Cara Sukses Ternak Bebek dengan Merawat Kandangnya?

Bagaimana cara agar ternak bebek sukses? Ternyata salah satu kunci kesuksesan beternak unggas tersebut adalah dengan menjaga kondisi kandangnya!

Ya. Selama ini, peternak bebek sering mengabaikan hal tersebut. Banyak peternakan bebek di Indonesia yang sistem pengelolaannya jauh dari kata profesional. Kotornya kandang adalah contoh nyata ketidakprofesionalan tersebut.

Padahal, studi menunjukkan bahwa kondisi kandang bebek yang terjaga bisa meningkatkan produksi telur. Perkembangan anakan bebek pun akan menjadi lebih baik. Selain itu, penularan penyakit bisa diminimalisir apabila kondisi kandang tidak terlampau kumuh.

Nah, di bawah ini kami sajikan beberapa tips sekaligus cara untuk menjaga kondisi kandang. Sekali lagi, ingat, bahwa kondisi kandang yang baik bisa menjadi kunci kesuksesan usaha Anda di bidang ini.

Ini Tips dan Cara Ternak Bebek Sukses dengan Perawatan Kandangnya!

Bersihkan secara Berkala

Pembersihan secara berkala, meski kelihatannya sepele tapi bisa memberikan imbas untuk perkembangan hewan ternak Anda. Tentu saja, kita tak perlu membuat kandang yang benar-benar bersih seperti di rumah kita. Tidak. Kondisi tersebut pun tidak alami bagi bebek-bebek. Namun setidaknya, kondisi kandang juga tidak terlampau kotor. Maka itulah, pembersihan perlu dilakukan secara berkala. Apalagi pembersihan dari kotoran ungags tersebut.

Kalau kita membiarkan kotoran menumpuk terlalu lama pun akibatnya bisa jadi sangat fatal. Sebab kotoran hewan secara umum mengandung metane yang panas dan bisa menyebabkan keracunan dalam konsentrasi yang besar.

Agar Tanah Tidak Lembab

Cara sukses ternak bebek lain yang perlu diperhatikan adalah meminimalisir kelembaban kandang. Betul, bebek adalah hewan yang biasa hidup di daerah berlumpur. Tapi perlu diingat, tidak setiap waktu hewan tersebut tahan dengan kondisi super lembab. Bahkan di alam liar pun, bebek akan mencari tempat yang lebih kering saat beristirahat.

alterntif text

Beberapa usaha untuk menurunkan kelembaban dan kebecekan kandang:

  1. Menambahkan media tanah seperti pasir secara berkala
  2. Membangun kandang di area yang terkena sinar matahari langsung
  3. Menggunakan wadah minuman yang tidak mudah tumpah

Kapasitas

Kondisi kandang yang sehat akan makin menurun tatkala terjadi over kapasitas. Anda mungkin mulai berternak dengan puluhan ekor bebek saja. Namun seiring berjalannya waktu, jumlah hewan ternak Anda semakin bertambah banyak.

Idealnya, Anda memperluas kandang atau membuat rumah baru untuk hewan-hewan tersebut. Pasalnya, over capacity bisa membuat lingkungan yang tidak sehat. Apabila satu bebek sakit pun, penyakitnya akan cepat menyebar bila lingkungannya terlampau padat.

Cara Ternak Bebek Sukses

Cara Sukses Ternak Bebek dengan Penggunaan Antihama

Gunakan antihama untuk membuat kandang bebek bebas dari serangan rayap, teter, dan lainnya. Hama-hama tersebut meski bisa dimakan ternak Anda, namun kadang membuat sarang di bagian atas kandang. Akibatnya kadang tak main-main. Kandang bisa rusak sehingga Anda harus menggantinya lagi dengan kandang yang baru.

Penggunaan antihama bisa mencegah masalah ini. Antihama bisa diresapkan ke kayu kandang untuk membuatnya tidak dimakan rayap hingga teter.

Finishing

Kunci cara sukses ternak bebek yang lain terletak pada aplikasi finishing. Ya. Ketika kayu tidak difinish, kayu akan sangat rentan terserang jamur dan hama lainnya. Selain itu, kayu juga akan lapuk akibat terkena partikel air di udara serta sengatan sinar ultra violet dari matahari. Lapuknya kandang akan membuat kondisi di sekitarnya menjadi tidak sehat. Udara menjadi pengap penuh dengan spora jamur. Bebek-bebek pun bisa terkena dampak kondisi tidak ideal ini. Oleh sebab itulah pengecatan disarankan dilakukan pada dinding kandang, baik yang terbuat dari kayu atau bambu. Namun ingat,pengecatan harus dilakukan dengan cat water based. Hindari cat solvent based yang toksik yang malah bisa meracuni hewan ternak Anda.

