comment