Ciri-ciri dan Karakteristik Kayu Elm Amerika (Ulmus americana)

Salah satu jenis kayu yang sangat populer di negeri Paman Sam, ada nama kayu elm. Seperti apa sebenarnya karakter kayu ini dan apa saja manfaatnya? Temukan jawabannya di sini.

Tiap negara menghasilkan kayu-kayu yang populer digunakan di negara tersebut. Di Indonesia, jati dan ulin sering dianggap sebagai kayu primadona. Sedangkan di negeri Paman Sam, kayu-kayu yang paling sering dipakai adalah kayu walnut, oak, kayu hickory, kayu cherry, hingga kayu elm.

Elm sendiri sebenarnya bukan kayu asli Amerika. Pohon elm berasal dari Asia Tengah namun kemudian menyebar ke Eropa. Ketika era penjelajahan Eropa dimulai, elm dibawa ke benua yang mereka sambangi, sehingga kini persebaran tanaman tersebut sangat luas. Kita bisa menemukannya di Kanada, Amerika Serikat, hingga beberapa daerah di Indonesia.

Persebaran luas tanaman bergenus Ulmus ini bukan tanpa alasan. Tanaman ini dianggap sebagai pohon hias yang indah. Selain itu, ia juga mudah ditanam dengan rentang pH tanah yang bervariasi. Meski, pertumbuhan optimalnya hanya akan terjadi pada tanah dengan drainase yang baik.

Elm mampu menghasilkan dua jenis bunga (jantan dan betina) dalam satu pohon. Penyerbukannya pun mudah terjadi dengan perantara angin. Hanya saja, pohon ini sangat rentan diserang oleh hama, khususnya beberapa jenis jamur yang dibawa oleh kelompok kumbang-kumbangan.

Karakteristik Kayu Elm

Selain digunakan sebagai tanaman hias, pohon Ulmus adalah pohon yang mampu menghasilkan kayu berkualitas. Dan karenanya di bawah ini kami sajikan karakteristiknya, khusus untuk elm Amerika atau Ulmus Americana.

Data teknis kayu akan dijelaskan sebagai berikut.

alterntif text
  1. Nama unum: American Elm, Soft Elm, Water Elm (elm air)
  2. Nama ilmiah: Ulmus americana
  3. Persebaran: pantai utara dan barat Amerika Serikat
  4. Ukuran pohon: antara 20 hingga 30 meter dengan diameter batang dari 0,6 hingga 1 meter
  5. Rerata berat kering: 560 kg/m3
  6. Janka Hardness: 3,690 N
  7. Modulus Rupture: 81.4 MPa
  8. Modulus Elastik: 9.24 GPa
  9. Shrinkage: Radial: 4.2%, Tangensial: 9.5%, Volumetrik: 14.6%, T/R Ratio: 2.3

Bila dilihat dari tampilannya, kayu ini memiliki warna merah dengan aksen kecoklatan di bagian teras. Adapun bagian gubalnya memiliki warna yang lebih cerah. Pola seratnya sendiri secara umum lurus namun kadang saling mengunci. Teksturnya kasar dan seringkali dianggap mirip dengan kayu oak.

Bila dilihat dari aspek kemudahan pengolahannya, secara umum kayu elm adalah kayu yang cukup mudah diolah secara manual. Kayu ini juga mudah dilem, dipaku, hingga difinish dengan hasil yang sangat baik. Meski, kadang pemotongannya akan memberikan hasil yang lumayan kasar.

Adapun bila dilihat menurut karakteristik fisiknya, kayu ini tergolong sebagai kayu yang berat, keras, dan memiliki stabilitas dimensional yang baik. Kayu ini juga tak memiliki bau yang mengganggu setelah dikeringkan dengan MC 12%. Hanya saja, elm bukan kayu yang mudah dibelah karena pola seratnya yang kadang saling mengunci.

Penggunaan Kayu Elm

Ulmus Americana adalah kayu yang terkenal karena keindahannya. Meski pemanfaatannya seringkali berkisar pada pembuatan benda-benda yang kurang mewah, seperti unuk membuat boks, keranjang, stik hockey, dan perlengkapan olahraga lainnya.

Di luar itu, kayu ini juga banyak digunakan untuk membuat lantai kayu, kabinet dapur, veneer, bubur kertas, dan pembuatan kerajinan.

Pemanfaatan Elm di Indonesia

kayu elm

Di negara kita, meski pohon elm sudah terbukti bisa ditanam di sini, akan tetapi budidayanya sangat terbatas. Kadang orang-orang hanya menanamnya untuk tanaman hias saja di daerah pegunungan untuk villa, resort, dan hotel.

Meski demikian, pemanfaatan kayu ini sebenarnya bisa saja dilakukan. Salah satu cara yang paling mudah dilakukan adalah dengan mengimpor veneer elm. Veneer tersebut kemudian dijadikan pelapis untuk mebel non elm. Setelah produk selesai dibuat, ada dua pilihan target pasar yang bisa Anda tuju:

  1. Target pasar Indonesia terkhusus untuk mereka yang menyukai mebel-mebel dari Amerika
  2. Target pasar Amerika. Dengan biaya produksi lebih rendah, furniture Anda sangat bisa bersaing dengan merk lokal
  3. Target pasar luar negeri non amerika. Misalnya untuk dijual ke Jepang, Australia, hingga Korea Selatan

Jangan Lupa Lindungi Kayu Elm dari Serangan Hama

Kami di antiserangga.com tak akan berhenti memeringati Anda mengenai potensi kerusakan akibat hama, khususnya hama serangga. Hama-hama tersebut bisa menyebabkan kerugian yang sama sekali tidak sedikit.

Oleh sebab itu, antisipasi haruslah dilakukan. Caranya ialah dengan menerapkan antiserangga yang bagus, BioCide Insecticide.

BioCide Insecticide menggunakan bahan aktif cypermethrin. Produk ini mudah digunakan dengan cara dioleskan saja ke permukaan kayu. Atau bila Anda benar-benar tak ingin kayu elm dimakan hama, maka bisa menerapkan metode pengawetan yang lebih baik seperti metode perendaman dan juga vakum tekan.

Keunggulan BioCide Insecticide

Sebagai produk yang kami unggulkan, berikut ini kelebihan-kelebihan antiserangga BioCide:

  1. Bisa memberikan perlindungan pada berbagai jenis hama serangga kayu mulai dari rayap, semut, hingga totor
  2. Sangat efektif dalam bekerja dan menarget serangga perusak yang destruktif
  3. Mudah digunakan. Produk ini bisa diaplikasiakn dengan cara perendaman hingga cara pemulasan menggunakan kuas
  4. Cocok untuk berbagai jenis kayu, bambu, hingga serat alam yang kaya akan selulosa
  5. Tidak menyebabkan kayu berkurang estetikanya
  6. Konsentrasi yang tinggi sehingga membuatnya sangat hemat digunakan
  7. Produk ini diformulasikan dengan memerhatikan standar keamanan yang berlaku
  8. Bisa digunakan di berbagai bidang industri mulai dari mebel hingga konstruksi bangunan

Mari Dapatkan BioCide Insecticide

Dapatkan BioCide Insecticide sekarang juga. Anda dapat berkunjung ke Bio Service Point dan mendapatkan produk ini. Selain itu, Anda juga bisa membeli secara online, yaitu dengan memesan ke CS antiserangga.com.

biocide

Bagi Anda yang ingin menjadi agen kami, silahkan hubungi CS kami juga. Kami terbuka dengan pihak ketiga untuk turut bekerja sama memasarkan BioCide Insecticide.

Simpulan

  1. Di antara berbagai kayu yang banyak terdapat di Amerika, kita mengenal nama-nama seperti kayu walnut, cherry, maple, dan lain sebagainya.
  2. Selain kayu-kayu yang disebut di atas, ada juga kayu elm. Elm sebenarnya istilah untuk merujuk sangat banyak jenis kayu. Namun di artikel ini, pembahasannya difokuskan pada elm Amerika.
  3. Secara umum, elm Amerika adalah kayu yang kuat dan tahan lama. Estetikanya pun menarik sehingga membuat banyak orang yang meminatinya.
  4. Namun bukan berarti kayu ini tidak memiliki kekurangan. Serangan hama seperti rayap dan teter tetap menghantui.
  5. Dan untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan produk kami BioCide Insecticide. Insektisida ini merupakan antiserangga terbaik yang didesain untuk kebutuhan woodworking. BioCide pun mudah digunakan dan tidak menyebabkan permukaan sulit dicat.

Kurang lebih, itulah informasi yang bisa kami bagikan mengenai kayu elm. Semoga informasi ini memberikan manfaat yang berarti untuk para pembaca sekalian.

Ciri-ciri dan Karakteristik Kayu Elm Amerika (Ulmus americana)

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn

Leave a Reply