Kenapa sih Pilih BioCide Insecticide sebagai Cara Sukses Ternak Bebek?

Salah satu saran yang kami berikan di atas adalah memanfaatkan BioCide Insecticide untuk mencegah serangan hama serangga. BioCide Insecticide sendiri sebetulnya merupakan insektisida pengawet kayu. Insektisida seperti ini digunakan untuk menjaga kayu dari serangan rayap, tawon penggali kayu, sampai teter. Biasanya, BioCide diterapkan sebelum kayu difinish. Caranya sangat mudah. Kita bisa mengoleskan BioCide Insecticide sebelum kayu dicat.

kerusakan bambu akibat rayap
Bila kayu dan bambu takdiawetkan, Image by Kaminski et all, 2016

Pada kandang bebek Anda, BioCide bisa diterapkan ke kayu baru yang akan dipakai untuk membuat kandang. Atau, produk ini juga bisa dioleskan ke kayu kandang yang lama, asalkan kayu tersebut belum dicat.

Dengan peresapan ini, kandang bebek pasti bebas dari serangan hama.

Rekomendasi kami untuk menggunakan insektisida ini bukan tanpa alasan. Banyak produk lain yang sebetulnya beredar di pasaran. Namun BioCide kami sarankan karena kualitasnya yang sangat baik dengan banderol harga terjangkau. Produk ini sangat cocok dipakai kalangan usaha termasuk Anda yang ingin sukses menjadi peternak bebek.

Tunggu Apa Lagi? Beli Sekarang BioCide Insecticide sebagai Kunci Cara Sukses Ternak Bebek

Tunggu apa lagi? Yuk segera dapatkan insektisida ini. Anda bisa membeli BioCide Insecticde dengan cara yang sangat mudah lho. Pertama, lakukan pembelian secara online. Pembelian secara online dilayani langsung di website ini. Anda tinggal menghubungi Customer Service kami saja yang sedang bertugas. Proses pemesanan akan dilayani dengan ramah dan profesional oleh CS kami.

Kedua, Anda juga bisa melakukan pembelian secara langsung. Cara ini kami sarankan untuk Anda yang berlokasi dekat Bio Service Point. Untuk saat ini, Bio Service Point berlokasi di Jepara, Cirebon,dan juga Yogyakarta.

Selain itu, Anda juga bisa membeli produk kami ke agen-agen kami yang tersebar di berbagai penjuru kota di Indonesia lho. Bagaimana dengan membeli di marketplace? Tentu saja bisa. Tapi pastikan Anda membeli di online shop yang terpercaya. Bila Anda tak yakin dengan akun online shop terkait, mintalah keterangan ke CS kami.

Simpulan

Apa yang bisa kita simpulkan dari pembahasan panjang di atas? Pertama, kita harus mengakui bahwa cara peternak bebek di Indonesia masih kurang baik. Banyak peternak yang menjalankan usahanya ala kadarnya sekali. Apalagi peternak bebek di kampung-kampung. Salah satu indikasinya terlihat dari perawatan kandang yang buruk. Akibatnya, tergolong besar.

Percaya tidak percaya, bebek akan tumbuh lebih baik bila ditempatkan di kandang yang tidak kotor. Kandang memang tak perlu demikian bersih, sebab kandang yang terlalu bersih pun tidak alami. Namun kandang juga tidak boleh terlampau kotor. Bila kandang terlalu kotor, perkembangan ternak akan terhambat. Produksi telur juga bisa terus menurun.

Selain itu, kotornya kandang juga bisa membuat kandang lapuk. Beberapa bagian kandang akan diserang rayap atauy hama teter. Tak mau hal itu terjadi bukan? Oleh sebab itulah, kami rekomendasikan penggunaan BioCide Insecticide.

Dengan insektisida ini, Anda akan mampu menjaga kandang lebih awet, tidak diserang hama, dan tidak cepat lapuk. Semoga artikel ini bermanfaat, ya.

Cara Sukses Ternak Bebek dengan Merawat Kandangnya?

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply