Cara Usaha Guesthouse di Jogja agar Lebih Sukses

Salah satu jenis usaha yang bisa berkembang dengan baik di daerah dengan industri pariwisata yang maju adalah usaha guest house. Pertanyaannya, bagaimana cara usaha guesthouse agar sukses, khususnya di Yogyakarta?

Yogyakarta adalah kota beragam julukan. Kota ini mendapatkan julukan sebagai kota pendidikan, kota gudeg, kota sepeda, dan masih banyak lagi yang lainnya. Beberapa julukan memang sudah tidak berlaku lagi. Akan tetapi, banyaknya julukan ke Yogyakarta menunjukkan bahwa kota ini begitu familiar di mata masyarakat Indonesia.

Jogjakarta juga menjadi salah satu daerah pariwisata paling populer di negeri ini. Di Yogya, terdapat objek wisata yang sangat beragam mulai dari wisata gunung sampai wisata pantai. Anda akan bisa menikmati segarnya udara pegunungan di Kaliurang, keindahan budaya jawa di kota Yogyakarta, dan deburan pantai yang memukau di sepanjang Gunungkidul, Bantul, hingga Kulon Progo.

Usaha Penginapan di Yogyakarta

Berkembangnya industri pariwisata Yogyakarta telah memberikan manfaat bagi warga masyarakat. Salah satu usaha yang muncul di provinsi ini akibat pariwisata yang maju adalah usaha penginapan. Lihat saja jalan-jalan di kota ini. Hotel-hotel tumbuh subur bak jamur di musim hujan. Meski sering dikritik karena jumlahnya yang terlalu banyak, akan tetapi keberadaan hotel-hotel tersebut telah memberikan lapangan kerja bagi warga Jogja.

Namun sebetulnya, warga Jogja yang tak punya modal, bisa lho membuka usaha penginapan sendiri. Tentu saja bukan dengan membangun hotel yang modalnya begitu banyak. Warga bisa menyediakan konsep penginapan berbasis rumah sendiri. Salah satunya adalah guesthouse.

Cara Usaha Guesthouse

Bagaimana cara usaha guesthouse di Jogja agar sukses? Tentu ada banyak triknya. Tapi sebelumnya mari kita bahas apa itu guesthouse terlebih dahulu.

Pertama, guesthouse adalah penginapan yang memanfaatkan rumah pribadi. Di rumah Anda, misalnya, Anda bisa menyediakan ruangan tertentu atau lantai atas rumah Anda untuk tamu yang menginap. Tapi jangan menganggap bahwa layanan yang diberikan harus minimal. Bagaimanapun juga, usaha Anda adalah usaha yang profesional yang harus memiliki standar tertentu. Nah, berikut ini akan kami rinci 3 hal yang mesti diusahakan.

alterntif text

Cara Usaha Guesthouse di Jogja agar Sukses

Pastikan Semuanya Siap Dulu

Pertama, pastikan Anda punya rumah yang layak terlebih dahulu. Anda tak perlu punya rumah sendiri,
bisa lho Anda mengontrak rumah lain untuk kemudian dikelola menjadi guesthouse. Rumah tidak boleh bocor, harus bersih, ditata rapi, dihias menarik, dan bila perlu dibangun dengan tema khas Yogyakarta.

Kedua, rumah harus terus-menerus dirawat dengan standar penginapan yang baik. Tak perlu perawatan bintang 5, pastikan saja Anda memberikan perawatan yang bagus. Misalnya saja soal kebersihan toilet dan keberadaan hama seperti kecoa dan rayap.

Karena itulah, idealnya Anda rutin menginspeksi kehadiran hama dan menyediakan antiserangga yang bagus seperti BioCide Insecticide.

BioCide Insecticide adalah insektisida yang sudah menjadi andalan usaha kafe, restauran, hotel, dan lain sebagainya. Bukan hanya bisa dipakai untuk mengatasi hama, insektisida ini juga bisa digunakan untuk pencegahan hama juga lho.

Ketiga, pastikan Anda sudah mendapatkan izin dari pihak yang diperlukan. Jangan sampai ada yang salah sangka dengan usaha Anda.

Cara Usaha Guesthouse

Cara Usaha Guesthouse : Promosikan Lewat Website Lokal dan Internasional

Setelah guesthouse Anda siap dari bangunan fisik, perizinan, dan pengelolaannya, kini Anda tinggal melakukan promosi. Ada berbagai promosi yang bisa dilakukan. Akan tetapi di era internet seperti ini, akan lebih baik untuk melakukan promosi secara online di berbagai website.

Cara usaha guesthouse ini sangat vital untuk menjangkau calon tamu Anda. Dan ingat, jangan cuma memanfaatkan platform internasional ya. Anda pun harus aktif berpromosi di platform lokal. Sebab apa? Sebab wisata yang bertandang ke Yogyakarta bukan hanya wisatawan mancanegara. Wisatawan lokal dari Aceh sampai Papua pun banyak sekali yang berkunjung ke kota ini entah sebagai turis atau keluarga mahasiswa yang belajar di sini.

Platform yang bisa Anda manfaatkan beragam. Anda bisa promosi lewat website soal travelling, blog pribadi soal travelling, sampai situs dan forum review traveling.

Undang Travel Vlogger

Travel vlogger adalah salah satu pekerjaan yang mendapatkan banyak sorotan akhir-akhir ini. Travel vlogger adalah traveller yang mendokumentasikan perjalanan mereka untuk kemudian dijadikan konten vlog.

Status travel vlogger mirip dengan influencer. Namun travel vlogger spesifik memosisikan dirinya sebagai orang yang bekerja di bidang traveling. Nah, Anda bisa lho mengajak travel vlogger terkenal untuk menjajal guesthouse Anda dengan diskon. Mereka bisa saja tertarik. Dan usaha Anda pun akan terekspos kepada para penikmat konten vlog tersebut.

Penyerap Kelembaban juga Diperlukan lho

Oh ya, sebagai tambahan cara usaha guesthouse di Jogja, selain membutuhkan sediaan insektisida, guesthouse juga perlu menyediakan penyerap kelembaban. Penyerap kelembaban akan diperlukan ketika Anda memiliki guesthouse. Anda akan memerlukan penyerap kelembaban untuk diletakkan di lemari atau ruangan supaya tidak lembab. Atau, Anda pun kadang akan membutuhkan penyerap kelembaban kecil seperti silica gel untuk ditaruh di toples makanan.

Kontak dan Pemesanan

Mari, segera pesan BioCide Insecticide dan penyerap kelembaban kami. Produk kami telah diandalkan usaha restauran, warung makan, dan masih banyak lagi yang lainnya. BioCide Insecticide didesain untuk mencegah semut, rayap, kumbang bubuk, dan lain sebagainya. Anda pun bisa menjaga usaha guesthouse Anda agar bisa lebih bersih terhadap serangan aneka jenis hama serangga. Sedangkan penyerap kelembaban akan membantu Anda menjaga kualitas makanan dan suhu ruangan.

BIOCIDE INSECTICIDE

Silahkan beli secara langsung ataupun secara daring. Untuk pembelian secara langsung, Anda bisa berkunjung ke Bio Service Point yang berlokasi di Yogyakarta, Cirebon, dan Jepara. Sedangkan untuk pembelian secara daring, Anda bisa menghubungi kami via nomor kontak yang disediakan. CS kami akan memandu Anda dengan ramah dan juga profesional.

Simpulan : Ini Cara Usaha Guesthouse

  1. Salah satu jenis usaha yang bisa berkembang dengan baik di provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta adalah usaha di bidang pariwisata. Misalnya saja usaha penginapan.
  2. Tak mengherankan, berjamur hotel-hotel di provinsi ini dengan jumlah yang amat banyak.
  3. Padahal, bisnis penginapan bukan berkisar di pembukaan hotel saja. Masih banyak jenis usaha yang lain seperti guesthouse.
  4. Konsep penginapan guesthouse pun lebih ramah dan hangat dibanding hotel. Namun tentu saja pelayanannya harus baik.
  5. Guesthouse juga harus dikelola dengan maksimal supaya tamu Anda betah. Selain perawatan dalam hal kebersihan, pastikan juga tempat Anda bebas hama dengan menyediakan BioCide Insecticide.

Detil-detil memang harus diperhatikan sebagai cara usaha guesthouse yang sukses. Kiranya, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda ya. Nantikan terus berbagai informasi menarik lainnya di antiserangga.com. Kami masih akan hadir dengan berbagai informasi menarik lainnya di situs seputar tema antisipasi serangan hama serangga ini.

Cara Usaha Guesthouse di Jogja agar Lebih Sukses

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply