Mesin Jointer : Begini Pengertian dan Fungsinya

Salah satu mesin perkayuan yang seringkali didambakan para woodworker profesional adalah mesin jointer. Yuk, kita bahas mengenai mesin ini untuk memahaminya lebih lanjut. Sekaligus, agar kita tak menyamakannya dengan ketam atau planer.

Industri perkayuan adalah semua jenis industri yang memanfaatkan kayu sebagai material utama atau dalam jumlah yang banyak. Contoh industri perkayuan adalah industri furniture dan kerajinan. Selain itu, ada juga industri lain yang terkait dengan pemanfaatan kayu, yakni konstruksi bangunan.

Pada industri yang memanfaatkan bahan kayu, alat-alat dan bahan yang digunakan secara umum ditujukan untuk mengolah material tersebut. Makin ke sini, kecanggihan alat-alat perkayuan semakin berkembang. Bila dulu yang dikenal hanya gergaji dan amplas, kini ada berbagai mesin canggih. Salah satunya adalah mesin jointer.

Pengertian Mesin Jointer

Apa sih jointer itu? Bila dilihat dari bentuknya, mesin ini seperti sebuah kotak atau meja yang ukurannya lumayan besar. Bagian atas meja terdiri dari dua bagian yang terpisah. Di tengah-tengah antara dua bagian yang terpisah itu terdapat semacam mata pisau. Mata pisau ini bisa berputar ketika mesin dinyalakan. Selain itu, dua bagian yang terpisah yang terdiri dari papan juga bisa dibedakan tingginya.

Untuk menggunakan jointer, Anda harus melewatkan kayu di papan tersebut sehingga mengenai mata pisau. Anda juga harus menekan kayu supaya hasilnya maksimal.

Tapi tunggu, apa sebetulnya manfaat mesin ini? Jointer pada dasarnya adalah mesin yang digunakan untuk meratakan permukaan kayu. Dua papan yang terpisah bisa diatur perbedaan tingginya yang akan menjadi ketebalan pemotongan permukaan. Mata pisau akan berputar dan mengikis bagian kayu yang permukaanya terlalu menonjol. Dari mesin ini, Anda akan mendapatkan kayu-kayu yang rata sehingga bisa diolah lebih lanjut.

Guna Mesin Jointer

Seperti disebut di atas, mesin ini berfungsi untuk meratakan permukaan kayu. Rata dan tidaknya permukaan kayu merupakan hal yang sangat penting ketika Anda harus mengerjakan suatu furniture atau kerajinan. Kayu-kayu yang tidak rata seperti kayu yang melengkung akan lebih sulit diolah karena ukurannya menjadi tidak presisi. Mebel atau kerajinan yang dibuat pun nantinya bisa berbentuk tidak keru-keruan.

Selain itu, ratanya permukaan kayu juga akan berimbas pada estetika hasil finishing. Tatkala permukaan kayu rata, warna dan kilap akan terlihat lebih baik dibanding bila kayu permukaannya tidak merata.

Bedanya Jointer dengan Mesin Ketam

Sering kali, jointer disamakan dengan mesin ketam atau planer. Padahal, ada perbedaan besar antara mesin jointer dengan planer. Planer tidak bisa digunakan untuk meratakan permukaan kayu sebagaimana mesin jointer. Planer hanya bisa digunakan untuk menyamakan wood thickness atau ketebalan kayu.

mesin jointer

Sekilas fungsi “menyamakan ketebalan kayu” dan “meratakan permukaan kayu” terdengar sama. Tapi keduanya berbeda. Misalnya begini. Sepotong kayu sudah dipotong supaya presisi sehingga hasilnya rata ketebalannya. Tapi ketika diletakkan di ruangan yang sangat kering, kayu tersebut menjadi agak melengkung. Kayu yang melengkung ini masih memiliki ketebalan sama dari ujung satu ke ujung yang lain. Hanya, permukaannya saja yang menjadi tidak rata. Planer tidak bisa mengatasi masalah ini, sedangkan jointer adalah mesin yang didesain secara khusus untuk mengatasi kayu-kayu yang bermasalah seperti ini.

alterntif text

Perlukah Membeli Mesin ini?

Apa perlu membeli mesin jointer? Beberapa dari Anda mungkin bertanya demikian. Jawabannya, tergantung kebutuhan Anda. Biasanya yang membeli mesin ini adalah mereka yang memiliki usaha perkayuan menengah hingga atas. Sedangkan yang masih berskala kecil biasanya belum merasa membutuhkan alat ini. Dan ini wajar.

Pertama, harga mesin jointer jelas tidak murah. Kedua, untuk proyek yang tak banyak, permukaan kayu bisa kita ratakan secara manual tanpa mesin ini. Namun di sisi lain, bila proyek Anda banyak, tentu Anda akan kesulitan bila harus menyeragamkan permukaan kayu secara manual. Maka dari itulah diperlukan mesin khusus seperti jointer ini. Sekali lagi, sesuaikan saja kebutuhan Anda dan budget yang tersedia.

Bukan Cuma Alat, Bahan Woodworking juga Penting

Penggunaan alat seperti mesin jointer memang akan sangat membantu apabila Anda memiliki proyek perkayuan dalam jumlah yang lumayan dengan frekuensi yang tetap. Tapi ingat, selain mesin-mesin seperti ini, Anda pun perlu menyediakan bahan woodworking yang bagus.

Dan tunggu! Bahan woodworking bukan semata cat saja. Banyak pelaku usaha sedang hingga kecil yang hanya mengandalkan cat sebagai bahan untuk membuat mebel atau wooden craft mereka hadir dalam kualitas yang baik. Padahal, masih banyak daftar bahan lain yang diperlukan. Salah satu yang paling esensial adalah bahan pengawet. Dan kami di antiserangga.com memiliki bahan pengawet kayu terbaik, BioCide Insecticide.

Kami Sedia Bahan Woodworking Preservatif Kayu

Satu di antara bahan woodworking yang sangat penting adalah bahan pengawet seperti dijelaskan di atas. Bahan pengawet biasanya berupa antihama yang terdiri atas insektisida dan fungisida. Di antiserangga.com kami memiliki insektisida BioCide Insecticide. Insektisida ini kami sediakan di pasar Indonesia untuk mendukung industri perkayuan nasional yang memang perlu dukungan bahan-bahan berkualitas.

BioCide Insecticide menggunakan bahan dasar cypermethrin yang termasuk salah satu zat aktif legal untuk insektisida di Uni Eropa. Insektisida ini bisa digunakan untuk mencegah hama rayap, kutu, semut (dari membuat sarang di kayu), kumbang bubuk, gegat, dan masih banyak lagi lainnya. Insektisida ini juga sangat hemat dan harganya terjangkau sehingga Anda bisa menekan cost of production supaya keuntungan Anda lebih banyak.

Mau Beli BioCide Insecticide? Begini Caranya

Mari, beli BioCide Insecticide. Kontak dan pemesanan sudah tercantum di website ini. Anda bisa mengontak kami untuk melakukan pemesanan secara online. Jangan ragu. CS kami pasti akan melayani Anda dengan profesional dan ramah. Anda juga bisa kok sekadar menghubungi kami untuk menanyakan informasi lebih lanjut.

Selain itu, Anda juga bisa membeli secara langsung di Bio Service Point. Ingin beli di toko online saja? Tentu juga bisa. Silahkan cari produk kami di online shop langganan Anda ya.

Simpulan

  1. Salah satu mesin yang sering digunakan dalam pembuatan proyek woodworking adalah mesin jointer.
  2. Guna atau fungsi dari mesin ini adalah untuk meratakan permukaan kayu.
  3. Mesin ini sering disamakan dengan mesin ketam atau planer padahal memiliki fungsi yang berlainan sebab ketam didesain untuk menyamakan ketebalan kayu.
  4. Namun selain alat, saat mengerjakan proyek woodworking, pastikan juga Anda menggunakan bahan yang tepat.
  5. Dalam hal ini, pastikan Anda selalu menerapkan pengawetan dengan BioCide Insecticide supaya produk Anda tahan hama dan memiliki masa pakai yang lama.

Semoga informasi ini memberikan manfaat untuk Anda ya. Informasi yang lain mengenai alat-alat woodworking penting seperti mesin jointer masih akan sering kami bahas di sini.

Mesin Jointer : Begini Pengertian dan Fungsinya
alterntif text
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply

WhatsApp sekarang juga!